-->
Pemikiran Sufistik Syekh Abdul Wahab Rokan
PEMIKIRAN SUFISTIK SYEKH ABDUL WAHAB ROKAN[1]
Manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mengenal Tuhan. Kemampuan ini ada sebagai sebuah potensi yang sama pada seluruh insan lantaran adanya “ruh” Tuhan pada dirinya. Potensi inilah yang disebut oleh Islam dengan fitrah.[3] Oleh lantaran ialah pembawaan secara intrinsik, maka kecenderungan berketuhanan ini tidak bisa dielakkan oleh siapapun. [4]

Kecenderungan kepada Tuhan sebagai Realitas Mutlak dan Absolut ini, diekspresikan oleh sebagian orang dengan melaksanakan perbuatan dalam bentuk ibadah formal mirip doa, shalat, puasa, haji dan ibadah syariah lainnya. Ekspresi ini lebih dikenal dengan fiqh. Sementara sebagian yang lain melaksanakan lebih dari sekedar ibadah formal yakni menghampiri Tuhan sedekat-dekatnya bahkan bersatu dengan-Nya. Ekspresi yang kedua inilah yang kemudian disebut dengan tasawuf (mistisisme / mistyc). melaluiataubersamaini demikian terlihat bahwa objek kajian tasawuf lebih mengarah pada kajian yang bersifat batin (esoteris), sedangkan fiqh lebih menekankan pada aspek-aspek luar (eksoteris). Keunikan tasawuf yang bersifat esoteris ini menimbulkan ia lebih bersifat universal, luas, elastis dan inklusif.

Esoterisme tasawuf terlihat kasatmata lantaran perbincangan yang muncul di dalamnya senantiasa mengarah pada aspek ruhani yakni penyucian jiwa (tazkiyah an-nafs) untuk selanjutnya melaksanakan perjalanan menuju Tuhan. Pengalaman kerohanian ini biasanya di ukur dengan rasa (dzawq) yang tentu saja sangat bersifat personal lantaran setiap individu merasakan pengalaman yang dipastikan tidak akan pernah sama dengan yang lain. Pengalaman ini juga meniscayakan keragaman yang tak mungkin disatukan alasannya yakni hal ini terkait erat dengan kondisi kejiwaan seseorang, tingkat pemahaman, keyakinan, penghayatan dan perolehannya dari pemdiberian (mauhibah, jamaknya mawahib) Tuhan yang dituju.

Mauhibah Tuhan kepada seseorang yang meniti jalan tasawuf biasanya dipahami dengan penyingkapan atau terbukanya tirai-tirai alam ghaib (kasyf al-hijab) yang sangat banyak jumlahnya.[5] Penyingkapan ini akan mencapai titik puncaknya suatu saat, dimana seseorang akan merasakan tajalli-nya Tuhan Yang Maha Indah dan Sempurna. [6]

Pengalaman dalam merasakan tajalli-nya Tuhan ini, ialah sesuatu yang susah diungkapkan oleh bahasa biasa (sehari-hari). Alih-alih memberikan perasaan ini kepada orang lain, seorang sufi terkadang lebih menentukan menutup mulutnya rapat-rapat, berdiam diri dan merahasiakannya dari orang lain. Hal ini biasanya dilakukan untuk terus menjaga kesucian diri, menangkal munculnya sifat-sifat kedirian (nafs) dalam bentuk ‘ujub, riya, sum’ah dan takabbur. Di samping itu, “gerakan tutup mulut” ini juga disebabkan lantaran adanya kekhawatiran jikalau apa yang mereka rasakan akan disalahpahami serta disalahmaknakan oleh orang lain.

Namun demikian, pengungkapan dari penyingkapan tajalli Tuhan tersebut ternyata juga ialah sesuatu yang diharapkan terlebih untuk pendidikan dan pembelajaran bagi yang lain. Hanya saja, umumnya pengungkapan ini menggunakan media tersendiri mirip seni, baik seni tari maupun bahasa sastra, dalam memberikan pengalaman yang tak terkatakan itu. [7]

Dalam sejarah, ternyata banyak sufi yang memberikan pengalaman kerohanian dan pengajaran (lebih tepatnya pemikiran sufistik) mereka kepada orang lain dalam bahasa sastra yakni puisi, syair dan sejenisnya. Penyampaian dengan metode ini sepertinya lantaran ada jembatan penghubung antara tasawuf itu sendiri dengan seni yakni rasa (dzawq).

Rabi’ah al-Adawiyah misalnya, dikenal dengan syair mahabbah-nya yang cukup masyhur. Ada juga Shana’i al-Ghaznawi, seorang pujangga sufi Persia pertama yang sangat produktif dalam memaparkan doktrin-doktrin tasawufnya melalui media syair [8] semenjak paruh pertama kala ke-6 H. Enam puluh tahun sehabis Shana’i, ada Fariduddin al-‘Aththar (w.626 H), penyair yang juga sangat produktif. Karya-karyanya berbentuk prosa dan puisi. Ia menulis risalah Tadzkirah al-Auliya’, yang meliputi riwayat hidup dan karaktek para sufi. Kitabnya Mantiq at-Thayr juga ialah maha karya dalam bidang tasawuf. Ibn Faridh al-Mishri (w.632 H) ialah sufi yang sajak-sajak tasawufnya sangat menakjubkan. Ia populer dengan Diwan (himpunan sajak puitis)nya. Seorang penyair sufi Iran yang juga terkemuka yakni Jalaluddin Muhammad ar-Rumi (w.672 H) yang populer dengan Matsnawi-nya. Karyanya ini ialah samudera ‘irfani yang sarat dengan visi spiritual dan sosial yang unik dan istimewa. Selain mereka juga ada Nizami, seorang sufi penyair persia yang cukup terkenal. Salah satu syair dari lima naratif (khamsah) yang digubahnya berjudul Makhazan al-Asrar (Khazanah Rahasia-Rahasia).[9]

Di Indonesia, ada Hamzah Fansuri yang dikenal dengan banyak sekali syair-syairnya termasuk syair perahu. Sufi lain yang juga cukup populer yakni Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi al-Naqsyabandi al-Syazali (1230-1345 H/1811-1926M) yang lebih bersahabat disebut dengan nama “Tuan Guru Babussalam” (Besilam). Kepiawaiannya dalam tulis menulis termasuk syair-syairnya, diakui oleh Martin van Bruinessen yang sebut bahwa Syekh Abdul Wahab pastilah ialah salah seorang tokoh Naqsyabandiyah yang paling produktif diantara para penulis di kalangan tarekat Naqsyabandiyah yang pernah ada.[10]

Syekh Abdul Wahab dikenal tidak spesialuntuk di daerah Babussalam, Langkat [11] sebagai tempat pengembangan pedoman sekaligus tempat pemakamannya yang cukup ramai dikunjungi -khususnya pada haul yang dilaksanakan setiap tanggal 21 Jumadil Awal- tetapi juga hampir di seluruh Sumatera Utara khususnya di daerah pesisir Timur, Riau serta di Asia Tenggara mirip Malaysia utamanya di daerah Johor, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam dan beberapa negara Asia lainnya.[12]

Makalah ini akan menyoroti beberapa percikan pemikiran sufistik Syekh Abdul Wahab yang terbatas pada zuhud, tarekat dan suluk dalam syair-syair, wasiat dan khutbah-khutbahnya.

B. Riwayat Singkat Syekh Abdul Wahab Rokan
Syekh Abdul Wahab dilahirkan dan dibesarkan dikalangan keluarga darah biru yang taat beragama, berpendidikan dan sangat dihormati. Ia lahir pada tanggal 19 Rabiul Akhir 1230 H[13] di Kampung Danau Runda, Rantau Binuang Sakti, Negeri Tinggi, Rokan Tengah, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau dan didiberi nama Abu Qosim. Ayahnya berjulukan Abdul Manaf bin Muhammad Yasin bin Maulana Tuanku Haji Abdullah Tambusei, seorang ulama besar yang ‘abid dan cukup terkemuka pada ketika itu.[14] Sedangkan ibunya berjulukan Arbaiyah binti Datuk Dagi bin Tengku Perdana Menteri bin Sultan Ibrahim yang mempunyai pertalian darah dengan Sultan Langkat.[15] Syekh Abdul Wahab meninggal pada usia 115 tahun pada 21 Jumadil Awal 1345 H atau 27 Desember 1926 M.

Masa pintar balig cukup akal Syekh Abdul Wahab, lebih banyak dipenuhi dengan mencari dan menambah ilmu pengetahuan. Pada pertamanya ia berguru dengan Tuan Baqi di tanah kelahirannya Kampung Danau Runda, Kampar, Riau. Kemudian ia menamatkan pelajaran Alquran pada H.M. Sholeh, seorang ulama besar yang berasal dari Minangkabau.

