-->
Pengertian Dan Jenis-Jenis Perusahaan
PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
I. Pengertian Perusahaan
Adalah suatu unit kegiatan yang melaksanakan acara pengolahan acara pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melaksanakan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk memakai dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
II. Tempat dan Kedudukan Perusahaan
Pemilihan tempat dan letak perusahaan, factor penting untuk menjamin tercapainya: 
  • Tujuan perusahaan 
  • Efisiensi perusahaan 
  • Daerah pemamasukan produk 
  • Pindah tempat : tidak hemat dan peraturan pemerintah 
2.1. Tempat Kedudukan Perusahaan
Adalah kantor sentra perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran relasi dengan forum lainnya.
2.2. Letak Prusahaan
Adalah tempat perusahaan melaksanakan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factor ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
2.3. Jenis-Jenis Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu : 
Terikat pada alam 
Pada umumnya alasannya yaitu tersediaan dan kegampangan materi baku.
misal : Perusahaan timah, emas, minyak bumi. 
Terikat sejarah 
Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu alasannya yaitu spesialuntuk sanggup di jelaskan menurut sejarah.
misal : Perusahaan batik, pekalongan. 
Ditetapkan oleh pemerintah 
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.
misal : Perusahaan kimia, limbah dampaknya sanggup ditekan serendah mungkin. 
Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi 

Yang bersifat industri yaitu : ketersediaan materi mentah, tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.

III. Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan yaitu suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga memiliki tujuan membuka peluang kerja, pertimbangan politik dan upaya dedikasi kepada masyarakat.
3.1. Tujuan Pendirian Perusahaan
Di badakan menjadi 2, yaitu : 
Tujuan ekonomis 
  • Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
misal : Menciptakan laba, pelanggan, cita-cita konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif). 
Tujuan social 
  • Perusahaan memperhatikan cita-cita investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
  • Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memdiberi kepuasan kepada cita-cita konsumen ataupun pelanggan.
3.2. Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
System yaitu suatu kesatuan dari unit-unit yang saling diberinteraksi baik secara eksklusif maupun tidak langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan yaitu suatu system alasannya yaitu ialah kombinasi dari banyak sekali sumber ekonomi yang secara eksklusif atau tidak eksklusif mensugesti proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung tanggapan social.
  • Kepada pemilik modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
  • Kepad forum peneliti => memmenolong pendanaan.
  • Kepada pekerja => membayar penghasilan dan memenuhi akomodasi kerja.
  • Kepada konsumen => menyediakan B&J yang bagus.
  • Kepada pemerintah => membayar pajak.
3.3. Sifat Sistem Perusahaan 
Ada beberapa sifat : 
  • Kompleks 
  • Sebagai suatu kesatuan / unit. 
  • Sifatnya beragam. 
  • Saling tergantung. 
  • Dinamis 
3.4. Fungsi-fungsi Perusahaan
Ada 2 fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer, terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Fungsi operasi Pembelian dan produksi, pemamasukan, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
Fungsi manajemen Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.

Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancer, terkoordinasi, terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.

3.5. Ciri-ciri Perusahaan
Mencerminkan kekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan simpel dikendali.
Cirri umumnya : 
  • Operatif Adanya acara ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa. 
  • Koordinatif Diperlukan koordinasi tiruana pihak semoga saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan. 
  • Regular Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diharapkan keteraturan yang sanggup mendukung acara semoga sanggup selalu bergerak maju. 
  • Dinamis Lingkungan selalu berubah oleh alasannya yaitu itu bisa mengikuti dan beradaptasi terhadap perubahan. 
  • Formal Tunduk kepada peraturan yang berlaku sehabis memenuhi persyaratan pendirian, 
  • Lokasi Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu tempat yang secara geografis jelas. 
  • Pelayanan Bersyarat Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu tempat yang secara geografis jelas.
Lingkungan Perusahaan
Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mensugesti perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1. Lingkungan Eksternal
  • Lingkungan eksternal perusahaan yang kuat tidak eksklusif terhadap kegiatan perusaan.
  • Lingkungan eksternal perusahaan sanggup dibedakan menjadi :
A) Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang kuat tidak eksklusif terhadap kegiatan usaha. misal : 
  • Keadaan alam => SDA, lingkungan. 
  • Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan. 
  • Hukum 
  • Perekonomian 
  • Pendidikan dan kebudayaan 
  • Social dan budaya 
  • Kependudukan 
  • Hubungan internasional. 
B) Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang efek eksklusif terhadap kegiatan usaha.
misal : 
  • Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan. 
  • Perantara, contohnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen. 
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll. 
  • Pasar, sebagai samasukan dari produk yang dihasilkan perusahaan. 
2. Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan eksklusif mensugesti hasil produksi.
misal : 
  • Tenaga kerja 
  • Peralatan dan mesin 
  • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana) 
  • Bahan mentah, materi setengah jadi, pergudangan 
  • System warta dan manajemen sebagai pola pengambilan keputusan.

LihatTutupKomentar