Bunda, Manakah diantara agenda acara bermain diberikut ini yang paling sesuai dengan aspek-aspek pengembangan anak PAUD ?
1. Bermain Pasir
2. Bermain Air
3. Bermain Balok
4. Bermain Alat Manipulatif
5. Bermain Peran (Mikro/Makro)
6. Bermain Sudut Rumah Tangga
7. Bermain di Perpustakaan (Sudut baca)
8. Bermain di Luar (Halaman)
1. Bermain Pasir
2. Bermain Air
3. Bermain Balok
4. Bermain Alat Manipulatif
5. Bermain Peran (Mikro/Makro)
6. Bermain Sudut Rumah Tangga
7. Bermain di Perpustakaan (Sudut baca)
8. Bermain di Luar (Halaman)
* * *
Anak-anak dimanapun berada, diseluruh dunia bermain. Bagi anak bermain itu alamiah dan spontan, belum dewasa tidak diajarkan bermain. Mereka bermain dengan benda apa saja yang ada di sekitarnya dengan materi tongkat kayu, sapu, ranting, kardus, bahkan dengan tanah, pasir dan lumpur. Benda yang ada dilingkungan sekitar sanggup menjadi media alat bermain yang sangat menarikdanunik bagi anak, jikalau pada ketika itu sesuai dengan minat dan perkembangannya. Kadang-kadang anak bermain sampai mereka lupa waktu, lupa akan kelelahannya, mereka ingin terus bermain kalau perlu tidak usah pulas, sampai banyak kita temukan belum dewasa terpulas dengan mendekap mainannya. Fros (1992) mengemukakan sebuah pendapat yang melemahkan teori "kelebihan energi" yang menyampaikan bahwa bermain spesialuntuk untuk mengeluarkan kelebihan energi belaka. Tetapi kemudian, ada kelemahan dari teori ini, ialah bahwa belum dewasa sering ingin terus bermain dan bermain, walaupun bahwasanya mereka sudah mendekati kelelahan yang teramat sangat.
Jadi dunia anak memang dunia bermain, bukan dunia pulas, biarkan anak bermain sampai mereka sendiri menyadari bahwa sudah waktunya pulas.