Sesudah menamatkan pelajarannya dalam bidang al-Quran, Syekh Abdul Wahab melanjutkan studinya ke daerah Tambusei dan berguru pada Maulana Syekh Abdullah Halim serta Syekh Muhammad Shaleh Tembusei. Dari kedua Syekh inilah, ia mempelajari banyak sekali ilmu mirip tauhid, tafsir dan fiqh. Disamping itu ia juga mempelajari “ilmu alat” mirip nahwu, sharaf, balaghah, manthiq dan ‘arudh. Diantara Kitab yang menjadi acuan yakni Fathul Qorib, Minhaj al-Thalibin dan Iqna’. Karena kepiawaiannya dalam menyerap serta penguasaannya dalam ilmu-ilmu yang disampaikan oleh guru-gurunya, ia kemudian didiberi gelar “Faqih Muhammad”, orang yang jago dalam bidang ilmu fiqh

Syekh Abdul Wahab kemudian melanjutkan pelajarannya ke Semenanjung Melayu dan berguru pada Syekh Muhammad Yusuf Minangkabau. Ia menyerap ilmu pengetahuan dari Syekh Muhammad Yusuf selama kira-kita dua tahun, sambil tetap berdagang di Malaka.[16]

Hasrat belajarnya yang tinggi, membuat ia tidak puas spesialuntuk berguru hingga di Malaka. Ia seterusnya menempuh perjalanan panjang ke Mekah dan menimba ilmu pengetahuan selama enam tahun pada guru-guru ternama pada ketika itu. Di sini pulalah ia memperdalam ilmu tasawuf dan tarekat pada Syekh Sulaiman Zuhdi hingga kesudahannya ia memperoleh ijazah sebagai “Khalifah Besar Thariqat Naqsyabandiyah al-Khalidiyah”.[17]

Syekh Abdul Wahab dalam penelusuran pertama yang penulis lakukan, juga memperdalam Tarekat Syaziliyah. Hal ini terbukti dari pencantuman namanya sendiri ketika ia menulis buku 44 Wasiat yakni “Wasiat Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi Naqsyabandi as-Syazali…”. Selain itu, pada butir kedua dari 44 Wasiat, ia menyampaikan “apabila engkau sudah baligh berakal hendaklah mendapatkan Thariqat Syazaliyah atau Thariqat Naqsyabandiyah supaya sejalan engkau dengan aku”.[18] Hanya saja hingga ketika ini, penulis belum memperoleh data kapan, dimana dan pada siapa Syekh Abdul Wahab mempelajari Tarekat Syaziliyah ini.

Pada ketika berguru di Mekah, Syekh Abdul Wahab dan anakdidik-anakdidik yang lain pernah diminta untuk memmembersihkankan wc dan kamar mandi guru mereka. Saat itu, kebanyakan dari kawan-kawan seperguruannya melaksanakan kiprah ini dengan ketidakfokusan bahkan ada yang enggan. Lain halnya dengan Syekh Abdul Wahab. Ia melaksanakan perintah gurunya dengan sepenuh hati. Sesudah tiruana rampung, Sang Guru kemudian mengumpulkan tiruana anakdidik-anakdidiknya dan mempersembahkan kebanggaan kepada Syekh Abdul Wahab sambil mendoakan, gampang-gampangan tangan yang sudah memmembersihkankan kotoran ini akan dicium dan dihormati oleh termasuk para raja.[19]

Salah satu kekhasan Syekh Abdul Wahab dibanding dengan sufi-sufi lainnya yakni bahwa ia sudah meninggalkan lokasi perkampungan bagi anak cucu dan anakdidik-anakdidiknya. Daerah yang berjulukan “Babussalam” ini di bangkit pada 12 Sypertama 1300 H (1883 M) yang ialah wakaf anakdidiknya sendiri Sultan Musa al-Muazzamsyah, Raja Langkat pada masa itu. Disinilah ia menetap, mengajarkan Tarekat Naqsyabandiyah hingga simpulan hayatnya.

Di sela-sela kesibukannya sebagai pimpinan Tarekat Naqsyabandiyah, Syekh Abdul Wahab masih menyempatkan diri untuk menuliskan pemikiran sufistiknya, baik dalam bentuk khutbah-khutbah, wasiat, maupun syair-syair yang ditulis dalam karakter Arab Melayu. Tercatat ada dua belas khutbah yang ia tulis dan masih terus diajarkan pada jamaah di Babussalam. Sebagian khutbah-khutbah tersebut -enam buah diantaranya- didiberi judul dengan nama-nama bulan dalam tahun Hijriyah yakni Khutbah Muharram, Khutbah Rajab, Khutbah Sya’ban, Khutbah Ramadhan, Khutbah Sypertama, dan Khutbah Dzulqa’dah. Dua khutbah lain wacana dua hari raya yakni Khutbah Idul Fitri dan Khutbah Idul Adha. Sedangkan empat khutbah lagi masing-masing berjudul Khutbah Kelebihan Jumat, Khutbah Nabi Sulaiman, Khutbah Ular Hitam, dan Khutbah Dosa Sosial.

Wasiat atau yang lebih dikenal dengan nama “44 Wasiat Tuan Guru” yakni kumpulan pesan-pesan Syekh Abdul Wahab kepada seluruh jamaah tarekat, khususnya kepada anak cucu / dzuriyat-nya. Wasiat ini ditulisnya pada hari Jumat tanggal 13 Muharram 1300 H pukul 02.00 WIB [20] kira-kira sepuluh bulan sebelum dibangunnya Kampung Babussalam

Karya tulis Syekh Abdul Wahab dalam bentuk syair, terbagi pada tiga pecahan yakni Munajat, Syair Burung Garuda dan Syair Sindiran. Syair Munajat yang meliputi kebanggaan dan doa kepada Allah, hingga hari ini masih terus dilantunkan di Madrasah Besar Babussalam oleh setiap muazzin sebelum azan dikumandangkan. Dalam Munajat ini, terlihat bagaimana keindahan syair Syekh Abdul Wahab dalam menyusun secara lengkap silsilah Tarekat Naqsyabandiyah yang diterimanya secara turun temurun yang terus bersambung kepada Rasulullah Saw. Sedangkan Syair Burung Garuda meliputi kumpulan petuah dan nasehat yang diperuntukkan khusus bagi anak dan remaja. Sayangnya, hingga ketika ini Syair Burung Garuda tidak diperoleh naskahnya lagi. Sementara itu, naskah orisinil Syair Sindiran sudah diedit dan dicetak ulang dalam Aksara Melayu (Indonesia) oleh Syekh Haji Tajudin bin Syekh Muhammad Daud al-Wahab Rokan pada tahun 1986

Selain khutbah-khutbah, wasiat maupun syair-syair, Syekh Abdul Wahab juga meninggalkan berbait-bait pantun nasehat. Pantun-pantun ini memang tidak satu baitpun tertulis namun sebagian diantaranya masih dihafal oleh sebagian kecil anak cucunya secara turun temurun. Menurut Mualim Said, -salah seorang cucu Syekh Abdul Wahab yang menetap di Babussalam ketika ini- ia sendiri masih hafal beberapa bait pantun tersebut, mirip halnya dengan Syekh H. Hasyim el-Syarwani, Tuan Guru Babussalam sekarang.[21] Dalam karya-karya tulisnya inilah, akan terlihat pemikiran-pemikiran sufistik Syekh Abdul Wahab mirip yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Martin van Bruinessen menggambarkan sosok Syekh Abdul Wahab sebagai khalifahnya Sulaiman Zuhdi yang paling menonjol di Sumatera, seorang Melayu dari Pantai Timur… Ia mengangkat seratus dua puluh khalifah di Sumatera dan delapan orang di Semenanjung Malaya. Syekh Melayu ini mempunyai dampak yang demikian luas di daerah Sumatera dan Malaya sebanding dengan apa yang dicapai para Syekh Minangkabau seluruhnya…”. .[22]

Bahkan berdasarkan Zikmal Fuad, mengutip pernyataan Nur A.Fadhil Lubis dalam sebuah seminar “Perbandingan Pendidikan Indonesia Amerika” di Aula 17 Agustus, Pesantren Darul Arafah Medan, tahun 1992 nama Syekh Abdul Wahab sangat dikenal dan diperhitungkan dikalangan Misionaris dan Orientalis di Amerika.[23]

C. Pemikiran Sufistik Syekh Abdul Wahab Rokan
Syekh Abdul Wahab menulis Syair Sindiran dalam tiga pecahan yang tidak sama. Meskipun demikian tidak ada klarifikasi mengapa hal ini dilakukakannya. Bagian pertama memuat lima puluh tiga (53) bait, pecahan kedua memuat dua puluh lima (25) bait, sedangkan pecahan ketiga meliputi enam belas (16) bait yang setiap baitnya terdiri dari empat baris.

