-->
Pengertian Fitness Center (Pusat Kebugaran)
1. Fitness Center (Pusat Kebugaran)
Dalam Bahasa Inggris fitness center berasal dari kata fitness dan center, yang dalam Bahasa Indonesia fitness artinya kebugaran dan center artinya pusat, jadi fitness center yaitu sentra kebugaran. 

Menurut Giriwijoyo (2004:36): “pusat kebugaran yaitu suatu kegiatan dalam ruangan dengan mengatakan kegiatan olahraga dari yang tanpa memakai alat, hingga yang memakai alat-alat yang mahal dan canggih, yang diantaranya bertujuan prestasi.”

Kemudian Hanafi (1997:9) pertanda bahwa: “pusat kebugaran yaitu kawasan olahraga dalam ruangan yang mengatakan aneka macam agenda tes kebugaran dengan kemudahan dan peralatan yang mutakhir”.

Dikarenakan perjuangan ini bergerak di bidang jasa, maka para pelaku perjuangan ini niscaya bersaing dalam menarikdanunik pelanggan sebanyak-banyaknya dan berupaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya, hal ini dilakukan dengan cara mengatakan pelayanan yang bervariasi diantaranya penyediaan masukana dan pramasukana yang lengkap dan nyaman hingga penyediaan jasa personal trainer atau instruktur. Upaya-upaya yang sudah disebutkan sebelumnya dilakukan oleh pengelola ialah salah satu cara untuk membuat kepuasan pelanggan sehingga pelanggan sanggup tertarik memakai kemudahan yang disediakan oleh pengelola.

Mengenai sejarah fitness center, Almiriasari (2004:44) pertanda bahwa: “...sejak tahun 1950 sudah berdiri sebuah fitness center yang masih aktif hingga sekarang, walaupun pada waktu itu kegiatannya spesialuntuk terserius pada hal prestasi olahraga binaraga, angkat besi dan beladiri saja”.

Memang pertamanya olahraga fitness dikenal sebagai olahraga angkat besi atau olahraga binaraga yang pada ketika itu olahraga ini identik dengan orang-orang yang bertubuh besar dengan massa otot yang besar dan kuat, tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan berubahnya kebutuhan di masyarakat terhadap olahraga ini, sehingga ada perubahan persepsi masyarakat ihwal olahraga fitness, yaitu anggapan bahwa olahraga fitness spesialuntuk bertujuan untuk membentuk tubuh menjadi besar dan berotot saja, melainkan sudah banyak anggota masyarakat yang menganggap bahwa olahraga fitness yaitu salah satu olahraga yang sanggup dijadikan sebagai gaya hidup sehat. Seperti yang diungkapkan Ade Rai pada bukunya yang berjudul “Tingkatkan Fitness IQ Anda (2009:1)” yaitu “fitness yaitu gaya hidup yang mempunyai 3 elemen dasar yakni olahraga teratur, nutrisi teratur dan istirahat teratur”. Makara secara tidak pribadi olahraga ini pun sudah merubah kebiasaan atau teladan hidup masyarakat menjadi teladan hidup sehat dengan olahraga.

Angkat Besi (OLAHRAGA)

Fitness Center ialah salah satu produk dari industri yang menghasilkan jasa, Kotler and Keller (2006: 372) mengemukakan pengertian jasa (service) sebagai diberikut: “A service is any act or performance that one party can offer to another that is essentially intangible and does not result in the ownership of anything. Its production may or may not be tied to a physical product”. (Jasa yaitu setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan. Produksi jasa sanggup terikat atau tidak terikat pada suatu produksi fisik).

Selanjutnya Stanton (2002: 537) mengemukakan definisi jasa sebagai diberikut: “Service are identifiable, intangible activities that are the main object of a transaction designed to provide want-satisfaction to customers. By this definition we exclude supplementary service that support the sale of goods or other services. (Jasa yaitu aktifitas tidak berwujud yang diidentifikasi sebagai obyek utama dari bentuk transaksi yang menyediakan kepuasan kepada pelanggan). 

Jasa intinya yaitu seluruh aktifitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada ketika bersamaan mempersembahkan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud bagi pembeli pertamanya.

