-->
Manfaat Dan Faktor Penyebab Keragaman Budaya
MANFAAT KERAGAMAN BUDAYA
Keragaman budaya yang terdapat di Indonesia sebenarnya mempunyai manfaat tersendiri. Di antara manfaat dari keberagaman budaya ialah sebagai diberikut ini.
1. Sebagai Promotor Nilai-Nilai Kemanusiaan
Manfaat dari keragaman budaya yang pertama ialah ia bisa dijadikan sebagai promotor untuk nilai-nilai kemanusiaan itu sendiri. Di ketika sebuah organisasi mempunyai banyak sekali karyawan yang mempunyai banyak sekali budaya, maka hal tersebut tentunya menawarkan bahwa organisasi tersebut sangat menyadari dan mengakui serta merayakan keberagaman yang ada pada seseorang yang intinya mempunyai latar belakang tidak sama.
Hal ini tentu saja mengakibatkan anggota organisasi tersebut berpikiran bahwa donasi dan juga nilai mereka sedang direalisasikan di dalam sebuah managemen organisasi yang baik.
2. Meningkatkan Produktifitas dan juga Profitabilitas
Untuk manfaat dari keragaman budaya yang selanjutnya ialah memmenolong meningkatkan produktifitas dan juga profitabilitas. Terlepas dari banyak sekali nilai kemanusiaan yang ada, keragaman budaya ternyata juga bisa mempersembahkan manfaat yang faktual kepada bidang bisnis di banyak sekali potongan dunia.
Persuasi secara aktif soal keberagaman yang ada di banyak sekali daerah kerja secara pribadi tentunya sanggup mempersembahkan pengaruh di dalam meningkatkan produktivitas dan juga profitabilitas organisasi dan juga karyawan. Juga meningkatnya produktivitas dan profitalibitas di dalam organisasi.
3. Memmenolong Membuat Kolam Bakat
Selain beberapa yang sudah disebutkan di atas, manfaat lain dari keragaman budaya di Indonesia ialah dalam memmenolong membuat suatu kolam bakat. Ketika organisasi sudah melaksanakan investasi dalam keberagaman, maka hasilnya di dalam membuat suatu kolam talenta tentu saja juga lebih besar.
Ini menjadi sebuah situasi win-win entah itu untuk karyawan dan juga organisasi. sepertiyang sebuah kolom talenta yang menyediakan organisasi dengan banyak sekali keunggulan kompetensi yang bisa memmenolong memajukan dan juga memmenolong meningkatkan lingkungan yang besar.
4. Bertukar Ide Ide Inovatif
Ketika di dalam sebuah organisasi, di dalamnya ada banyak sekali orang atau anggota dengan bermacam-macam latar belakang,  budaya, pengalaman, ilham yang kreatif dan juga inovatif di dalamnya, maka itu bisa menopang setiap orang di dalam pikiran yang tidak sama-beda.
Hal ini amatlah masuk akal lantaran orang-orang hidup dengan bermacam-macam pengalaman dan juga bermacam-macam prespektif di dalamnya sehingga dibutuhkan itu akan bisa menghasilkan suatu ilham jenius dan juga solusi yang terbaik untuk banyak sekali dilema yang sedang dihadapi. Ini ialah sebuah nilai yang besar untuk karyawan dan juga organisasi.
Pertukaran ilham yang bisa berjalan secara dinamis akan terjadi di antara orang dengan perbedaan persepsi di dalamnya dan itu bisa membuahkan suatu ilham atau hasil yang lebih kreatif. Situasi semacam ini juga pernah dibentuk oleh beberapa orang yang mempunyai teladan pikir serta budaya yang sama.
5. Manfaat Keguakaragaman
Sudah sangat banyak studi yang sangat berafiliasi dengan aktivitas organisasi yang bisa menyimpulkan suatu pemahaman bahwa mempromosikan keberagaman budaya ternyata sanggup mengurangi adanya ketidak hadiran. 
Adanya perputaran dari karyawan yang notabene lebih rendah akan sanggup mengurangi biaya yang notabene itu mempunyai relasi dengan perekrutan karyawan gres dan juga mengurangi adanya tanggung balasan aturan di dalam menggugat diskriminasi.
Di dalam dunia tentangan ini, keragaman budaya sendiri ternyata mempunyai cukup banyak manfaat di dalamnya. Masyarakat Indonesia sendiri ialah masyarakat yang di dalamnya terdapat banyak sekali suku bangsa yang lebih dari 13 ribu pulau yang terdapat di banyak sekali potongan dunia Indonesia.
Dan masing-masing suku bangsa sendiri mempunyai identitas budaya, sosial, politik, bahasa, budpekerti dan juga tradisi yang ada di Indonesia sendiri.

FAKTOR PENYEBAB KERAGAMAN BUDAYA
Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan munculnya keragaman budaya. Berikut ini ialah beberapa di antaranya:
1. Faktor dari Manusia
Ada bermacam-macam budaya yang ada di antaranya ialah disebabkan lantaran manusia. Secara umum, insan ialah makhluk yang sangat suka terhadap banyak sekali jenis seni, contohnya seni musik, tari dan lain sebagainya. Di samping itu, masih ada juga bidang lain yang amat disukai oleh manusia. Karena kesukaan tersebut, maka kebudayaan di Negara ini menjadi amat banyak. Belum lagi, insan sendiri memang bisa dibilang aktif dalam membuat suatu kebudayaan.
2. Faktor Lingkungan Alam
Selain disebabkan oleh manusia, faktor lain yang menghipnotis keragaman budaya ialah faktor lingkungan alam. Misalnya saja terjadinya pegunungan meletus, gempa bumi, banjir, longsor dan sebagainya yang mengakibatkan animo paceklik sehingga banyak masyarakat yang menentukan untuk pindah dari satu daerah ke daerah yang lain. Sehingga ketika mereka memasuki daerah yang baru, sehabis beradaptasi, maka muncullah kebudayaan yang baru.
3. Faktor Perubahan Nilai dan Sikap
Masing-masing individu senantiasa berpegang teguh kepada yang namanya norma dan juga nilai yang ada di dalam hidup bermasyarakat. Nilai tersebut tentu saja sangat besar lengan berkuasa kepada sikap manusia, baik secara individu atau kelompok.

Sehingga, ketika sebuah nilai tertentu berubah, maka kebudayaan insan juga akan mengalami perubahan yang karenanya mengakibatkan keragaman budaya di tengah masyarakat.


LihatTutupKomentar