-->
Pandangan Dasar Jago Pendidikan Anak Usia Dini
1. John H. Pestalozzi

Pestalozzi sangat menekankan pada pengembangan aspek sosial sehingga anak sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya dan bisa menjadi anggota masyarakat yang berguna. Pendidikan sosial akan berkembang kalau pendidikan dimulai dengan pendidikan keluarga yang baik. Peran utama pendidikan sangat ditekan pada ibu yang sanggup mempersembahkan sendi-sendi dalam pendidikan jasmani, budipekerti dan agama.


Pandangan dasar Pestalozzi  yang pertama menekankan pada pengamatan alam. Semua pengetahuan intinya bersumber dari pengamatan. Pandangan fundamental Pestalozzi ini ternyata terbukti oleh penelitian peoples (1988) yang sudah dikemukakan terlampau bahwa 75% pengetahuan insan diperoleh melalui pengamatan. Kembali pada pandangan Pestalozzi, pengamatan seorang anak pada sesuatu akan mengakibatkan pengertian, bahkan pengertian yang tanpa pengamatan ialah sesuatu pengertian yang kosong (abstrak). Pandangan kedua yakni menumbuhkan keaktifan jiwa raga anak. Melalui keaktifan anak akan bisa mengolah kesan pengamatan menjadi suatu pengetahuan. Keaktifan akan mendorong anak melaksanakan interaksi degan lingkungannya. Pandangan ketiga yakni pembelajaran pada anak harus berjalan secara teratur setingkat demi setingkat atau bertahap. Prinsip ini sangat cocok dengan kodrat anak yang tumbuh dan berkembang secara bertahap. Pandangan dasar tersebut membawa konsekuensi bahwa materi pengembangan yang didiberikan pada anakpun harus disusun secara bertingkat, dimulai dari urutan materi yang tergampang hingga tersusah, dari materi pengembangan yang sederhana hingga yang terkompleks. 


2. Friederich Wilhem Frobel

Frobel ialah salah seorang tokoh pendidikan anak yang banyak mempersembahkan imbas dalam pemikiran gres (modern) dalam pengembangan anak usia dini, khususnya Taman Kanak-kanak. Walaupun ia banyak mempelajari visi kependidikan Pestalozzi, namun Frobel banyak mempersembahkan ‘critical thinking’ pada sekolah Pestalozzi terutama dari segi kurangnya keterpaduan model pelaksanaan pembelajaran. Frobel lahir tahun 1782 di Oberweiszbach (Jerman). Pola pendidikan yang demokratis yang dikembangkannya banyak mengakibatkan konfrontasi dengan pihak pemerintah sehingga ia dianggap sebagai pemberontak.

Pada tahun 1840, untuk merealisasikan cita-citanya Frobel meresmikan sebuah forum pendidikan yang didiberi nama ‘Kindergarten’. Walaupun banyak tantangan (sampai-sampai ditutup forum pendidikan tersebut) tidak membuat Frobel patah semangat sehingga ia berniat untuk membuatkan cita-citanya tersebut di Amerika. Namun sebelum harapan tersebut ia meninggal tahun 1852.

Pandangan dasar dari Frobel  pengembangan otoaktivitas ialah prinsip utama. Anak didik harus didorong untuk aktif sehingga sanggup melaksanakan aneka macam kegiatan (pekerjaan) yang produktif. Prinsip kedua yakni kebebasan atau suasana merdeka. Otoaktivitas anak akan tumbuh dan berkembang kalau pada anak didiberikan peluang dalam suasana bebas sehingga anak bisa berkembang sesuai potensinya masing-masing. Melalui suasana bebas atau merdeka, anak akan memperoleh peluang membuatkan daya fantasi atau daya khayalnya, terutama daya cipta untuk membentuk sesuatu dengan kekuatan fantasi anak.  Prinsip ketiga yang dikemukakan Frobel yakni pengamatan dan peragaan. Kegiatan ini dimaksudkan terutama dalam membuatkan seluruh indra anak. Prinsip ini selaras dengan apa yang sudah dikemukakan Pestalozzi terlampau. Agar pembelajaran tidak verbalistik maka anak harus didiberi peluang untuk melaksanakan pengamatan terhadap aneka macam kondisi lingkungan alam di sekitar. Pada lingkungan alam yang jauh atau susah untuk diamati maka sanggup dilakukan dengan memakai prinsip peragaan. Pendidik sanggup meragakan hal-hal yang mustahil diamati anak secara langsung, baik berupa lingkungan fisik, sosial maupun keagamaan.