Berdasarkan beberapa definisi diatas maka sanggup disimpulkan bahwa jasa yaitu sesuatu yang mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut:
  1. Suatu yang tidak berwujud, tetapi sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan
  2. Proses produksi jasa sanggup memakai atau tidak memakai menolongan suatu produk fisik
  3. Jasa tidak menimbulkan peralihan hak atau kepemilikan
  4. Terdapat interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa.
Mengingat kunci keberhasilan yang utama bagi setiap perusahaan khususnya perusahaan jasa yaitu kepuasan pelanggan, maka kualitas pelayanan yaitu ialah prioritas utama yang harus ditingkatkan dan dipelihara, sebab melalui pelayananlah pelanggan sanggup mencicipi kepuasan yang dan ketidakpuasan. Oleh sebab itu dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, maka kesentidakboleh antara keinginan dan kinerja kasatmata yang dirasakan oleh pelanggan terkena atribut-atribut yang dianggap penting oleh pelanggan harus diusahakan sekecil mungkin. Kepuasan pelanggan spesialuntuk sanggup tercapai jikalau kinerja perusahaan sanggup memenuhi keinginan mereka.

2. Kategori Fitness Center
Berdasarkan kelengkapan fasilitasnya fitness center sanggup dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:
1. Fitness Center Kategori Satu (fitness center kecil/golongan satu)
Terdapat kemudahan berupa area fitness dan senam. Alat-alat fitness yang tersedia umumnya sangat simple, tidak mewah, dan desain interior ruangannya sangat biasa atau tidak di desain sama sekali. Biasanya spesialuntuk terdapat alat kardio menyerupai satu atau dua alat treadmill dan sepeda stationer dan satu set peralatan weight pembinaan dan dumble. Tidak ada sauna, tidak ada whirlpool, dan tanpa ruangan massage. misal: Body Fit Station, Daan Mogot Mall, Jl. Daan Mogot Km. 16, Jakarta Barat.

2. Fitness Center Kategori Dua
Dari segi alat golongan dua hampir sama dengan fitness center golongan satu tetapi ditambah dengan sauna dan ruang massage.

3. Fitness Center Kategori Tiga
Kategori ini dianggap paling lengkap. Selain terdapat sauna, spa, dan aromatheraphy serta whirlpool. Alat-alat fitness tersedia cukup banyak, lengkap dan berkarakter. Biasanya alat yang dikelompokkan contohnya untuk tubuh cuilan atas, kaki, dan tubuh cuilan bawah. Hampir tiruana fitness center mempunyai loker, ruang ganti, dan kamar mandi dengan shower. Fitness center juga dilengkapi dengan kemudahan kolam renang sehingga kawasan ini juga disebut Health Club. misal: Fitness First, Celebrity Fitness, Gold’s Gym, Klub Ade Rai, dan lain-lain.

3. Jenis Aktifitas Fitness
Pada umumnya agenda fitness bertujuan untuk mencapai kebugaran puncak dan pembentukan tubuh yang ideal, meliputi:

· Lima Tahap Program Fitness
Suatu dasar agenda umum untuk mendapat hasil secara kondusif pada tes-tes sesuai yang diharapkan, yang terdiri dari:
  1. Pemanasan (Warm-up)
  2. Pembakaran kalori (Aerobic)
  3. Kelenturan
  4. Pembentukan serta penguatan tubuh secara total
  5. Pendinginan
· Body Sclupting
Program untuk para anggota yang ingin mempunyai tubuh yang ideal dan simetri dengan “Total Body Work-Out” dengan hasil:
  1. Pengencangan (pemadatan otot) tertentu
  2. Penambahan ukuran (Hypertrophy) khusus para binaragawan (Body Builders)
  3. Khusus agenda bagi ibu-ibu setelah melahirkan
· Explosive Power
Program untuk memperoleh tenaga lebih yang didiberikan kepada:
1. Atlet-atlet Weight Lifter
Atlet angkat besi yang bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, fleksibilitas, serius, kemampuan, disiplin (sangat penting), atletis, fitnes, metode, mental dan kekuatan fisik. Kata "angkat besi" biasanya secara tidak resmi digunakan sebagai tes beban. 

