-->
Makalah Toko Online E-Business
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada kala ketika ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangatlah pesat. Perkembangan tersebut di ikuti dengan penerapannya yang semakin intensif untuk kegiatan industri, bisnis maupun keperluan lainnya. Sehingga masyarakat pun sanggup mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang ada. Begitu pun perusahaan-perusahaan, supaya tetap relevan perusahaan harus sanggup mengikuti bahkan menlampaui perkembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Dalam persaingan dunia bisnis yang semakin tinggi, maka diharapkan sebuah sistem kerja yang cepat, efektif dan efisien. Apalagi pada ketika ini komunikasi bisnis mulai beralih dari komunikasi pribadi hingga komunikasi dengan menolongan internet. melaluiataubersamaini bertambahnya jalur penjualan produk, konsumen tidak spesialuntuk berbrlanja di dunia positif melalui department stores atau mall. Kini penerapan teknologi memungkinkan sanggup melaksanakan aktifitas pembelian melalui internet dengan tidak harus beranjak dari rumah atau pun kamar pulas, namun cukup membuka computer dengan mengetik alamat situs yang dikehendaki, kemudian aktifitas transaksi sanggup dilakukan.Persaingan dalam pelayanan dan tuntutan kebutuhan informasi serta pengetahuan masyarakat ketika ini mendorong pemasar untuk mempersembahkan nilai pada pelayanan berupa kegampangan untuk memenuhi kebutuhan informasi.

Konsep online shopping menyediakan banyak kegampangan dan kelebihan kalau dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional. Selain proses transaksi sanggup menjadi lebih cepat, di internet sudah disediakan hampir tiruana barang yang biasanya dijual secara lengkap. Maka dari itu diharapkan sebuah solusi alternatif yang memungkinkan melaksanakan transaksi ataupun mengakses informasi tanpa bergantung pada sumber informasi dan lokasi terusan sehingga mempersembahkan layanan yang lebih fleksibel bagi konsumen. Sebuah penerapan teknologi yang melengkapi model yang sudah ada dan diharapkan mempersembahkan kegampangan yang mendorong terjadinya sebuah transaksi pada bisnis online.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Toko online
Toko online ialah daerah penjualan barang dan jasa sepenuhnya di Internet. Namun ada pula yang ialah toko konvensional yang juga menjual barang dan jasa mereka di internet atau masukana untuk memperlihatkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung sanggup melihat barang-barang anda di toko online anda. 

Banyak media yang tesedia untuk membuka toko online diantaranya sebagai diberikut :
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Blog
  4. Wordpress
  5. Web yang gratis atau pun web yang berbayar 
Dalam makalah ini akan dicontohkan pembuatan toko online dalam web gratis yaitu pembuatan toko online di kassa9.com. Kassa9 ialah web store builder ( e-commerce builder ) dimana tanpa menguasaibahasa pemrograman atau markup, kita sanggup membuat toko online kita sendiri. Kita sanggup melaksanakan pengaturan terhadap website kita dari halaman pgual dan builder yang akan secaraotomatis melaksanakan kustomisasi website sesuai dengan harapan kita. melaluiataubersamaini memakai Kassa9 lantaran praktis dalam pengoperasian (fitur yang ditawarkan tidak terlalu rumit) sehingga baik untuk pembelajaran pertama dan terlibih lantaran sanggup dipakai secara gratis. Berikut cara untuk membuat toko online di kassa 9 :

A. Membuka akun gres dan memulai toko gres di Kassa9
  1. Buka http://www.kassa9.com/ maka akan tampil halaman menyerupai di bawah ini
  2. Jika Anda belum punya akun, cara paling praktis yaitu dengan menghubungkannyadengan Facebook, klik “Login using Facebook”. Sebenarnya Anda sanggup langsungmengisi kotak di bawah “Create Your Free Online Store Now” dengan URL apa yang Anda inginkan untuk toko online Anda, tapi nantinya tetap Anda akan disuruh mendaftar pula. Sesudah klik “Login using Facebook”, kalau Anda belum pernahmempersembahkan terusan kepada Facebook untuk terhubung dengan Kassa9, maka akantampak tampilan diberikut :
  3. Agar lebih gampang, pilih pilihan yang ketiga “Member baru, ingin login dari Facebook saja untuk seterusnya” dengan konsekuensi Anda harus sanggup mengamankan akun Facebook Anda. Sesudah itu klik “Lanjut”.
  4. melaluiataubersamaini ini akun Anda sudah jadi dan Anda sanggup membuat toko online pertama Anda. Klik “Create Your Online Store Now!” untuk mulai membuat toko online pertama anda
  5. Di halaman ini Anda akan menemukan 3 langkah yang harus Anda isi untuk meluncurkan toko online Anda. Field dengan tanda (*) yaitu field yang wajib Andaisi. Sesudah Anda selesai memasukkan tiruana data-data yang diharapkan dan menentukan memakai template apa, Anda sanggup menekan tombol “Buat Toko Saya” di kepingan paling bawah
  6. Toko online Anda sudah siap dan secara otomatis Anda akan diarahkan ke halamanPgual Kontrol. Bagian atas yaitu kepingan di mana kita sanggup melaksanakan kustomisasiwebsite kita, sedangkan di kepingan bawah yaitu preview website kita.
  7. Klik “Allow” dan akan tampak tampilan menyerupai di bawah ini. Anda mempunyai tigapilihan di sini.
  • “Member gres dan ingin mempunyai akun di Kassa9”di layar diberikut Anda akan memasukkan username dan password untuk login ke Kassa9. Anda dapatlogin dengan login Facebook maupun login Kassa9 nantinya
  • “Sudah menjadi member, atau sudah pernah mendaftar tapi belum aktivasi (tidak sanggup login)” di layar diberikut Anda akan memasukkanusername dan password sesuai yang pernah Anda masukkan ketika mendaftarpertama kali. Akun Kassa9 Anda akan terhubung dengan akun Facebook, danAnda sanggup login dengan keduanya. Tidak perlu aktivasi lagi. “Member baru, ingin login dari Facebook saja untuk seterusnya”, Anda pribadi menjadi member dan spesialuntuk sanggup login dengan akun Facebook Anda.
B. Pengaturan produk
Pengaturan Produk Berikut yaitu langkah sederhana bagaimana kita sanggup menambahkan produk barudalam website kita:
  1. Dalam Pgual Kontrol, klik “Pengaturan – Produk”
  2. Bagian “Kategori Produk” menampilkan pembagian terstruktur mengenai barang yang Anda jual. Hal ini sangat mempunyai kegunaan bagi user dan Anda mencari spesifikasi barang yang diinginkannya terutama kalau produk yang Anda pasarkan sangat banyak. Klik “Tambah Kategori” kalau Anda ingin menambahkan kategori baru. Jika Anda ingin mengubah nama kategori, klik tanda pensil dan kalau Anda ingin menghapus kategori tersebut klik tanda cross (berhati-hatilah kalau ingin menghapus kategori lantaran hal ini berarti menghapus tiruana produk yang ada dalam kategori tersebut)
  3. Untuk menambahkan produk, klik “Tambah Produk” Dimasukankan ukuran gambaradalah 300x300 pixel lantaran gambar akan ditampilkan dalam bentuk persegi. Jikaukuran gambar yang Anda masukkan tidak 300x300 maka gambar akan di-strecth(dipaskan ke 300x300). File gambar tidak boleh memakai karakter khusus.Deskripsi sanggup Anda copy paste dari software pengolah kata menyerupai Word ataupun pribadi dari web.
C. Pengaturan Berita
Berita akan muncul di halaman utama Anda, jadi ialah salah satu konten yangpenting dan wajib Anda isi. Berikut yaitu langkah sederhana bagaimana menambahkan diberita
1. Klik “Pengaturan – Berita” dalam Pgual Kontrol Anda
2. Klik “Tambah Berita” kemudian klik “Kirim” di kepingan paling bawah kalau sudah selesai menembahkan konten

