-->
Pengertian Dan Pengujian Implementasi
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN  
Implementasi Tujuan implementasi yakni untuk menerapkan perancangan yang sudah dilakukan terhadap sistem sehingga user sanggup memdiberi masukan demi berkembangnya sistem yang sudah dibangun sebagai simulasi dari game edukasi pariwisata Indonesia. Perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk melaksanakan implementasi dan pengujian aplikasi yaitu sebagai diberikut : Implementasi Perangakat Keras Perangkat keras yang akan dipakai untuk menjalankan aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini tidak harus komputer yang berspesifikasi tinggi. Hal disebabkan oleh penerapan resource yang sedikit pada CPU dan tidak terlalu menggunakan resource grafis yang terlalu banyak. Sebagai ilustrasi sistem minimum yang sanggup menjalankan aplikasi sanggup dilihat pada tabel 4-1 dibawah ini : Tabel 4.1 Implementasi Perangkat Keras Processor AMD Turion 64x2 1,9 Ghz RAM 512 MB HDD 1 GB Resolusi Layar 940 x 630 Keyboard 1 Buah Mouse 1 Buah Speaker YA 42.Implementasi Perangakat Lunak Spesifikasi perangkat lunak yang dipakai untuk menjalankan aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini yakni sebagai diberikut : 
1. Sistem Operasi : Microsoft Windows XP SP2 
2. Flash Player : Flash Player 10 

Implementasi Aplikasi Aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini ialah sebuah game edukasi yang terdiri dari wisata dan permainan kuis. Aplikasi ini tidak perlu dilakukan instalasi, cukup dengan melaksanakan dobel-klik pada aplikasi ini (executabel). Akan tetapi harus diingat, pada sistem operasi Windows harus terdapat Adobe Flash Player 10, biar aplikasi game ini sanggup dimainkan. Apabila Adobe Flash Player 10 belum terpasang, maka game ini tidak akan sanggup dimainkan lantaran file aplikasi game ini berekstensi .swf yang akan sanggup berjalan dengan dukungan 

Adobe Flash Player 10.  Implementasi Menu Utama Menu Utama ialah sistem yang dipergunakan oleh pengguna untuk membuka halaman wisata, edukasi dan menolongan. Disaat pengguna menggunakan sajian utama ini, sistem akan melaksanakan proses yang terdapat pada : Tabel 4.2 Implementasi Menu Utama Nama Class Nama File Menu utama home_mc

4.1.3.2 Implementasi Wisata
Wisata ialah sistem yang dipergunakan oleh pengguna untuk membuka halaman wisata. Disaat pengguna menjalankan wisata ini, sistem akan menampilkan peta Indonesia yang mencakupkan 33 pin yang sanggup di Klik tiap pin tersebut untuk menampilkan objek wisata. Disaat wisata berjalan aktivitas akan melaksanakan proses yang terdapat pada : Implementasi Wisata Nama Class Nama File Wisata wisata_mc  Implementasi Edukasi Edukasi ialah sistem yang dipergunakan oleh pengguna untuk melaksanakan proses e-learning. Untuk sanggup mengakses sistem ini, pengguna cukup menekan tombol edukasi pada sajian utama kemudian main, sehingga sanggup masuk ke halaman permainan kuis. Dalam permainan kuis, terdapat beberapa pilihan jawabanan yang dimuat pada pgual-pgual yang terdapat pada halaman permainan kuis ini. Untuk lebih jelasnya pada ketika berjalan aktivitas akan melaksanakan proses yang terdapat pada :