2. Pesenam
Atlet senam yang melaksanakan cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. 

3. Pegulat atau sumo
Atlet gulat atau sumo yang melaksanakan kontak fisik antara dua orang, di mana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau sanggup mengontrol musuh mereka. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat yaitu joint lock, Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage. Teknik ini sanggup mengakibatkan luka yang fokus. Banyak gaya gulat yang diketahui dunia dan mempunyai sejarah yang panjang, dan olahraga gulat sudah menjadi olahraga olimpik lebih dari 100 tahun. 

4. Atlet tolak peluru
Tolak peluru yaitu salah satu cabang olahraga atletik. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Berat peluru:
  • Untuk senior putra = 7.257 kg
  • Untuk senior putri = 4 kg
  • Untuk ingusan putra = 5 kg
  • Untuk ingusan putri = 3 kg
· Program Ketahanan Tubuh (Endurance)
Program untuk para anggota yang ingin mendapat daya tahan tubuh tanpa mempunyai kelelahan yang berat, sekaligus memperbesar metabolisme dan pembakaran kalori tinggi. Anggota akan diarahkan pada peralatan Cardio Machine:
1. Low Impact
melaluiataubersamaini intensitas dan impact pada persendian yang lebih rendah menyerupai pilates, stretching, yoga, les mills body balance, dan lain-lain.
  • Pilates yaitu salah satu bentuk tes gerak tubuh (olahraga) yang dikembangkan oleh Joseph Pilates. Olahraga ini menekankan keseimbangan tubuh melalui core strength (kekuatan inti atau kekuatan pusat: kekuatan seimbang dari otot-otot dalam dan luar tubuh yang menstabilkan, meluruskan, dan menggerakkan batang tubuh, terutama cuilan perut dan otot belakang); kelenturan; dan kesadaran semoga efisien dalam pergerakan yang anggun. Latihan ini diseriuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh cuilan tubuh. Olahraga ini sanggup memperbaiki postur tubuh yang kurang tepat dan juga sanggup memperbaiki masalah-masalah yang bekerjasama dengan kelainan tulang belakang. (sumber: duniafitnes.com)
  • Stretching yaitu bentuk dari penguluran atau peregangan pada otot-otot di setiap anggota tubuh semoga dalam setiap melaksanakan olahraga terdapat kesiapan serta untuk mengurangi dampak cedera yang sangat rentan terjadi. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat otot dan persendian menjadi fleksibel dan elastis. (sumber: yukez.wordpress.com)
  • Yoga yaitu kegiatan olahraga yang mengedepankan kontrol atas aktivitas-aktivitas tubuh, indra, dan pikiran. Yoga sanggup mengolah tubuh untuk mengatasi stres, depresi, lelah, dan nyeri punggung. Ada 8 tahapan yoga yaitu yama, niyama, asana, pranayama, pratyahara, dharana, dhyana, samadhi. (sumber: carapedia.com)
  • Les Mills Body Balance yaitu olahraga yang menggabungkan unsur serta gerakan Yoga, Tai Chi, dan Pilates. Olahraga ini mengontrol pernafasan, serius, dan men-struktur dari peregangan dan pergerakan untuk membangun kekuatan, fleksibilitas semoga terjadi keharmonisan dan keseimbangan tubuh.
2. High Impact
melaluiataubersamaini intensitas dan impact pada persendian yang lebih tinggi, menyerupai kelas-kelas Aerobik Freestyle, Spinning/RPM, Body Combat, Body Pump, dan lain-lain.
- Aerobik Freestyle yaitu olahraga aerobik di mana pelatih kelompok melaksanakan beberapa kombinasi koreografi tari pendek dan mengajarkan mereka dalam kelas aerobik. Hal ini biasanya dicapai dengan mengajarkan gerakan 1-2 pada satu waktu dan mengulangi gerakan koreografi hingga seluruh akseptor sanggup bergabung mem-praktekkan bersama-sama. Musik aerobik digunakan di dalam kelas. Hal ini kadang kala diikuti dengan kegiatan yang memakai tes berat tubuh untuk memperkuat otot-otot dan peregangan rutin untuk mendinginkan dan meningkatkan fleksibilitas. Durasi dalam kelas biasanya 30-60 menit termasuk penerapan peralatan menyerupai barbel, aerobic step, atau bobot kecil. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kebugaran aerobik, fleksibilitas dan kekuatan. (sumber: id.prmob.net)

- Spinning atau RPM (Revolutions Per Minute atau Rotasi Per Menit) yaitu olahraga aerobik intens dalam ruangan memakai sepeda statis yang diiringi musik dengan variasi beat dan kata-kata penuh motivasi dari instruktur. Berlatih Spinning mempunyai bermacam-macam manfaat. Yang terpenting, mengkremasi kalori (sehingga sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan), memperkuat otot jantung, mengencangkan otot paha, pantat, betis, dan pinggul, serta otot-otot upper body layaknya bahu, punggung, hingga perut (abdominal). 

