-->
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema 1 Kls 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN 
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan dan Manusia ( Tema 1)
Sub Tema                  :  Kegiatan Berbasis Proyek (Sub Tema 4)
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan pedoman agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, mitra dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1

4.1   
Menentukan pokok pikiran dalam teks ekspresi dan tulis.
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan ekspresi
secara lisan, tulis, dan visual.
3.1.1 Menentukan ide pokok pda bacaan
4.1.1 Membuat laporan ide pokok bacaan

Muatan : IPA
No
Kompetensi
Indikator
3.1



4.1   
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada binatang dan insan serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Membuat model sederhana alat gerak insan danhewan.
3.1.1 mengetahui gerakan-gerakan yang memanfaatkan kerja organ gerak

4.1.1 Membuat Komik wacana alat gerak manusia


Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.1
4.1   
Memahami gambar cerita.
Membuat gambar cerita.
3.1.1 Mengamati sebuah komik
4.1.1 Membuat komik


C.    TUJUAN
  1. melaluiataubersamaini mengamati gambar komik, siswa sanggup mengetahui gerakan-gerakan yang memanfaatkan kerja organ gerak dengan peduli.
  2. melaluiataubersamaini menggambar, siswa sanggup membuat komik wacana gerakan-gerakan dalam bermain bola dengan disiplin.
  3. melaluiataubersamaini menulis, siswa sanggup membuat bacaan menurut komik dengan tanggung jawaban.
  4. melaluiataubersamaini membuat boneka gerak, siswa sanggup mengetahui cara kerja organ gerak dengan peduli.

D.   MATERI
  1. Menggambar komik.
  2. Membuat bacaan menurut komik.
  3. Mengamati gambar komik.
  4. Membuat boneka gerak.
E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, diskusi dan presentasi

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yakni siswa siswa yang hari ini hadir paling pertama. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru mempersembahkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran ibarat tokoh dunia, kesehatan, kemembersihkanan, makanan/minuman sehat , dongeng wangsit dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menandakan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan diberikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan wacana apa
10 menit
Inti
A.   Kegiatan 1
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat arti dan ciri-ciri komik.
  • Guru menstimulus ingatan dan pemahaman siswa dengan mempersembahkanpertanyaan-pertanyaan pancingan.
  • Guru menujuk siswa secara impulsif dan acak untuk mengemukakan artdan ciri-ciri komik.
  • Guru memastikan siswa benar-benar memahami arti dan ciri-ciri komik.
Membuat Komik.
-       Dilakukan secara mandiri.
-       Dilakukan di dalam kelas.
-       Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat komik.
-       Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih lampau.
  • Selama acara berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa yang mengalami kesusahan.
  • Pada selesai acara guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesusahan-kesusahan yang dihadapi selama membuat komik.

Hasil yang diharapkan
-                                  Siswa mengetahui cara membuat komik.
-                                  Siswa terampil membuat komik.



B.   Kegiatan 2
  • Guru meminta siswa untuk kembali mengingat cara memilih dan membuat ide pokok bacaan dan mengembangkannya menjadi sebuah bacaan.
  • Guru mengajarkan cara membuat bacaan menurut komik. Jadikan setiap adegan pada gambar dan teks utama pada komik menjadi ide pokok untuk kemudian dikembangkan menjadi bacaan.
  • Guru memastikan siswa benar-benar memahami cara membuat ide pokok.
Membuat bacaan
-          Dilakukan secara mandiri.
-          Dilakukan di dalam kelas.
-          Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat bacaan.
-          Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih lampau.
  • Selama acara berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa  yang mengalami kesusahan.
  • Pada selesai kegiatan, guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesusahan-kesusahan yang dihadapi selama membuat bacaan.
Hasil yang diharapkan
-          Siswa mengetahui langkah-langkah membuat komik menurut komik.
-          Siswa membuat bacaan menurut komik.

C.   Kegiatan 3
·         Guru meminta siswa untuk kembali mengingat organ gerak pada manusia.
Membuat Boneka Gerak
-          Dilakukan secara kelompok.
-          Dilakukan di dalam kelas.
-          Siswa menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk membuat boneka gerak.
-          Guru meminta siswa untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih lampau.
  • Selama acara berlangsung, guru berkeliling dan membimbing kelompok  yang mengalami kesusahan.
  • Pada selesai kegiatan, guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
  • Guru juga meminta masing-masing siswa menceritakan kesusahan-kesusahan yang dihadapi selama membuat boneka gerak.

150 menit
Penutup
1.    Siswa mapu mengemukan hasil berguru hari ini
2.    Guru mempersembahkan penguatan dan kesimpulan
3.    Siswa  didiberikan peluang berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.    Menyanyikan salah satu lagu tempat untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.    Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit


D.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik evaluasi hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.

1.            Teknik Penilaian:
a.    Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawaban, disiplin
b.    Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c.    Penilaian Keterampilan: Uji unjuk kerja
2.            Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Sikap
1)    Disiplin
2)    Tanggung jawaban
3)    Peduli
4)    Percaya Diri
b.    Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal tes tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa.
3.            Format Penilaian
Penilaian Unjuk Kerja
a.    Membuat Bacaan

b.    Membuat Boneka Gerak
c.    Rubrik Presentasi

E.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC
  4. Buku tulis, pulpen, buku gambar, pensil gambar, pensil warna, kertas ,karton, tali, kayu, gunting.


Refleksi Guru


           
Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..

3. Momen Spesial       :………….

LihatTutupKomentar