 Implementasi Edukasi Nama Class Nama File Edukasi edukasi_mc 44  Implementasi pertolongan pertolongan ialah sistem yang dipergunakan oleh pengguna menampilkan tampilan hukum main yang mencakupkan petunjuk permainan atau story line. 
Untuk lebih jelasnya pada ketika berjalan aktivitas akan melaksanakan proses yang terdapat pada : Tabel  Implementasi pertolongan Nama Class Nama File pertolongan menolongan _mc  Implementasi Antarmuka Saat pengguna membuka aplikasi pertama kalinya, maka antarmuka yang ditampilkan oleh sistem yakni antarmuka splash screen yang ditunjukan pada gambar 4-1 diberikut ini. Tampilan Antarmuka Splash Screen 45 Kemudian sehabis loading splashscreen selesai selanjutnya akan tampil antarmuka sajian utama. Didalam sajian utama ini terdapat 5 buah tombol terdiri dari tombol wisata, tombol edukasi, tombol menolongan, tombol keluar dan tombol on/off background sound yang ditunjukan pada gambar 4-2 diberikut ini. Tampilan Antarmuka Menu Utama Saat pengguna menekan tombol wisata, maka antarmuka yang ditampilkan oleh sistem yakni pilih lokasi yang ditunjukan pada gambar 4-3 diberikut ini. 46 Tampilan Antarmuka Pilih Lokasi Berikut yakni antarmuka objek wisata yang dipilih ketika pengguna menekan tombol pin bintang yang ada pada pilih lokasi yang ditunjukan pada gambar 4-4. 

Tampilan Antarmuka Lokasi Wisata 47 Berikut yakni antarmuka detail objek wisata yang dipilih pengguna yang ditunjukan pada gambar 4-5. Gambar 4.5 Tampilan Antarmuka Objek Wisata Berikut yakni antarmuka edukasi terdapat 2 buah tombol yaitu kembali dan main yang ditunjukan pada gambar 4-6 48 Tampilan Antarmuka Edukasi Berikut yakni antarmuka kuis terdapat soal dan jawabanan, nomor soal dan juga poin yang ditunjukan pada  Tampilan Antarmuka kuis Tahap 1 49  Tampilan Antarmuka kuis Tahap 2 Berikut yakni antarmuka pesan ketika pengguna menentukan jawabanan salah terdapat peringatan dan juga tombol lanjut yang ditunjukan pada gambar 4-9. Gambar 4.9 Tampilan Antarmuka Pesan Jawaban Salah kuis 50 Berikut yakni antarmuka check point antar tahap ketika pengguna menyelsaikan 10 pertanyaan pertama yang ditunjukan pada gambar 4-10. Gambar 4.10 Tampilan Antarmuka Check Point Antar Tahap Berikut yakni antarmuka game over ketika 3x peluang sudah habis yang ditunjukan pada gambar 4-11. Gambar 4.11 Tampilan Antarmuka Game Over 51 Saat pengguna menekan tombol menolongan pada sajian utama, maka antarmuka yang ditampilkan oleh sistem yakni menolongan yang ditunjukan pada gambar 4-12. Gambar 4.12 Tampilan Antarmuka pertolongan 52 4.2 Pengujian Pengujian pada sistem yang gres dibangun dilakukan melalui dua tahap yaitu pengujian alpha (fungsional) dan pengujian betha. 