Setidaknya ada enam gerakan utama dalam tes spinning, yaitu Seated Flat, Standing, Jump, Hover, Sprint dan Body Move. Seated Flat dilakukan dengan duduk dan memegang stang (handle) menyerupai naik sepeda biasa. Posisi Standing yaitu mengayuh dengan posisi berdiri. Sementara Jump yaitu kombinasi antara Seated Flat dan Standing. Perbedaan Hover spesialuntuk dalam memegang stang, posisi tangan lebih membungkuk, sehingga akan menekan otot pantat, pinggang belakang, dan punggung. Posisi ini sangat terasa pada otot upper body, terutama ketika beban ditambah (persis menyerupai menaiki sepeda dengan kondisi menanjak). Posisi body move lebih memanfaatkan tiruana otot tubuh. Latihan ini jarang sekali dilakukan oleh pelatih sebab sangat berat. Biasanya metode ini akan membuat akseptor mengangkat pantat dari dudukan (saddle) sebab beban yang berat. Selain variasi gerakan, pegangan pun bisa beragam. Ada flat (biasa, tepat di depan dada), wide (agak ke samping), climb (menanjak, sedikit di atas posisi pegangan wide), close to head (stang di atas, sehingga tubuh lebih membungkuk) dan hover (lebih membungkuk sebab posisi stang agak di bawah). (sumber: lifestyle.okezone.com)

- Body Combat yaitu salah satu dari kelas kebugaran yang menggabungkan seni bela diri dari seluruh dunia. Body Combat terinspirasi ilmu bela diri menyerupai Taijiquan, Muay Thai, Taekwondo, Kungfu dan Karate. Biarpun mengusung nama besar ilmu bela diri namun akseptor kelas Body Combat tidak diharuskan mempunyai stamina ataupun ketahanan otot kolam atlet dan tidak mempunyai gerakan kontak fisik menyerupai bela diri umumnya. Karena Body Combat yaitu kelas dimana akseptor mengatur sendiri intensitas gerakan maka keamanan serta keberhasilan tiruana tergantung kepada peserta. Body Combat menyerupai olah raga tipe aerobik lainnya mempunyai laba meningkatkan kerja jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung. Body Combat juga melatih keseimbangan badan, koordinasi serta kecepatan. Karena mengkremasi banyak kalori Body Combat tentunya menaikkan tingkat kepercayaan diri akseptor sebab memmenolong pembakaran lemak serta membentuk otot. (sumber: lifestyle.okezone.com)

- Body Pump yaitu cara tercepat dan terbaik dalam mengkremasi lemak sekaligus membentuk otot-otot tubuh. Kelas ini mengkondisikan dan melatih otot-otot tubuh dengan beban yang sanggup diadaptasi dengan kemampuan cuilan tubuh yang dilatih. Olahraga ini cocok dan tepat bagi laki-laki maupun wanita. Pemilihan musik dan koreografi akan membuat anda semakin bersemangat mengikuti kelas ini. Kelebihan dari kelas Body Pump yaitu Anda sanggup mengatur beban yang digunakan, mulai dari 0.5 kg, 1.25 kg, 2.5 kg, hingga 5 kg. Dalam tes ini, sanggup menentukan beban yang akan digunakan dan juga sanggup mengkombinasikan beban-beban tersebut. Hal pertama yang dilakukan dites ini yaitu pemanasan. Hal ini untuk mendapat seluruh tubuh bergerak sehingga spesialuntuk memakai beban enteng. Kemudian cuilan besar menyerupai kaki, dada dan punggung akan dilatih setelah pemanasan, nagian tersebut yaitu otot besar sehingga memerlukan bobot sedikit lebih besar. Beban yang digunakan antara 10 kg – 30 kg. Trisep, bisep dan pundak yaitu otot-otot tangan, cuilan ini ialah otot kecil, jadi tidak perlu beban terlalu berat untuk melatihnya, cukup 5 kg – 10 kg. Bagian perut juga sanggup dilatih untuk memmenolong mendukung dan memperkuat postur inti Anda. Bagian terakhir dalam tes Body Pump yaitu pendinginan, cuilan ini penting setelah tes keras untuk meregangkan otot-otot, sebab akan meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi resiko rasa nyeri otot atau cedera. (sumber: lifestyle.kompasiana.com)

