-->
Rpp Kelas 5 Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SDN 
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan dan Manusia ( Tema 1)
Sub Tema                  :  Kegiatan Berbasis Proyek (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, mitra dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1


Menentukan pokok pikiran dalam teks verbal dan tulis.

3.1.1 Menentukan ide pokok pada bacaan.
 4.1 
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan verbal secara lisan, tulis, dan visual.
4.1.1   Menulis dan berbagi ide pokok menjadi sebuah bacaan.


C.   MATERI
1.    Membuat papan catur

D.   TUJUAN
  1. melaluiataubersamaini menulis, siswa sanggup membuat ide pokok secara percaya diri.
  2. melaluiataubersamaini menulis, siswa sanggup berbagi ide pokok menjadi sebuah paragraf dengan tanggung jawaban.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, diskusi dan presentasi



F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a ialah siswa siswa yang hari ini hadir paling pertama. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru mempersembahkan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran menyerupai tokoh dunia, kesehatan, kemembersihkanan, makanan/minuman sehat , dongeng pandangan gres dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menunjukan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan diberikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa

10 menit
Inti
A.   Kegiatan 1
Membuat Papan Catur
-  Dilakukan secara berkelompok.
-  Dilakukan di luar kelas.
  • Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat papan catur.
  • Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih lampau.
  • Selama acara berlangsung, guru selalu menekankan aspek kemembersihkanan, kerapian, kerja sama, dan keselamatan kerja.
  • Selama acara berlangsung, guru berkeliling dan membimbing kelompok-kelompok yang mengalami kesusahan.
  • Pada simpulan kegiatan, guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing kelompok menceritakan kesusahan-kesusahan yang dihadapi selama membuat papan catur.
Membuat Ide Pokok
-    Dilakukan secara mandiri
-    Dilakukan di dalam kelas
-    Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat ide pokok.

B.   Kegiatan 2
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat cara memilih dan membuat ide pokok bacaan.
  • Guru memastikan siswa benar-benar memahami cara membuat ide pokok.
Membuat Ide Pokok
-        Dilakukan secara mandiri
-        Dilakukan di dalam kelas
-        Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat ide pokok.
-        Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih lampau.
Mengembangkan ide pokok menjadi bacaan:
-        Siswa berbagi ide pokok yang sudah dibentuk menjadi bacaan secara mandiri.
-        Bacaan yang dibentuk siswa harus mengatakan keterikatan antara ide pokok dengan kalimat penjelasnya.
-        Bacaan yang dibentuk siswa juga harus menujukkan keterkaitan antara paragraf satu dengan yang lainnya sehingga menjadi sebuah bacaan yang utuh.
·         Selama acara berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa  yang mengalami kesusahan.
·         Pada simpulan acara guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
·         Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesusahan-kesusahan yang dihadapi selama membuat papan catur.
Hasil yang diharapkan
-  Siswa memilih dan menulis ide pokok.
-  Siswa berbagi ide pokok menjadi sebuah bacaan.

150 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil berguru hari ini
2.    Guru mempersembahkan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  didiberikan peluang berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Salam dan do’a penutup.
15 menit

C.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik evaluasi hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.

1.            Teknik Penilaian:
a.    Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawaban, disiplin
b.    Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c.    Penilaian Keterampilan: Uji unjuk kerja
2.            Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Sikap
1)    Disiplin
2)    Tanggung jawaban
3)    Peduli
4)    Percaya Diri
b.    Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal tes tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa.
3.            Format Penilaian
Penilaian Unjuk Kerja
a.  Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan

b.  Membuat Bacaan

c.  Membuat Papan Catur

d.  Rubrik Presentasi

D.   SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Kelasnya  Manusia, Munif Chatif.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/Sci Media.
  4. Buku tentang catur.
  5. Papan, gerpenghasilan, cat, paku, palu, buku tulis, pulpen.

Refleksi Guru





Penilaian Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….


  

LihatTutupKomentar