  1. Pengujian Alpha Metode yang dipakai dalam pengujian alpha yakni metode blackbox yang serius pada persyaratan fungsional dari perangkat lunak yang dibangun.
  2.  Pengujian performance Metode yang dipakai dalam pengujian performance ialah pengujian yang dilakukan terhadap kinerja atau respon perangkat keras. 
  3. Pengujian beta Metode yang dipakai dalam pengujian beta ialah pengujian yang dilakukan secara adil terhadap pengguna 4.2.1 Pengujian Alpha Pengujian dilakukan terhadap aplikasi untuk memastikan bahwa aplikasi berjalan dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan. Proses pengujian akan menggunakan Black Box Testing. 
4.2.1.1 Skenario Pengujian Aplikasi
Skenario pengujian menerangkan pengujian terhadap sistem yang ada pada aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini. 1. Skenario Pengujian Menu Utama Berikut ini sekenario dari pengujian sajian utama sanggup dilihat pada tabel 4-6 dibawah ini. 53 Tabel 4.6 Skenario Pengujian Menu Utama Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Menu utama Tampilkan Menu utama Blackbox Tampilkan Edukasi Blackbox Tampilkan pertolongan Blackbox Klik tombol wisata Blackbox Klik tombol edukasi Blackbox Klik tombol menolongan Blackbox Klik tombol keluar Blackbox 2. Skenario Pengujian Pilih lokasi Berikut ini sekenario dari pengujian pilih lokasi sanggup dilihat pada tabel 4-7 dibawah ini. Tabel 4.7 Skenario Pengujian Pilih lokasi Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Pilih lokasi Klik tombol menolongan Blackbox Klik tombol sajian utama Blackbox Tampilkan Pilih lokasi Blackbox Tampilkan objek wisata Blackbox 54 3. Skenario Pengujian Kuis Berikut ini sekenario dari pengujian kuis sanggup dilihat pada tabel 4-8 dibawah ini. Tabel 4.8 Skenario Pengujian Kuis Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Kuis Klik tombol main Blackbox Klik tombol kembali Blackbox Tampilkan kuis Blackbox Tampilkan pilihan jawabanan Blackbox Klik tombol jawabanan Blackbox 4. Skenario Pengujian pertolongan Berikut ini sekenario dari pengujian menolongan sanggup dilihat pada tabel 4-9 dibawah ini. Tabel 4.9 Skenario Pengujian pertolongan Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian pertolongan Tampilkan pertolongan Blackbox Klik tombol kembali Blackbox 5. Skenario Pengujian Keluar Berikut ini sekenario dari pengujian keluar sanggup dilihat pada tabel 4-10 dibawah ini. Tabel 4.10 Skenario Pengujian Keluar Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Keluar Keluar aplikasi Blackbox