Menurut Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran ini ditulisnya ketika sedang berada di Malaysia, tepatnya di daerah Batu Pahat, Rantau Panjang.

Awal menyurat di Batu Pahat
Rantau Panjang namanya tempat
Dibuat syair akan nasehat
Hendaklah dibaca kuat-kuat [24]

Syair Sindiran ditulis untuk seluruh anakdidik-anakdidiknya sebagai sebuah nasehat berharga dari seorang guru. Syair ini ditulis dengan cara sindiran (kinayah) untuk menjadi menyerupai (pelajaran) sehingga membuat orang merasa nyaman, tidak merasa tersinggung atau terlecehkan. Syair Sindiran ini sanggup diselesaikan -diungkapkan oleh Syekh Abdul Wahab dengan kerendahan hati- spesialuntuk dengan santunan Allah yang Rahman.

Faqir membuat akan sindiran
melaluiataubersamaini santunan Tuhan Rahman
Siapa-siapa membaca ingatlah tuan
Janganlah lalai sekalian ikhwan [25]

Nasehat dalam bentuk syair ini bukan sekedar untuk diketahui, namun diharapkan menjadi suatu amalan tersendiri sebagai bekal hidup di dunia yang menjadi tempat tanggal sementara. Pernyataan “hendaklah dibaca kuat-kuat” dan “tidakbolehlah lalai sekalian ikhwan” menawarkan semoga syair dibaca, dipahami, diperdengarkan (diajarkan) kepada orang lain serta tentu saja diamalkan. Namun demikian, Syekh Abdul Wahab menggarisbawahi bahwa jikalau nasehat yang didiberikannya tidak tiruana bisa dilakukan, maka amalkan sebatas apa yang sanggup diamalkan sesuai dengan kemampuan dan perjuangan yang sudah diupayakan.

Tamatlah sudah syair nasehat
Hendaklah ikhwan sekalian ingat
Serta faham segala ibarat
Serta amalkan mana-mana yang sanggup [26]

Syair Sindiran yang dipertamai dengan menyebut asma Allah seraya mengharap ampunan-Nya ditujukan sebagai nasehat mengingat mati (zikr al-maut), lantaran diri akan berpindah ke alam barzakh.

Dimulai syair dengan bismillah
Memohonkan ampun kepada Allah
Faqir mengarang berbuat lelah
Diperbuat sindiran menyerupai berpindah [27]
INI sindiran usang bertambah
Mengarang syair menyerupai berpindah
Syair menyerupai yang amat indah
Ingatlah diri akan berpindah [28]

Kematian, berdasarkan Syekh Abdul Wahab sesungguhnya yakni hal yang pasti akan menjumpai siapapun yang hidup. Karenanya nasehat ini yakni salah satu cara untuk mengingatkan orang akan hidup yang tidak infinit dan pasti berakhir.

Wahai sekalian adik dan kakak 
Ingat-ingat tidakbolehlah tidak
Mati itu tak boleh tidak
Pikirlah tuan adik dan abang [29]

Berbeda dengan Syair Sindiran, dalam 44 Wasiat, Syekh Abdul Wahab mempersembahkan pengutamaan kepada anak cucunya untuk mengamalkan pesan dan nasehatnya. Ia mengingatkan : 

“Hendaklah simpan surat wasiat ini satu surat satu orang. Bacalah sejum’at sekali atau sebulan sekali, sekurang-kurangnya setahun sekali. Amalkan apa-apa yang tertulis di dalam wasiat ini supaya engkau sanggup martabat yang tinggi dan kemuliaan yang besar dan kaya dunia akhirat”.[30] 

Penekanan ini bahkan ia tegaskan lagi dengan menyatakan :
“Wahai anak cucuku, tidakboleh sekali-kali engkau pergampang dan tidakboleh engkau enteng-entengkan wasiatku ini, lantaran wasiatku ini hadir dari pada Allah dan Rasul dan daripada Guru-Guru yang pilihan, dan sudah kuterima kebajikan wasiat ini”.[31]

Beberapa pemikiran sufistik Syekh Abdul Wahab antara lain sebagai diberikut:

1. Zuhud
Zuhud yakni suatu sikap memalingkan diri dari dunia[32] atau melepaskan diri dari rasa ketergantungan terhadap kehidupan duniawi dengan mengutamakan kehidupan akhirat. Keberpalingan ini lantaran menganggap dunia hina atau menjauhinya lantaran dosa. Pada tingkat yang tinggi, seorang zahid akan memandang segala sesuatu kecuali Allah, tidak berharga. Karena itu ia akan menjaga hatinya dari segala yang sanggup memalingkannya dari Allah. Sejalan dengan ini, Abu Usman menyatakan bahwa zuhud yakni engkau tinggalkan dunia, kemudian engkau tidak perduli siapapun yang mengambilnya.[33]

Syekh Abdul Wahab mengingatkan anakdidik-anakdidiknya semoga “tidakboleh bermegah-megah dengan dunia dan kebemasukannya…tidakboleh mengumpulkan harta benda banyak-banyak dan tidakboleh dibanyakkan menggunakan pakaian yang halus.[34] Harta yang banyak, melebihi kebutuhan yang diharapkan spesialuntuk akan menhadirkan kelalaian hati dari berzikir kepada Allah. 

Kesenangan dunia ini hakikatnya spesialuntuklah sebentar, sekejap mata. Tempat yang awet itu yakni akhirat.[35] Karena itu hendaklah kita banyak-banyak membawa bekal pulang ke akhirat, tidakboleh hingga terpedaya dengan hawa nafsu yang mengajak pada keburukan dan kejahatan. Ingatlah kisah-kisah orang yang memperturutkan hawa nafsunya, kesudahannya mereka rugi dunia dan alam abadi [36] Selagi masih hidup, lebih baik berbuat bakti kepada Tuhan dan kepada hamba-hamba-Nya. Hidup bukan sekedar mencari harta untuk pengisi peti (keranda jenazah).

Negeri alam abadi tempat menanti
Baiklah kita berbuat bakti
Sementara hidup sebelum mati
Jangan mencari harta pengisi peti [37]

Mengenai kezuhudan Syekh Abdul Wahab, H.A Fuad Said menceritakan, suatu kali Abdul Wahab berlayar menuju Siak Indra Pura, Riau. Di sini ia dan rombongan dijamu –sebagaimana adat Melayu- oleh Sultan Kasim Abdul Jalil Saifuddin Ba’alawi dengan tepak sirih yang terbuat dari emas. Ulama-Ulama lain yang berasal dari Hadhramaut dengan senang hati merasakan sirih yang disuguhkan oleh Sultan. Lain halnya dengan Syekh Abdul Wahab. Ia dengan rendah hati menolak sambil menyampaikan bahwa mereka (para ulama tersebut) mungkin sudah mendapatkan alasan dan dalil yang membolehkan, tetapi saya belum mendapatkannya. Ia gres merasakan sirih tersebut sehabis tepak diganti dengan tepak biasa yang terbuat dari kayu. Selanjutnya ia dengan penuh kesantunan mempersembahkan nasehat –intinya wacana zuhud- kepada Sultan dan hadirin yang lain. Sultan Kasim Abdul Jalil sedikitpun tidak menyangkal apa yang disampaikan, bahkan membenarkannya, spesialuntuk menurutnya ketika ini hal itu belum bisa ia lakukan, masih sibuk dan belum ada kelapangan waktu. Syekh Abdul Wahab dengan mengutip al-Quran Surat At-Takatsur kemudian membuktikan bahwa harta yang banyak memang sanggup melalaikan orang dari mengingat kematian dan alam kubur. [38]

Syekh Abdul Wahab -dalam mempraktekkan kezuhudan ini- sudah membuat peraturan untuk seluruh penduduk yang tinggal menetap di Babussalam ketika itu. Seluruh penduduk dihentikan merokok di tempat umum, tidak menggunakan tempat pulas yang terbuat dari besi dan tidak boleh mengutamakan kemewahan dunia lantaran tiruana harta ini akan ditinggalkan apabila simpulan hidup menjemput. Demikian pula kaum perempuan dihentikan menggunakan komplemen yang mencolok dan dihentikan bertindik (memakai komplemen anting-anting di telinga). Ia sendiri, makan dalam piring kayu atau upih (daun yang berasal dari pohon pinang), serta minum dalam tempurung. Para pembesar dan Sultan yang hadir mengunjunginya juga disuguhinya masakan dan minuman dalam wadah yang sama.[39]

Dalam hal tata busana, Syekh Abdul Wahab mengingatkan untuk berpakaian sederhana, tidak mencolok, yang penting membersihkan dan suci serta tidak merasa tinggi hati (takabbur) dengan pakaian yang dikenakan. Karena itu jikalau berpakaian lengkap, tidakboleh lupa untuk mengenakan pakaian buruk (jelek) bersamanya.

