-->
Proses Pembelajaran Pada Anak Dini Usia
Proses Pembelajaran eksklusif Pada Anak Usia Dini dimulai semenjak anak bayi lahir pertama kal PROSES PEMBELAJARAN PADA ANAK DINI USIA
Bunda--Proses Pembelajaran eksklusif Pada Anak Usia Dini dimulai semenjak anak bayi lahir pertama kali kedunia, saat ia pertama kali mencicipi lingkungan luar dengan proses interaksi lingkungan dan bayi tersebut.
Selama masa pertumbuhan anak dari semenjak lahir, perkembangan minat dan permainan anak terkait dengan perkembangan kemampuannya. Namun, setelah koordinasi dasar kaki, tangan dan bab tubuh yang terkait sudah mantap pertumbuhannya demikian pula dengan kemampuan bahasanya, maka anak sudah mulai bisa mengeksplorasi lebih jauh dengan merancang banyak sekali alternatif sikap lain, semakin bertambah usia penyaluran pilihan melatih kemampuannya untuk mengeksplorasi lingkungan juga di pengaruhi oleh peluang dan peluang yang diperolehnya dari lingkungan yang ialah hasil dari pengalamannya. Oleh alasannya ialah itu banyak sekali contoh permainan sebaiknya sanggup dirancang secara terstruktur supaya anak sanggup mencapai kemampuan yang optimal menurut pengalaman belajarnya (Chilhood Education).

Peristiwa saat bayi mencoba, terjadi suatu proses yang disebut ’peristiwa’. Seorang bayi yang gres saja berhasil bangkit untuk pertama kalinya, secara otomatis akan berpegangan pada sesuatu dalam usaspesialuntuk untuk sanggup tetap bangkit dan beliau sudah menarikdanunik seluruh taplak meja, menjatuhkan alat makan, menumpahkan isi gelas serta memecahkan gelas , yang disebut sebagai insiden dan sebuah kenyataan fisik yang terjadi dari sebuah percobaan. Setiap percobaan bisa memunculkan berpuluh-puluh insiden yang tidak sama. Disini juga tampak bahwa kemampuannya bangkit dipertamai dengan satu proses tercapainya kemampuan protective diri yang di tandai dengan adanya kemampuan dari kedua tangannya yang muncul sebagai kemampuan yang mendukung kemampuannya bangkit (berpegangan tangan untuk mempertahankan diri dan akan menahan tubuhnya kalau ia terjatuh).
   

Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan acara yang di sebut stimulasi terstruktur dan bertahap, yang disebut acara stimulasi.  Pembelajaran pada proses pertama dilakukan melalui proses

mencoba (to try). Mencoba segala sesuatu sebelum dipahami tiruananya. contohnya : dalam proses berguru berjalan, bayi akan melalui puluhan atau ratusan kali percobaan atau eksperimen hingga hasilnya ia bisa berjalan. Tanpa adanya percobaan dan resiko yang menyertainya, tidak akan ada pembelajaran yang pernah terjadi.

     Sebagai akhir adanya percobaan dan peristiwa, akan terjadi respon atau umpan balik dalam bentuk kesiapan panca indra, menyerupai : pelihatan, pendengaran, rasa/penghidu yang mempersembahkan rangsangan berkembangnya panca indra utama termasuk kulit dan kemampuan gerak (motoriknya). Sesudah mendapatkan umpan balik, otak bayi akan berkembang dengan pesat mencatatkan atau menyimpan berjuta-juta data gres yang diterimanya yang akan menjadi alat untuk menjelajahi dunia selanjutnya, bayi akan menyesuaikan perilakunya pada satu hal dengan tujuan dan pengalaman yang sudah di dapati.

Kesiapan bayi untuk melaksanakan proses pembelajaran tersebut diatas, sanggup di persiapkan melalui acara stimulasi aktif yang dilakukan untuk mempersiapkan dan meningkatkan panca indra supaya sanggup mendapatkan rangsangan dari lingkungan atau menyadarkan anak dari lingkungan melalui acara stimulasi dasar dengan melaksanakan acara sebagai diberikut:

 
1.   Kegiatan Stimulasi Bertahap:

Tahapan kegiatan:

Stimulasi dasar untuk meningkatkan kemampuan pengindraan

stimulasi lanjutan untuk Kegiatan terintegrasi antara fungsi  pelihatan, pendengaran, gerak, rasa dan emosi (multimodal) dan membuat lingkungannya terstruktur  dengan baik sehingga memungkinkan berkembanganya potensi kecerdasan jamak dan kemampuan dasar prasekolah (persiapan menulis, membaca dan berhitung serta berkreasi)

Kegiatan stimulasi, mencakup :

    Stimulasi Dasar

Kegiatan stimulasi yang dilakukan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan panca indera supaya sanggup mendapatkan rangsang dari lingkungan (menyadarkan anak akan lingkungan) dengan kegiatan-kegiatan, sebagai diberikut:

Meningkatkan kemampuan pengindraan

1.Stimulasi indra pelihatan.

   
melaluiataubersamaini mengenalkan bayi dengan banyak sekali macam intensitas cahaya: bayi dipindahkan dari kawasan petang ke kawasan terperinci dan sebaliknya secara sedikit demi sedikit dan berulang-ulang sambil memdiberi rangsang dengan memperlihatkan  alat permainan dengan bentuk dan warna mainan yang masih sanggup dikenali serta tetap menjaga kenyamanan bayi.  Pada petes ini juga rasa sensorik bayi dikenalkan dengan intensitas suhu yang tidak sama-beda pada kawasan yang gerah (terang), sejuk/dingin (petang).
  • Petes pelihatan dengan alat permainan
  • Peningkatan serius mata supaya mata terserius pada
                warna-warna
                bentuk-bentuk
                tempat-tempat tertentu
  • Benda dengan  warna kontras bentuk beda-beda
  • Benda dengan warna kontras yang bergerak (mobil-mobilan atau boneka yang berjalan sendiri).
  • Dikombinasikan dengan bunyi-bunyian dari banyak sekali arah sudut pandang
  • Stimulasi kemampuan gerakan bola mata yang diharapkan proses membaca dengan memakai gambar-gambar yang berurutan (memindahkan benda-benda yang menarikdanunik perhatian dari banyak sekali sudut pelihatan).


2. Stimulasi indra pendengaran.
   
Melalui kegiatan, sebagai diberikut:

• Mengalihkan perhatian bayi terhadap bunyi dengan selalu menjaga kenyamanan bayi

• Memdiberikan banyak sekali rangsang bunyi (suara ibu, keluarga, bunyi alam) dan perhatikan reaksi terhadap rangsang bunyi tersebut, dan lkukan berulang-ulang, bunyi keras-lemah secara bergantian dan dilakukan berulang-ulang.

• Melatih indera pendengaran sanggup dilakukan melalui acara mendongeng eksklusif oleh ibu atau mendengarkan radio dengan alat-alat bermain yang bergerak-gerak, menjauh-mendekat

• Bereaksi terhadap rangsang suara

• Dilakukan secara berulang-ulang

• Tingkatkan perbedaan intensitas dari masing-masing jenis rangsang tersebut dengan melibatkan perhatian anak.



3. Stimulasi kinaestetik sensory.


Melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan proses tumbuh kembang senso-motorik, sebagai diberikut:

• Mengenal bagian-bagian tubuh

• Mengenal lingkungan dengan memseriuskan perhatian pada indera-indera tertentu dengan melakukannya secara berulang-ulang (ada pengulangan)

• Melakukan stimulasi dengan menghubung-hubungkan dengan info yang sudah diterima dengan info baru, berupa: situasi dan lingkungan yang tertata dengan baik (metode bermain sentras, gerak, lagu, dll)

• Pada proses sensomotorik, rangsang dilakukan melalui sentuhan/belaian pada permukaan kulit dengan gerakan halus.


4. Stimulasi Lanjutan

Dilakukan setelah koordinasi kaki, tangan dan bahasa yang terkait sudah agak mantap sehingga anak sanggup siap untuk dilakukan stimulasi lanjutan untuk merangsang berkembangnya banyak sekali kemampuan lainnya.

Kegiatan terintegrasi antara fungsi pelihatan, pendengaran, gerak, rasa dan emosi (multimodal) dan membuat lingkungannya tertata dengan baik sehingga memungkinkan berkembanganya potensi kecerdasan jamak (senam kupu-kupu dan metode pendekatan bermain dalam metode sentra) dan mempersiapkan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, berhitung dengan contoh bermain spesifik.


Sumber : Disarikan dari banyak sekali sumber !!

LihatTutupKomentar