4.2.1.2 Butir Pengujian
Pengujian dilakukan dengan melaksanakan tes setiap use case dan memungkinkan kesalahan yang terjadi pada setiap proses. Pengujian ini dilakukan secara blackbox yaitu pengujian dilakukan dengan spesialuntuk memperhatikan masukan ke sistem dan keluaran sistem. 1. Pengujian Tampilkan Menu Utama Proses tampilkan sajian utama ialah proses dimana pengguna mengklik tombol-tombol yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian sanggup dilihat pada tabel 4-11 dibawah ini Tabel 4.11 Pengujian Tampilan Menu Utama Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik wisata Sistem melaksanakan proses buka halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik edukasi Sistem melaksanakan proses buka halaman pilih edukasi Sistem menampilkan halaman kuis [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik menolongan Sistem melaksanakan proses buka halaman pilih menolongan Sistem menampilkan halaman menolongan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik keluar Sistem melaksanakan proses keluar aplikasi game Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 2. Pengujian Tampilkan Pilih Lokasi Proses tampilkan pilih lokasi ialah proses dimana pengguna mengklik tombol wisata yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian sanggup dilihat pada tabel 4-12 dibawah ini 56 Tabel 4.12 Pengujian Tampilan Pilih Lokasi Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik home Sistem melaksanakan proses kembali ke sajian utama Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik menolongan Sistem melaksanakan proses buka halaman pilih menolongan Sistem menampilkan halaman menolongan [  ] Diterima [ ] Ditolak Tabel 4.13 Pengujian Tampilan Pilih Lokasi (Objek Wisata) Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Aceh Sistem melaksanakan proses membuka halaman Aceh Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sumatra Utara Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sumatra Utara Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sumatra Barat Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sumatra Barat Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih [  ] Diterima [ ] Ditolak 57 lokasi Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Riau Sistem melaksanakan proses membuka halaman Riau Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jambi Sistem melaksanakan proses membuka halaman Jambi Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Bengkulu Sistem melaksanakan proses membuka halaman Bengkulu Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sumatra Selatan Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sumatra Selatan Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak 58 Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Bangka Belitung Sistem melaksanakan proses membuka halaman Bangka Belitung Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Lampung Sistem melaksanakan proses membuka halaman Lampung Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Banten Sistem melaksanakan proses membuka halaman Banten Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jakarta Sistem melaksanakan proses membuka halaman Jakarta Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jawa Barat Sistem melaksanakan proses membuka Sistem melaksanakan proses [  ] Diterima 59 halaman Jawa Barat yang dibutuhkan [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jawa Tengah Sistem melaksanakan proses membuka halaman Jawa Tengah Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Yogyakarta Sistem melaksanakan proses membuka halaman Yogyakarta Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jawa Timur Sistem melaksanakan proses membuka halaman Jawa Timur Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Bali Sistem melaksanakan proses membuka halaman Bali Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak 60 Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Barat Sistem melaksanakan proses membuka halaman Kalimantan barat Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Selatan Sistem melaksanakan proses membuka halaman Kalimantan selatan Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Tengah Sistem melaksanakan proses membuka halaman Kalimantan Tengah Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Barat Sistem melaksanakan proses membuka halaman Kalimantan Barat Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji 61 Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik NTB Sistem melaksanakan proses membuka halaman NTB Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik NTT Sistem melaksanakan proses membuka halaman NTT Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Selatan Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sulawesi Selatan Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Barat Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sulawesi Barat Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Tengah Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sulawesi Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 62 Tengah Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Tenggara Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sulawesi Tenggara Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Gorontalo Sistem melaksanakan proses membuka halaman Gorontalo Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Utara Sistem melaksanakan proses membuka halaman Sulawesi Utara Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Maluku Utara Sistem melaksanakan proses membuka halaman Maluku Utara Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 63 Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Maluku Sistem melaksanakan proses membuka halaman Maluku Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Papua Barat Sistem melaksanakan proses membuka halaman Papua Barat Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Papua Sistem melaksanakan proses membuka halaman Papua Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melaksanakan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak 3. Pengujian Tampilkan Kuis Proses tampilkan kuis ialah proses dimana pengguna mengklik tombol edukasi yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian sanggup dilihat pada tabel 4-13 dibawah ini. 64 Tabel 4.14 Pengujian Tampilan Kuis Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Edukasi Sistem melaksanakan proses buka halaman kuis Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik tombol kembal Sistem melaksanakan Proses kembali buka halaman sajian utama Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 4. Pengujian Main Kuis Proses main kuis ialah proses dimana pengguna mengklik tombol mulai yang ada pada tampilan quis. Hasil dari proses pengujian sanggup dilihat pada tabel 4-14 dibawah ini Tabel 4.15 Pengujian Main Kuis Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Mulai Sistem melaksanakan proses memulai kuis Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 5. Pengujian Pilih Jawaban Proses pilih jawabanan ialah proses dimana pengguna mengklik tombol jawabanan pada setiap pertanyaan. Hasil dari proses pengujian jawabanan benar dan salah sanggup dilihat pada tabel 4-15 dan 4-16 dibawah ini Tabel 4.16 Pengujian Pilih Jawaban Kasus dan Hasil Uji (jawabanan benar) Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik jawabanan benar 1. Peringatan bunyi benar Peringatan bunyi benar terdengar [  ] Diterima [ ] Ditolak 65 2. Skor bertambah 10 poin 3. Lanjut soal diberikutnya Skor bertambah 10 poin Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak [  ] Diterima [ ] Ditolak Tabel 4.17 Pengujian Pilih Jawaban Kasus dan Hasil Uji (jawabanan salah) Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik jawabanan salah 1. menampilkan pesan jawabanan salah 2. skor berkurang 5 poin 3. Lifebar berkurang 1 kafe Sistem menampilkan pesan jawabanan salah Skor berkurang 5 poin Sistem mengurangi lifebar 1 kafe [  ] Diterima [ ] Ditolak [  ] Diterima [ ] Ditolak [  ] Diterima [ ] Ditolak 6. Pengujian Tampilkan pertolongan Proses tampilkan menolongan ialah proses dimana pengguna mengklik tombol menolongan yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian sanggup dilihat pada tabel 4-17 dibawah ini Tabel 4.18 Pengujian Tampilan pertolongan Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik menolongan Sistem melaksanakan proses buka halaman menolongan Sistem menampilkan halaman menolongan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik tombol kembali Sistem melaksanakan proses kembali buka Sistem melaksanakan proses [  ] Diterima 66 halaman sajian utama yang dibutuhkan [ ] Ditolak 7. Pengujian Keluar Aplikasi Proses keluar aplikasi ialah proses dimana pengguna mengklik tombol keluar yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian sanggup dilihat pada tabel 4-18 dibawah ini Tabel 4.19 Pengujian Keluar Aplikasi Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik keluar Sistem melaksanakan proses keluar aplikasi game Sistem melaksanakan proses yang dibutuhkan [  ] Diterima [ ] Ditolak