“Jika menggunakan pakaian yang lengkap, maka pakailah pakaian yang buruk di dalamnya, yang antaranya yang buruk itu sebelah atas.” [40]

Zuhud yang ialah sikap memalingkan diri dari dunia atau menghilangkan dunia dari dalam hati berarti menghilangkan kecintaan pada dunia dan segala perhiasannya. Cinta pada dunia (hubb ad-dunya) sesungguhnya yakni hijab yang menjauhkan seseorang dari Tuhan. Rasulullah Saw. bahkan menegaskan bahwa hubb ad-dunya yakni salah satu dari dua penyakit hati[41] yang sanggup melemahkan jiwa dan semangat umat untuk berjuang di jalan Allah. Penyakit ini tidak boleh didiamkan apalagi bermasukang terlalu usang dalam diri seseorang. Agar tidak membawa pada kerusakan yang besar, harus segera dicari obat untuk kesembuhannya. Kesembuhan penyakit ini, berdasarkan Syekh Abdul Wahab, memerlukan penanganan yang intensif dari seorang ‘arif bi Allah, “thabib yang maqbul doanya” semoga penyakit ini sanggup teratasi dan “sembuh dengan segeranya”.

Tipu dunia terlalu besarnya
Tiadalah ingat pula kenanya
Cari thabib yang maqbul doanya
Supaya sembuh dengan segeranya [42]

Namun demikian, bagi Abdul Wahab, zuhud itu bukan berarti tidak mempunyai penghidupan di dunia. Mencari nafkah yang halal dengan perjuangan sendiri ialah hal yang penting dan sangat dianjurkannya. Apabila sudah mempunyai harta dan kemuliaan, diingatkan untuk membuatkan dengan sesama.

“Hai sekalian orang yang kaya-kaya yang sanggup pangkat dan kemuliaan. Hendaklah berpengaruh bersedekah dan diberibadah serta banyakkan bersedekah dan berwakaf supaya infinit kayanya itu dari dunia hingga ke akhirat.” [43]

Anjuran mencari nafkah penghidupan ditegaskannya dengan cara yang sangat lazim dilakukan ketika itu yakni bertani, berladang dan menjadi ‘amil. Bahkan bagi yang ingin mendapatkan laba yang lebih besar ia menganjurkan untuk berniaga (berdagang/berjualan) dengan melaksanakan syarikat (perkongsian/kerjasama) dengan orang lain.

“Jangan engkau berniaga sendiri, tetapi hendaklah bersyarikat. Dalam mencari nafkah hendaklah bertani, berladang, menjadi ‘amil dan sebagainya…” [44]

Mencari harta benda bukanlah ialah hal yang terlarang dalam agama, bahkan dianjurkan mirip yang dijelaskan Alquran dalam al-Qashash ayat 77.

“Carilah pada apa yang sudah dianugerahkan oleh Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan tidakbolehlah engkau melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi. Dan berbuat ihsan-lah sebagaimana Allah sudah berbuat ihsan kepadamu dan tidakbolehlah engkau berbuat kerusakan di muka bumi lantaran sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” [45].

Karena itu, mencari dan mendapatkan kekayaan dunia tidak dihentikan oleh Syekh Abdul Wahab. Ia tetap mengingatkan semoga kekhusyu’an hati dan amal ibadah tidak boleh terganggu spesialuntuk lantaran kemewahan duniawi. Mereka yang hidup dengan harta yang berlimpah sementara amal ibadah berkurang, sesungguhnya sedang mengikuti jalan syaitan dan iblis, jalan yang seharusnya ditinggalkan. melaluiataubersamaini nada setengah bertanya ia menasehatkan, “apa faedahnya harta bertambah sementara umur berkurang dan dekat kepada kematian”.

“Janganlah engkau suka dengan hartamu yang bertambah banyak sedangkan amal ibadahmu berkurang, lantaran itu kehendak syaitan dan iblis. Apa faedahnya harta bertambah, umur berkurang, dekat kepada mati.”[46]

Meskipun tidak dilarangnya orang mencari kekayaan yang banyak, namun Syekh Abdul Wahab mengingatkan bahwa orang yang mempunyai harta kekayaan akan disenangi oleh pengintai yang ingin mengambil hartanya. Akibat dari tiruana ini, hidup akan merasa terbelenggu dengan kekayaan dan kemewahan lantaran waktu tersita untuk menjaga dan merawatnya. Kondisi ini sesungguhnya berpertama dari diri yang tidak sanggup mengendalikan harapan hawa nafsu. Dingatkannya, jikalau tidak bersungguh-sungguh melawan dan menolak harapan hawa nafsu, maka bersiaplah untuk “menyesal di kemudian harinya”.

Jikalau peti banyak isinya
Banyak pencuri ingin mengambilnya
Bersungguh-sungguh kita melawannya
Jangan menyesal kemudian harinya [47]

Menurut Syekh Abdul Wahab, tidak mudah memalingkan diri dari kemewahan dunia apalagi bagi mereka yang tidak mengetahui apa dan bagaimana dunia itu sebenarnya. Namun bagi mereka yang sudah mengikuti serta mengamalkan tarekat dengan benar, diberibadah (suluk) dengan lurus, maka ia akan mengetahui ancaman dan kerugian dunia. Orang yang mirip ini akan tahu bahwa dunia “tidaklah boleh dibentuk sobat dekat”.

Siapa orang jago thariqat
Serta amalkan ibadahnya kuat
Tahulah ia dunia banyak mudharat
Tidaklah boleh dibentuk sobat dekat [48]

Zuhud yang ditetapkan oleh Syekh Abdul Wahab ini, sepertinya sejalan dengan apa yang disebutkan oleh Ibn Qudamah al-Maqdisi dalam kitab Mukhtashar Minhaj al-Qashidin. Menurutnya, zuhud yakni citra wacana menghindari dari menyayangi sesuatu kepada sesuatu yang lebih baik darinya. melaluiataubersamaini kata lain, zuhud yakni menghindari dunia lantaran tahu akan kehinaannya bila dibandingkan dengan kehidupan akhirat.[49]

Syekh Abdul Qadir al-Jailani, mirip yang dikutip oleh Said bin Musfir Al-Qahthani menegaskan “tidaklah hingga orang-orang yang sudah hingga (kepada Allah) itu kecuali dengan ilmu dan kezuhudan terhadap dunia serta berpaling darinya dengan hati dan rasa.” [50]

Seseorang yang sudah “mengetahui rasanya”, memmembersihkankan niat dan tujuannya dari kepentingan duniawi apapun maka akan berubahlah “segala thabi’at-nya” (kebiasaan-kebiasaan buruknya), sehingga seluruh gerak kehidupannya menjadi amal shalih dengan niat dan tujuan yang baik. 

Barangsiapa mengetahui rasanya
Niscaya berubah segala thabi’atnya
Sedikit tak mengambil akan dunianya
Ke alam abadi juga banyak tuntutannya [51]

Seorang mukmin sesungguhnya mempunyai tujuan yang baik di tiruana perilakunya. Ia bekerja di dunia bukan untuk dunia, melainkan membangun dunia untuk akhirat. Jika ia melaksanakan yang lain, tujuannya yakni untuk keluarga, fakir miskin dan apa yang seharusnya ia perlukan dalam kehidupan. Dia melaksanakan tiruana itu supaya kelak didiberikan ganjaran di akhirat. Dia tidak menuntut apapun di dunia, “ke alam abadi juga banyak tuntutannya”.