Ide cemerlang pada alat permainan Spielformen dari Frobel  ialah wangsit dasar yang sangat releven dengan pengembangan konsep “life skill” (life skill curriculum) yang kini banyak menjadi sentra perhatian para jago pendidikan anak modern. Alat permainan ini memungkinkan anak memberdayakan bahan-bahan mentah di lingkungan sekitar menjadi sesuatu hal yang produktif, inovatif dan kreatif.

Disamping kaya pengembangan potensi individual, spielformen juga sangat menantang anak untuk bermain kooperatif (kerja sama) dengan kawan-kawannya sehingga menghasilkan sesuatu bangunan permainan yang baik. Interaksi antar anak ini akan memungkinkan terjadinya perkembangan potensi sosiabilitas diantara anak-anak. Dalam pendidikan Frobel membuatkan dan menanamkan pada anak melalui pengamatan untuk menumbuhkan kecintaan  pada lingkungan sekitar, mirip tumbuhan dan binatang. Hal itu dilakukan dengan kegiatan bercocok tanam, berkebun serta memelihara hewan ternak. Semua bentuk pembelajaran Frobel di atas harus dilaksanakan dalam suasana yang dikenal dengan 3 F, yakni suasana Damai (Friede), Gembira (Freude) dan Merdeka (Freiheit).


3. Maria Montessori
 
Maria Montessori, seorang dokter perempuan Italia pertama. Montessori  lahir di Chiaravalle, sebuah propinsi kecil di Ancona, Italia, pada tahun 1870. Reputasinya di bidang pendidikan anak dimulai setelah Montessori lulus dari sekolah kedokteran. Dia bekerja di sebuah klinik psikiatri Universitas Roma. Pekerjaannya tersebut mengakibatkan dia diberinteraksi eksklusif dengan persoalan cacat mental.

Pemikiran Montessori yang berkaitan dengan anak cacat mental hasilnya ditindaklanjuti dengan pendirian Casai dei Bambini atau Children’s House di daerah-daerah kumuh di Roma tahun 1907. Lingkungan diatur sedemikian rupa sehingga sanggup digunakan oleh belum dewasa cacat mental di bawah lima tahun.
Ada prinsip-prinsip yang diyakini oleh Maria Montessori:

a. Menghargai anak
Setiap anak itu unik sehingga pendidik dalam mempersembahkan pelayanan harus secara individual. Anak mempunyai kemampuan yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Oleh alasannya itu pendidik harus menghargai anak sebagai individu yang mempunyai kemampuan yang luar biasa.
 
b. Absorbent Mind ( pemikiran yang cepat  menyerap)
Informasi yang masuk melalui indera anak dengan cepat terserap ke dalam otak. Daya serap  otak anak sanggup diibaratkan mirip sebuah sponse yang cepat menyerap air.  Untuk itu pendidik hendaknya tidakboleh salah dalam mempersembahkan konsep-konsep pada anak.

c.“sensitive periods” (masa peka). Masa peka sanggup digambarkan sebagai sebuah pembawaan atau potensi yang akan berkembang sangat pesat pada waktu-waktu tertentu. Potensi ini akan mati dan tidak akan muncul lagi apabila tidak didiberikan peluang untuk berkembang, sempurna pada waktunya. Montessori mempersembahkan panduan periode sensitif atau masa peka ini dalam sembilan tahapan sebagai diberikut:
 
Pestalozzi sangat menekankan pada pengembangan aspek sosial sehingga anak sanggup beradaptas PANDANGAN DASAR AHLI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

d. Lingkungan yang disiapkan

1)Pendidik hendaknya menyiapkan suatu lingkungan yang sanggup memunculkan keinginan anak untuk mempelajari banyak hal. Lingkungan yang disiapkan harus dirancang untuk menfasilitasi kebutuhan dan minat anak, sehingga pendidik harus meyediakan masukana dan pramasukana yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. 
2)Lingkungan ditata dengan aneka macam setting sehingga anak tidak bergantung dengan orang dewasa. Lingkungan yang disiapkan ini membuat anak bebas untuk bergerak, bermain dan bekerja.

e. Pendidikan Diri Sendiri

melaluiataubersamaini lingkungan yang disiapkan oleh pendidik, memungkinkan anak sanggup bereksplorasi, berekspresi, mencipta tanpa dimenolong olah orang dewasa. Hasil yang diperoleh anak alasannya karyanya sendiri jauh luar biasa dan menakjubkan dibanding kalau mereka dimenolong. Karya yang dihasilkan bermacam-macam dan unik sedangkan yang dimenolong hasil karya anak seragam dan sama. Makara bersama-sama anak sanggup berguru sendiri kalau kita memdiberi fasilitas sesuai  dengan potensi dan minatnya.


