-->
Kegiatan Menggunting Pada Anak Paud

Kegiatan menggunting ialah kelanjutan dari tahap aktivitas meremas dan merobek kertas pada anak PAUD. Kegiatan menggunting dimaksudkan untuk melatih kemampuan motorik halus anak khusunya untuk melatih jari-jari anak melalui aktivitas menggunting dengan media gunting dan kertas dengan banyak sekali contoh sesuai tahap perkembangan anak.

Anak perlu mengunting karena 
a. Menggunting ialah aktivitas yang sangat disukai anak 
b.berguna untuk membuatkan sensori motor 
c.berguna untuk membuatkan kekuatan otot tangan 
d.berguna untuk membuatkan kekuatan jari tangan 


Tujuan mengunting yaitu untuk mempersiapkan anak usia dini menuju pendidikan tahap selanjutnya khususnya kemampuan untuk menulis alasannya dalam menulis diperlukan kekuatan otot-otot jari-jari dan koordinasi mata dengan tangan yang sanggup dilatih melalui mengunting.

Sebelum anak memasuki tahapan pengalaman menggunting, anak harus didiberikan kegiatan-kegiatan pertama yang difasilitasi orang bau tanah atau pendidik, yaitu :
1. Kegiatan anak mengambil benda-benda kecil
2. Kegiatan meremas
3. Kegiatan merobek dengan sepenuh tangan
4. Kegiatan merobek dengan jari.  

Untuk aktivitas menggunting ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan pendidik atau orang bau tanah di rumah yaitu :

1. Menyiapkan gunting
Untuk anak diberilah gunting yang bab depannya tumpul semoga tidak membahayakan bagi anak.

2. Menyiapkan kertas yang akan digunting anak dengan persiapan kertas sebagai diberikut :
  • Kertas polos (tidak didiberi pola)
  • Kertas dengan contoh garis sejajar penuh
  • Kertas dengan contoh garis sejajar patah-patah
  • Kertas dengan garis zig zag
  • Kertas dengan contoh garis lengkung
  • Kertas dengan contoh lingkaran
  • Kertas dengan contoh kompleks dengan bentuk-bentuk tertentu
Pola-pola kertas tersebut di atas disediakan untuk memfasilitasi tahap perkembangan menggunting anak yang tidak sama-beda

3. Menyiapkan amplop
Amplop disiapkan untuk mendokumentasikan hasilguntingan anak, satu amplop untuk satu anak.

Adapun tahapan-tahapan aktivitas menggunting yang sanggup dilakukan bagi anak adalah:
Tahap ke-1 : Menggunting sekitar pinggiran kertas
Tahap ke-2 : Menggunting dengan sepenuh bukaan gunting
Tahap ke-3 : Membuka dan menggunting terus menerus untuk sepanjang kertas
Tahap ke-4 : Menggunting di antara dua garis lurus
Tahap ke-5 : Menggunting Bentuk tetapi tidak pada garis
Tahap ke-6 : Menggunting pada garis tebal dengan terkendali
Tahap ke-7 : Menggunting majemuk bentuk

Sumber dan Rekomendasi  :
  • Deparkawan Pendidikan Nasional BPPLSP Reg III Jateng 2007. Menggunting Panduan Mudah Pendidik PAUD. Semarang.
  • Departemen Pendidikan Nasional 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT) (Pendekatan Sentra dan bundar Dalam Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta
  • Deparkawan Pendidikan Nasional 2004. Materi Petes (TOT) Tenaga Pendidik Kelompok Bermain. Jakarta.
 

LihatTutupKomentar