-->
Rpp Bahasa Indonesia Kelas X Tema 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
 


TEMA 2

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Aspek Pembelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



:
:
:
:
:
:
:
:
:

Bahasa Indonesia
X (sepuluh)/1 (satu)
Semua Bidang Keahlian
8 x 45 menit (4 pertemuan)
Mendengarkan, menulis, berbicara, membaca
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Menyimak untuk memahami informasi verbal dalam konteks bermasyarakat

·   membedakan sumber informasi
·   mengidentifikasi isi rekamanMampu mencatat isi pokok informasi dari naskah drama
·   mengidentifikasi ciri-ciri informasi yang menyatakan proses dan hasil
·   membedakan ragam bahasa verbal berkaitan dengan perdagangan
·   menuliskan kembali kriteria informasi yang menyatakan proses dan hasil
·   membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri penanda kata/kalimat berkaitan dengan bidang perdagangan
·   mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa verbal berkaitan dengan perdagangan
·   mengungkapkan kembali hasil simakan
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·       Memahami sumber-sumber informasi berkaitan dengan bidang perdagangan
·       Mendengarkan rekaman diberita untuk memahami informasi
·       Memdiberikan catatan terkena isi informasi dari naskah drama
·       Memdiberikan komentar terhadap isi sumber informasi yang  menyatakan proses dan hasil
·       Mengenal ragam bahasa lisan   
·       Memahami informasi yang menyatakan proses/hasil dari tentang terkena perdagangan
·       Menyimak tentang tulis terkena perdagangan secara efektif

B.    Materi Pokok Pembelajaran
·       Mengenal informasi verbal sebagai sumber informasi
·       Menyimak rekaman diberita
·       Mencatat isi pokok informasi dan uraian verbal yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci
·       Memahami informasi yang menyatakan proses dan hasil
·       Memahami ragam bahasa
·       Berlatih menyimak tentang secara efektif

C.    Metode Pembelajaran
Ø Material (CD)
Ø Media cetak dan elektronik:
Ø Narasumber
Ø Model peraga
Ø Lingkungan masyarakat sekitar siswa

D.    Kegiatan Pembelajaran

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
§ Guru menanyakan kepada siswa terkena informasi verbal yang sanggup dijadikan sumber informasi.
§ Siswa diajak untuk mengenali sumber-sumber informasi dari lingkungan sekitarnya.
§ Siswa diminta memperhatikan ragam bahasa yang dipakai di lingkungan sekitar.
§ Siswa diminta mencermati informasi-informasi yang ada di sekitar dengan cara menyimak efektif.

INTI




Pertemuan ke-1 (90’)
§ Siswa mengenal bentuk-bentuk informasi verbal di lingkungan sekitar.
§ Siswa latihan menyimak rekaman diberita terkena perdagangan.
§ Siswa mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok  untuk mendalami konsep informasi verbal sebagai sumber informasi.
§ Siswa berdiskusi terkena isi rekaman yang berupa fakta dan mencatat isi-isi informasi.
Pertemuan ke-2 (90’)
§ Siswa mencatat isi pokok informasi dan mengidentifikasinya ke dalam peristiwa, fenomena, gagasan, khayalan, dan harapan. 
§ Siswa berdiskusi terkena unsur intrinsik drama dan melakoninya.
§ Siswa mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk  lebih memahami informasi yang menyatakan proses dan hasil.
§ Siswa menyimpulkan penerapan kata-kata diberimbuhan yang menyatakan proses dan hasil.
Pertemuan ke-3 (90’)
§ Siswa memahami variasi kebahasaan dengan membaca konsep-konsep ragam bahasa.
§ Siswa mendaftar istilah-istilah ajaib yang terdapat pada diberita dan memaknainya dengan cara membuka engkaus.
§ Siswa berdiskusi kelompok untuk menganalisis tentang yang tidak sama yang mengatakan keragaman/variasi berbahasa.
Pertemuan ke-4 (90’)
§ Siswa mengenali tata cara proses menyimak secara efektif.
§ Siswa latihan menyimak tentang secara efektif. Wacana sanggup dibaca atau diperdengarkan dengan menutup buku.
§ Siswa memahami isi wacana/hasil simakan dengan mengerjakan tes soal yang tersedia.
§ Siswa memdiberi komentar kepada siswa lain atas pemahaman tentang yang ada sehingga proses penyimakan semakin efektif.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa untuk lebih mendalami bahan yang tersaji berkenaan dengan pemahaman informasi verbal dalam konteks bermasyarakat.

E.     Sumber Belajar
Ø Pustaka rujukan:
§  Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK  Kelas X
§  Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§  Pedoman Umum Ejaan yg Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
§  Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Material (CD)
- Media cetak dan elektronik
- Naskah drama
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan sekitar siswa

F.     Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri

INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi.
Sejumlah daftar pertanyaan yang memmenolong siswa untuk menganalisis informasi-informasi yang beragam.
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk  melakonkan naskah drama.
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap perembesan bahan ajar.
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi kinerja melakonkan drama  (terlampir di bawah).








FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN
(MELAKONKAN NASKAH DRAMA)


NAMA                                     : ..................................................................
KELAS/NO. ABS                    : ..................................................................
TANGGAL PENILAIAN         : ..................................................................
KOMPETENSI DASAR          :  Menyimak untuk memahami informasi verbal dalam konteks bermasyarakat

ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG
CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)

ISI 
Ketepatan mimik/kinetik




Penampilan tokoh
Sesuai alokasi  waktu

SISTEMATIKA

Penampilan pertama




Kelengkapan topik   
Kesesuaian naskah
Ketepatan ending cerita

BAHASA 
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, khusus, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat
Bergaya bahasa/kiasan

ETIKA  DAN EKSPRESI
Tatapan mata merata dan teratur




Mimik penuh ekspresif
Percaya diri
Performa penampilan kelompok

JUMLAH SKOR







                                                                                                

LihatTutupKomentar