-->
Cara Mengapresiasi Musik Sesuai Usia Anak
Mengapresiasikan musik untuk anak khususnya bagi anak usia dini, sanggup dikatakan sebagai langkah penting bagi memmenolong pengembangan anak. Musik yaitu salah satu komponen yang dianggap bisa berbagi otak kanan anak. Otak kanan bertugas mengkoordinasikan kiprah yang bersifat emosional: artistik, intuitif maupun berpikir secara holistik sehingga anak berani mengemukakan tanggapannya. melaluiataubersamaini mengapresiasikan musik maka kita mempersembahkan pembekalan kepada anak pengetahuan dan pendidikan anak untuk membangun rasa estetika, musikalitas, kepribadian, dan kreativitas anak dimasa depannya kelak. 


Teknik mengapresiasikan musik kepada anak diubahsuaikan dengan tahapan perkembangan dan usia anak yang mencakup usia anak sebagai diberikut:

Usia dibawah 1 tahun
Pada usia dibawah 1 tahun antara 5-9 bulan, bayi biasanya mulai bergerak maju-mundur merespons alunan musik yang didengarnya, melambai-lambaikan tangan mengikuti irama. Di usia 1 tahun, anak yang intensif diperdengarkan lagu semakin terampil merespons rangkaian bunyi irama.

Usia 2 tahun
Biasanya anak sanggup mengikuti lagu dengan senandung yang nadanya belum pas benar. Gerak badan lebih terarah dan kesukaannya bergoyang mengikuti nada, irama dan rangkaian sebuah lagu tertentu semakin meningkat.

Usia 3 tahun
Si kecil yang mulai suka menentang banyak sekali hukum mulai menyukai acara eksperimental dalam apresiasi musik. Selain mengikuti musik dengan gerak tubuh, ia juga suka mengetuk-ngetuk, memukul-mukul, atau menggesekan benda mengikuti irama. Bila dibiasakan mendengarkan musik, anak bahkan bisa lebih kreatif dengan membuat lagu-lagu yang kata-katanya dikarang dan dibentuk oleh mereka sendiri.

Usia 4-5 tahun
Sejalan dengan perkembangan emosi yang lebih matang, tempo dan bunyi yang dihasilkan dalam bernyanyi, atau mengetuk-ngetuk alat musik sudah lebih pas. Ketertarikan untuk menguasai sebuah alat musik semakin besar dan fokus. Rentang perhatian yang semakin panjang, memungkinkannya memainkan sebuah lagu sampai tuntas.

Sumber: disarikan dari banyak sekali sumber !!

LihatTutupKomentar