-->
Model Pembelajaran (Card Sort)

Card sort ialah salah satu media pembelajarna yang dipakai untuk meningkatkan variasi dalam acara pembelajaran. Gaffney (2000:1) sebut bahwa :
Card sorting is a technique for exploring how people group items, so that you can develop structures that maximize the probility f users being able to find items.
Card sorting:
-          Is easy an cheap to conduct
-          Enables you to undestans how ‘real people’ are likely to group items
-          Identifies items that are likely tobe difficult to categorize and find
-          Identifies terminology tah is likely to be mis understood

Ini menandakan bahwa card sort yaitu sebuah metode untuk mengeksplorsi bagaimana orang berkelompok, sehingga engkau sanggup mengmbangkan struktur yang memungkinkan para pengguna akan menemukan banyak hal.
Card sort: simpel dan murah untuk dilakukan, memungkinkan engkau untuk mengerti bagaimana “orang yang nyata” menyerupai pada sebuah kelompok, mengidentifikasi hal-hal yang tampaknya susah unutk dikategorikan dan ditemukan, mengidentifikasi terminology yang tampaknya menjadi salah pengerian.
Penerapan pendekatan kontekstual dalam acara mencar ilmu mengajar menuntut kemampuan guru untuk sanggup menentukan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan kontekstual yaitu model pembelajaran card sort. Model pembelajaran card sort ialah salah satu model yang dikembangkan oleh Mel Sierman (2002) dalam buku “Active Learning. 101 Strategi pembelajaran”.
Model ini dilakukan dengan cara:
a.         Memdiberikan kartu indeks kepada masing-masing penerima didik (kartu tersebut meliputi pertanyaan atau jawabanan);
b.        Meminta penerima didik menentukan kartu sesuai dengan kategori atau pertanyaan;
c.         Peserta didik yang sudah simpulan menentukan kartu didiberi peluang  menyajikan sendiri (mempresentasikan) kepada orang lain.

Penetapan model pembelajaran card sort dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dianggap cocok dengan tingkat perkembangan siswa SD kelas V. hal ini sebab model pembelajaran card sort selain mengandung unsure pembelajaran juga mengandung unsure permainan yang disukai siswa. melaluiataubersamaini demikian model pembelajaran card sort dalam pembelajaran Pkn dibutuhkan sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu peseerta didik dlam penguasaan konsep atau bahan pembelajaran khususnya, bukan dibutuhkan bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pada umumnya.


LihatTutupKomentar