3. Tae Bo
Sistem kebugaran tubuh total yang menggabungkan metode Martial Arts menyerupai menendang dan meninju. Tae Bo dirancang sebagai aneka macam jenis aerobik dan konsep tes kardio yang diseriuskan pada jiwa, pikiran dan tubuh sehingga Tae Bo bermanfaa secara fisik dan mental. Latihan ber-intensitas tinggi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan, daya tahan otot dan fleksibilitas.

4. Aqua Aerobic
Latihan aerobik yang dilakukan di kolam renang di mana dibekali persediaan air dan penambahan resistansi. melaluiataubersamaini intensitas dan dampak yang rendah pada tubuh, aqua aerobic ini sangat menguntungkan untuk tes bagi yang kelebihan berat badan, lansia, pasca-medis, dan berolahraga ketika hamil.

5. Step Reebok
Step Reebok yaitu salah satu tes terbaik yang sanggup dilakukan untuk mendapat kebugaran kardiovaskular, pembentukan otot tubuh cuilan bawah, dan pembakaran kalori. Latihan ini mempunyai tiga tingkat ketinggian yang sanggup diadaptasi untuk variasi intensitas tes. 

6. Pengurangan Berat Badan (Lose Weight)
Pengurangan berat tubuh dengan cara yang sangat bahagia. Programnya berupa pelayanan pengukuran, penimbangan tubuh serta mendapat agenda “Lose Weight” dikombinasikan dengan pemakai alat dan non-alat serta pengarahan (konsultasi) nutrisi.

7. Kelenturan serta Relaksasi (Flexibility and Relaxation)
Suatu tes kelenturan dan relaksasi dimana akan didiberikan tes secara individu maupun kelompok baik sebelum maupun setelah latihan.

8. Khusus para atlet
Program bagi para atlet-atlet yang ingin meningkatkan prestasi akan didiberikan agenda khusus sesuai dengan cabang olahraganya:
  • Sepak bola
  • Selancar
  • Judo
  • Badminton
  • Senam 
  • Tenis 
  • Squash
  • Atletik, dan lain-lain.
4. Fasilitas Peralatan Fitness
Peralatan fitness yang biasa digunakan untuk menunjang aneka macam agenda fitness antara lain:
· Cardio Machine (Computerized)
  1. Life Fitness Product (Life Cycle, Life Step, Life Rower, Life Stride)
  2. Star Trac (Treadmill, Elliptical)
Treadmill : Sebuah mesin fitness dengan jalur yang bergerak di mana seseorang berjalan tanpa bergerak maju. Alat ini sanggup melatih kemampuan kardiovaskular, mengkremasi kalori dan sanggup melangsingkan tubuh bila dilakukan dalam porsi yang tepat.

Elliptical : Salah satu mesin fitness yang melatih otot tubuh cuilan bawah dan atas dengan mengkombinasikan gerakan jalan dan mendaki tangga. Latihan dengan memakai mesin ini sanggup mengencangkan otot-otot tubuh serta mengkremasi kalori dan lemak.

3. Cybex (Cycle, Bike)
Cybex ialah merek berkarakter tinggi alat treadmill, alat treadmill yang dimaksudkan yaitu mesin fitness bersepeda (cycle/bike), mesin ini melatih otot tubuh cuilan bawah menyerupai perut, kaki. Latihan dengan memakai mesin ini sanggup mengkremasi kalori dalam jumlah besar.