D. Menambahkan konten lainnya
Secara umum, cara menambahkan konten lainnya sama dengan cara menambahkan diberitaseperti poin di atas:
  1. Jika ingin melaksanakan penambahan, pengubahan, dan peniadaan artikel, sanggup dilakukan di “Pengaturan – Artikel”. Artikel sanggup diakses di webpage di sajian Articles. Artikel sanggup menjadi salah satu daya tarik web Anda, memang kontenutama yang ada yaitu wacana jual beli barang, tetapi untuk meningkatkan Traffic pengunjung dalam website Anda, Anda harus mempunyai sesuatu yang lain dan terusterupdate selain barang-barang yang diperjual belikan. Salah satu caranya adalahdengan membuat dan terus memperbaharui artikel yang ada dalam website Anda.
  2. Jika ingin melaksanakan penambahan, pengubahan, dan peniadaan komentar, sanggup dilakukan di “Pengaturan – Komentar”. Komentar sanggup diakses di webpage di sajian Comments.
  3. Jika ingin melaksanakan peniadaan dan pengaturan testimonial, sanggup dilakukan di “Pengaturan – Testimoni”. Testimonial sanggup diakses di webpage di sajian Testimonial.
  4. Jika ingin mengubah data wacana toko Anda, sanggup dilakukan di “Pengaturan – Tentang Kami”. Tentang kami sanggup diakses di webpage di sajian About Us.
  5. Jika ingin mengubah pesan selamat hadir, sanggup dilakukan di “Pengaturan – Pesan Selamat Datang”. Pesan selamat hadir sanggup diakses di webpage di sajian Home
E. Mengubah tampilan toko
Beberapa fitur yang disediakan terkait hal ini adalah:
1. Ganti Tema Toko, di mana kita sanggup mengganti templatewebsite kita. Perlu diperhatikan, ketika mengganti template dimungkinkan beberapa fitur akan menjaditidak berfungsi menyerupai pesan selamat hadir,pengumuman, dan info toko. Cari template yang Anda sukai kemudian klik “Pasang Tema” di template yang Anda inginkan
2. Ganti Header toko, di mana kita sanggup mengganti gambar header website kita atau kalau kita ingin mengembalikan ke header orisinil template

F. Profil
Beberapa fitur yang disediakan terkait hal ini adalah:
  1. Profil toko, di sini Anda sanggup mengubah nama, logo, kategori, status, dan tagmetadata toko Anda
  2. Kontak, di sini Anda sanggup memasukkan data terkait diri Anda sebagai penjual, data-data wacana toko Anda, cara pembayaran, pengiriman, dan kondisi.
Ini lah teladan toko online yang kami buat melalui kassa9.com :
  1. Bagian Home
  2. Bagian About
  3. Bagian product
2.2 Menjadi Affiliate dari Banyak Merchant
Sesudah Anda mencar ilmu membuat website dan membuat online store atau toko online dengan Wordpress dan WP e-Commerce plugin, maka untuk beberapa hari ke d epan, Anda ak an mencar ilmu bagaimana untuk menghasilkan uang dengan menjual produk orang lain atau sering disebut affiliate marketing. 

Untuk menghasilkan uang dengan melaksanakan affiliate marketing atau mempromosikan produk atau jasa orang lain, secara sederhana sebenarn ya spesialuntuk terbagi atas 3 langkah saja yaitu: 
  1. Mendaftar jadi affiliate dari merchant yang Anda pilih. 
  2. Mempromosikan produk merchant di website, iklan atau email dengan affiliate link Anda. 
  3. Membuat banyak orang untuk melihat promosi yang Anda lakuk an di langkah 2. 
Untuk sanggup mempromosikan produk/jasa dari sebuah merchant (pemilik produk/jasa), kita perlu melaksanakan pendaftaran terlebih lampau seb agai affiliate dari merchant tersebut. Tanpa melaksanakan pendaftaran dan diterima sebagai affiliate (pendaftaran Anda menjadi affiliate sanggup saja ditolak oleh merchant), Anda tidak sanggup mempromosikan produk merchant tersebut dan memperoleh komisi. 

2.2.1 In-House Affiliate Program vs Affiliate Network
Saat suatu merchant ingin membuat affiliate kegiatan atau kegiatan affiliasi, ada satu hal yang harus mereka putuskan yaitu apakah mereka akan mengurus sendiri manajemen affiliate kegiatan (sering disebut In -House Affiliate Program) atau mereka outsource ke perusahaan lain yang disebut Affiliate Network akan mengurusi seluruh aspek administrasi, metode, tracking dan pembayaran komisi affiliate. 

Tentu ada pro dan kontra dari masing-masing pilihan, tetapi menyerahkan manajemen affiliate ke perusahaan Affiliate Network biasanya dilakukan oleh merchant semoga mereka tidak repot mengurusi hal yang bukan expertise mereka, walaupun itu berarti ada cost extra yang perlu dibayarkan ke perusahaan affiliate network. Cost inilah yang umumnya dihindari oleh merchant yang rela untuk mengurus sendiri affiliate programnya.

Tetapi tidak berarti merchant yang mengurus sendiri affiliate programnya yaitu perusahaan kecil. Amazon.com dan eBay.com yaitu dua e-commerce terbesar di dunia dan mereka mengelola affiliate programn ya sendiri. Saya yakin penghematan yang sanggup mereka lakukan sanggup mencapai jutaan dollar dibanding kalau mereka memakai affiliate network.

Kami lebih suka mempromosikan merchant yang ada di suatu affiliate network. Alasannya:
  • Kita lebih merasa kondusif d an yakin bahwa komisi kita akan terbayar. Hal ini disebabkan affiliate network dalam mendapatkan merchant ju ga sudah memikirkan hal ini dan berusaha mem-filter merchant yang tidak kredibel.
  • Affiliate network membayarkan total komisi yang didapat dari seluruh merchant sehingga walaupun kita ada sanggup sedikit komisi dari merchant A tetapi total keseluruhan komisi dari merchant yang ada di affiliate network tersebut membuat kita selalu melebihi minimal jumlah komisi yang dibayarkan. Sedangkan di in-house affiliate program, seringkali kita mendapatkan komisi tetapi lantaran kurang dari minimal komisi yang sanggup dibayarkan, komisi tersebut tertahan di merchant hingga beberapa bulan yaitu hingga melebih minimal komisi yang sanggup dibayarkan. 
  • Me-manage beberapa pro mosi merchant di sebuah affiliate network jauh lebih praktis dan lebih cepat dibanding me-man age beb erapa merchant di masing-masing in-house affiliate pro gram. Me-manage disini menyerupai mendapatkan affiliate link, melaksanakan tracking, mendapatkan reports dan lain-lain. Di affiliate network, Anda cukup login ke satu daerah untuk melihat seluruh perkembangan promosi Anda, sedangkan di in-house, Anda perlu login ke banyak website untuk sekedar menerima reports. 
Jika Anda ingin mempromosikan merchant yang mengelola sendiri affiliate pro gr amnya (in-house affiliate program), lakukan due diligence doloe dengan search di google, apakah ada insiden affiliate tidak dibayar oleh merchant yang ingin Anda promosikan atau ada permasalahan negatif lainnya yang melibatkan merchant tersebut. 

Hal ini penting perlu dilakukan kalau merchant tersebut bukan ialah retailer yang mempunyai brand atau brand yang terkenal. Melakukan due diligence ini akan menghemat waktu, uang dan energi Anda kalau ternyata ada permasalahan dengan merchant X.

Pada prinsipnya, kalau ingin menjadi affiliate dari suatu in-house affiliate program, Anda melaksanakan pendaftaran ke merchantnya langsung, biasanya di websitenya ada petunjuk dan form untuk sign-up menjadi affiliate. Sedangkan kalau ingin menjadi affiliate dari merchant yang tergabung di suatu affiliate network, Anda perlu bergabung terlebih lampau ke affiliate network gres sehabis itu gres sanggup melaksanakan pendaftaran atau apply menjadi affiliate merchant tersebut melalui sajian yang disediakan di affiliate network, jadi bu kan melalui website merchant. 