4.2.2 Kesimpulan Pengujian Alpha Dari hasil pengujian yang dilakukan, sanggup disimpulkan bahwa sistem sudah berjalan sesuai dengan yang dibutuhkan beserta proses penanganan kesalahannya. Secara fungsional sistem sudah sanggup menghasilkan keluaran yang diharapkan.

4.2.3 Pengujian Performance Pengujian performance yakni pengujian yang dilakukan terhadap kinerja atau respon perangkat keras. Dalam pengujian umum yang dilakukan untuk menentukan bagaimana sistem melaksanakan dalam hal respon dan stabilitas di bawah beban kerja tertentu. Hal ini juga sanggup berfungsi untuk menyelidiki, mengukur, memvalidasi atau memverifikasi atribut kualitas lain dari sistem, menyerupai skagoyahitas, kehandalan dan penerapan sumber daya. Pengujian performance sistem dari aktivitas uji model aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini dilakukan dengan menggunakan perangkat 67 komputer dengan spesifikasi yang tidak sama – beda. Hasilnya permainan ini sanggup berjalan dengan baik di komputer manapun dengan kecepatan processor, RAM, VGA dan sistem operasi yang tidak sama – beda. Kualitas gambar, suara, tampilan warna, kecepatan kanal sanggup berjalan dengan normal. Adapun data komputer yang dipakai untuk pengujian performance sistem aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia yang sudah dilakukan sebagai diberikut : Tabel 4.20 Pengujian Performance No Processor RAM VGA Sistem Operasi Keterangan 1. Intel P4 2.44 Ghz 512 Mb 128 bit Windows XP SP 2 Aplikasi sanggup berjalan 2. Intel P4 3.22 Ghz 512 Mb 128 bit Windows XP SP 2 Aplikasi sanggup berjalan 3. AMD Sempron 2600+ 256 Mb 64 bit Windows XP SP 2 Aplikasi sanggup berjalan 4. Intel Core2Duo 2 Ghz 2 Gb 128 bit Windows XP SP 2 Aplikasi sanggup berjalan 5 AMD Turion 64 X2 1 Gb 128 bit Windows Vista Aplikasi sanggup berjalan

4.2.4 Pengujian Beta
Pengujian beta ialah pengujian yang dilakukan secara adil, dimana dilakukan pengujian secara pribadi terhadap pengguna dengan menggunakan kuisioner terkena kepuasan pengguna atas aplikasi yang sudah dibangun. Adapun metode evaluasi pengujian yang dipakai yakni metode kuantitatif menurut data dari pengguna. Pengujian dilakukan pada 15 siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang berumur 10-16 tahun dan setiap siswa didiberikan 5 sampel pertanyaan .

