Sesudah berada dalam tahapan pelaksanaan aktivitas dari Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang sudah disusun, Tahapan yang temasuk dalam aktivitas penilaian/ penilaian ialah pengamatan dari tingkat pencapaian perkembangan anak dengan memperhatikan Indikator yang sudah dijabarkan dalam RKH.
Adapun aspek-aspek yang dinilai mencakup perkembangan : NAM, SOSEM,KOGNITIF, BAHASA, FISIK. diimplikasikan dalam tujuan pembelajaran yang diintegrasikan nilai-nilai huruf yang sesuai dengan Tema dan subtema yang dilaksanakan.
Pengamatan dilakukan dengan melaksanakan penilaian dengan dengan mencontreng/ ceklist v untuk memilih kualifikasi pencapaian perkembang anak yang terdiri dari :
- BM atau Belum Muncul = yang didiberi simbol * (Bintang 1)
- MB atau Mulai Berkembang = yang didiberi simbol ** (Bintang 2)
- BSH atau Berkembang Sesuai Harapan = yang didiberi simbol *** (Bintang 3)
- BSB atau Berkembang sangat Baik = yang didiberi simbol **** (Bintang 4)
Ini sanggup dilihat dalam teladan Format Catatan Pengamatan Perkembangan Anak dalam aktivitas pembelajaran pusat diberikut ini :
Baca Juga teladan Format RKH Sentra dan Pelaksanaan Pembelajaran Harian Sentra di sini !!