Saat Anda melaksanakan affiliate marketing, ada dua pendekatan dalam proses menentukan merchant yang ingin dipromosikan yaitu : 
  1. Anda sudah tahu produk/jasa yang mau Anda promosikan, sehingga tinggal mencari merchant yang manis dan kemudian mendaftar untuk menjadi affiliate-nya. 
  2. Anda belum tahu produk /jasa yang mau Anda pro mosikan sehingga Anda bergabung ke Affiliate Network dan mencari merchant dan produk yang manis untuk dipromosikan . 
Tidak ada yang lebih manis atau lebih benar diantara dua pendekatan tersebut. Yang tidak sama spesialuntuklah apakah Anda sudah punya pandangan gres produk atau jasa yang ingin dipromosikan atau belum. Mari kita bahas doloe pendekatan yang pertama. 

2.2.2 Mencari Affiliate Program dari Produk Tertentu 
Ada sebagian orang yan g melaksanakan affiliate marketing, sudah tahu produk/jasa apa yang ingin dipromosikan. Mereka spesialuntuk belum tahu merchant-merchant apa saja yang menjual produk/jasa tersebut. Makara bagaimana caranya untuk mengetahui merchant-merchant apa saja yang menjual produk/jasa yang in gin Anda promosikan? 

Sebagai contoh, kini ini bulan September, di negara-negara barat sebentar lagi merayakan Halloween yang umumnya jatuh pada tanggal 31 Oktober. Saat melaksanakan perayaan Halloween, sudah menjadi tradisi dan aturan wajib bahwa oran g-or ang akan memakai kostum tokoh-tokoh yang menakutkan. Hal ini menjadikan setiap tahun kurang lebih satu bulan sebelum perayaan Halloween, orang-orang sudah sibuk memikirkan dan membeli kostum Halloween yang ingin digunakan. Permintaan dan omset penjualan baju kostum Halloween sangatlah besar tiap tahunn ya. Jika Anda berminat menjadi affiliate dari baju kostum untuk perayaan Halloween, Anda perlu mencari tahu terlebih lampau merchant-merchant mana saja yang menjual baju kostum perayaan Halloween yang mempunyai affiliate kegiatan atau kegiatan affiliasi. 

Tekniknya gampang, Anda gunakan google dan search halloween costume +affiliate +program (tanda + di depan kata affiliate dan kegiatan artinya Anda mau hasil pencarian google harus ada mengandung kata- kata tersebut). Anda sanggup melihat beberapa diantara hasil pencarian google di bawah ini. 

Anda lihat yang tampil yaitu tiruana merchant yang menjual halloween costume yang mempunyai affiliate program. 

misal lainnya yaitu kalau Anda mau menjadi affiliate produk accessories iPod maka untuk mencari merchant yang menjual ipod accessories yang mempunyai affiliate program, tinggal ketik di google: ipod accessories +affiliate +program 

Anda akan sanggup melihat hasil dari search result yang menampilkan merchant yang menjual ipod accessories yang mempunyai affiliate program. Sederhana bukan? Anda sanggup mulai mencari-cari affiliate kegiatan dari produk-produk yang terpikir oleh Anda. Anda akan takjub bahwa produk dan jasa yang sanggup Anda promosikan sebagai affiliate yaitu tidak terbatas. 

2.2.3 Penjelasan terkena Affiliate Program 
Sesudah Anda mengerti cara mencari merchant dari produk yang Anda ingin promosikan, diberikutnya Anda perlu mengerti pen jelasan wacana affiliate kegiatan yang tercantum di website merchant.

Ok kembali ke teladan kostum Halloween, mari kita lihat hasil search google yang paling atas yaitu: 
Jika kita klik diatas, oh ternyata ada error bahwa URL tersebut tidak ada. Rupanya mereka gres saja merubah tampilan layout website. Saya cari sebentar di sajian untuk menemukan page yang menerangkan wacana affiliate kegiatan dari HalloweenMart.com. Nah ketemu, URL gres yang menerangkan wacana affiliate programnya ada di: http://www.halloweenmart.com/costume-affiliate.html yang menampilkan page menyerupai di bawah ini. 

Setiap merchant yang menjalankan affiliate kegiatan niscaya mempunyai klarifikasi detil di websitenya terkena affiliate kegiatan dan aturan main yang perlu diketahui oleh setiap affiliatenya. Anda sanggup lihat teladan dari klarifikasi affiliate kegiatan Halloween Mart menyerupai gambar diatas. 

Sangat penting bagi Anda untuk membaca baik-baik klarifikasi terkena affiliate kegiatan ini. Banyak perbedaan antara affiliate kegiatan dari satu merchant dengan merchant lain. Oleh lantaran itu, tidakboleh pernah berasumsi, baca baik-baik klarifikasi affiliate kegiatan suatu merchant sebelum Anda bergabung dan mempromosikannya.

Di klarifikasi affiliate kegiatan juga Anda sanggup mengetahui apakah suatu merchant menjalankan in-house affiliate kegiatan atau tergabung ke affiliate network. 

Berikut akan dijelasan point-point affiliate kegiatan Halloween Mart semoga Anda mengerti dan tahu istilah serta maksud dari klarifikasi dari suatu affiliate kegiatan di merchant lainnya. 

• Point pertama yang penting yaitu kata-kata Halloween Mart has teamed up with the Shareasale network (highlight kuning di gambar). Ini artinya HalloweenMart menyerahkan manajemen affiliate programnya ke affiliate network Shareasale yang ialah salah satu affiliate network yang populer. 

Jika Anda sudah tahu bahwa merchant tergabung ke sebuah affiliate network menyerupai Shareasale maka Anda tahu bahwa untuk menjadi affiliate dari merchant tersebut, Anda perlu sign-up atau bergabung doloe ke Shareasale sebelum sanggup mendaftar menjadi affiliate HalloweenMart ini. 

• Point diberikutnya yaitu klarifikasi Earn 10% Commission yang berarti Anda memperoleh komisi 10% dari penjualan tiruan a produk yang dijual HallooweenMart.

• 120-day Cookie artinya sistem akan mencatat dan mempersembahkan komisi untuk setiap transaksi pembelian orang yan g Anda referensikan ke Halloween Mart selama 120 hari dari ketika pertama kali ia meng-klik affiliate link Anda. 

Makara hal ini membuat Anda tetap mendapatkan komisi kalau ternyata visitor yang Anda kirimkan ke HalloweenMart tidak pribadi membeli, tetapi gres lihat-lihat doloe. Mungkin sehabis beberapa kali melihat-lihat selama beberapa hari di website merchant, gres ia memutuskan untuk membeli. Anda akan tetap mendapatkan komisinya lantaran cookie-nya gres expired sehabis 120 hari atau 4 bulan. 

• Tersedia Product Datafeed. Ini berarti merchant menyediakan file data produk (umumnya file CSV) yang sanggup diolah sehingga sanggup menampilkan seluruh produk merchant di website affiliate dengan gampang. Tentu Anda perlu mempunyai pengetahuan teknis terkena database dan aspek teknis dari pembuatan website untuk sanggup memakai datafeed yang disediakan merchant. 

• All affiliate phone orders are tracked . Ini sanggup jadi salah satu keistimewaan dari affiliate kegiatan Halloween Mart. Pada umumnya merchant menyediakan toll-free number yang sanggup dipakai oleh pengunjung website untuk bertanya sekaligus melaksanakan order pembelian. Kebanyakan merchant, spesialuntuk sanggup mencatat komisi penjualan dari affiliate kalau customer melaksanakan order pembelian melalui website. Jika customer melaksanakan order pembelian melalui telpon, seringkali transaksi tersebut tidak tercatat sebagai tumpuan dari seorang affiliate sehingga itu berarti kerugian bagi affiliate. Merchant yang manis berusaha untuk sanggup melaksanakan tracking untuk order yang masuk melalui telpon. Dalam hal ini HalloweenMart mencantumkan no telpon dengan mencantumkan id tertentu, menyerupai yang sanggup Anda lihat di header atau kepingan atas website HalloweenMart.com menyerupai di bawah ini:

melaluiataubersamaini demikian ketika seseorang melaksanakan order via telephone, no id akan ditanyakan oleh operator sehingga transaksi tersebut tetap tercatat ke affiliate yang mereferensikan visitor tersebut.
• Consolidated payments direct from Shareasale including an option for Direct Deposit. Informasi yang juga selalu dicantumkan di klarifikasi affiliate kegiatan yaitu cara pembayaran. Teknik pembayaran yang umum yaitu melalui US Check, Paypal, Direct Deposit (transfer pribadi ke rekening, umumnya ke US Bank) atau metode pembayaran lainnya.
Karena HalloweenMart.com ini tergabung ke Shareasale maka pembayarann ya akan melalui Shareasale yang membayar tiap bulan sekitar tanggal 25 melalui check yang dikirimkan ke alamat kita atau direct deposit ke US bank (jika Anda punya).
• Auto Deposit yang artinya Shareasale berhak menarikdanunik uang secara otomatis dari account Halloween Mart kalau dana yang tersedia tidak cukup dalam membayar komisi affiliate. Hal ini berarti affiliate dijamin niscaya akan terbayar komisinya melalui Shareasale. Tidak seluruh merchant berani membuat sistem Auto Deposit menyerupai ini, terutama merchant yang relatif agak kecil. Hal ini mempersembahkan ketenangan pikiran bagi affiliate yang mempromosikann ya lantaran komisinya niscaya akan terbayar.
• Shareasale Network Exclusive . Ini artinya affiliate kegiatan dari HalloweenMart spesialuntuk melalui Shareasale secara ex clusive. Cukup banyak merchant yang menjalankan affiliate kegiatan melalui beberapa affiliate network atau tergabung ke sebuah affiliate network tetapi juga menjalankan in-house affiliate kegiatan sendiri.
• Hal lain yang biasanya tercantum di klarifikasi affiliate kegiatan yaitu bagaimana cara menghubungi Affiliate Manager (kontak person dari orang yang bertanggung-jawaban mengurusi affiliate dari merchant). 

Bagi orang di Indonesia, bekerjsama ketika ini lebih megampangkan kalau merchant sanggup membayar komisi dengan PayPal. Tidak saja uang sanggup Anda terima dengan lebih cepat, lebih tidak repot dan ekonomis biaya. Jika mendapatkan pembayaran dengan cepat dan praktis ialah hal yang penting bagi Anda, seriuslah ke merchant yang sanggup membayar komisi via PayPal. Ada cukup banyak merchant dan affiliate network yang sanggup membayar komisi via PayPal.

2.2.4 Signup ke In-House Affiliate Program
Signup menjadi affiliate dari Implix yang terkenal dengan produk email autorespondernya yaitu GetResponse. Mengapa merekomendasikan menjadi affiliate dari Implix untuk mempromosikan GetResponse? Hal ini disebabkan setiap orang yang fokus membangun bisnis internet marketing akan memerlukan jasa email autoresponder. Dan email autoresponder yang terbaik di dunia yang sanggup direkomendasikan yaitu Aweber dan GetResponse. Hanya saja Aweber gres saja menaikkan biaya bulanannya sehingga relatif agak tidak terjangkau oleh orang-orang yang gres memulai bisnis internet. Apalagi Aweber hingga ketika ini belum mau mendapatkan pendaftaran dari Indonesia lagi lantaran kasus fraud yang sering terjadi doloenya. Hal ini berarti menyisakan pilihan ke GetResponse saja. 

Makara ini yaitu peluang yang manis bagi Anda kalau mempromosikan GetResponse. Anda sanggup menerima kurang lebih US$ 43 untuk setiap orang yang Anda referensikan yang membuka account gres GetResponse untuk jangka waktu 1 tahun. 

Langkah -langkah untuk menjadi affiliate Implix semoga sanggup mencar ilmu mempromosikan GetResponse:
1. Buka form pendaftaran menjadi affiliate dari Implix . Maka akan muncul tampilan menyerupai di halaman diberikut. Itu yaitu form yang perlu Anda isikan untuk menjadi affiliate.
2. Silakan isi field-field yang ada di form tersebut yaitu:
  • Account Name. Ini yaitu username yang perlu Anda inputkan untuk login ke affiliate area.
  • Name dan Address. Isikan nama dan alamat surat-menyurat Anda lantaran ini yaitu alamat dimana cek komisi akan dikirimkan.
  • Check minimal amount. Ini yaitu nominal minimum dari komisi Anda sebelum cek diterbitkan. Makara misal Anda isikan 100, artinya cek Anda akan dikirimkan ke Anda kalau komisi yang diterima sudah lebih dari $100.
  • Checks payable to. Ini yaitu nama yang tercantum di cek. Pastikan Anda mengisi nama yang sesuai dengan rekening bank Anda di Indonesia. Karena umumnya bank spesialuntuk mau mencairkan cek kalau nama yang tertulis di cek sama dengan nama yang ada di rekening bank.
  • City, phone number dan province, fax number, zip code dan country. Ini data-data embel-embel yang perlu diisikan yaitu kota, no telpon, propoinsi, fax (jika ada), instruksi pos dan negara (kadang-kadang Anda menemui Indonesia tidak tercantum di daftar negara, ada kemungkinan merchant tidak mendapatkan affiliate dari Indonesia. Coba hubungi merchant untuk kepastian wacana hal ini).
  • Email . Pastikan Anda mengisikan email yang valid dan sering Anda cek.
  • Website Address . Isikan alamat website Anda (jika punya). Kadang ada merchant yang mengharuskan affiliate yang mendaftar mempunyai website, kalau tidak diisi merchant akan menolak pendaftaran Anda. Kebetulan Implix tidak mengharuskannya, jadi sanggup dibiarkan kosong.
  • Anda pilih Yes untuk mendapatkan email notification kalau terjadi sale dan accept terms and conditions.
3. Jika seluruh field sudah diisi, klik tombol Submit untuk mengirimkan form aplikasi pendaftaran menjadi affiliate Implix. Maka Implix akan mengirimkan konfirmasi ke email Anda menyerupai dibawah ini (Email konfirmasi ini kadang gres Anda terima sehabis 1 hari, jadi tidakboleh gundah kalau Anda tidak pribadi mendapatkan email konfirmasi dari Implix ). 

Anda perlu mencatat dengan baik informasi menyerupai account name, password (bisa diganti), affiliate ID dan UR L untul login ke affiliate area. Dimasukankan Anda untuk mencatat secara rapi tiruana informasi terkena affiliate di sebuah file Excel atau OpenOffice Calc. Sehingga Anda tidak hingga kelupaan username dan password untuk login ke affiliate kegiatan yang Anda ikuti.

4. Anda sanggup mencoba untuk login ke affiliate area di URL yang sebutkan di email diatas dan login dengan account name dan password yang disebutkan. Sesudah login, Anda akan sanggup melihat tampilan affiliate area dari Implix menyerupai di bawah ini.

5. Untuk mengubah password, silakan klik sajian Edit Account yang terletak diatas dan akan muncul isian dimana Anda sanggup mengubah password. Jangan lupa klik tombol Submit. 

Ok Anda sudah selesai melaksanakan proses pendaftaran menjadi affiliate Implix. Jika Anda ingin tahu klarifikasi affiliate kegiatan dari Implix menyerupai kapan pembayaran dilakukan, berapa usang masa expired cookie dan lain sebagainya, Anda sanggup klik di sajian Support kemudian klik Frequently Asked Question (FAQ) atau kunjungi URL diberikut ini http://www.implix .com/affiliates/ModFaq/ListFaq/1/ 

2.2.5 Signup ke Affiliate Network 
Perusahaan affiliate network yan g ada ketika ini ada puluhan atau bahkan sudah diatas 100 perusahaan. Di setiap affiliate network, ada ratusan atau bahkan ribuan merchant yang bergabung. 

Beberapa affiliate network terbesar dan terkenal adalah:
Ada lagi affiliate network terkenal yang serius ke produk digital menyerupai ebook, software dan course seperti: 
Sebenarnya ada lagi affiliate network yang mengkhususkan pada Pay Per Lead (PPL) menyerupai Hydra, Copeac, Azoogle, ClickB ooth dan lain-lain. Anda sanggup melaksanakan riset sendiri di internet untuk mengetahui affiliate network untuk PPL yang ada. 