2. Tarekat.
Tarekat (thariqah) mempunyai korelasi yang erat dengan tasawuf. Jika tasawuf ialah perjuangan untuk mendekatkan kepada Allah, maka tarekat yakni cara dan jalan yang ditempuh seseorang dalam usaspesialuntuk mendekatkan diri kepada-Nya. melaluiataubersamaini kata lain, tarekat sesungguhnya ialah jalan yang harus ditempuh untuk sanggup sedekat mungkin dengan Tuhan. Namun dalam perkembangannya, tarekat kemudian mengandung arti kelompok atau perkumpulan yang menjadi forum dan mengikat sejumlah pengikutnya dengan banyak sekali peraturan. Jadi, tarekat yakni tasawuf yang melembaga, dimana tiap tarekat mempunyai syekh, upacara ritual dan zikir tersendiri.[52]

Tarekat pada tataran praktis, yakni suatu metode untuk menuntun (membimbing) seorang anakdidik secara berencana dengan jalan pikiran, perasaan dan tindakan, terkendali terus menerus kepada suatu rangkaian dari tingkatan-tingkatan (maqamat) untuk sanggup merasakan hakikat yang sebenarnya.[53]

Memasuki dunia tarekat yang demikian penting, Syekh Abdul Wahab mengingatkan bahwa sebelum mempelajarinya, seseorang harus terlebih lampau mendalami Alquran dan Hadis. Ia menyatakan “hendaklah engkau bersungguh-sungguh menuntut ilmu Alquran dan kitab-kitab kepada Guru-Guru yang Mursyid...”.[54] Sejalan dengan ini, Syekh Abdul Qadir Jailani menasehatkan semoga melihat diri dengan pandangan yang penuh kasih dan cinta. Jadikan al-Kitab dan Sunnah di depan mata, lihatlah keduanya kemudian amalkan. Jangan menentang sehingga tidak melaksanakan apa yang dibawanya.[55] Ia menambahkan “ambillah nasehat dari Alquran dengan mengamalkannya, bukan dengan jalan menentangnya. Keyakinan yakni kata yang pendek, tetapi jikalau dilakukan ia menjadi panjang. Berimanlah pada Alquran, percayalah dengan hati, serta amalkan dengan anggota tubuh.” [56] Syekh

Abdul Wahab mengingatkan semoga kuat-kuat berguru Quran, hilangkan rasa malas, tekun dan bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya serta “melancar (mengulang kembali pelajaran sambil terus memahaminya dengan baik) itu tidakbolehlah segan”.

Wahai anak muda bangsawan
Kuat-kuat engkau berguru Quran
Melancar itu tidakbolehlah segan
Supaya menjadi Qari pilihan [57]

Amal ibadah insan sesungguhnya tergantung pada pemahamannya terhadap pekerjaan yang sedang dilakukannya yakni ia harus benar-benar mengerti apa yang ia amalkan lantaran ilmu ialah dasar utama suatu amal. Tanpa ilmu dan pemahaman yang benar, dikhawatirkan seseorang akan cenderung pada kesesatan dan hawa nafsu. Karena itu, ilmu-ilmu syariat yang lain mirip ilmu fiqh, ushul al-fiqh, bahasa Arab, nahwu dan sharf harus tetap dipelajari. Ilmu-ilmu akan menjadi dasar berpijak serta menjadi syarat untuk memasuki dunia tarekat.

Apabila tepat kaji Quran
Ushul dan fiqh pula dipelajarkan
Serta ibadat berhari-harian
Faqih dan Qari orang panggilkan [58]

Menurut Syekh Abdul Wahab, mempelajari Alquran dan Hadis berarti juga mempelajari syariat secara utuh, termasuk duduk kasus halal-haram, dosa dan fahala. Persoalan rukun, syarat dan adat dalam ibadah syariat tidaklah sanggup dipisahkan untuk mencapai kesempurnaan. Kelak jikalau tiruana ini sanggup dilakukan, bersamaan dengan perjalanan spiritual dalam tarekat, “baharulah (barulah) tulus amal ibadatnya”. 

Dalil dan Hadis diperbaikinya
Halal dan haram dosa fahalanya
Apabila tepat adat syaratnya
Baharulah tulus amal ibadatnya [59]

Sesudah ilmu-ilmu tersebut dipelajari dengan baik, Syekh Abdul Wahab kemudian memperkenankan seseorang untuk mempelajari tarekat dan berguru “kepada khalifah yang tinggi pangkat”, guru yang mursyid, mereka yang benar-benar faham wacana perjalanan ruhani supaya “ilmu yang jauh menjadi rapat”.

Ambillah pula ilmu thariqat
Kepada khalifah yang tinggi pangkat
Ilmu yang jauh menjadi rapat
Tetapi ratib hendaklah berpengaruh [60]

Meskipun demikian, Syekh Abdul Wahab spesialuntuk membatasi tarekat pada dua pilihan yakni tarekat Syaziliyah dan Naqsyabandiyah. Pembatasan ini sepertinya lantaran ia sendiri sudah sangat mendalami kedua tarekat tersebut. “Apabila engkau sudah baligh berakal hendaklah mendapatkan Thariqat Syazaliyah atau Thariqat Naqsyabandiyah supaya sejalan engkau dengan aku”.[61]

Seseorang yang sudah mempelajari tarekat, khususnya Naqsyabandiyah, harus melepaskan diri dari hawa nafsu dan ikatan-ikatan keduniawian mirip status sosial yang sanggup membawa pada kebanggaan. Hawa nafsu dan ikatan duniawi yakni hijab yang harus dilepaskan semoga tercapai keseimbangan dan kesempurnaan ruhani. Syekh Abdul Wahab menggambarkan status sosial dan ikatan duniawi ini dengan kata “tengkuluk” yakni topi yang digunakan para darah biru dalam pakaian adat Melayu lantaran ia ialah citra dari kebemasukan seseorang.

Disamping itu, seorang anakdidik harus meninggalkan tiruana perbuatan maksiat baik lahir maupun batin yang pernah dilakukannya selama ini alasannya yakni maksiat akan menjauhkan dirinya dari Tuhan. Melepaskan diri dari maksiat berarti berupaya terus menerus untuk mengekalkan ingat kepada Allah.

Apabila digunakan thariqat Naqsyabandiyah
Dimembuang tengkuluk digunakan kopiah
Perbuatan yang haram ditinggalkanlah
Diabadikan ingat kepada Allah [62]

Kaum sufi termasuk Syekh Abdul Wahab, meyakini bahwa sisi batiniah dari syariat Islam yakni tarekat yang ialah jalan menuju kebenaran hakiki (haqiqah) yakni tauhid, mengesakan Allah. Karena itu mereka mempercayai tiga hal yang mempunyai korelasi antara satu dengan yang lain yaitu syariat, tarekat dan hakikat. Syariat yakni masukana untuk mencapai tarekat dan tarekat ialah masukana untuk mencapai hakikat. Dari sinilah akan terjadi pengenalan yang baik dan benar wacana Tuhan (ma’rifah).

Jikalau tuan memalai ilmu thariqat
Dibetul lampau bicara i’tiqat
Serta dikenal dalil haqiqat
Baharulah tepat pula makrifat [63]

Murid yang meniti jalan tarekat di bawah bimbingan khalifah mumpuni, diberibadah dengan tekun, akan mengetahui bahwa dunia ini penuh dengan hal yang sanggup menhadirkan mudharat. Karena itu, dunia “tidaklah boleh dibentuk sobat dekat”

Siapa orang jago thariqat
Serta amalkan ibadahnya kuat
Tahulah ia dunia banyak mudharat
Tidaklah boleh dibentuk sobat dekat [64]

Sesudah berusaha melepaskan diri dari hawa nafsu dan keakuan diri, maka perjalanan menuju Allah (suluk) dilanjutkan dibawah bimbingan guru yang mursyid. Perjalanan ini pada puncaknya akan hingga pada titik pengenalan kepada kepada Allah (ma’rifah). Namun mirip halnya al-Ghazali, Syekh Abdul Wahab membuktikan bahwa puncak ma’rifah bukanlah bersatu dengan Tuhan (ittihad), melainkan justru mengetahui dengan kasatmata perbedaan yang terang antara makhluk dengan Sang Khaliq.

