RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
Standar kompetensi : Memahami keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang
berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
masyarakat dan lingkungan
Indikator : Mendeskripsikan sejarah perkembangan sosiologi
I. Tujuan Pembelajaran : Siswa sanggup mendeskripsikan sejarah perkembangan sosiologi
II. Materi Ajar :
Lahirnya Sosiologi dipicu oleh 2 kejadian besar adalah :
1. Revolusi Politik (Revolusi Perancis)
2. Revolusi ekonomi (Revolusi Industri)
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawaban, diskusi dengan memakai pendekatan CTL
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal
Sebagai acara pertama dilakukan apersepsi dengan memakai metode tanyajawaban untuk mengetahui pengetahuan siswa wacana sosiologi
- Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Guru mengambarkan kejadian lahirnya sosiologi
- Secara perorangan siswa diminta untuk mempelajari kejadian lahirnya sosiologi
Elaborasi
- Kemudian secara acak ditentukan 3 orang untuk membacakan laporannya
Konfirmasi
- Sementara siswa yang lain menanggapi laporan tersebut, dengan mempersembahkan komentar ataupun pertanyaan
- Kegiatan Akhir
Guru mempersembahkan penguatan dan penjelasan terhadap laporan dan hasil tanyajawaban siswa.
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Sosiologi Kontekstual untuk Sekolah Menengan Atas & MA, Atik Catur Budiarti, Pusat Perbukuan, Depdiknas (BSE).
2. Sosiologi 1, Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat, Tim Sosiologi, Yudhistira
VI. Penilaian
- Teknik Penilaian : Tes Tertulis
- Bentuk Instrumen : Uraian
- Instrumen : Uraikan Proses lahirnya Ilmu Sosiologi
Catatan :
Sesudah pelajaran berakhir dilakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilakukan :
- Bertanya kepada siswa apakah bahagia dengan acara berguru yang gres saja diikutinya.
- Apakah melalui acara berguru tadi siswa lebih simpel memahami bahan sejarah perkembangan sosiologi
Refleksi CTL :
- Inquiri, muncul pada dikala mempelajari sejarah perkembangan Sosiologi
- Questioning, muncul ketika sedang Tanya jawaban