Satu hal yang perlu dingatkan yaitu hampir tiruana affiliate network mensyaratkan Anda untuk memasukkan alamat website Anda ketika pendaftaran. Hal ini seringkali ialah salah satu kriteria apakah aplikasi Anda diterima atau tidak. Jika Anda belum mempunyai website, ada baiknya Anda melaksanakan register nama domain, membuka web hosting dan membuat sebuah website sederhana. Ini tidak saja akan memmenolong Anda untuk diterima ketika pendaftaran ke affiliate network, tetapi juga mempunyai kegunaan ketika apply menjadi affiliate sebuah merchant. 

Cukup banyak merchant yang spesialuntuk mau mendapatkan affiliate yang mempunyai website yang cukup relevan dengan produk atau jasa yang mereka jual. Tetapi ada juga merchan t yang mendapatkan tiruana affiliate yang mendaftar. 

2.2.6 Proses Signup ke Shareasale 
Teknik melaksanakan signup ke salah satu affiliate network yang terkenal yaitu Shareasale. Ada 7 langkah dalam proses pendaftaran bergabung ke Shareasale, yaitu: 
1. Isikan username dan password Anda serta negara daerah tinggal Anda. Lalu klik Move on to Step 2
2. Isikan website utama Anda. Usahakan website utama Anda memenuhi kriteria diberikut:
  • Menggunakan top level d omain menyerupai .com, .net, .org, .info, .biz dan sejenisnya.
  • Website menggunak an bahasa inggris.
  • Website yang sudah selesai pembuatann ya, bukan website muncul goresan pena Under Construction.
  • Tidak memakai web hosting gratisan.
Jika Anda memakai perlindungan WHOIS di nama domain Anda, lepaskan perlindungan tersebut sementara semoga pihak affiliate network atau merchant sanggup mengecek bahwa nama domain tersebut memang milik Anda, bukan milik orang lain.

3. Mengisikan alamat email Anda yang memakai nama domain dari web site utama Anda menyerupai yang tampak di gambar di bawah ini. Sesudah mengisikan alamat email Anda, klik Move on to Step 4

Shareasale akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang sudah Anda isikan, sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda sanggup mendapatkan email tersebut. Tampilan yang muncul yaitu menyerupai gambar di bawah ini.

Klik tombol Yes, maka Shareasale akan mencatat email tersebut dan akan mengirimkan sebuah email konfirmasi ke alamat email tersebut ketika proses pendaftaran sudah selesai.

4. Anda akan diminta untuk mengisikan:
• Nama depan dan nama belakang.
• Naa yang tercantum di cek (pastikan sesuai dengan nama di rekening bank Anda).
• Telpon, alamat, kota dan instruksi pos.
• Marketing plan Anda. Di sini Anda perlu menerangkan secara singkat apa taktik marketing Anda dalam memasarkan produk merchant. Hal ini seringkali diharapkan merchant untuk memutuskan apakah akan mendapatkan Anda sebagai affiliate atau tidak. Jika Anda belum mempunyai bayangan bagaimana mengisinya, silakan teladan keterangan menyerupai dibawah ini:

Mostly we will build review site about merchat's product and a little bit comparison between similar products. 

We will drive traffic to the site using PPC like Adwords, articles in major article directory like Ezinearticles and doing SEO (Search Engine Optimization) to achieve top 10 ranking in main long tail keywords. 

• Anda juga diminta sebut apakah website Anda termasuk Incentive Website atau tidak. Pilih My site is NOT an incentive kegiatan . 
• Untuk domain ownership, pilih I verify that I own the domain . 

Sesudah mengisikan itu tiruana, klik Move on to Step 5 – Final Step . 

5. Di langkah ini Anda spesialuntuk perlu menentukan apakah cek Anda akan dikirim lewat layanan pos biasa(gratis) atau melalui Fedex (biaya $75). Pilh yang gratis saja ya yang tulisannya Lalu klik tombol Complete Signup

Shareasale ketika ini spesialuntuk melayani pembayaran komisi melalui cek dan direct deposit ke US bank. Makara kalau tidak punya rekening di US bank, ya berarti Anda harus menentukan dibayar dengan cek. Walaupun ini menyusahkan Anda, ada banyak merchant manis di Shareasale sehingga akung kalau Anda tidak bergabung dan aktif di Shareasale.

6. Anda perlu oke dengan peraturan dan ketentuan yang dibentuk Shareasale jadi klik saja tombol I agree
7. Shareasale akan mengirimkan email konfirmasi, cek email yang tadi Anda masukkan ketika pendaftaran di Shareasale. Isi email yaitu menyerupai gambar di bawah ini:

Anda harus meng-klik link yang ada di email tersebut untuk mengkonfirmasi pendaftaran Anda di Shareasale. Sesudah meng-klik link tersebut, Anda akan mendapatkan email lain yang menerangkan bahwa proses konfirmasi Anda sudah berhasil. Dan di email tersebut Anda sanggup melihat username dan password yang Anda isikan ketika pendaftaran, no ID Shareasale Anda dan URL untuk login ke affiliate area yaitu : 

http://www.shareasale.com/a-login.cfm 

Lengkap sudah proses pendaftaran ke Shareasale. Aplikasi Anda akan di cek oleh pihak Shareasale dan biasanya akan di email apakah aplikasi Anda diterima atau tidak sehabis 1 hari kerja. 

2.2.7 Proses Signup ke Paydotcom 
Affiliate network terkenal untuk produk digital yaitu Clickbank dan Paydotcom. Clickbank memang masih ialah affiliate network terbesar untuk produk digital. Tetapi hingga ketika ini Clickbank tidak mendapatkan affiliate dari Indonesia (ada cara semoga Anda sanggup mendaftar menjadi Clickbank, baca Kotak Tips yang ada di kepingan tamat dari materi e-course ini) sehingga saya akan menerangkan cara pendaftaran ke Paydotcom yang mendapatkan affiliate dari Indonesia plus komisi dibayar dengan Paypal. 

Proses Pendaftarannya:
  1. Silahkan buka website Paydotcom dengan klik disini. Maka akan muncul tampilan menyerupai di halaman diberikut. Klik teks Signup yang ada di kepingan paling atas website menyerupai yan g saya highlight warna kuning di screenshot diberikut.
  2. Sesudah meng-klik Signup di langkah sebelumnya, akan muncul sebuah form yang cukup panjang. Akan kita bahas satu kepingan per bagian.
Di Account Information, Anda perlu mengisikan alamat email Anda, kemudian username dan password yang Anda inginkan.

Di Personal Information, Anda perlu men gisikan data pribadi menyerupai nama, alamat, nama yang tercantum di cek, kota dan negara. Ada isian social security atau tax id, itu spesialuntuk perlu diisikan untuk yang tinggal di US, jadi kosongkan saja.

Di Payment Processor Information, Anda perlu mengisikan email paypal Anda untuk mendapatkan pembayaran. Jika Anda lebih suka dibayar dengan cek, ada pilihan Check juga. Jangan lupa cantang untuk goresan pena I agree to the Terms & Conditions. 

Sesudah tiruana data diisi lengkap, ada proses mengetikkan Human Verification yang perlu Anda lakukan, kemudian klik tombol Start making money today with Paydotcom!

3. Anda akan menerima beberapa penawaran menarikdanunik menyerupai diskon hingga $720 untuk bonus credit fee dan pembelian tiga buah software yang sangat bermanfaa dalam membangun bisnis internet Anda, yaitu: 
  • Butterfly Marketing Manuscript. 
  • Powerlink Generator. 
  • Viral Friend Generator. 
Dari pengalaman pribadi dan review dari kawan-kawan yang pernah memakai software tersebut, mereka tiruana puas dengan kualitas dan manfaat dari tiga software tersebut. Anda sanggup membaca masing-masing kegunaan dari software tersebut. Diskon sebesar $720 ini benar-benar tidak sanggup didapatkan di luar sana. Jika Anda tertarik, pilih jawabanan Yes dan Anda sanggup membayarnya melalui account Paypal Anda. Jika Anda tidak tertarik untuk membeli, pilih jawabanan No dan klik tombol lanjut.

4. Anda akan mendapatkan email konfirmasi atas pembukaan account Paydotcom Anda. Selain itu Anda juga otomatis login ke dalam Paydotcom menyerupai gambar di bawah ini. Jika Anda sudah sanggup melihat gambar di bawah ini, berarti Anda sudah sukses melaksanakan pendaftaran di Paydotcom.