Apabila tepat thariqatmu tuan
Shalawat dan suluk pula kerjakan
Barulah putus makrifatmu tuan
Membezakan hamba dengannya Tuhan [65]

3. Suluk
Suluk mempunyai keterkaitan yang erat dengan tarekat. Orang yang melaksanakan tarekat disebut salik dan perbuatannya di sebut suluk yang berarti perjalanan seseorang menuju Allah.[66] Simuh, dengan bahasa yang sedikit panjang membuktikan bahwa kaum sufi yang sedang merasakan kerinduan kepada Tuhan kemudian berusaha mencari dan mendekatiNya menyebut dirinya sebagai pengembara (salik). Mereka melangkah maju dari satu tingkat (maqam) ke tingkat yang lebih tinggi. Jalan yang mereka tempuh ini dinamakan tarekat sedangkan tujuan simpulan perjalanannya yakni mencapai penghayatan fana fi Allah yakni kesadaran leburnya diri dalam samudera kemahabemasukan Ilahi. Jalan tasawuf ini sering dinamakan suluk. [67]

Suluk atau khalwat (dalam bahasa Parsi disebut cilla yang berarti empat puluh) ialah kegiatan mengasingkan diri ke sebuah tempat tertentu (rumah suluk) dari kesibukan duniawi untuk sementara waktu di bawah pimpinan seorang mursyid semoga sanggup diberibadah lebih khusyu’ dan sempurna. Dalam prakteknya, suluk sanggup dilakukan selama 3, 7, 10, 20 dan 40 hari. Jumlah yang terakhir ini yakni masa yang terbaik dalam pelaksanaan suluk.[68] Meskipun demikian, suluk ini tidak diwajibkan, namun dalam tarekat Naqsyabandiyah khususnya di daerah Sumatera dan sebagian Jawa, hal ini sangat dianjurkan.[69]

Mengerjakan suluk tidakbolehlah jemu
Dari kecil hingga besarmu
Pengajaran ini daripada hamba
Kepada adik dan abang gotong royong [70]

Sebelum membangun Babussalam, Syekh Abdul Wahab lebih lampau membangun rumah suluk di daerah Batubara [71] (Kabupaten Asahan Sumatera Utara). Disinilah ia mengajar anakdidik-anakdidiknya selama beberapa waktu hingga hadirnya usul untuk ‘menpenghasilan’ dari Sultan Musa al-Muazzamsyah, Raja Langkat di Tanjung Pura.

Mendirikan suluk di Batubara
Karena berhajat sanak saudara
Datanglah faqir dengannya segera
Dari negeri Langkat si Tanjung Pura [72]

Suluk, pada hakikatnya yakni mengosongkan diri dari sifat-sifat buruk (as-shifat al-madzmumat) dan mengisinya dengan sifat-sifat yang terpuji (as-shifat al-mahgampang).[73] Ia ialah perjalanan hati menuju kelurusan budbahasa dan keimanan serta pen-tahqiq-an peringkat keyakinan kepada-Nya. Perjalanan hati ini harus mendaki dari satu maqam ke maqam yang lain yang lebih tinggi secara terus menerus tanpa henti. INI perjalanan batin di atas perjalanan batin.[74] Jadi, suluk ialah perjuangan seorang hamba untuk sanggup menemukan hakikat iman yang tidak sanggup dicapai kecuali dengan memmembersihkankan hati, yang ialah tempat iman dan tempat evaluasi Tuhan terhadap amal hambaNya. FirmanNya dalam QS an-Nahl 69:

“Maka berjalanlah diatas jalan-jalan Tuhanmu dengan patuh”.[75]

Pelaksanaan suluk akan menhadirkan banyak manfaat bagi salik antara lain mendapatkan nikmat dunia dan alam abadi serta memperoleh limpahan kurnia dan cahaya Nur Ilahi.[76] Suluk akan mengangkat derajat seseorang kepada tingkatan yang lebih tinggi apabila memenuhi banyak sekali persyaratan yang sudah sudah ditentukan antara lain niat yang tulus spesialuntuk lantaran Allah dan taubat dari segala maksiat lahir dan batin. Disamping itu, suluk harus di bawah bimbingan seorang guru yang mursyid yang jago ma’rifah,[77] “thabib yang pintar obat” semoga tidak menyimpang dari jalan menuju Tuhan sehingga menhadirkan mudharat / kerusakan atau kehancuran.

Maka bersuluk lantaran derajat
Karena jalan mengampuni taubat
Dicarilah thabib yang pintar obat
Supaya tidakboleh menjadi mudharat [78]

Dalam menjalankan suluk, diharapkan sikap aktif seorang salik serta penolakan terhadap apa saja yang sanggup menghambat aktifitas suluk. Sikap-sikap ini akan menumbuhkan semangat yang berpengaruh sekaligus menghilangkan kemalasan dan keengganan dalam bersuluk semoga tasbih yang dipegang, tidak dilepaskan.

Jikalau tiada berpengaruh bertanya
Mana yang sanggup segera hilangnya
Datanglah segan mengerjakannya
Tasbih dipegang dilepaskannya [79]

Rasa malas, segan dan lelah sanggup mendera seorang salik dalam perjalanan spiritualnya menuju kedekatan kepada Allah (taqarrub). Karena itu Syekh Abdul Wahab mempersembahkan tiga resep kunci yakni, memperbanyak zikir kepada Allah, sabar atas cobaan yang didiberikan-Nya serta men-dawam-kan istighfar, memohon ampunan kepada-Nya.

Jikalau hadir segan dan lelah
Dibanyakkan ingatan kepada Allah
Datang cobaan disabarkanlah
Meminta ampun barang yang salah [80]

Dalam pelaksanaan suluk, seorang anakdidik berada di bawah bimbingan guru yang mursyid secara penuh untuk hingga kepada Allah. Mursyid akan mempersembahkan petunjuk dan hukum yang harus dijalankan. Murid tidak boleh menyembunyikan dari mursyid sesuatu yang dirasakannya, mirip getaran kalbu, lintasan hati, peristiwa-peristiwa ajaib, maupun tersingkapnya hijab.[81] Apabila seorang anakdidik memperoleh keajaiban dalam amalannya, hendaklah didiberitahukan kepada mursyid dengan sebenarnya. Seluruh perjalanan yang dilihat dan dirasakan harus disampaikannya kepada mursyid secara utuh. Murid dalam hal ini, tidak boleh menyembunyikan sedikitpun atau sebaliknya, menambahi penglihatan atau perasaannya .

Jikalau guru hadir bertanya
Hendaklah dikhabarkan dengan sebenarnya
Jangan dikurangi tidakboleh dilebihinya
Sebanyak yang dilihat dikhabarkannya [82] 

Bagi seorang anakdidik, mursyid ialah wasilah untuk hingga kepada Tuhan. Ia tidak spesialuntuk sekedar memerlukan bimbingan mursyid-nya tapi lebih dari itu membutuhkan campur tangan aktifnya sebagai pembimbing spiritual dan para penlampau sang pembimbing termasuk yang paling utama, Rasulullah Saw. Silsilah ini menawarkan rantai bersambung yang menghubungkan seseorang dengan Nabi dan melalui ia hingga kepada Tuhan. Pemahaman terhadap silsilah ini dalam tarekat Naqsyabandiyah, membawa pada metode rabithah mursyid yang berarti mengadakan korelasi batin dengan sang pembimbing sebagai penlampauan zikir dalam suluk. Rabithah ini dilakukan melalui penghadiran mursyid, membayangkan korelasi yang sedang dijalin yang seringkali dalam bentuk seberkas cahaya yang memancar dari sang mursyid. [83] 

Barangsiapa banyak was-wasnya
Dihadirkan rabithah rupa gurunya
Jikalau tidak tepat hadirnya
Tiadalah faedah menolaknya [84]

Me-rabithah yakni menghadirkan wajah (rupa/gambar) mursyid bagi seorang anakdidik sangat dianjurkan terutama bagi mereka yang selalu dihinggapi was-was (kegalauan yang selalu muncul di dalam hati) dalam perjalanan suluknya. Dalam imajinasi anakdidik, hatinya dan hati mursyid saling berhadapan. Murid harus membayangkan bahwa hati sang mursyid bagaikan samudera karunia spiritual yang akan melimpah ke hatinya sehingga membawa pada pencerahan.[85] Apabila anakdidik membiasakan fana pada mursyid yang menjadi rabithah-nya, maka ia akan hingga pada tingkatan muqobalah yaitu taraf ruhani dimana seorang salik berhadap-hadapan dengan Sang Khaliq yang wajib al-wujud. [86]

Menghadirkan rabithah itu banyak faedah
Ialah membawa kepada limpah
Melazimkan fana kepada rabithah
Itulah membawa kepada muqobalah [87]

Orang yang senantiasa menjalankan suluk akan memperoleh manfaat. Pertama, mempunyai pengalaman yang banyak dan pandangan yang jauh. Kedua, mempunyai pemahaman yang fundamental dan budbahasa yang baik. Ketiga, mempunyai jiwa yang rela dan logika yang membersihkan. [88]

Ayuhal ikhwan hendaklah tilik
INI kesudahan perjalanan suluk
Perjalanan laju tidak bertuluk
Karena Allah Tuhan yang Kholiq [89]

Akhir perjalanan suluk yakni penyaksian akan kebemasukan dan kekuasaan Allah yang Maha Agung dan Sempurna yang ialah pemdiberian (mauhibah) dari DIA sendiri. Hati yang putih membersihkan dan dipenuhi dengan cahaya Ilahy akan merasakan musyahadah yakni melihat dan menyaksikan Allah dengan mata hari (sir) tanpa terhalang dengan apapun. Musyahadah ini sanggup terjadi dalam waktu yang sebentar namun sanggup pula berkepantidakboleh secara terus menerus sepanjang hayat. INI yang menjadi idaman dari seorang salik.

