-->
10 Pertanyaan Dan Balasan Perihal Paud Pendidikan Anak Usia Dini
Berikut ini yaitu tanya tanggapan dan rincian pertanyaan beserta jawabanannya, pertanyaan-pertanyaan ini juga sering penulis dapatkan ketika mempersembahkan presentasi dan bahan tentang PAUD. Ini yaitu jawabanan dari pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam forum-forum kegiatan PAUD tersebut, baik dari pendidik, pengelola, orang renta atau masyarakat pada umumnya. Seperti diberikut ini:

1. Apakah yang dimaksud dengan PAUD ?
PAUD yaitu suatu upaya pelatihan yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemdiberian rangsangan pendidikan untuk memmenolong pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani semoga anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

2. Mengapa aktivitas PAUD itu penting ?
Masa anak usia dini ialah masa emas perkembangannya, banyak pengalaman yang diperoleh anak melalui panca indera akan membuat jaenteng otaknya menjadi rindang dan berkembang. Kualitas otak anak dipengaruhi oleh faktor kesehatan, gizi, dan stimulasi/ rangsangan yang diterima anak setiap hari melalui panca inderanya. Rangsangan yang diterima di aktivitas PAUD membuat anak siap mengikuti pendidikan selanjutnya.

3. Mengapa kini banyak PAUD Di aneka macam wilayah dan tempat di Indonesia?
Bertumbuh rindangnya PAUD di Indonesia lantaran PAUD sudah menjadi komitmen/kesepakatan nasional untuk memperbaiki kualitas insan Indonesia semoga menjadi generasi yang lebih berkarakter, setiap anak perlu mengikuti pendidikan semenjak usia dini.

4. Sejak kapankah aktivitas PAUD Di Indonesia dimulai dalam skala besar oleh pemerintah?
Sejak terbentuknya Direktorat PAUD (saat itu PADU) pada tahun 2001

5. Apakah anak saya yang masih berusia satu tahun perlu dimasukan ke lembaga PAUD?
Ya, semoga mendapat layanan pendidikan dan pengasuhan semenjak dini yang optimal. Anak-anak usia 0-2 tahun sanggup mengikuti layanan pengasuhan bersama di Pos PAUD seminggu sekali bersama orang tuanya; pada usia 2-4 tahun sanggup mengikuti layanan KB 2 - 3 kali/minggu; pada usia 4-6 tahun sanggup mengikuti layanan TK/RA. Sebaiknya anak dimasukan ke SD/MI setelah berusia 7 tahun atau sekurang-kurangnya setelah 6 tahun.

6. Bagaimana akhir jika anak kurang memperoleh layanan PAUD PADA usia dini ?
Perkembangan jaenteng otak tidak optimal dan sebagian sel otaknya akan mati/musnah sehingga mensugesti kecerdasan dan kecakapan psikis lainnya.

7. Apa sajakah bentuk layanan PAUD ?
  1. Taman Kanak-kanak atau TK, ialah salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 4-6 tahun.
  2. Raudatul Athfal atau RA, ialah salah satu bentuk satu PAUD dengan kekhasan agama Islam bagi anak usia 4-6 tahun.
  3. Kelompok Bermain atau KB, ialah salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 2 - 4 tahun dan sanggup diperpanjang hingga usai 6 tahun dalam hal di lokasi tersebut belum ada TK/RA.
  4. Taman Penitipan Anak atau TPA ialah salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun bagi keluarga yang berhalangan mengasuh anak lantaran bekerja atau lantaran lain.
  5. Pos Pendidikan Anak Usia Dini atau Pos PAUD ialah salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun yang penyelenggaraannya diintegrasikan dengan layanan Posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB). Pos PAUD dikategorikan sebagai Satuan PAUD Sejenis. Selain itu masih ada bentuk-bentuk satuan PAUD sejenis lainnya ibarat PAUD berbasis Taman Pendidikan Al-Qur'an (PAUD-TPQ), PAUD Berbasis Pelayanan Anak Agama Katolik (PAUD-PAK), dan PAUD Berbasis Bina Iman Anak (BIA).

8. Apakah perbedaan antara Taman Kanak-kanak dan PAUD ?
PAUD ialah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang ditujukan bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 tahun yang sanggup di selenggarakan dalam bentuk TK/RA, KB, TPA, dan SPS. melaluiataubersamaini demikian, Taman Kanak-kanak ialah salah satu bentuk layanan PAUD.

9. Mengapa beberapa layanan PAUD tersebut mempunyai samasukan usia yang sama?
Berbagai bentuk satuan PAUD tersebut dimaksudkan sebagai alternatif untuk mempersembahkan pilihan kepada masyarakat bentuk layanan mana yang paling sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang ada.

Penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK)RAudhatul Atfal (RA) dan bentuk-bentuk lain yang sederajat, memakai aktivitas untuk anak usia 4 - 6 tahun. Sedangkan penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk Taman Penitipan Anak (TPA) dan bentuk lain yang sederajat, memakai aktivitas untuk anak usia 0 - 2 tahun,  2-4 tahun, 4-6 tahun dan Program Pengasuhan untuk anak usia 0-6 tahun; Kelompok Bermain (KB) dan bentuk lain yang sederajat, memakai aktivitas untuk anak usia 2 - 4 tahun dan 4 - 6 tahun.

10. Apa yang perlu diperhatikan oleh orangtua dalam menentukan PAUD bagi pendidikan anaknya?
Pilih lembaga yang pembelajarannya melalui bermain dan mempersembahkan stimulasi/rangsangan pendidikan kepada anak sesuai tahap perkembangannya lantaran naak berguru melalui apa yang didengar, dilihat, dicium, diraba/sentuh, dan dirasakannya. Jangan paksa anak untuk menguasai bahan pelajaran sekolah dasar ibarat membaca, menulis dan berhitung lantaran belum saatnya.

LihatTutupKomentar