-->
Perancangan Sistem
PERANCANGAN SISTEM 
Perancangan Sistem Tujuan dari perancangan sistem ialah untuk memenuhi kebutuhan user terkena citra yang terang wacana perancangan sistem yang akan dibentuk serta diimplementasikan. Untuk mulai membangun suatu acara yang berupa Aplikasi Kamus Digital Istilah Ekonomi, maka penulis terlebih lampau merencanakan alur kerja menurut kebutuhan user yang akan menggunakan aplikasi engkaus digital ini. Pada aplikasi ini form akan diminimalisir biar terkesan simpel dan simpel. Kamus digital Ekonomi terdiri dari tiga form yang akan dirancang ialah form sajian utama dan dua form lainnya spesialuntuk untuk informasi penerapan saja. 

Rancangan Kamus Pada form main atau form utama segala acara dilakukan. Melakukan update dan searching pada satu form akan megampangkan pengguna. Berikut klarifikasi yang terdapat pada form main. Input Data Bagian input dan sekaligus menampilkan data ada pada frame sebelah kanan yang dirancang sanggup menampilkan data yang di klik pada daftar list. Dalam frame tersebut juga dilakukan update data engkaus. Data yang dimasukkan ke dalam frame input data ini akan eksklusif masuk ke dalam database engkaus dalam format Microsoft Access melalui listing acara yang akan dilampirkan pada lampiran. Berikut ialah tampilan rancangan frame input data dan yang sekaligus untuk menampilkan data: 

Rancangan frame input data dan tampilkan data Seperti yang dilihat diatas ada empat command button; yaitu tombol Simpan, Kosongkan, Ubah Data dan Hapus. Dalam frame ini juga terdapat dua picture box untuk kata judul textbox diatas. Dua textbox pada frame untuk input istilah dan makna istilah. Data yang masuk melalui form input data akan masuk ke dalam Kamus berformat Microsoft access menyerupai diberikut:  Database Kamus Jika di print preview akan tampak menyerupai dibawah ini Gambar 3.3 Database Kamus Print Preview Mencari Data dan Melihat Daftar List Kamus Pada frame sebelah kiri pada form main juga terdapat textbox untuk pencarian istilah dan listview untuk melihat database. Gambar 3.4 Frame Cari Data dan Daftar List Istilah  Form Pendukung Form lainnya ialah form Penggunaan dan About yang berfungsi sebagai masukana informasi pendukung. Berikut ini tampilan dari dua form pendukung tersebut. Form About  Form Penggunaan . Flowchart Pembuatan Program Flowchart ialah skema yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Flowchart menunjukan wacana urutan-urutan dari mekanisme yang ada di dalam sistem dengan menggunakan simbol-simbol. Flowchart pembuatan acara engkaus digital Ekonomi ialah sebagai diberikut:  Flowchart Pembuatan Program Start Input data Database Cari Data Output Gagal Start No Yes Universitas Sumatera Utara 

IMPLEMENTASI SISTEM 
Pengertian Implementasi Sistem Implementasi ialah suatu mekanisme yang dilakukan untuk menuntaskan sistem yang ada dalam dokumen rancangan sistem yang sudah disetujui dan sudah diuji, menginstal dan memulai menggunakan sistem gres yang diperbaiki. Tahap ini ialah tahap inti dari pekerjaaan sebuah proyek. Di sini pembangunan komponen-komponen pokok sebuah sistem informasi dilakukan menurut desain yang sudah dibuat. Implementasi sistem yang dimaksud ialah proses pembuatan dan pemasangan sistem secara utuh baik dari sisi hardware, software dan brainware-nya. Tahapan dari implementasi sistem ialah sebagai diberikut: 
  1. Menyelesaikan desain sistem yang sudah disetujui dan menyusun dokumen yang sudah mengalami proses perbaikan. 
  2. Menulis, mendokumentasikan, dan menguji program-program dan prosedurprosedur yang sudah diperbaiki dari desain sistem yang sudah disetujui. 
  3. Petes terhadap user, memastikan apakah user sanggup mengoperasikan sistem tersebut.
  4. Melakukan pengujian sistem secara keseluruhan. 
  5. Memastikan bahwa konversi ke sistem gres berjalan dengan benar, dengan melaksanakan perencanaan, mengontrol dan melaksanakan instalasi yang benar terhadap sistem. 
Tujuan Implementasi Sistem Adapun tujuan dari implementasi sistem ialah sebagai diberikut:
  1. Mengkaji rangkaian sistem baik dari segi software maupun hardware sebagai masukana pengolahan data dan penyajian data.
  2. Menyelesaikan rancangan sistem yang ada didalam dokumentasi sistem yang gres atau yang sudah disetujui.
  3. Memastikan bahwa pemakai sanggup mengoperasikan dengan mudah sistem yang sudah dibuat.
  4. Memastikan bahwa sistem sudah berjalan dengan lancar dengan mengontrol dan melaksanakan instalasi secara benar.
  5. Memperhitungkan bahwa sistem sudah memenuhi undangan pemakai yaitu dengan menguji sistem secara menyeluruh. 
Komponen Utama dalam Implementasi Sistem Pada umumnya setiap desain yang dirancang membutuhkan komponen yang mendukung biar sistem tersebut sanggup berjalan dengan baik. Komponen-komponen sistem yang dibutuhkan dalam membangun aplikasi ini diantaranya: Perangkat Keras (Hardware) Hardware secara bahasa berarti perangkat keras dari komputer, secara istilah hardware ialah potongan dari komputer yang sanggup dirasakan kehadirannya secara fisik Universitas Sumatera Utara dengan cara dilihat dan disentuh. Hardware ialah seluruh komponen peralatan yang membentuk suatu sistem komputer, dan peralatan lainnya yang memungkinkan komputer sanggup melaksanakan tugasnya. Perangkat Lunak (Software) Software ialah sekumpulan kode yang memungkinkan perangkat keras untuk sanggup memproses data. Perangkat lunak ini tidak berbentuk fisik, melainkan berupa acara yang diciptakan melalui perangkat elektronik. Komputer tidak akan ada artinya, kalau di dalamnya tidak memiliki perangkat lunak. Dalam perangkat lunak dikenal dengan apa yang disebut sistem operasi dan acara aplikasi. Sistem operasi ialah sebuah software yang mengatur dan mengintegrasikan hardware biar sanggup berjalan sesuai dengan yang dikehendaki, termasuk input dan output. 