2.2.8 Menjadi Affiliate dari Merchart di Shareasale
Sesudah bergabung di affiliate network, untuk sanggup mempromosikan produk dan jasa merchart anda masih perlu apply atau mendaftar ke masing-masing merchart yang anda inginkan. Sebagian merchart akan memakai informasi menyerupai website dan stategi marketing anda sebagai affiliatenya atau tidak. Tetapi banyak pula merchart yang mendapatkan tiruana affiliate yang mendaftarkan dirinya.

Proses mendaftar menjadi affiliate di setiap network tidak sama lantaran user interface atau strukture sajian disetiap affiliate network memang tidak sama, tetapi pada prinsipnya tetap sama. Anda sanggup melaksanakan proses ini sehabis menerima pemdiberitahuan dari shareasale bahwa pendaftaran anda sudah diterima. Jika ditolak, anda tidak sanggup melaksanakan proses apply ke merchart menyerupai yang akan dilakukan ketika ini.

1. Login ke Shareasale melalui alamat URL http://www.shareasale.com/a-login.cfm
Gunakan username dan password yang anda tentukan ketika mendaftar Shareasale. Jika anda berhasil login maka akan tampak sajian menyerupai di diberikut ini.

2. Klik sajian View and Search Merchart List yang sudah saya highlight dengan warna kuning di gambar sebelumnya. Menu ini mempunyai kegunaan untuk menampilkan daftar merchart yang tergabung di Shareasale sekaligus juga berfungsi untuk mencari merchart dengan kriteria tertentu. Sesudah anda klik sajian tersebut akan muncul tampilan menyerupai diberikut ini.

Salah satu hal di Shareasale yang disukai yaitu adanya kemudahan yang lengkap dalam mencari merchart dengan banyak sekali kriteria. Saya akan jelaskan beberapa cara mencari dan menampilkan merchart dengan banyak sekali kriteria.
  • New kegiatan in the last 20 days[69]. Jika anda klik ini. Maka shareasale akan menampilkan merchart-merchart yang gres bergabung untuk 20hari terakhir. Ini akan sangat mempunyai kegunaan kalau anda cendrung ingin mempromosikan merchart yang gres bergabung sehingga tidak terlalu banyak kompitisi dengan affliate lain. Angka 69 memperlihatkan 69 merchart gres yang bergabung ke Shareasale dalam 20 hari terakhir.
  • All kegiatan [2500]. Jika anda klik ini, maka yang ditampilkan seluruh merchart yaitu totalnya ada 2500. Sebaliknya tidakboleh klik link ini lantaran anda akan menunggu sangat usang semoga Shareasale menampilkan seluruh merchart yang ada.
  • Pay-Per-Sale [2334]. Jika anda klik ini, maka yang ditampilkan yaitu merchart yang mempunyai affiliate kegiatan yang jenisnya Pay Per Sale(PPS) atau komisi didapat dari adanya penjualan/sale. Ada 2334 affiliate kegiatan yang berjenis PPS. 
  • Pay-Per-Lead [274]. Jika anda klik ini, maka yang ditampilkan yaitu merchart yang mempunyai affiliate kegiatan yang jenisnya Pay Per Lead (PPL) atau sering juga disebut CPA (Cost Per Action) program. Makara kalau anda mau serius ke PPL kegiatan saja, anda sanggup melihat-lihat 247 affiliate kegiatan yang ada di Shareasale ketika ini.
  • Pay-Per-Click [9]. Link ini untuk menampilkan affiliate kegiatan yang jenisnya Pay Per Clik atau anda sudah sanggup kompensasi kalau megirim visitor ke merchart. Ini yaitu jenis affiliate kegiatan yang sudah sangat jarang ada dan kompensasinya biasanya relatif kecil.
  • New Program Acivated in September, 2008 [68] atau bulan-bulan lain. Anda juga sanggup menentukan untuk menampilkan merchart atau affiliate kegiatan yang gres aktif pada bulan tertentu. Makara misal anda ingin menampilkan affiliate kegiatan gres di Shareasale pada bulan September 2012, klik saja bulan tersebut.
  • Program Exclusive to the Shareasale Network [619]. Jika anda klik link ini maka akan ditampilkan merchart atau affiliate kegiatan yang exclusive atau spesialuntuk ada di Shareasale.
  • Basic Keyword Search. Jika anda klik link ini, muncul sebuah kotak dimana anda sanggup memasukkan suatu keyword untuk mencari merchant. Anda sanggup memasukkan nama merchant atau nama produk yang anda inginkan. 
  • Advanced Search. Ini yaitu kemudahan pencarian merchant dengan banyak sekali kriteria. Jika anda klik maka akan muncul tampilan menyerupai dibawah ini.
  • 3. Sesudah anda mengerti proses di langkah 2 dalam menentukan dan mencari merchant sesuai dengan kriteria maka pada langkah ke 3 ini, anda akan mendaftar ke merchant yang anda promosikan.

Saat di langkah 2, coba klik Program Exclusive to the Shareasale Network maka akan muncul daftar merchant menyerupai diberikut ini.

Ini yaitu model layout pertama dalam menampilkan merchant. Sebenarnya ada dua model dalam menampilkan merchant di Shareasalem yang ini yaitu model pertama, model kedua akan kita lihat diberikutnya.

Ditampilan daftar merchant model pertama diatas, anda sanggup melihat informasi nama merchant, alamat website, kategori merchant, berapa persen komisi, 7 day EPC dan 20 day EPC. Jika anda ingin melihat detil klarifikasi affiliate kegiatan dari merchant, silahkan klik View Detail of this Program. Jika anda ingin bergabung atau mendaftar ke merchant tersebut, anda klik Join Program. Berikut detil klarifikasi affiliate kegiatan dari Home Gallery Stores terlebih lampau.

Dibagian atas dari klarifikasi affiliate kegiatan ini ditampilkan informasi standar terkena affiliate kegiatan menyerupai usang cookie, struktur komisi, EPC 100 hari terakhir, reversal rates (berapa persen tingkat pengembalian), rata-rata komisi dan informasi standar lainnya yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika anda berminat dan ingin menjadi affiliate dari merchant ini, sanggup klik tombol Join Program. Tetapi sebelum kita mengklik tombol tersebut, mari kita mengulas informasi yang ada di kepingan bawah dari klarifikasi affiliate kegiatan ini.

Kotak pertama diatas yaitu klarifikasi wacana merchant menyerupai bidang perjuangan merchant, keunggulan merchant dibanding lainnya dan informasi lain yang umumnya menerangkan mengapa affiliate perlu mempromosikan mereka dibanding merchant lain.

Kotak kedua yaitu Terms of Agreement (TOS). Penting sekali juga membaca informasi ini sebelum anda mempromosikan atau bergabung dengan merchant ini. Ini yaitu aturan main yang ditentukan oleh merchant dan harus diikuti oleh affiliate, kalau tidak, merchant berhak membatalkan komisi. Yang dihighlight warna kuning untuk point-pont penting yang perlu diperhatikan seperti:
1. Affiliate tidak boleh bidding atau membeli iklan PPC (pay per click) untuk keyword-keyword yang disebutkan menyerupai brand dagang Home Gallery Stores dan Variasinya. Termasuk nama domain yang disebutkan diatas.
2. Affiliate juga tidak boleh bidding untuk iklan PPC pada keyword-keyword nama pabrik dari produk-pruduk yang ada di Home Gallery Store.
3. Affiliate juga tidak boleh memakai nama brand Home Gallery Store di nama domain atau subdomain.
Jika anda tidak membaca TOS ini, tentu akan sangat merugikan kalau anda memakai PPC sebagai taktik traffic anda tetapi kemudian komisi anda dihapus lantaran melanggar TOS ini. Itu sebabnya mengapa dimasukankan untuk membaca seluruh klarifikasi affiliate kegiatan sebelum bergabung.

Tampilan daftar merchant yang kedua, apabila kita melaksanakan Advanced Search. Maka tampilannya sebagai diberikut:

Lalu tekan tombol Begin Search. Maka akan ditampilkan merchant yang memenuhi kriteria diatas menyerupai tampilan dibawah ini.

