-->
10 Tanda Anak Berbakat
Banyak orangtua merasa perlu mempersembahkan anaknya mainan terbaru untuk melihat dan merangsang minat, bakat, dan kecerdasan anak. Namun, kebanyakan balita akan terlihat jenius spesialuntuk di mata orangtua mereka. Ada juga balita yang memang sudah terlihat berbakat semenjak pertama semenjak kelahiran mereka. Lalu bagaimana untuk melacak talenta dan minat anak Anda? Berikut ini ada beberapa pemikiran untuk mengetahui hal tersebut.
 
Menurut Lilsugar, ada 10 petunjuk untuk melacak dan mengetahui bakat, kecerdasan anak yaitu :.


  1. Mengumpulkan informasi. Mereka yang mempunyai kecerdasan bisa menangkap banyak sekali gosip yang mereka dengar dan menceritakannya kembali kemudian. National Association of Gifted Children (NAGC) memdiberi contoh, “Seorang anak berusia 6 tahun gres saja kembali dari perjalanan ke museum dan bisa menggambarkan roket yang beliau lihat secara akurat.”
  2. Besar rasa tertariknya. Anak-anak berbakat umumnya menunjukkan minat pada banyak sekali topik. Mereka mungkin tertarik pada dinosaurus pada bulan tertentu, kemudian tertarik pada ruang angkasa di bulan diberikutnya, dan seterusnya.
  3. Menulis dan membaca lebih dini. Jika anak Anda yakni anak yang pintar, ia akan sanggup membaca dan menulis pada usia dini tanpa pendidikan formal sebelumnya.
  4. Berbakat di bidang seni. Anak-anak yang menunjukkan talenta luar biasa dalam seni atau musik atau lainnya, terkadang diyakini menjadi anak yang berbakat. Balita yang bisa menggambar sesuatu yang jelas, bisa membuat garis tepat atau menggambarkan tingkat tinggi pemahaman tentang seni secara umum dikategorikan sebagai belum dewasa berbakat.
  5. Menunjukkan serius. Anak-anak dikenal suka usang berserius. Tapi kalau anak Anda termasuk yang suka berserius atau tertarik pada sesuatu dengan waktu yang panjang, maka akan Anda sanggup dianggap sebagai anak berbakat.
  6. Memiliki memori yang baik. Beberapa balita yang berbakat bisa mengingat sesuatu dengan baik semenjak mereka masih kecil. misalnya, anak umur 2 tahun bisa mengingat dan menceritakan kembali insiden semenjak ia berumur 18 bulan.
  7. Memiliki kosakata lanjutan. Balita yang sanggup berbicara pada usia dini tidak sanggup dimasukkan dalam gejala anak berbakat. Tapi, kalau si kecil sanggup memakai kosakata lebih dan kalimat, maka mereka lebih akil daripada yang Anda pikir. misalnya, berdasarkan NAGC, kalau anak pada usia dua tahun umumnya membuat kalimat, “ada anjing.” Anak berbakat akan bisa membuat kalimat lagi, ibarat “ada anjing cokelat di halaman belakang dan ia mengendus bunga kami.”
  8. Perhatian pada detail. Anak berbakat mempunyai perhatian pada detail. Anak yang lebih besar lebih mungkin ingin mengetahui secara khusus bagaimana cara sesuatu bekerja. Sementara anak yang lebih besar lagi bisa menempatkan kembali di mana mereka mengambil mainan atau tahu saat ada sesuatu yang dipindahkan dari kawasan asalnya.
  9. Lakukan apa yang mereka inginkan. Secara umum, belum dewasa tidak terlalu peduli dengan diri sendiri atau orang lain, kecuali mitra mereka mempunyai sesuatu yang mereka inginkan. Tapi tidak demikian halnya dengan belum dewasa berbakat, mereka peduli pada orang lain dan juga sangat memperhatikan diri mereka sendiri.
  10. Memahami sesuatu yang kompleks. Balita yang mempunyai kecerdasan tinggi mempunyai kemampuan untuk memahami sesuatu yang kompleks, yang berkaitan dengan hubungan dan berpikir secara abstrak. Mereka bisa memahami problem secara mendalam dan memikirkan solusinya.
Demikian 10 Ciri dan gejala anak berbakat,...bagaimana anak anda?

Sumber : duniapaud1.blogspot.com/search?q=inilah-10-tanda-anak-anda berbakat?

LihatTutupKomentar