4. Loris Malaguzzy
Seorang pendidik berjulukan Loris Malaguzzy terkesan dengan pengabdian para orang tua  dan menunjukkan untuk memmenolong mereka membuatkan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengarah kepada kepentingan dari anak itu sendiri secara seutuhnya.

Pandangan L. Malaguzzy dengan Model Pembelajaran Reggio Emilia adalah:
a.memunculkan ide-ide yang didiberikan anak atau dari minat anak.
b.Projek sanggup diprovokasi oleh guru untuk memmenolong perkembangan anak.
c.Projek sanggup diperkenalkan oleh guru melalui hal-hal yang menjadi minat anak. Misalnya: gedung-gedung tinggi, bentuk bangunan.
d.Projek harus ialah sesuatu yang membutuhkan banyak waktu dalam pengerjaannya supaya sanggup berkembang dalam pengerjaannya, sehingga anak sanggup mendiskusikan ide-ide gres untuk melanjutkan pengerjaan projek, untuk bernegosiasi (dengan mitra kelompok atau kawan-kawan sekelas terkena bagaimana mengerjakan projek tersebut), dan untuk melatih anak mengurangi konflik.
e.Projek harus mempunyai bentuk yang kongkrit, menyangkut pengalaman yang dijumpai anak dalam kehidupannya, penting bagi anak untuk lebih mengetahuinya, dan harus cukup ‘besar’ untuk memuat perbedaan pendapat. Selain itu, projek juga harus kaya akan ekspresi dalam penyajiannya.

Tujuan pembelajaran dalam Reggio Emilia adalah:
• Mengkomunikasikan kekuatan ide-ide dan hak-hak anak, potensi, dan sumber-seumber yang seringkali terabaikan
•Mempromosikan studi, penelitian, eksperimen dalam pembelajaran dengan konteks pembelajaran yang aktif, konstruktif dan kreatif.
• Meningkatkan profesionalisme guru, mendukung suatu kesadaran yang tinggi terhadap nilai-nilai kerjasama dan kebermaknaan relasi antara anak dan keluarganya.
• Menjadikan topik utama dari nilai-nilai penelitian, observasi, interpretasi dan dokumentasi dari pengetahuan yang dibangun dari proses berpikir anak.
• Mengorganisasikan kunjungan terbimbing ke dalam jadwal pendidikan, pekan raya budaya, seminar, dan kursus-kursus dalam issue pendidikan dan budaya anak usia dini.
Peranan guru dalam pendidikan dengan pendekatan Reggio Emilia yakni untuk:
• Memmenolong bagi anak dalam pengalaman berguru anak.
• Mendorong supaya anak mengeluarkan ide-ide, cara pemecahan persoalan dan konflik.
•Mengatur kelas dan benda-benda yang ada di kelas supaya menjadi tempat yang sangat bahagia.
• Mengatur jenis barang-barang di kelas supaya sanggup memmenolong anak membuat keputusan terkena benda-benda yang akan digunakan.
• Mendokumentasikan perkembangan anak melalui visual, videotape, tape recorder, dan portfolio.
• Memmenolong anak melihat relasi yang ada antara pembelajaran dan pengalaman yang didapatnya.
• Memmenolong anak mengekspresikan pengetahuan yang mereka dapatkan atau miliki melalui bentuk-bentuk presentasi.
• Membentuk relasi yang baik dengan guru-guru lainnya dan para orang tua.
• Membuat obrolan dan diskusi terkena projek-projek yang dilakukan dengan para orang bau tanah dan guru lainnya.
• Menjaga bentuk relasi yang sudah terbentuk dalam diri anak antara rumahnya, sekolah, dan komunitas lainnya.

Pemikiran Malaguzzy yang mengedepankan kepentingan anak sebagai seorang individu yang unik dan model pembelajaran Reggio Emilia nya tersebut mengakomodasi kebutuhan anak untuk melaksanakan eksplorasi, membuat kreativitas serta menemukan hal baru. Selain itu, model pembelajaran tersebut mensinergikan kiprah orang bau tanah dan komunitas di sekitar anak sebagai potongan dari pendidikan untuk anak.


