-->
Makalah Akhlak Layanan Pada Olahraga Futsal
ETIKA LAYANAN PADA OLAHRAGA FUTSAL
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan kasih dan anugrah-Nya, sehingga penulis bisa menuntaskan penulisan makalah yang berjudul Etika Layanan Pada Futsal sanggup diselesaikan dengan baik. Penulisan makalah ini ialah salah satu kiprah mata kuliah Sosiologi Olahraga.

Selama melaksanakan penyusunan hingga penulisan makalah ini, penulis menerima menolongan dari banyak sekali pihak, sehingga makalah ini sanggup diselesaikan. Penulis memberikan terima kasih sebesar-besarya kepada : 
  • Bapak Drs. Mardianto, M. Kes. selaku dosen pembimbing matakuliah Etika Layanan Masyarakat. 
  • Kedua orang renta penulis yang selalu mendukung dengan doa. 
  • Teman-kawan IK 2007 yang selalu memdiberi menolongan serta semangat kepada penulis. 
  • Semua pihak yang tidak sanggup penulis sebutkan satu persatu. 
Semoga makalah ini sanggup bermanfaa bagi pembaca dan juga bermanfaa untuk pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang Etika Layanan Masyarakat.

Penulis sadar makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, jadi penulis mohon Koreksi dan masukan demi untuk kelangsungan dan pembenaran makalah selanjutnya.

Malang, Mei 2010
Penulis

DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR..................................................................................... 
DAFTAR ISI................................................................................................... 
BAB I . PENDAHULUAN............................................................................ 
A. Latar Belakang Masalah............................................................... 
B. Rumusan Masalah........................................................................ 
C. Tujuan Penelitian......................................................................... 
BAB II PEMBAHASAN............................................................................... 
A. Pengertian Etika........................................................................... 
B. Sejarah Olahraga Futsal................................................................ 
C. Etika Layanan Olahraga Futsal.................................................... 
BAB III PENUTUP......................................................................................... 
A. Kesimpulan................................................................................... 
B. Saran............................................................................................. 
DAFTAR RUJUKAN.....................................................................................

BAB I
PENDAHULUAN 
Latar Belakang 
Olahraga futsal sudah banyak orang tahu dari anak-anak, remaja, hingga orang sampaumur senang memainkannya. Di Negara Indonesia futsal sudah sangat menjamur sudah banyak interpriner yang mengalihkan pada olahraga futsal. melaluiataubersamaini sudah banyaknya arena futsal harusnya layanan pada olahraga futsal sudah sangat bagus, etika layananpun harusnya sudah sangat di terapkan.

Etika layanan sangat penting hubungannya dengan kelanjutannya perjuangan yang ditawarkan, jikalau etika dari para karyawan sudah lezat dilihat sangat ada kemungkinan pelanggan ingin kembali ketempat tersebut alasannya yaitu pelayanan yang sangat sangat memuaskan dan etika-etika yang disediakan dalam suatu permainan futsal atau masukana dan pramasukananya yang baik.

Jika olahraga futsal dan etika layanan bisa disinkronkan akan timbul suatu kondisi tempat olahraga yang sangat sangat bahagia.

Rumusan Masalah
  • Dari latar belakang diatas rumusan duduk kasus yang diambil:
  • Apakah pengertian Etika?
  • Bagaimana sejarah olahraga futsal?
  • Bagaimana etika layanan pada olahraga futsal?
Tujuan 
Dari rumusan duduk kasus tujuan :
  1. Untuk mengetahui pengertian etika.
  2. Untuk mengetahui sejarah olahraga futsal.
  3. Untuk mengetahui etika layanan yang ada pada olahraga futsal. 
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Etika
Etika berdasarkan engkaus bahasa Indonesia yaitu ilmu pengetahuan tentang etika dan moral. Etika berdasarkan Bertent(2001:6) sebut ada 3 jenis makna etika : 
  • Etika bisa digunakan dalam arti nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya
  • Etika berarti juga kumpulan asas atau nilai moral, yang dimaksud disini yaitu isyarat etik.
  • Etika memiliki arti lagi ilmu tentang yang baik dan yang buruk. Etika disini sama artinya dengan filsafat moral.
Etika umum membicarakan tentang kondisi dasar bagaimana insan bertindak secara etis, bagaimana insan mengambil keputusan secara etis, teori etika danprinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi insan dalam bertindak. Etika khusus yaitu penerapan prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Etika individu menyangkut kewajiban dan sikap insan terhadap dirinya sendiri. Etika social berbicara terkena kewajiban sikap dan contoh sikap insan sebagai anggota umat manusia.

