-->
Deskripsi Penulisan Raport Jenjang Paud
DESKRIPSI PENULISAN RAPORT JENJANG PAUD. Setiap final semester biasanya setiap guru disibukkan dengan pembuatan sebuah Laporan rekapitulasi Peserta Didik yang kita kenal dengan istilah raport. Sistematika raport  pada setiap jenjang tidak sama-beda, walaupun kurikulumnya sama. Untuk kurikulum kini yang berlaku yaitu Kurikulum 2013 dari tingkat PAUD hingga Sekolah Menengan Atas menggunakan Kurikulum 2013. Dalam Penulisan Raport pada Kurikulum 2013 identik dengan Deskripsi atau klarifikasi pada setiap Kompetensi. Pada Jenjang PAUD itu sudah menjadi hal biasa apabila penulisan Raport dengan menggunakan Deskripsi, namun pada penulisan Deskripsi tidak sembarangan kita menulis dengan mengarang pada uraian deskripsi. Untuk deskripsi pada penulisan Raport Jenjang PAUD sudah diatur dalam Kemendikbud nomor 137 Tahun 2014 ihwal Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pada jenjang PAUD mempunyai kriteria Standar yang tidak sama pada setiap Umur. Lingkup perkembangan pada jenjang PAUD terdiri dari :

1. Nilai Agama dan Moral
2. Fisik - Motorik : Motorik Kasar, Motorik Halus, Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
3. Kognitif : Lingkungan di sekitar dan mengatakan reaksi atas rangsangan.
4. Bahasa : Mengeluarkan bunyi untuk menyatakan cita-cita atau sebagai reaksi atas stimulan
5. Sosial-Emosional
6. Seni : Mampu membedakan antara bunyi dan suara, tertarik dengan bunyi atau musik, tertarik dengan banyak sekali karya seni.
Semua lingkup diatas pada jenjang PAUD mempunyai klarifikasi pada setiap kelompok usia akseptor didik. 
Kelompok 1 : Usia lahir - 12 Bulan
Kelompok 2 :12 - 24 Bulan
Kelompok 3 : 2 - 4 Tahun
Kelompok 4 : 4 - 5 Tahun.
Setiap umur tidak sama deskripsinya, maka dari itu untuk penulisan Deskripsi pada raport Jenjang PAUD harus sesuai perkembangan atau usia anak sesuai dengan Lampiran dari Permendikbud nomor 137 Tahun 2014.
Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat disini dengan format pdf. Peraturan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014.
Semoga bermanfaa.
 


LihatTutupKomentar