5. Jean Piaget

Jean Piaget lahir di Switzerland (1896-1980). Ia membuatkan teori kognitif (cognitif theory) sebagai pendekatan belajar.  Piaget sangat berminat tentang bagaimana insan berguru dan membuatkan intelektualnya dari lahir hingga hehidupan seterusnya. Ia menentukan hidupnya untuk bereksperimen, observasi belum dewasa termasuk anaknya sendiri dan menulis teorinya. Piaget sudah memperkaya penegtahuan kita tentang pikiran anak dan imbas Piaget pada pendidikan anak usia dini.

Pandangan dasar teori kognitif Piaget pertama kerterlibatan anak secara aktif dengan lingkungan fisik melalui pengalaman langsung. Pandangan dasar kedua bahwa perkembangan intelektual berkembang terus menerus. Pandangan dasar ketiga bahwa anak sudah mempunyai motivasi dalam diri untuk membuatkan intelektual. 
Piaget mengaplikasikan konsep pembiasaan tingkat mental dan menggunakannya untuk mengambarkan peningkatan perkembangan intelektual melalui tahapan berpikir. Mental insan mengadaptasikan pengalaman lingkungan sebagai hasil yang melibatkan orang-orang, tempat dan sesuatu; hasil perkembangan kognitif.
 Menurut Piaget, melalui proses pembiasaan dengan lingkungan perkembangan intelektual anak berkembang. Proses pembiasaan terbagi 2 yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi yakni proses pengambilan data melalui impuls-impuls/rangsang indera dengan pengalaman-pengalaman dan  aneka macam kesan yang kemudian digabung menjadi pengetahuan tentang sesuatu (orang, benda). Akomodasi sebagai proses perubahan berpikir, berperilaku dan kepercayaan berdasarkan realitas. Berdasarkan pengalaman melalui inderanya seorang anak tahu tentang kucing. Pada ketika anak melihat anjing dan anjing itu disebut kucing. Hal ini dinamakan asimilasi. Begitu anak tahu bahwa anjing itu bukan kucing, sehingga ia sanggup membedakan anjing dan kucing. Perubahan pengetahuan tentang anjing dan kucing disebut akomodasi. Makara asimilasi dan fasilitas terjadi bersama-sama dan saling mengisi, setiapkali anak menyesuaikan diri atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya.


6. Ki Hajar Dewantoro

Menurut Ki Hajar Dewantoro, pendidikan dan pengajaran ialah istilah yang tidak sama. Pengajaran ialah potongan dari pendidikan yang ialah cara memdiberi ilmu pengetahuan dan kecakapan kepada belum dewasa sehingga berkhasiat bagi kehidupan lahir dan bathin. Pendidikan sanggup bermacam-macam arti, maksud, tujuan, cara, bentuk, syarat, dan alat. Walaupun tidak sama-beda pandangan dalam mengulas pendidikan, ada dasar-dasar atau garis-garis yang sama dalam pandangan tersebut. Pendidikan ialah tuntunan hidup bagi anak-anak. Tujuan pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada belum dewasa sebagai insan dan anggota masyarakat sehingga sanggup mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tinginya. Tuntunan hidup itu bergantung pada kaum pendidik dalam memmenolong anak tumbuh dan berkembang. Dewantoro beropini bahwa belum dewasa yakni mahluk hidup yang mempunyai kodratnya masing-masing. Kaum pendidik spesialuntuk memmenolong menuntun kodratnya tersebut. Jika anak memilki kodrat yang tidak baik, maka kiprah pendidik untuk memmenolongnya menjadi baik. Jika anak sudah mempunyai kodrat yang baik, maka ia akan lebih baik lagi kalau dimenolong melalui pendidikan. Kodrat dan lingkungan ialah konvergensi yang saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain. Ada bagian-bagian dalam diri insan yang sanggup dan tidak sanggup diubah, yaitu (1) yang sanggup diubah yaitu kelemahan pikiran, kebodohan, pandangan yang kurang baik, kurang cepatnya berpikir, kecakapan dan lemahnya kemauan, ini disebut Intellegible; (2) yang tidak sanggup diubah yaitu biologis yang menyangkut perasaan contohnya takut, malu, kecewa, egoisme, rendah diri, sosial, agama, berani. Perasaan tersebut tetap ada dalam diri insan hingga anak menjadi dewasa. Jika anak sanggup mengendalikan atau menahan perasaannya dengan kecerdasan pikiran dan kemauan kuat, maka anak menjadi baik. Tetapi kalau anak tidak sanggup menahan diri, maka watak orisinil anak akan terlihat. Pendidikan kebijaksanaan pekerti sangatlah penting berdasarkan Dewantoro. Budi pekerti yakni watak atau tekadnya jiwa yang berazas pada kebatinan. Budi pekerti selalu memakai pikiran dan perasaan dalam menimbang atau mengukur sesuatu yang niscaya dan tetap. Pikiran dan perasaan tersebut menghasilkan tenaga (perbuatan).