Seperti yang anda lihat ini yaitu model tampilan merchant yang agak tidak sama dengan sebelumnya. Dimana informasi yang ditampilkan lebih lengkap. Kebetulan di dua merchant ini ada goresan pena Enrolled In Program yang artinya saya sudah tergabung ke dua merchant tersebut. Jika belum tergabung, akan ada tombol Join Program.

4. Sesudah anda meng-klik tombol Join Program dari merchant yang sesuai dengan niche anda, maka akan muncul tampilan menyerupai diberikut ini.

Pada pada dasarnya merchant ingin tahu apa taktik marketing anda dalam mempromosikkan mereka. Hal ini akan mensugesti apakah mereka akan mendapatkan aplikasi pendaftaran anda atau tidak. Jika anda tidak punya citra apa yang perlu diisikan, silahkan isi ddengan kalimat diberikut ini.

Mostly we will bulid review site about your product and a little bit comparison between similar products. We will drive traffic to the site using PPC like Adwords, articles in major article directory like Ezinearticles and doing SEO (Seacrh Engine Optimization) to achieve top 10 ranking in main long tail keywords.

Ini akan membuat anda tampak menyerupai affiliate marketer yang profesional dan kemungkinan besar anda akan diterima aplikasinya. Sesudah itu anda harus mencentang di kepingan paling bawah yaitu I have read and agree to the Program Agreement for Affiliates, sehabis itu klik Join This Program. Anda akan dihubungi via email, apakah merchant tersebut mendapatkan anda sebagai affiliate atau tidak.

Selesai sudah proses mendaftar menjadi affiliate dari merchant di Shareasale. Di affiliate network lainnya, konsepnya juga sama, spesialuntuk sajian dan tampilannya yang terang tidak sama.

2.2.9 Menjadi Affiliate dari Merchant di Paydotcom
Paydotcom ialah salah satu affiliate network produk digital yang populer. Berbeda dengan merchant Shareasale yang umumnya menjual produk physical atau berwujut, di Paydotcom anda spesialuntuk akan menemukan merchant yang menjual produk menyerupai ebook, course, software dan produk digital lainnya.

Langkah-langkah mendaftar menjadi affiliate dari merchant dari merchant di Paydotcom:
1. Login atau sigin ke paydotcom. Satu hal yang perlu anda ketahui yaitu account yang anda buat di Paydotcom sanggup berfungsi sebagai affiliate, juga sanggup dipakai sebagai vendor atau merchant. Makara tidakboleh gundah dengan informasi atau sajian yang tidak relevan kalau anda spesialuntuk menjadi affiliate saja.

Sesudah login, anda akan melihat halaman menyerupai gambar diberikut ini. Jika anda spesialuntuk sebagai affiliate di Paydotcom, jadi bukan sebagai vendor atau merchant, statistik di halaman depan perlu anda perhatikan spesialuntuklah kepingan yang didiberi highlight warna kuning. Anda juga perlu membeli “Primer” package kalau anda bukan sebagai vendor atau merchant di Paydotcom.

2. Untuk mempromosikan produk sebagai affiliate, pilih sajian Promote Products kemudian pilih Form Marketplace (dibaris Create A New Campaign) sehingga muncul tampilan menyerupai dibawah ini.

Anda sanggup melihat banyak sekali macam kategori yang ada di Paydotcom, anda sanggup pilih salah satu kategori yang sesuai dengan niche yang anda pilih.

3. Misalkan niche anda yaitu terkena kesehatan, coba klik goresan pena Health & Fitness. Maka akan ditampilkan produk-produk yang ada di kategori tersebut, urut dari yang paling populer.

Link Visit Salespage dipakai kalau anda ingin melihat website dari merchant. APS yaitu angka perhitungan relatif yang memperlihatkan seberapa banyak produk tersebut dibeli orang. Jika anda klik tombol Promote maka anda sudah signup ke merchant sebagai affiliate dan produk yang anda pilih ini akan tercata ke daftar produk yang anda promosikan.

4. Dalam teladan ini dimisalkan anda menentukan untuk mempromosikan The Complete Guide to Genius. Anda klik tombol Promote maka akan muncul tampilan menyerupai diberikut ini.

Anda akan melihat detil dari produk ini, harga, komisi, statistik dari campaign ini dan affiliate link standar(default campaign) yang dipakai untuk mempromosikan produk ini.

5. Selanjutnya klik teks Create New Campaign yang ada disebelah kanan dari affiliate link(dihiglight warna kuning digambar sebelumnya). Sesudah ada klik link tersebut, akan muncul sebuah form menyerupai di bawah ini.

Anda isikan nama campaign dan keterangnnya. Ini spesialuntuk untuk kebutuhan anda sendiri semoga sanggup mengingat campaign yang anda lakukan. Sesudah diisi, tekan tombol Submit.

6. Sesudah di-submit, anda akan melihat tampilan menyerupai diberikut ini.
Perhatikan affiliate link yang dihighlight warna kuning, agak sedikit tidak sama (anka di belakangnya) dengan affiliate link standar (default campaign) yang anda lihat sebelumnya ketika signup pertama kali ke merchant. Hal ini lantaran memang untuk setiap campaign yang anda buat, anda akan mendapatkan affiliate link yang tidak sama atau unik. Hal ini dimaksudkan semoga anda nantinya tahu penjualan anda berasal dari campaign yang mana, apakah dari PPC Adwords atau Article Marketing.

7. Untuk melihat daftar produk atau affiliate kegiatan yang sudah terdaftar, anda sanggup memakai sajian Promote Products kemudian pilih As An Affiliate (dibaris Create A New Campaign) sehingga akan muncul tampilan menyerupai diberikut.

Saat ini lantaran anda gres bergabung manjadi affiliate dari suatu merchant atau produk maka yang muncul gres satu. Tetapi kalau anda sudah signup ke beberapa merchant(seperti yang dilakukan di langkah 4) maka akan muncul tiruana affiliate kegiatan yang sudah terdaftar. Anda tidak sanggup menghapus merchant atau produk dimana anda sudah bergabung atau signup. Tetapi anda sanggup menyembunyikan dengan klik teks link Hide yang ada disamping nama produk.

Untuk melihat daftar campaign yang sudah anda buat untuk merchant tertentu, klik text link Create/View Campaign sehingga muncul tampilan sebagai diberikut ini.

Selesai sudah tahapan untuk mendaftar menjadi affiliate dari merchant di Paydotcom. Tekniknya memang lebih sederhana dibanding Shareasale dan tidak ada proses approval affiliate atau merchant menolak usul affiliate tertentu.

2.3 Membangun Website Affiliate yang Sukses
Sesudah anda mencar ilmu bagaimana mendaftar menjadi affiliate dari in-house affiliate kegiatan dan merchant yang tergantung di affiliate network serpeti shareasale dan Paydotcom, mari kini kita ke tahap pembuatan website affiliate anda dengan wordpress atau blog.

Satu hal yang perlu dijelasakan terlebih lampau yaitu anda sanggup saja melaksanakan affiliate marketing tanpa mempunyai website yaitu dengan direct linking atau link pribadi ke website merchant. Makara ada dua model disini menyerupai yang sanggup dilihat di diagram di bawah ini.

Affiliate Marketing dengan Direct Linking
Affiliate Marketing dengan Menggunakan website affiliate
Untuk fase pertama ketika sedang testing, seringkali model direct linking juga digunakan. Tetapi pada tahap pengembangan semoga anda sanggup berkembang dan bersifat long term, pembuatan website affilliate mutlak harus dilakukan.

Untuk materi di-ecourse ini, akan lebih manitik bertakan pada affiliate marketing dengan membuat website. Pembuatan website affiliate akan memakai wordpress menyerupai yang sudah Anda pelajari di materi-materi e-course sebelumnya.

2.3.1 Membuat Wordpress sebagai website Affiliate
Wordpress yaitu suatu content management system yang powerful dan saya sangat merekomendasikan untuk memakai dalam pembuatan website affiliate. Memang tidak tiruana website affiliate cocok dibentuk dengan wordpress, terutama yang membutuhkan pengolahan database yang intensif, tetapi bagi para affiliate marketer pemula, wordpress sudah menyediakan lebih dari cukup.