Kurnia Allah Tuhan yang baqi
Kepada hamba-Nya yang putih hati
Tafakur musyahadah tiada berhenti
Daripada hidup hingga ke mati [90]

D. Penutup
Menelusuri pemikiran sufistik Syekh Abdul Wahab Rokan dalam seluruh karya tulisnya, sepertinya memerlukan waktu yang cukup panjang. Makalah ini tentu saja belum sanggup menggali seluruh pemikiran sufistiknya dalam waktu terbatas, tetapi paling tidak ini bisa menjadi pertama untuk penelusuran yang lebih jauh pada masa-masa menhadir.

Penelusuran yang penulis lakukan dan kemudian diuraikan dalam makalah ini sepertinya menuju pada satu kesimpulan bahwa pemikiran sufistik Syekh Abdul Wahab Rokan sanggup dikelompokkan dalam tasawuf akhlaqi yang ditandai dengan pengutamaan pada aspek moralitas. Wa Allahu a’lam bi as-shawab

DAFTAR KEPUSTAKAAN;
  • Abdullah, H.W Muhd. Shaghir, Syekh Ismail al-Minangkabawi Penyiar Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, (Solo: CV. Ramadhani, 1985).
  • Al-Haddad, Syekh Abdullah b. Alwi, Diwan ad-Durr al-Manzhum Li Dzawi al-‘Uqul wa al-Fuhum, (Mesir: Mathba’ah Isa al-Babi al-Halabi wa Syarikuhu, tt).
  • Al-Kaf, Idrus Abdullah, Bisikan-Bisikan Ilahi : Pemikiran Sufistik Imam al-Haddad dalam Diwan ad-Durr al-Manzhum (Bandung : Pustaka Hidayah, 2003).
  • Al-Kurdi, Muhammad Amin, Al-Mawahib as-Sarmadiyah fi Manaqib an-Naqsyabandiyah (Kairo: ttp, tt).
  • Al-Maqdisi, Ibn Qudamah, Mukhtashar Minhaj al-Qashidin, (Kairo: Mathba’ah al-Halabi Syirkahu, 1413 H).
  • Al-Qahthani, Said bin Musfir, Buku Putih Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, (Jakarta: Darul Falah, 1425 H).
  • As. Asmaran, Pengantar Studi Tasawuf, (Jakarta: PT RajaGraindo, 1996).
  • Berry, A.J., Pasang Surut Aliran Tasawuf, diterjemahkan oleh Bambang herawan, (Bandung: Mizan, 1993).
  • Bruinessen, Martin van, Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia, (Bandung: Mizan, 1992).
  • Clark, Walter Huston, The Psychology of Religion, (New York: McMillan, 1967).
  • Effendi, Mochtar, Ensiklopedi Agama dan Filsafat, Buku I Entri A-B, (Universitas Sriwijaya: PT.Widyadara, 2000).
  • Fuad, Zikmal, Sejarah dan Metode Dakwah Syekh Abdul Wahab Rokan, (Jakarta: tp, 2002).
  • Musa, Muhammad Yusuf, Falsafah al-Akhlaqi fi al-Islam, (Kairo: Muassasah al-Khaniji, 1963).
  • Muslim, Abi Al-Husain, Shahih Muslim, juz III, (Mesir: Musthafa al-Baby al-Halaby wa Auladih, 1377 H).
  • Muslim, Abi Al-Husain, Shahih Muslim, juz III, (Mesir: Musthafa al-Baby al-Halaby wa Auladih, 1377 H).
  • Muthahhari, Murtadha, Mengenal ‘Irfan: Meniti Maqam-Maqam Kearifan, diterjemahkan oleh C.Ramli Bihar Anwar, (Jakarta: IIMAN & Hikmah, 2002).
  • Nasution, Harun, Islam di Tinjau Dari Beberapa Aspeknya (Jakarta, UI Press, 1986).
  • Nur, KH. Djamaan, Tasawuf dan Tarekat Naqsyabandiyah, (Medan: USU Press, 2004).
  • Republik Indonesia, Departemen Agama Al-Quran dan Terjemahnya, (Surabaya: CV. Aisyiah, tt).
  • Said, H.A Fuad, Hakikat Tarikat Naqsyabandiyah, (Jakarta: Pustaka Alhusna Baru, 2005). 
  • -------------------, Syekh Abdul Wahab Tuan Guru Babussalam (Medan: Pustaka Babussalam, 2001).
  • Said, Mualim, Wawancara, (Babussalam, Langkat, Minggu, 30 April 2006)
  • Simuh, Tasawuf dan Perkembangannya Dalam Islam, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997).
  • Smith, Muhammad b. Zein, Ghayah al-Qashd wa al-Murad (Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-‘Arabi, tt.).
  • Sumatera Utara, IAIN, Pengantar Ilmu Tasawuf, (Medan: Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi Agama, 1981).
  • -------------------, Majelis Ulama, Sejarah Ulama-Ulama Terkemuka di Sumatera Utara, (Medan: Institut Agama Islam Negeri Aljami’ah Sumatera Utara, 1983).
  • Trimingham, J. Spencer, The Sufi orders in Islam, (London: Oxford University Press, 1971).
  • Wahab, Syekh Abdul, 44 Wasiat, (tp., ttp., tt).
  • ---------, Syekh Abdul, Khutbah Ular Hitam, dalam Kumpulan Khutbah Jumat, diedit oleh Khalifah H.Abdul Malik Said, (tp: Babussalam, tt).
  • --------, Syekh Abdul, Syair Sindiran, diedit oleh Syekh Haji Tajudin (tp, Babussalam Langkat:, 1986).
  • Yahya, H.Imanuddin, Bercerita (Pesantren Islam Al-Anshar : Tanjung Pura Langkat, 1982).
[1] Disampaikan pada Annual Conference, Grand Hotel, Lembang, Bandung, 26-30 Nopember 2006
[2] PPs UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
[3] Lihat Q.S al-Rum : 30. Juga dipertegas dengan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa setiap insan dilahirkan dalam keadaan fitrah; orang tuanyalah yang mengarahkan menjadi Yahudi, Kristen atau Majusi. Lihat, Abi Al-Husain Muslim, Shahih Muslim, juz III, (Mesir: Musthafa al-Baby al-Halaby wa Auladih, 1377 H), h. 216
[4] Rudolf Otto menyatakan “… they born with an innate capacity of sensing God and can not help themselves”. Lihat, Walter Huston Clark, The Psychology of Religion, (New York: McMillan, 1967), h. 80.
[5] Satu pendapat menyampaikan bahwa hijab (tirai-tirai pembatas alam ghaib) itu berjumlah tujuh puluh ribu.

[6] Penyingkapan yang terjadi pada Muhammad SAW. yang menjadi panutan dan contoh tiruana orang yang ingin mendekat kepada-Nya, sudah diawetkan oleh Allah SWT “hatinya tidak mendustakan apa yang sudah dilihatnya…Dan sesungguhnya Myhammad sudah melihat-Nya pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidrah al-Muntaha”. (QS. An-Najm : 11,13-14).
[7] Bandingkan dengan Idrus Abdullah Al-Kaf, Bisikan-Bisikan Ilahi : Pemikiran Sufistik Imam al-Haddad dalam Diwan ad-Durr al-Manzhum (Bandung : Pustaka Hidayah, 2003), h. 9.

[8] A.J. berry, Pasang Surut Aliran Tasawuf, diterjemahkan oleh Bambang herawan, (Bandung: Mizan, 1993), h. 139-143.
[9] Murtadha Muthahhari, Mengenal ‘Irfan: Meniti Maqam-Maqam Kearifan, diterjemahkan oleh C.Ramli Bihar Anwar, (Jakarta: IIMAN & Hikmah, 2002), h. 50-52. Lihat juga dalam Idrus Abdullah Al-Kaf, op.cit, h. 16.
[10] Martin van Bruinessen, Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia, (Bandung: Mizan, 1992), h. 108.

[11] Babussalam terletak di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, yang berjarak kira-kira 6 km dari Tanjung Pura, sentra kekuasaan Kerajaan Langkat masa lampau dimana Sultan Abdul Aziz anak Sultan Musa, mendirikan Mesjid Azizi, salah satu mesjid yang terindah dan bersejarah di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.

