CONTOH KI, KD, INDIKATOR KURIKULUM 2013 PAUD. Banyak guru PAUD yang galau dalam membuat RKH dan RKM serta RKS dan RKT nah untuk membuat Administrasi PAUD ibarat itu diperlukan dasar atau landasan yang besar lengan berkuasa untuk menciptakannya yaitu harus Berdasarkan Surat Edaran dari Permendikbud tahun 2014_nomor146 terkena Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, serta Indikator Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
A. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini ialah citra pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada selesai layanan PAUD usia 6 (enam) tahun.
Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti perilaku spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti perilaku sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar ialah tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman mencar ilmu yang mengacu pada Kompetensi Inti.
Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan pertama anak serta tujuan setiap aktivitas pengembangan. Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti yaitu:
1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar perilaku spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar perilaku sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4. Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
INDIKATOR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
ANAK USIA DINI LAHIR-6 TAHUN
Pengantar
1. Indikator pencapaian perkembangan anak yaitu penanda perkembangan yang spesifik dan terukur untuk memantau/menilai perkembangan anak pada usia tertentu.
2. Indikator pencapaian perkembangan anak ialah kontinum/rentang perkembangan anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 tahun.
3. Indikator pencapaian perkembangan anak berfungsi untuk memantau perkembangan anak dan bukan untuk dipakai secara pribadi baik sebagai materi didik maupun kegiatan pembelajaran.
4. Indikator pencapaian perkembangan anak dirumuskan menurut Kompetensi Dasar (KD).
5. Kompetensi Dasar (KD) dirumuskan menurut Kompetensi Inti (KI).
6. Kompetensi Inti (KI) ialah citra pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada selesai layanan PAUD usia enam tahun yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk KI Sikap Spiritual, KI Sikap Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterampilan.
7. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan. melaluiataubersamaini kata lain, perilaku kasatmata anak akan terbentuk saat ia mempunyai pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja.
8. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada pengetahuan dan KD pada keterampilan ialah satu kesatuan alasannya yaitu pengetahuan dan keterampilan ialah dua hal yang saling diberinteraksi.
9. Indikator pencapaian perkembangan anak disusun menurut kelompok usia sebagai diberikut:
a. lahir hingga dengan usia 3 bulan;
b. usia 3 bulan hingga dengan usia 6 bulan;
c. usia 6 bulan hingga dengan usia 9 bulan;
d. usia 9 bulan hingga dengan usia 12 bulan;
e. usia 12 bulan hingga dengan usia 18 bulan;
f. usia 18 bulan hingga dengan usia 2 tahun;
g. usia 2 tahun hingga dengan usia 3 tahun;
h. usia 3 tahun hingga dengan usia 4 tahun;
i. usia 4 tahun hingga dengan usia 5 tahun; dan
j. usia 5 tahun hingga dengan usia 6 tahun.
Untuk lebih jelasnya bisa anda download
Pada jenjang PAUD tidaklah sama dengan jenjang SD,SMP dan jenjang diatas jenjang selanjutnya. Namun masih sama dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.