Sejarah Olahraga Futsal
Futsal yaitu akronim dari futbol (sepak bola) dan sala (ruangan) dari bahasa Spanyol atau futebol (Portugal/Brasil) dan salon (Prancis). Olahraga ini membentuk seorang pemain semoga selalu siap mendapatkan dan mengumpan bola dengan cepat dalam tekanan pemain lawan. melaluiataubersamaini ukuran lapangan yang relatif sempit, permainan ini menuntut metode penguasaan bola yang tinggi, kekompakan tim, dan kolaborasi antarpemain.

Asal pertamanya futsal muncul pada kala tahun 1930-an di Montevideo, Uruguay, dan diperkenalkan oleh seorang instruktur sepak bola berjulukan Juan Carlos Ceriani. Awalnya, yang spesialuntuk ingin memindahkan tes ke dalam ruangan alasannya yaitu kecewa atas kondisi lapangan yang licin setelah di guyur hujan. Ternyata, tes di dalam ruangan ini sangat efektif dan Dia lantas mencetuskan permainan sepak bola ruangan dengan lima lawan lima pemain.

melaluiataubersamaini perkiraan untuk meningkatkan keterampilan dalam bermain sepak bola, futsal berkembang pesat di Brasil dan terus menyebar keseluruh dunia. Bahkan menembus ke daratan Benua Eropa, Amerika Serikat, Afrika, Asia, dan Oseania.

Etika Layanan Pada Olahraga Futsal
Etika layanan pada oalahraga futsal didiberikan untuk kenyamanan dari pelanggan selama dalam area olahraga futsal. Jika merujuk dari pengertian etika sebagai nilai dan norma, maka dalam olahraga futsal pelanggan harus mematuhi peraturan-peraturan yang ada atau didiberikan oleh pihak pengelola lapangan futsal, baik sebelum permainannya selama permainan, ataupun setelah permainan berlangsung.

Diantaranya peraturan sebelum bermain mencangkup peralatan para pemain. Seorang pemaian tidak boleh keras menggunakan perlengkaoan atau menggunakan segala yang membahayakan dirinya atau pemain lainnya,termasuk setiap jenis perhiasan.:
  • Kaos bernomor
  • Celana pendek
  • Kaos kaki
  • Sepatu khusus futsal sepatu yang diizinkan yaitu sepatu kanvas, sepatu kulit, atau sepatu gymnastic dengan ganjal yang terbuat dari karet atau materi sejenisnya.
  • Pelindung lutut.
melaluiataubersamaini ketentuan peralatan yang tidak bias menyebabkan cedera :
Bola
  • Ukuran: 4 cm
  • Keliling: 62-64 cm
  • Berat: 390-430 gram
  • Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
  • Bahan: kulit atau materi yang cocok lainnya (yaitu, tak berbahaya).
Permukaan lapangan
Permukaan lapangan haruslah mulus dan rata serta tidak bernafsu atau kesat. Penggunaan materi dari kayu atau materi buatan lainnya yaitu sangat dianjurkan. Beton ataupun bata harus dihindarkan. penerapan (lempengan) tanah rumput, ataupun tanah rumput buatan atau tanah lembut diperbolehkan untuk pertandingan yang dimainkan kedalam kompetisi domestic, tetapi tidak diperbolehkan untuk pertandingan internasional.

Etika pada penyediaan alat-alat kamar mandi pihak pengelola mempersembahkan pelayanan yang anggun termasuk penyediaan alat-alat tersebut, tapi dengan adanya penyediaan tersebut dibutuhkan ada timbale balik yang seimbang dari pelanggan ibarat setelah memakainya diharap mengembalikan pada tempatnya

BAB IIl
PENUTUP 
Kesimpulan 
Etika layanan pada olahraga futsal sangat dibutuhkan alasannya yaitu untuk menunjang kelanjutan dari perjuangan jasa di bidang olahraga khususnya futsal. Karena etika yang baik dalam penyampaiannya pada pelanggan akan selalu diingat dan yang membuat pelanggan tertarik untuk berkunjung lagi ke tempat tersebut. 

Saran
Dalam makalah ini penulis spesialuntuk menuliskan etika layanan pada olahraga futsal secara umum jadi dibutuhkan jikalau ada yang ingin menulis hal yang sama bias lebih di sempitkan pelayanan futsal didaerah mana, sejarah berdirinya semenjak kapan, dll.

DAFTAR RUJUKAN
http://peraturanpertandinganfutsal.pdf.com
Hanurawan, Fattah. (2004). Pengantar Filsafat Ilmu. Malang: Triumvirat.

LihatTutupKomentar