-->
Upaya Pendayagunaan Sumber Daya Air
      
Pengelolaan sumberdaya air dilihat dari aspek pendayagunaan sumberdaya air sanggup dilakukan melalui beberapa taktik diberikut::
a.       Melakukan optimalisasi memanfaatkan sumber air baku yang sudah ada.
b.      Mencari alternatif sumber air “terdekat” di tempat belum sempurnanya air untuk pemenuhan kebutuhan air membersihkan.
c.       Jika sudah ada sumber air yang sanggup dimanfaatkan maka sanggup dilakukan pembangungan infrastruktur penyediaan air  membersihkan gres seperti: jaenteng pelayanan air minum melalui PDAM maupun berbasis masyarakat   (PAMSIMAS), penyediaan pompa, pembangunan IPA, penyediaan kolam tampung yang tetap ataupun sementara.
d.      Memperbaiki infrastruktur penyediaan air membersihkan yang ada, sehingga sanggup berfungsi melayani air membersihkan secara optimal.
e.       Menganalisis potensi konflik kepentingan antarjenis memanfaatkan sumber air yang sudah ada contohnya antara petani, penduduk sekitar, PDAM, pengusaha restoran pancingan dan truk-truk tanki penjual air membersihkan.
f.       Pengawasan memanfaatkan air dari masing-masing pengguna air semoga sesuai dengan kapasitas yang ada dan tidak menjadikan konflik.
g.      Melakukan penataan memanfaatkan sumber air baku khususnya di tempat hulu, sehingga air sanggup dimanfaatkan secara merata.
h.      Memanfaatkan sisa limpasan mata air atau sumber air baku lainnya yang adalah sisa memanfaatkan untuk pariwisata, olah raga air, kolam pemancingan atau acara komersial lainnya.


LihatTutupKomentar