Pendidikan yang ada ketika itu spesialuntuk berdasarkan pada naluri atau dorongan ingin mendidik, instink, kebiasaan, asumsi sehingga bersifat tidak tetap atau bisa saja berubah-ubah pada si pendidik. Pendidikan yang teratur mempunyai syarat-syarat sebagai diberikut: (1) ilmu hidup bathin insan (ilmu jiwa, psikologi), (2) ilmu hidup jasamani insan (fisiologi), (3) ilmu keadaan atau kesopanan (etika atau moral), (4) ilmu keindahan atau ketertiban lahir (estetika), (5) ilmu tambo pendidikan (ikhtisar cara-cara pendidikan). Peralatan pendidikan yakni cara-cara mendidik yaitu (1) memdiberi contoh,  (2) pembiasaan, (3) pengajaran, (4) perintah, paksaan dan hukuman, (5) Laku (disiplin diri), (6) pengalaman lahir dan bathin.

Untuk rentang usia dalam pendidikan dibagi menjadi 3 masa, yaitu (1) masa kanak-kanak/kinderperiod usia 1 – 7 tahun, (2) masa pertumbuhan jiwa dan pikiran usia 7 – 14 tahun, (3) masa soialperiod atau terbentuknya kebijaksanaan pekerti usia 14 – 21 tahun. Sesuai dengan rentang usia tersebut, maka cara mendidik untuk masa kanak-kanak yakni dengan memdiberi tumpuan dan pembiasaan, untuk masa pertumbuhan jiwa dan pikiran dengan cara pengajaran dan perintah/paksaan/hukuman, dan untuk masa sosialperiod dengan cara laris dan pengalaman lahir – bathin.

Dewantoro  juga perduli dengan anak usia dini, dimana pada tanggal 3 juli tahun 1922 di Yogjakarta dia mendirikan ”Taman   Siswa” diperuntukan bagi anak usia dibawah 7 tahun dengan nama ”Taman Anak” yang seterusnya dikenal dengan  ”Taman Indria”. Perkembangan Taman Siswa diberikutnya berdiri sekolah rendah (sekolah dasar) dan sekolah lanjutan pertama. Pembagian sekolah  rendah diubahsuaikan dengan perkembangan anak menjadi dua potongan yaitu potongan ”Taman Anak” dari kelas I hingga dengan kelas III untuk anak berumur 7 hingga 9 tahun dan ”Taman Muda” dari kelas IV hingga dengan kelas VI untuk anak usia 10 hingga 12 tahun. 
Taman Indria bersemboyan ”tut wuri handayani” artinya bahwa taman ini memdiberi kebebasan yang luas selama tidak membahayakan anak. Sistem yang dipakai  yakni sistem ”among’’ dengan maksud memdiberi kemerdekaan, kesukarelaan, demokrasi, toleransi, ketertiban, kedamaian, kesesuaian dengan keadaan dan hindari perintah dan paksaan. Sistem ini mendidik anak menjadi insan yang merdeka batinnya, merdeka pikirannya dan merdeka tenaganya serta sanggup mencari pengetahuan sendiri.

Menurut Ki Hajar Dewantoro, di dalam kehidupan anak-anak, permainan mempunyai kedudukan dan arti yang sangat penting. Selama belum dewasa tidak pulas dan tidak melaksanakan sesuatu pekerjaan maka ia sedang bermain. melaluiataubersamaini kata lain permainan mengisi sepenuhnya kehidupan anak-anak, dari berdiri pulas hingga mereka pulas lagi. Permainan sangat bermanfaa bagi tumbuhnya kebijaksanaan pekerti, sosial-emosi, disiplin diri, ketertiban, kesetiaan dan kemampuan berpikir. Permainan  belum dewasa Indonesia mempunyai corak yang bermacam-macam dan istimewa alasannya dilakukan dengan nyanyian. Permainan traditional yang sering dilakukan belum dewasa Indonesia tersebut membuatkan kemampuan matematika, jasmani, keberanian, motorik halus (cekatan) dan disiplin.

Jika kita analisis bagaimana Ki Hajar Dewantoro menggolongkan usia anak dengan jenis pendidikannya, ternyata gagasan dia masih sesuai dengan konsep pendidikan anak usia dini terkini.

LihatTutupKomentar