[12] H.W Muhd. Shaghir Abdullah, Syekh Ismail al-Minangkabawi Penyiar Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, (Solo: CV. Ramadhani, 1985), cet. I, h. 62. 

[13] Selain tanggal di atas, terdapat perbedaan pendapat wacana tanggal kelahiran Syekh Abdul Wahab, tidak wacana tanggal wafatnya. Satu pendapat menyatakan tanggal 10 Rabiul Akhir 1246 H atau 28 September 1830 M. Riwayat lain menuliskan tanggal dan bulan yang sama dengan tahun yang tidak sama yakni 1242 H bertepatan dengan 1817 H. Lihat Majelis Ulama Sumatera Utara, Sejarah Ulama-Ulama Terkemuka di Sumatera Utara, (Medan: Institut Agama Islam Negeri Aljami’ah Sumatera Utara, 1983), h.27. Sedangkan pendapat ketiga sebut bahwa ia dilahirkan 1234 H / 1837 M. Lihat, DR. Mochtar Effendi, SE., Ensiklopedi Agama dan Filsafat, Buku I Entri A-B, (Universitas Sriwijaya: PT.Widyadara, 2000), cet. ke-9, h. 12.

[14] Selain sebagai seorang ulama yang terkemuka pada ketika itu, mempunyai ribuan anakdidik yang berguru padannya, Tuanku Haji Abdullah Tambusei juga dikenal sebagai seorang petani yang senang memberi dan tawadhu’ (rendah hati). Ia sering menolong fakir miskin dan anak yatim. Tak heran jikalau ia dengan senang hati menanggung kehidupan sebagian kecil anakdidik yang tinggal dan berkhidmat di rumahnya. Pada masa simpulan hayatnya, ribuan orang melayat jenazahnya di Tanah Putih. Lihat H.A. Fuad Said, Syekh Abdul Wahab Tuan Guru Babussalam (Medan: Pustaka Babussalam, 2001), cet. ke-9, h. 15-17.

[15] Mochtar Effendi, op.cit., h. 12
[16] Ibid.
[17] H.W Muhd. Shaghir Abdullah, op.cit, h. 62
[18] Syekh Abdul Wahab Rokan, 44 Wasiat, (tp., ttp., tt), h. 1.
[19] Riwayat ini penulis dapatkan dari al-Ustadz H.Imanuddin Yahya (1930-2002 M.) pada mata pelajaran “Bercerita” setiap hari Kamis, di Madrasah Diniyah Pesantren Islam al-Anshar Tanjung Pura Langkat sekitar tahun 1982.
[20] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h. 1
[21] Wawancara penulis dengan Mualim Said di kediamannya di Babussalam, Langkat, Minggu, 30 April 2006
[22] Martin van Bruinessen, op.cit., h. 108 dan 135
[23] Lihat, Zikmal Fuad, Sejarah dan Metode Dakwah Syekh Abdul Wahab Rokan, (Jakarta: tp, 2002), h. 9.
[24] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, diedit oleh Syekh Haji Tajudin (tp, Babussalam Langkat:, 1986), h. 10.
[25] Ibid., h. 7.
[26] Ibid., h. 6.
[27] Ibid., h. 1
[28] Ibid., h. 8
[29] Ibid, h. 10
[30] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h.1
[31] Ibid. 
[32] Murtadha Muthahhari, op.cit., h. 71.
[33] Dikutip dari Simuh, Tasawuf dan Perkembangannya Dalam Islam, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997), h. 57
[34] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h. 2.
[35] Lihat QS. An-Nisa : 77.
[36] Syekh Abdul Wahab, Khutbah Ular Hitam, dalam Kumpulan Khutbah Jumat, diedit oleh Khalifah H.Abdul Malik Said, (tp: Babussalam, tt), h. 31
[37] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h.5.
[38] Lihat H.A. Fuad Said, Syekh Abdul Wahab Tuan Guru Babussalam, h. 51-52.
[39] Ibid., h. 74
[40] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h. 2.
[41] Penyakit yang lain yakni karahiyat al-maut yakni takut akan kematian.
[42] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h.2.
[43] Syekh Abdul Wahab, Khutbah Ular Hitam, h. 34.
[44] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h. 1
[45] Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahnya, (Surabaya: CV. Aisyiah, tt), h. 623.
[46] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h. 4
[47] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h. 3.
[48] Ibid., h. 12.
[49] Ibn Qudamah al-Maqdisi, Mukhtashar Minhaj al-Qashidin, (Kairo: Mathba’ah al-Halabi Syirkahu, 1413 H), h. 324.
[50] Said bin Musfir Al-Qahthani, Buku Putih Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, (Jakarta: Darul Falah, 1425 H), cet. ke-2, h. 490.
[51] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h.6
[52] Harun Nasution, Islam di Tinjau Dari Beberapa Aspeknya (Jakarta, UI Press, 1986), jilid 2, h. 89. Lihat juga Muhammad Yusuf Musa, Falsafah al-Akhlaqi fi al-Islam, (Kairo: Muassasah al-Khaniji, 1963), h. 252.
[53] J. Spencer Trimingham, The Sufi orders in Islam, (London: Oxford University Press, 1971), h. 3-4
[54] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h. 1
[55] Said bin Musfir Al-Qahthani, op.cit., h. 417
[56] Ibid.
[57] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h. 12
[58] Ibid.
[59] Ibid.
[60] Ibid.
[61] Syekh Abdul Wahab, 44 Wasiat, h. 1
[62] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h. 3
[63] Ibid., h. 3
[64] Ibid., h. 12 
[65] Ibid., h. 13
[66] IAIN-SU, Pengantar Ilmu Tasawuf, (Medan: Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi Agama, 1981), h. 269.
[67] Simuh, op.cit., h. 197.
[68] H.A Fuad Said, Hakikat Tarikat Naqsyabandiyah, (Jakarta: Pustaka Alhusna Baru, 2005), cet. Ke-6, h. 79.
[69] Martin van Bruinessen, op.cit., h. 88.
[70] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h.10

[71] Menurut sebuah riwayat, Syekh Abdul Wahab hadir ke Batubara, Asahan, sekitar tahun 1270-an H. Ia bertemu dengan Panglima Itam (ayah Panglima Itam, Bilal Yasin yakni saudaranya sebapa) yang dikenal sebagai jagoan yang sangat sakti, kebal dan tahan api. Kekuatannya diakui secara luas di Tanah Melayu. Syekh Abdul Wahab mengajaknya untuk kembali ke jalan yang benar. Tawaran ini tentu saja ditolak oleh Panglima Itam lantaran ia juga merasa mempunyai ilmu kesaktian. melaluiataubersamaini karomah-nya, Abdul Wahab berhasil menundukkan kemenakannya ini -sesudah terjadi tabrak kesaktian- hingga kesudahannya menjadi seorang khalifah dalam tarekat Naqsyabandiyah. Lihat, H.A Fuad Said, Syekh Abdul Wahab Tuan Guru Babussalam, h. 42.

[72] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h. 1
[73] Asmaran As, Pengantar Studi Tasawuf, (Jakarta: PT RajaGraindo, 1996), h. 353.
[74] Muhammad b. Zein b. Smith, Ghayah al-Qashd wa al-Murad (Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-‘Arabi, tt.), juz I, h.123
[75] Depag RI , ibid, h. 412
[76] Muhammad b. Zein b. Smith, op.cit., h. 354.
[77] Syekh al-Haddad, Diwan ad-Durr al-Manzhum Li Dzawi al-‘Uqul wa al-Fuhum, (Mesir: Mathba’ah Isa al-Babi al-Halabi wa Syarikuhu, tt), h. 57 yang dikutip oleh Idrus Abdullah Al-Kaf, Bisikan-Bisikan Ilahi,  h.181
[78] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h. 2.
[79] Ibid., h. 4.
[80] Ibid., h. 4
[81] H.A Fuad Said, Hakikat Tarikat Naqsyabandiyah, h. 1
[82] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h. 4.
[83] Martin van Bruinessen, ibid., h. 82-83
[84] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h. 4.
[85] Bandingkan dengan Muhammad Amin al-Kurdi, Al-Mawahib as-Sarmadiyah fi Manaqib an-Naqsyabandiyah (Kairo: ttp, tt), h. 512
[86] Lihat dalam KH. Djamaan Nur, Tasawuf dan Tarekat Naqsyabandiyah, (Medan: USU Press, 2004), cet. Ke-3, h. 283
[87] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h.4
[88] IAIN-SU, Pengantar Ilmu Tasawuf, h. 269
[89] Syekh Abdul Wahab, Syair Sindiran, h.4
[90] Ibid.

LihatTutupKomentar