-->
Rpp Bahasa Indonesia Kelas X Tema 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
 


TEMA 1

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Aspek Pembelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



:
:
:
:
:
:
:
:
:

Bahasa Indonesia
X (sepuluh)/1 (satu)
Semua Bidang Keahlian
8 x 45 menit (4 pertemuan)
Mendengarkan, menulis, berbicara
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
·   membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan  jeda yang lazim/baku dan yang tidak  
·   mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak dari wacana tulis terkena lingkungan hidup
·   mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa baku
·   memdiberi komentar terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·       memahami obrolan untuk membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak berkaitan dengan lingkungan hidup
·       mempersembahkan catatan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dari wacana tulis berkaitan dengan lingkungan hidup
·       mengenal ragam bahasa baku
·       mengungkapkan pendapat secara mulut dari wacana mulut yang didengar terkena lafal, tekanan, intonasi, dan jeda

B.    Materi Pokok Pembelajaran
·       Membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
·       Menyimak wacana dialog
·       Mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dengan latihan menyimak
·       Mengenal ragam bahasa baku

C.    Metode Pembelajaran
·       Presentasi
·       Diskusi kelompok
·       Inquari
·       Tanya jawaban
·       Penugasan
·       Demonstrasi/pemeragaan model

D.    Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
§ Siswa ditanya tentang pelafalan, penerapan tekanan, intonasi, dan jeda dalam pemakaian bahasa dikaitkan dengan wacana lingkungan hidup.
§ Siswa diminta memahami contoh-contoh pelafalan baku, penerapan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang berkaitan dengan lingkungan hidup.
§ Guru mengajak siswa untuk membedakan secara cermat pelafalan, penerapan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang secara umum ditemukan dalam kehidupan di sekitar siswa.
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
§ Siswa diajak mencermati penerapan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat ragam mulut dan tulis.
§ Siswa diajak mengenali lafal baku dalam ragam kalimat.
§ Siswa mempraktikkan pelafalan baku, penerapan tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat dan bervariasi melalui tes soal.
§ Siswa menyimak rekaman wawancara atau menyimak pembacaan transkrip oleh guru atau  menyimak bahan rekaman wawancara yang diperagakan oleh dua siswa.
Pertemuan ke-2 (90’)
§ Siswa latihan mencatat penerapan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor.
§ Siswa mengerjakan soal-soal dalam wacana tersebut terkena lafal, tekanan, intonasi, dan jeda; pemdiberian komentar; dan pengungkapan kembali isi wacana dengan bahasa siswa. 
Pertemuan ke-3 (90’)
§ Siswa diarahkan untuk mengenal ciri-ciri  dan fungsi ragam bahasa baku lengkap dengan contoh-contohnya.
§ Siswa latihan memdiberi komentar terkena penerapan ragam bahasa baku dan tidak baku dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor dari beberapa cara/metode membaca yang dipresentasikan kawan-kawan.
Pertemuan ke-4 (90’)
§ Siswa memperkaya bahan pembelajaran dengan mengerjakan soal-soal uji kelompok berupa kerja kelompok terkena penulisan kembali bahan yang disimaknya (rekaman diberita dari radio/TV).
§ Siswa menulis kembali/menciptakan transkrip ragam bahasa yang dipakai dalam rekaman diberita.
§ Siswa menganalisis penerapan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang baku dan yang tidak yang terdapat dalam rekaman diberita.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
§ Siswa mengerjakan uji keterampilan berbahasa sebagai pengayaan dan pendalaman konsep lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
§ Siswa mengevaluasi dan membuat final terkena penerapan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.

E.     Sumber Belajar
Ø Pustaka rujukan:
§  Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk Sekolah Menengah kejuruan Kelas X
§  Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§  Pedoman Umum Ejaan yg Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
§  Modul Keterampilan Berbahasa oleh Djaya Tarigan terbitan Universitas Terbuka Press 1997
Ø Material (CD)
Ø Media cetak dan elektronik:
Ø Narasumber
Ø Model peraga
Ø Lingkungan masyarakat sekitar siswa

F.     Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri
INSTRUMEN/SOAL


§ Daftar pertanyaan mulut untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
§ Daftar permasalahan/kasus-kasus penerapan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana tulis dan mulut untuk menyatakan perilaku kebahasaan.
§ Uji berdikari dan uji kelompok untuk pendalaman materi.
§ Uji keterampilan berbahasa untuk mengukur pemahaman siswa terkena teori penerapan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi kinerja yang mencakupkan tanggapan penerapan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda (terlampir di bawah).

FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN MENYIMAK

NAMA                                     :  ....................................................
KELAS/NO. ABS                    :  ....................................................
TANGGAL PENILAIAN         :  ....................................................
KOMPETENSI DASAR          :  Menyimak lafal, tekanan, intonasi, dan jeda

No.
Nama
Aspek
Komentar
1.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

Jeda

2.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

Jeda

3.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

Jeda

Dst.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

LihatTutupKomentar