-->
Kebutuhan Air Untuk Manusia
  
Menurut Kodoatie, 2005. Kebutuhan air yang dimaksud yakni kebutuhan air yang dipakai untuk menunjang segala kegiatan manusia, mencakup air membersihkan domestik dan non domestik, air irigasi kolam pertanian maupun perikanan. Kebutuhan air untuk insan yakni sebagai diberikut.
a.       Untuk keperluan domestik yaitu memanfaatkan air rumah tangga
b.      Untuk keperluan komersil dan industri, yaitu untuk; hotel, restouran, pabrik, dan sebagainya.
c.       Untuk keperluan pariwisata atau agrowisata
d.      Kebutuhan air untuk pertanian
e.       Untuk keperluan umum (publik) yaitu antara lain; kantor-kantor, tempat-tempat umum dan peribadatan dan sebagainya.
a.      Kebutuhan Air untuk Rumah Tangga
Kebutuhan dasar air membersihkan yakni jumlah air membersihkan murni yang perlu disediakan semoga insan sanggup hidup secara layak yaitu sanggup memperoleh air yang diharapkan untuk melaksanakan acara dasar sehari-hari. Menurut Kodoatie 2005, Standar kebutuhan air untuk setiap orang perhari yaitu 125-140 liter. Adapun kebutuhan insan akan air membersihkan untuk keperluan sehari-hari atau sering disebut dengan kebutuhan primer yang tercantum pada Tabel 4.
Tabel 2.4
Kebutuhan Dasar Air Bersih Berdasarkan Kuantitas
No
Jenis Kebutuhan Air
Jumlah Liter/Orang/Hari
1
Mandi 2 x
60 – 90
2
Masak
15 – 30
3
Minum
5  - 10
4
Cuci Pakaian
35 – 50
5
Kebutuhan lain-lain
10 – 25
(Sumber: Surbakti, 1987 dalam Kodoatie 2005: 255)
Kebutuhan lainnya sanggup disebut kebutuhan sekunder ibarat memmembersihkankan lantai, menyiram tanaman, mencuci kendaraan beroda empat dll. Saat ini kebutuhan air masyarakat kota diperkirakan mencapai 200 lt/hari (http://www.inawater.com/news-BeritaKAI). Kebutuhan insan akan sumber daya air sangat faktual bila dikaitkan dengan pertumbuhan penduduk, kebutuhan pangan atau peningkatan industrialisasi dan santunan ekosistem terhadap teknologi.
b.      Kebutuhan Air untuk Fasilitas Umum
Kebutuhan air untuk akomodasi umum dan sosial diharapkan untuk kehidupan masyarakat, alasannya yakni akomodasi umum ialah salah satu hal yang berkaitan bersahabat dengan kegiatan manusia. Hal tersebut diatur dalam ketetapan WHO, ibarat disajikan dalam Tabel 5.
Tabel 2.5
Kebutuhan Air untuk Fasilitas Umum dan Sosial
No
Fasilitas Umum /Sosial
Kebutuhan Air
1.
Puskesmas
5lt/pasen rawat jalan
2.
Sekolah
2 lt / siswa
3.
Tempat ibadah
5 lt / pengujung
4.
Rumah Sakit
220lt / daerah pulas
5.
Kantor
30 lt / staf
6.
Musium
5lt / unit / hari
7.
Pasar
25 lt / unit / hari
(Sumber: WHO dalam laporan simpulan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah 2006)


Berdasarkan Tabel 5, sanggup diketahui bahwa jumlah kebutuhan air tergantung pada besar kecilnya akomodasi umum atau sosial dan acara yang terdapat di dalamnya. Kebutuhan air bagi masyarakat Desa Sumurugul antara lain dipakai untuk akomodasi sosial dan umum mencakup kebutuhan air untuk kantor desa, sekolahan (PAUD, TK, SD), Puskesmas, daerah ibadah (masjid, mushola dan  sabung ). 

LihatTutupKomentar