4. Reebok (Sky Walker)
  • Exercise Machine
  • Cybex
  • Pasific
  • Vectra
  • Paramount
  • Keiser (Hydraulic System)
Beberapa alat kebugaran yang pernah disediakan untuk konsumen:
  • Treadwall : Alat yang dibentuk seolah sedang memanjat tebing yang sanggup diatur kemienteng dan kecepatannya. Alat ini baik untuk kesehatan kardiovaskular, kekuatan otot, koordinasi dan stabilitas
  • Bosu : Singkatan dari both sides up. Bentuknya menyerupai bola besar yang dibagi dua bagian. Alat ini bermanfaa untuk melatih keseimbangan.
  • Pilates Rings : Bentuknya menyerupai cincin dengan diameter 35 cm. Bagian luar bulat terbuat dari materi plastik yang lentur, di cuilan dalamnya terdapat besi yang juga lentur. Alat ini bermanfaa untuk melatih ketahanan tubuh yang diperoleh menekan lingkarannya ke arah dalam maupun ke luar.
  • Foam Rollers : Bentuknya menyerupai tabung silinder, dengan panjang 45 cm dan diameter 14 cm, empuk dan enteng. Alat ini bermanfaa untuk melatih keseimbangan, batang tubuh, peregangan, relaksasi, dan rehabilitasi.
  • Kettlebell : Bentuknya menyerupai anting hidung sapi yang dibentuk dari besi. Alat ini bermanfaa untuk melatih fleksibilitas, ketahanan kardiovaskular, dan mencegah nyeri punggung.
  • Kinesis : Konsep dari alat ini yaitu menjiplak gerakan yang biasa dilakukan sehari-hari menjadi suatu bentuk tes yang mencakup peregangan, resistensi, kekuatan dan lain sebagainya. Alat ini bermanfaa untuk mengencangkan otot.
  • Power Jump : Kelas aerobic memakai trampoline. Alat ini sanggup digunakan selama satu jam dengan berat 100 kg. Alat ini bermanfaa untuk mengencangkan otot perut, mengurangi berat badan.
  • Gravity Training System : Bentuk alat ini menyerupai dipan, bisa bergerak bebas dan salah satu sisinya bisa dinaikkan. Selain memakai berat tubuh sendiri dan gravitasi bumi, alat ini juga bermanfaa untuk orang cedera serta melatih otot secara bersamaan. Disamping melatih kardiovaskular, alat ini juga bisa melatih kekuatan.
  • Body Vive : Latihan Low-impact, kombinasi antara aerobic, kekuatan, elemen dari yoga, dan tai-chi. Alat ini bermanfaa untuk kardiovaskular, fungsional strength, care and restore.
  • Mesin Selectorized dan Kabel : Mesin ini mengatakan tubuh mengikuti gerakan yang sudah ditentukan. Sangat mudah bagi yang ingin menghemat waktu dan tenaga sebab beban angkatan bisa pribadi ditentukan dengan mencolokkan pin pada beban yang diinginkan dan tidak melibatkan bongkar pasang pienteng beban.
  • Mesin Plate-loaded : Mesin ini mengatakan tubuh mengikuti gerakan yang sudah ditentukan. Melibatkan bongkar pasang pienteng beban dan cukup efektif sebab mengatakan kenyamanan tetapi gerakannya menyerupai gerakan dengan memakai beban lepas (free-weights).
  • Dumbell : Dumbell yaitu beban lepas yang bisa digenggam satu pada masing-masing tangan. Lebih pendek dan kecil. Hanya dengan memakai dumbell, kita bisa melatih seluruh otot rangka utama tubuh kita.
  • Barbell : Barbell yaitu bilah besi panjang (beban lepas) yang kedua ujungnya bisa diisikan beban.
  • Plate : Plate yaitu pienteng beban yang tersedia untuk mengisi beban pada barbell, beberapa dumbell konvensional, dan mesin plate-loaded. Tersedia dari beban 1,25 kg hingga 20 kg.
Peralatan fitness sanggup dikelompokkan menjadi 2 jenis menurut penerapannya, yaitu: 
Alat Fitness Komersial 
Alat fitness komersial, biasa kita jumpai di fitness center atau tempat-tempat kebugaran, sebab sanggup digunakan dengan cara menyewa atau memakai kartu member, maka alat fitness ini tergolong alat fitness komersial. Biasanya alat ini mempunyai fungsi yang tidak sama tiap masing-masing alatnya (single station), contohnya yang serius untuk membentuk otot lengan, otot betis, membentuk perut, memmenolong pernapasan dan lain sebagainya. Jenis-jenis alat fitness komersial diantaranya:

- Butterfly machine
Untuk melatih otot Pectoralis (otot dada) terutama cuilan tengah. Teknik penerapannya yang membuka ke arah depan dan belakang, menyerupai kepakkan akup kupu-kupu, maka alat ini disebut butterfly machine. Ini ialah salah satu alat kesukaan penggemar fitness. 