Program aplikasi ialah acara yang dibentuk oleh programmer dan dibentuk secara massal untuk melayani user. Adapun software yang dipakai untuk mendukung aplikasi ini adalah: 
  1. Sistem Operasi Microsoft Windows Xp
  2. Microsoft Visual Basic 6.0 
  3. Aplikasi Microsoft Office dan Open Office Picture Manager. 
Pemakai (Brainware) Brainware ialah tiruana pihak yang bertanggung tanggapan dalam pengembangan sistem aplikasi ini, pemrosesan dan penerapan keluaran perancangan aplikasi ini. Dalam pengolahan suatu sistem dibutuhkan tenaga insan yang nantinya akan menyebabkan sistem sanggup berjalan dengan baik. Tenaga insan yang dibutuhkan adalah:
  1.  Sistem analis, yaitu orang yang menganalisa sistem dengan mempelajari masalahmasalah yang timbul dan memilih kebutuhan-kebutuhan pemakai dan mengidentifikasi pemecahan yang beralasan. 
  2. Programmer, orang yang membuat sistem dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman yang dikuasinya.
  3. Operator, yaitu orang yang menggunakan sistem. 
 Aplikasi Kamus Digital Istilah Ekonomi Tampilan utama engkaus ini sendiri eksklusif kepencarian dan menampilkan sajian File, dan Informasi. File meliputi submenu Keluar. Menu Informasi meliputi wacana pembuat aplikasi dan dosen pembimbing. Pada Form main dalam aplikasi ini terdapat dua frame, frame yang pertama dipakai untuk daerah dua textbox istilah dan makna kemudian pada frame yang kedua terdapa textbox dan listview untuk pencarian dan memunculkan data database. Pada Form main ini juga terdapat lima label untuk daerah judul.

PENUTUP
Kesimpulan Berdasarkan hasil klarifikasi pada bab-bab sebelumnya, penulis sanggup mengambil beberapa kesimpulan, yaitu:
  1. Hadirnya komputer dalam dunia pendidikan sangat memmenolong dalam proses pembelajaran. 
  2. Bahasa pemrograman Visual Basic sanggup membangun banyak sekali aplikasi yang sanggup menjadi masukana pendidikan. 
  3. Perancangan engkaus digital istilah-istilah Ekonomi ini dipakai sebagai alat menolong bagi siswa dan mahasiswa dalam mencari istilah dari pelajaran Ekonomi yang banyak menggunakan istilah asing
  4. Database sangat penting dan sangat memmenolong untuk mengelola data yang banyak.
Saran Dari hasil penelitian, penulis menyarankan beberapa hal, yaitu:
  1. Dunia pendidikan harusnya sangat peka terhadap perkembangan yang ada, sehingga ada baiknya komputer dan juga memanfaatkannya yang bersifat konkret diperkenalkan kepada siswa melalui tiruana bidang pelajaran, bukan spesialuntuk pada pelajaran komputer saja. 
  2. Data yang belum terdapat didalam engkaus ini hendaknya diinput oleh pengguna biar engkaus ini menjadi lebih baik lagi. 
  3. Pengembangan Kamus ini kearah yang lebih baik nantinya juga dibutuhkan oleh penulis. 

LihatTutupKomentar