4.2.4.1 Pertanyaan Pengguna Adapun pertanyaan yang diajukan dalam kuisioner untuk pengguna aplikasi ini yakni sebagai diberikut : 1. Menurut adik-adik, apakah info wisata yang disajikan praktis dipahami? a. Sangat praktis b. cepatdangampang c. cukup d. Sulit e. Sangat susah 2. Menurut adik-adik, apakah info wisata yang disajikan sanggup mempersembahkan …pengetahuam komplemen wacana tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia? a. Setuju b. Kurang oke c. Cukup oke d. Tidak oke e. Sangat tidak oke 3. Menurut adik-adik, apakah aplikasi ini ada keuntungannya untuk mencar ilmu terkena …wisata alam di Indonesia? a. Sangat bermanfaa b. Bermanfaat c. Cukup bermanfaa d. Kurang bermanfaa e. Tidak bermanfaa 69 4. Menurut adik-adik, dari segi cara penerapan aplikasi ini apakah praktis ….digunakan? a. Sangat praktis dipakai b. cepatdangampang dipakai c. Cukup praktis dipakai d. Sulit dipakai e. Sangat susah dipakai 5. Menurut adik-adik, apakah yang perlu diperbaiki dari aplikasi ini? a. Soal b. Tampilan c. Tambahan Suara d. Tambahan Animasi e. Tambahan Fitur

4.2.4.2 Rumus Pengujian Beta Berdasarkan data hasil kuisioner tersebut, dicari prosentase masing-masing jawabanan dengan menggunakan rumus R=P/Q*100%, dimana : P = Banyaknya jawabanan responden tiap soal Q = Jumlah responden R = Nilai prosentase

4.2.4.3 Hasil Kuisioner Menurut adik-adik, apakah info wisata yang disajikan praktis dipahami? Tabel 4.21 Hasil Kuisioner Kegampangan Memahami Materi No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Sangat cepatdangampang 5 33% 2 cepatdangampang 7 47% 70 3 Cukup 3 20% 4 Sulit 0 0% 5 Sangat Sulit 0 0% Menurut adik-adik, apakah info wisata yang disajikan sanggup mempersembahkan pengetahuam komplemen wacana tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia? Tabel 4.22 Hasil Kuisioner Info Wisata No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Setuju 8 53% 2 Kurang oke 0 0% 3 Cukup oke 7 47% 4 Tidak oke 0 0% 5 Sangat tidak oke 0 0% Menurut adik-adik, apakah aplikasi ini ada keuntungannya untuk mencar ilmu terkena wisata alam di Indonesia? Tabel 4.23 Hasil Kuisioner Manfaat Aplikasi No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Sangat bermanfaa 2 14% 2 Bermanfaat 5 33% 3 Cukup bermanfaa 8 53% 4 Kurang bermanfaa 0 0% 5 Tidak bermanfaa 0 0% Menurut adik-adik, dari segi cara penerapan aplikasi ini apakah praktis digunakan? Tabel 4.24 Hasil Kuisioner Penggunaan Aplikasi 71 No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Sangat praktis dipakai 12 79% 2 cepatdangampang dipakai 1 7% 3 Cukup praktis dipakai 1 7% 4 Sulit dipakai 1 7% 5 Sangat susah dipakai 0 0% Menurut adik-adik, apakah yang perlu diperbaiki dari aplikasi ini? Tabel 4.25 Hasil Kuisioner Perbaikan Aplikasi No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Soal 7 47% 2 Tampilan 0 0% 3 Tambahan Suara 2 14% 4 Tambahan Animasi 4 25% 5 Tambahan Fitur 2 14% 4.2.5 Kesimpulan Pengujian Beta Hasil dari pengujian beta untuk kegampangan memahami materi mengambarkan bahwa responden praktis dalam memahami materi yang di sajikan, kemudian untuk Info wisata responden cukup mendapat info dan pengetahuam komplemen wacana tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia dan untuk manfaat aplikasi responden menjawaban cukup ada keuntungannya untuk mencar ilmu terkena wisata alam di Indonesia dan untuk cara penerapan aplikasi responden praktis menggunakan aplikasi ini dan untuk perbaikan aplikasi jawabanan dari responden bermacam-macam dari mulai perbaikan soal, perbaikan animasi, penampahan fitur dan juga suara. 72 Kemudian dari keseluruhan pengujian beta sanggup disimpulkan bahwa aplikasi yang sudah dibangun sanggup memmenolong pengguna dan cukup praktis digunakan.

LihatTutupKomentar