- Chest Press Machine
Untuk melatih otot dada cuilan tengah (Pectoralis). Fokus tesnnya dengan arah mendorong ke depan. Keunggulannya yaitu bentuk pegangannya yang memungkinkan gaya dorong secara vertikal atau horisontal dan mempersembahkan imbas tekanan yang tidak sama pada otot dada.

- Leg Press, Leg Extention dan Leg curl
Untuk melatih otot Quadriceps dan Vastus Medialis (otot paha). Alat ini hampir selalu ada di aneka macam fitness center, bisa dikatakan alat wajib fitness centre. Untuk leg press ukuran kecil.

- Rowing Machine
Untuk melatih otot punggung/akup (trapecius). Alat yang dilengkapi dengan plate beban internal seberat ±75 kg, dengan ketebalan besi baja ±2 mm ini juga ialah alat wajib untuk fitness center.

- Bench press
Untuk melatih otot chest (dada) cuilan atas, tengah dan bawah. Posisi dingklik benchnya sanggup diubah sesuai kehendak kita (flat atau incline). Alat ini dilengkapi dengan safety hook, penahan yang menjamin keamanan alat ketika digunakan. 

- Twiste
Biasa digunakan untuk melatih otot perut cuilan samping. Twister Chair ini dikhususkan untuk fitness center komersial.

- Sit up
Untuk memmenolong tes pembentukan otot perut. Biasanya didesain alas kepala lebih rendah daripada kaki, dengan pengait pada kaki. 

- Back up/roman chair
Alat ini digunakan untuk melatih otot punggung bawah, tetapi juga sanggup menargetkan otot-otot gluteus dan perut.

Alat Fitness Home Use 
Alat yang termasuk dalam kategori home use, memang biasa digunakan perorangan di rumah masing-masing. Alat ini cenderung multi-fungsi semoga bisa memenuhi kebutuhan fitness di rumah jikalau kita tidak sempat ke fitness center.

Alat fitness home use, biasanya menitik-beratkan tes kardio.
Kardio berarti yaitu jantung. Latihan ini lebih untuk meningkatkan detak jantung tanpa penerapan beban. Pada umumnya, tes ini digunakan untuk menurunkan berat tubuh ataupun sekedar menjaga kesehatan. Treadmill electric dengan HP (horse power 4 hp keatas), Stepper, Cross-trainer, Exercise bike. Beberapa alat fitness home use, diantaranya: 

- Jogger 
Jogger yaitu alat yang sanggup memmenolong kita untuk tes berlari (jogging). Lebih baik untuk menentukan treadmill multi-fungsi, sebab tidak spesialuntuk berfungsi sebagai jogging area, namun juga mempunyai fungsi-fungsi lain menyerupai adanya massager atau mesin pemijat sebagai penghancur lemak di cuilan pinggang dan pinggul. 

- Power rider
Alat berbentuk menyerupai sepeda ini, mempunyai serius pementingan tes pada otot paha, panggul dan lengan. Saat digunakan, gerakan kita akan menyerupai menunggang kuda, ini sanggup mempersembahkan hasil yang intens untuk tes jantung anda.

- Exercise bike
Mirip dengan power rider, namun alat ini mempunyai roda-roda yang sanggup berputar dan sanggup diatur secara manual maupun otomatis. Exercise bike sangat baik untuk pembentukan otot paha dan betis juga jantung anda. 

- Freestyle glider
Freestyle Glider ini, menitik-beratkan tes kaki, baik untuk membentuk otot betis dan telapak kaki. Selain itu, sanggup mengkremasi kalori lebih banyak dengan tes yang sanggup dikatakan enteng. Alat ini biasanya dilengkapi dengan monitor detak jantung, jarak, hitungan kalori yang terbakar. 

LihatTutupKomentar