-->
Periode Perkembangan Seni Rupa Mancanegara
PERIODESASI SENI RUPA MANCANEGARA
Seiring dengan waktu karya seni rupa terus berkembang mengikuti jaman , diberikut perkembangan seni rupa dimancguagara sesuai urutan jamannya; 
  • SENI RUPA ZAMAN PRA SEJARAH/PRE-HISTORY 
  • SENI RUPA ZAMAN KLASIK/SEJARAH(HISTORY) 
  • SENI RUPA ZAMAN PERTENGAHAN ( periode agama nasrani ) 
  • SENI RUPA ZAMAN RENAISSANCE (kelahiran kembali ) 
Seni rupa zaman prasejarah. 
Seni rupa sanggup dikatakan sebagai bab dari hasil kebudayaan, dalam hal tertentu karya seni rupa sudah ada semenjak insan mengenal peradaban. Karya karya dimaksud ditemukan pada masyarakat zaman prasejarah dari bukti peninggalannya ibarat kapak, menhir, patung, lukisan pada dinding goa, gerabah dinamakan zaman prasejarah Menurut para ahli, yaitu jaman yang ialah rangkaian sejarah yang belum ditulis insan atau zaman yang belum ditemukan adanya bukti tulisan.
Ciri-ciri umum karya seni rupa prasejarah antara lain;
  • tercipta bukan untuk keindahan, tapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepercayaan
  • karya seni rupa dipakai dalam upacara ritual
  • bentuk karya seni rupa terkesan misteri/penuh rahasia, magic, dan makna lambang
  • anonim
Ciri-ciri khusus pada karya seni rupa jaman prasejarah mancguagara;
tercipta penuh ekspresi, proporsi bentuk tidak sempurna, banyak mengalami distorsi, karya tercipta apa adanya. Tema menceritakan kehidupan perburuan, bercocoktanam, objek manusia, binatang, (byson/sapi hutan, banteng, rusa,) dan tumbuhan, memakai material materi sederhana dari alam ibarat batu, tanah liat, pewarna dari getah flora yang dicampur minyak hewan untuk lukisan, metode yang dipakai untuk melukis yaitu metode gores/cukil / jiplak seni rupa 
Ragam peninggalan karya seni rupa prasejarah mancguagara;, antara lain;
  • lukisan bison pada diding gua altamira di spanyol utara
  • menhir, dolmen, sacrofagus, patung
  • seni bangunan cromlech/stonehaange di inggris
  • peralatan rumah tangga
Berikut contoh-contoh gambar hasil karya seni rupa mancguagara;
Zaman klasik/ sejarah. 
Di zaman ini lukisan dimaksudkan untuk menjiplak semirip mungkin bentuk-bentuk yang ada di alam. Hal ini sebagai akhir berkembangnya ilmu pengetahuan dan dimulainya kesadaran bahwa seni lukis bisa berkomunikasi lebih baik daripada kata-kata dalam banyak hal. Selain itu, kemampuan insan untuk menetap secara tepat sudah mempersembahkan kesadaran pentingnya keindahan di dalam perkembangan peradaban. 
Seni lukis zaman klasik kebanyakan dimaksudkan untuk tujuan:
  • Mistisme (sebagai akhir belum berkembangnya agama) 
  • Propaganda (sebagai rujukan grafiti di reruntuhan kota pompeii)
Ciri-ciri seni rupa zaman klasik;
  • diilhami masa sejarah/jaman kerajaan yang mendambakan keindahan, kemegahan, kesempurnaan
  • penggambaran serba tepat termasuk objek insan (laki-laki bertubuh atletis, didiberi atribut /senjata objek perempuan; sifat) kecantikan, busana penuh hiasan)
  • pada karya kriya/bangunan tampak glamor penuh hiasan
  • proporsi sempurna
Berikut ini rujukan karya seni peninggalan jaman klasik;
Zaman pertengahan 
Seni rupa Abad Pertengahan yaitu kumpulan karya dan konsep seni rupa yang muncul semenjak dimulainya kala pertengahan, dengan bersekutunya bangsa-bangsa Germania di bawah Raja Charmelagne sampai dimulainya masa renaisansce. Karya seni rupa pada zaman ini mempunyai ciri khas, yaitu keterikatan atas otoritas gereja yang mendominasi pemerintahan dan struktur sosial masyarakat. Ketaatan kepada gereja yaitu mutlak. bahkan tak jarang gereja ikut campur tangan dalam memilih isi karya yang akan dibuat.

Secara visual, karya seni rupa Abad Pertengahan terlihat datar, dengan pengolahan warna-warna primer dan pose yang agak kaku. Konsep perspektif pada masa ini sangat jarang ditemukan, atau jika pun ada, spesialuntuk berupa pengolahan sederhana dengan banyak distorsi. Selain itu, tidak susah menemukan material cat emas, emas, batuan berharga, dan gading sebagai materi utama karya.

Ukuran karya seni rupa pada masa ini kebanyakan besar. Tetapi, tidak ibarat pada masa klasik Romawi, ukuran yang besar tidak dimaksudkan untuk hal monumental, tetapi lebih sebagai pengisi ruang arsitektur yang pada masa itu cenderung tinggi dan luas dan sebagai wujud kebemasukan Tuhan.

Berikut yaitu rujukan karya seni zaman pertengahan
Zaman renaissance 
Berpertama dari kota Firenze. Sesudah abadiahan dari Turki, berbagai ilmuwan dan budayawan (termasuk pelukis) yang menyingkir dari Bizantium menuju kawasan semenanjung Italia sekarang. Dukungan dari keluarga deMedici yang menguasai kota Firenze terhadap ilmu pengetahuan modern dan seni membuat sinergi keduanya menghasilkan banyak tunjangan terhadap kebudayaan gres Eropa. Seni rupa menemukan jiwa barunya dalam kelahiran kembali seni zaman klasik. Sains di kota ini tidak lagi dianggap sihir, namun sebagai alat gres untuk merebut kembali kekuasaan yang dirampas oleh Turki. Pada akhirnya, efek seni di kota Firenze menyebar ke seluruh Eropa sampai Eropa Timur.
Tokoh yang banyak dikenal dari masa ini adalah:
Tomassi,Donatello,Leonardo da Vinci,Michaelangelo,Raphael
Berikut yaitu contoh-contoh karya seni zaman renaissance ( kelahiran kembali)

LihatTutupKomentar