Nilai Karanter:
HORMAT DAN SOPAN SANTUM
JUDUL KEGIATAN PESAWAT TERBANG
TUJUAN
MENGENALKAN ANAK :
TENTANG : PESAWAT :
FUNGSI PESAWAT
KEGUNAAN PESAWAT
JENIS – JENIS PESAWAT
Nilai Karakter yang dikembangkan.
Dapat melaksanakan kebiasaan yang baik.
Dapat bersabar menunggu giliran.
Tidak mengejek kawan.
Untuk Kegiatan dengan tema pesawat terbang ini, Rancangan Rencana Kegiatan sanggup disusun sebagai ibarat pola diberikut :
Tema : Pesawat Terbang.Hari / Tanggal : Selasa, 08 November 2013
Kelas/Kelompok: Sentra Persiapan Guru Kelas : Rizky Inaya,S.Pd
KEGIATAN PAGI : 07.30 – 08.30
A. Aspek Perkembangan dan indikator.
A. 1 Moral:
1. Memdiberi Salam dan menjawaban salam.
2. Bersalaman dengan tiruana Bapak/Ibu Guru
3. Berdo’a sebelum dan sesudah
4. Meniru Sikap berdo’a
A. 2 Sosial, Emosil & Kemandirian:
Mau mematuhi peraturan disentra.
Saling memmenolong dan menghargai
saling mengenal orang yang gres dikenal(pilot,pramugari)
A.3 Bahasa:
1. Mengenal dan sebut kosakata sederhana.
2. Mendengarkan kisah dengan baik.
A. 5. Motorik Halus:
1. Melipat
2. Memegang Krayon.
3. Mengunting gambar Pesawat.
4. Meronce.
5. Menempel
6. Menjepit
7. Menjahit.
Alat dan materi :
1. Gunting
2. Kertas HVS
3. Lem
4. Krayon
5. Jarum dari benang wol
A. 6 Seni & Kreatifitas:
1. Mengambar sesuai kisah bu’Guru
2. Mewarnai Pesawat Terbang.
A.7 Leadership:
1. Komunikasi
2. Mengatur / mengelompokkan
3. Membuat Keputusan.
A.8 Imtaq : 1. Mengenal kekuasaan Allah.
B. Kegiatan Belajar
Pijakan lingkungan Main:
Pijakan Sebelum main:
Circle time : Guru dan anak duduk melingkar
Demikian kegiatan Karakter PAUD (centra Tema Pesawat Terbang)..Semoga Bermanfaat ...terima kasih.
HORMAT DAN SOPAN SANTUM
JUDUL KEGIATAN PESAWAT TERBANG
TUJUAN
MENGENALKAN ANAK :
TENTANG : PESAWAT :
FUNGSI PESAWAT
KEGUNAAN PESAWAT
JENIS – JENIS PESAWAT
Nilai Karakter yang dikembangkan.
Dapat melaksanakan kebiasaan yang baik.
Dapat bersabar menunggu giliran.
Tidak mengejek kawan.
Untuk Kegiatan dengan tema pesawat terbang ini, Rancangan Rencana Kegiatan sanggup disusun sebagai ibarat pola diberikut :
Tema : Pesawat Terbang.Hari / Tanggal : Selasa, 08 November 2013
Kelas/Kelompok: Sentra Persiapan Guru Kelas : Rizky Inaya,S.Pd
KEGIATAN PAGI : 07.30 – 08.30
A. Aspek Perkembangan dan indikator.
A. 1 Moral:
1. Memdiberi Salam dan menjawaban salam.
2. Bersalaman dengan tiruana Bapak/Ibu Guru
3. Berdo’a sebelum dan sesudah
4. Meniru Sikap berdo’a
A. 2 Sosial, Emosil & Kemandirian:
Mau mematuhi peraturan disentra.
Saling memmenolong dan menghargai
saling mengenal orang yang gres dikenal(pilot,pramugari)
A.3 Bahasa:
1. Mengenal dan sebut kosakata sederhana.
2. Mendengarkan kisah dengan baik.
A. 5. Motorik Halus:
1. Melipat
2. Memegang Krayon.
3. Mengunting gambar Pesawat.
4. Meronce.
5. Menempel
6. Menjepit
7. Menjahit.
Alat dan materi :
1. Gunting
2. Kertas HVS
3. Lem
4. Krayon
5. Jarum dari benang wol
A. 6 Seni & Kreatifitas:
1. Mengambar sesuai kisah bu’Guru
2. Mewarnai Pesawat Terbang.
A.7 Leadership:
1. Komunikasi
2. Mengatur / mengelompokkan
3. Membuat Keputusan.
A.8 Imtaq : 1. Mengenal kekuasaan Allah.
B. Kegiatan Belajar
Pijakan lingkungan Main:
- Guru menyiapkan alat dan materi yang akan dipergunakan disentra diantaranya :
- Mengambar sesuai dengan kisah (5 Kesempatan)
- Mewarnai (5 Kesempatan )
- Mengunting gambar pesawat (4Kesempatan)
- Melipat (3 Kesempatan)
- Meronce (3 Kesempatan)
- Mengelompokan menurut warna, jenis dan bentuk.(3 Kesempatan)
- Membaca Buku (4Kesempatan )
- Menjahit (4Kesempatan)
Pijakan Sebelum main:
Circle time : Guru dan anak duduk melingkar
- Guru memdiberi salam dan menanyakan kabar kepada anak-anak, berdoa, mengulang hari/tanggal, menyampaikan/menanyakan tema ahad ini.dan memberikan kosa kata (angka,jumlah,sama dengan)
- Siswa mendengarkan kisah yang berafiliasi dengan Pesawat
- siswa menjawaban pertanyaan guru tentang kisah yang didengarnya
- Siswa sebut benda–benda yang memiliki posisi diatas, ditengah , dibawah
- Siswa memberikan pesawat menurut warna, bentuk, dan jenisnya.
- siswa menyimak klarifikasi guru tentang densitas yang ada siswa dipersilahkan untuk sebut peraturan disenra persiapan
- siswa yang sanggup mengulang kata yang disebutkan guru boleh menentukan densitas.
- Guru berkeliling diantara anak yang sedang beraktivitas
- Guru memdiberi pertolongan dengan pernyataan positif semoga anak sanggup melaksanakan kegiatan yang dianggap susah oleh anak.
- Memdiberikan menolongan kepada anak yang memerlukan menolongan Mencatat apa yang dilakukan anak Mengingatkan anak untuk berkemas-kemas menyelesaikan kegiatan
- Siswa merapihkan alat yang sudah digunakan.
- Menanyakan perasaan anak sehabis bermain yang sudah dilakukan Guru menanyakan apakah kegiatan hari ini sangat bahagia
- Guru menanyakan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh anak satu persatu
- Siswa menceritakan gambar yang sudah dibuatnya.
- Siswa menunjukan prilaku positif yang sudah dilakukan pada dikala main,
- Mengucapkan hamdalah bahu-membahu dan membaca doa masuk kamar mandi.
- Anak–anak dipersilahkan meninggalkan kelas untuk berwudhu.dan kembali kekelas masing-masing.
Demikian kegiatan Karakter PAUD (centra Tema Pesawat Terbang)..Semoga Bermanfaat ...terima kasih.