-->
Rpp Sosiologi Kelas X
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/Semester            : X / 1 (Ganjil
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 1 x 40 menit
Standar kompetensi    : Memahami keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang
                                      berlaku dalam masyarakat
                                        
Kompetensi Dasar     : Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
                                      masyarakat dan lingkungan
                                          
Indikator                    : Mendeskripsikan sejarah perkembangan sosiologi


I.         Tujuan Pembelajaran : Siswa sanggup mendeskripsikan sejarah perkembangan sosiologi

II.      Materi Ajar :
Lahirnya Sosiologi dipicu oleh 2 kejadian besar adalah :
1.      Revolusi Politik (Revolusi Perancis)
2.      Revolusi ekonomi (Revolusi Industri)

III.   Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawaban, diskusi dengan memakai pendekatan CTL

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal
Sebagai acara pertama dilakukan apersepsi dengan memakai metode tanyajawaban untuk mengetahui pengetahuan siswa wacana sosiologi

  1. Kegiatan Inti

Eksplorasi
-          Guru mengambarkan kejadian lahirnya sosiologi
-          Secara perorangan siswa diminta untuk mempelajari kejadian lahirnya sosiologi
Elaborasi
-          Kemudian secara acak ditentukan 3 orang untuk membacakan laporannya
Konfirmasi
-          Sementara siswa yang lain menanggapi laporan tersebut, dengan mempersembahkan komentar ataupun pertanyaan

  1. Kegiatan Akhir
Guru mempersembahkan penguatan dan penjelasan terhadap laporan dan hasil tanyajawaban siswa.


V.      Alat / Bahan / Sumber Belajar
1.      Sosiologi Kontekstual untuk Sekolah Menengan Atas & MA, Atik Catur Budiarti, Pusat Perbukuan, Depdiknas (BSE).
2.      Sosiologi 1, Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat, Tim Sosiologi, Yudhistira

VI.   Penilaian
  1. Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen       : Uraian
  3. Instrumen                    : Uraikan Proses lahirnya Ilmu Sosiologi





Catatan :

Sesudah pelajaran berakhir dilakukan refleksi atas pembelajaran yang sudah dilakukan :
  1. Bertanya kepada siswa apakah bahagia dengan acara berguru yang gres saja diikutinya.
  2. Apakah melalui acara berguru tadi siswa lebih simpel memahami bahan sejarah perkembangan sosiologi


Refleksi CTL :
  1. Inquiri, muncul pada dikala mempelajari sejarah perkembangan Sosiologi
  2. Questioning, muncul ketika sedang Tanya jawaban


LihatTutupKomentar