1. Instalasi wordpress theme yang sesuai
Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu instalasi Wordpress dengan theme yang sesuai. Teknik inslasi wordpress sudah dipelajari sebelumnya.

2. Membuat Homepage
Perhatikan homepage dari sebuah website yang dibentuk dengan wordpress pada umumnya yaitu menampilkan posts sesuai dengan kronologis dimana posts yang terbaru selalu muncul di paling atas. Hal ini kurang cocok untuk dipakai si sebuah website affiliate.

3. Setting Permalink
Untuk website affiliate, seringkali kita tidak memakai kronologis tanggal untuk posts kita. Oleh lantaran itu, dipakai permalink yang tanpa informasi waktu. 

4. Setting Discussion
Umumnya sebuah website affiliate tidak membutuhkan kemudahan diskusi yang ada di Wordpress menyerupai comment, pingbacks and trackbacks. Oleh lantaran itu dimasukankan untuk mematikan kemudahan diskusi ini melalui sajian Settings => Discuccion menyerupai yang tampak pada gambar diberikut ini :

5. Instalasi Plugin yang digunakan
Ada banyak plugin yang tersedia untuk wordpress, tetapi yang essential dan yang selalu diaktifkan untuk sebuah website affiliate yaitu sebagai diberikut :
  • All in One SEO Pack – untuk membuat website affiliate menjadi SEO friendly
  • Contact Form ][ - untuk membuat page contact Us dengan sangat gampang
  • Dagon Sitemap generator – setiap website perlu mempunyai sitemap yang memetakan seluruh content atau isi dari website kita. Ini selain untuk keperluan visitor, juga penting untuk search engine dalam melaksanakan indexing.
  • Exec –PHP – mempunyai kegunaan untuk menjalankan code PHP yang ada di posts, sidebar, widget atau kepingan lainnya. Seringkali plugin ini dibutuhkan oleh plugin lain semoga berjalan baik.
  • Google Analytics for WordPress – mempunyai kegunaan untuk memasukkan code dari google analytics ke setiap page dan posts dari website. Hal ini penting kalau memakai kemudahan statistik yang disediakan secara gratis oleh Google Analytics.
  • Google XML Sitemaps – mempunyai kegunaan untuk menghasilkan file sitemap yang dipakai search engine untuk mengetahui struktur tiruana halaman di website.
  • Link Cloacking Plugin – mempunyai kegunaan untuk membuat affiliate link (yang umumnya jelek, penuh dengan abjad dan angka) menjadi seperti sebuah link ke page lain di website. Hal yang disenangi juga dari plugin ini yaitu adanya counter yang sanggup menghitung berapa kali affiliate link tersebut di klik.
  • Page Link Manager – ini sebuah plugin yang sangat mempunyai kegunaan yang dipakai untuk membuat page-page tertentu tidak tampil di struktur menunya. Padahal ada banyak page yang menampilkan page yang dibentuk di struktur menunya. Padahal ada banyak page yang bekerjsama dibentuk di wordpress, tidak untuk ditampilkan di navigasi menu.
  • WordPress.com Stats – untuk informasi statistik sederhana untuk visitor dari website.
  • WP-Ads – plugin ini mempunyai kegunaan untuk mengatur rotation dari banner, google adsense dan contextual advertising lainnya, kalau website memerlukannya.
2.3.2 Lima Halaman Penting yang harus ada di website
Sesudah mempersiapkan wordpress sebagai website affiliate, ada baiknya membuat 5 halaman penting yang sudah disebutkan sebelumnya. 

1. Contact Page
Halaman kontak penting semoga website tampak professional di mata visitor dan search engine. Halaman kontak juga membuat visitor sanggup menghubungi untuk sesuatu hal itu membuktikan bahwa mereka tertarik dan berminta dengan isi website. Makara perlu mempersembahkan respon yang cukup cepat.

Membuat halaman kontak tidak perlu mencantumkan email di website sehingga tidak disalah-gunakan oleh spammer dan juga tidak membuat kegiatan email client muncul ketika meng-klik email.

2. Privacy Statement Page
Ini ialah salah satu aturan yang berlaku di lebih banyak didominasi negara barat. Halaman wacana privasi ini menerangkan bagaimana informasi didapatkan, disimpan dan dipakai diwebsite. Ini yaitu klarifikasi dari pemilik website terhadap pengguna atau pengunjung website. Mencantumkan penjelaskan wacana privasi ini akan mempersembahkan dapat dipercaya dan rasa kepercayaan dari visitor pada sebuah website.

3. Site Diclaimer Page
Jika mempromosikan peluang bisnis, produk yang berhubunngan dengan kesehatan atau produk apapun yang mempersembahkan kalim atau akad yang sanggup dicapai oleh pengguna, perlu memasukkan sebuah disclaimer di website untuk melindungi dari tuntutan hukum.

4. Disclosure Statement Page
Mulai tahun 2006, Federal Trade Commission (FTC) yang mengatur sistem perdangan pribadi di Amerika membuat sutau aturan bahwa tiruana aktifitas bisnis yang menyangkut word-of-mouth marketing atau penjualan dari lisan ke lisan atau tumpuan harus menyatakan dengan terang wacana adanya suatu profit yang didapatkan dari menginformasikan suatu produk.

Affiliate marketing dan klarifikasi atau review produk yang ditampilkan di blog atau website dianggap yaitu marketing word-of-mouth sehingga harus secara terbuka menerangkan hal tersebut ke pengunjung/visitor dari website.

5. About Us Page
Adalah sangat umum bagi seseorang untuk tau dengan siapa ia sedang bekerjasama bisnis, baik itu bisnis online maupun offline. Ketika identitas tidak terang disebutkan di website, si visitor jadi cenderung kurang sanggup percaya dengan rekomendasi produk yang ada di website.

Membuat halaman About Us di website akan meningkatkan trust dan akan meningkatkan angka penjualan. About US yang manis akan menampilkan nama dan foto dan sekilas terkena website.

Buat Artikel yang berkarakter di Website Affiliate
Sebisa mungkin isi website affiliate dengan cukup banyak artikel yang bermanfaa bagi pengunjung website. Jangan membuat isi wesbite affiliate selalu promosi atau jualan. Hal ini seringkali akan membuat visitor merasa tidak kerasaan di website dan cenderung akan pergi.

Usahakan buat keseimbangan isi website dengan 70 % valueable content menyerupai artikel dan 30 % promosi produk.

Membuat review atau ulasan produk
Membuat rekomendasi produk dan review menyerupai ini terbukti ialah cara yang sangat efeltif untuk mengkonversikan visitor menjadi buyers, dibanding dengan spesialuntuk memajang produk menyerupai sebuah katalog produk. Hal ini disebabkan ketika menulis review atau ulasan produk, sanggup menerangkan dengan detail mengapa produk ini yaitu pilihan yang baik. Orang cenderung tidap percaya dengan keputusannya sendiri. Mereka berharap ada orang lain yang menyakinkan mereka bahwa ini yaitu keputusan yang tepat. Di ulasan produk juga, sanggup memakai kata-kata untuk menyentuh perasaan dan emosi dari pembaca shingga mereka tahu bahwa inilah yang mereka inginkan.

Ada tiga tahap yang dilakukan untuk membuat review produk untuk sebuah website affiliate yaitu :
1. Menulis kalimat dari review atau ulasan produk
Tugas sebagai affiliate yaitu sederhana saja yaitu membuat visitor tertarik dengan prosuk yang ditawarkan sehingga mereka penasaran lebih lanjut dengan meng-klik link yang akan membawa mereka ke website merchat.

2. Mendapatkan dan menampilkan gambar produk
Gambar produk sangatlah penting untuk ditampilkan di goresan pena review produk. Hal ini tidak saja mempersembahkan gambar secara visual yang terang bagi si pembaca untuk tau bentuk produk, tetapi juga membuat review produk tidak monoton atau membosankan kalau spesialuntuk ada teks.

3. Mendapatkan affiliate link untuk hyperlink teks dan gambar
Sesudah berhasil membuat review produk dan memasukkan gambar produk, kini melaksanakan tahap tamat dari pembuatan review produk yaitu membuat affiliate link pada teks dan gambar

LihatTutupKomentar