-->
Makalah Penelitian Kota Bandung Sebagai Wahana Kaum Anom
I.1 Latar Belakang
Kota Bandung ialah kota dengan banyak acara yang identik dengan seni dan keindahan. Kota yang mempunyai daya tarik tersendiri, kota yang tepat bagi berkembangnya kaum anom. Kata “kaum anom” berasal dari bahasa sunda yang berarti golongan muda. Pengertian dari kota Bandung sebagai wahana kaum anom yaitu kota Bandung sebagai kawasan golongan muda untuk mencapai tujuannya membuatkan bakat dan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Kini kota Bandung dikenal sebagai salah satu musim setter gaya hidup kota terutama seni musik, fesyen maupun boga. Perkembangan kota Bandung begitu cepat, kota yang doloe dibangun sebagai kawasan peristirahatan tuan tanah, kini sudah berkembang menjadi kota metropolis, sebuah kota yang harus menyediakan wahana bagi orang-orang modern khususnya kaum anom. Kota Bandung ialah kota terbuka dimana banyak penhadir dari kota lain yang mempunyai tujuan tertentu untuk hadir ke kota Bandung. Seperti kaum anom dari kota lain yang hadir ke kota Bandung yang bertujuan untuk menuntut ilmu, berbelanja, makan, bersantai dan bekerja. 
Sebagian besar acara yang ada dikota Bandung didominasi oleh kaum anom. Kaum anom yang berada dikota Bandung yaitu kaum anom yang hadir dari kota lain ibarat kota Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Cirebon yang masih termasuk wilayah Jawa Barat sedangkan dari kota lainnya dari luar Pulau Jawa ibarat Bali, Medan, Padang, Irian Jaya dan kota-kota lainnya yang ada di wilayah Nusantara. Kaum anom tersebut menentukan kota Bandung lantaran wahana yang dimiliki kota Bandung cukup menunjang bagi berkembangnya bakat dan ide-ide kreatif yang dimiliki kaum anom.
Saat ini perkembangan informasi sangat pesat, lantaran sudah berkembangnya teknologi informasi ibarat telepon genggam dan komputer. Dalam teknologi informasi yang dikala ini dianggap paling menguntungkan lantaran sanggup menembus ruang dan waktu yaitu teknologi internet. Internet yaitu sebuah jaenteng yang menghubungkan antara jaenteng yang satu dengan jaenteng yang lainnya dalam www (World Wide Web).
Kota Bandung banyak mempunyai wahana sebagai penunjang bagi kaum anom, namun informasi secara terbaik wacana wahana tersebut tidak tiruana kaum anom yang ada di kota Bandung maupun luar kota Bandung mengetahuinya. Sehingga penulis tertarik untuk membuat perancangan web site kota Bandung sebagai wahana kaum anom yang meliputi wacana informasi wahana yang terdapat di kota Bandung biar kaum anom dari kota Bandung maupun dari luar kota Bandung sanggup mengetahui informasi secara gampang, jelas, tepat dan cepat.

I.2 Identifikasi Masalah
melaluiataubersamaini latar belakang yang ada dicoba untuk mengidentifikasi problem sehubungan dengan judul kota Bandung sebagai wahana kaum anom. Sebagai wahana kaum anom kota Bandung banyak mempunyai masukana dan prasana. 
Permasalahan yang ada yaitu : kaum anom yang ada di kota Bandung tidak banyak mengetahui wacana wahana yang tersedia di kota Bandung, sehingga potensi serta fungsi dari wahana tersebut tidak terbaik diketahui atau digali oleh kaum anom. Kebanyakan kaum anom dari kota lain mengetahui wahana yang ada di kota Bandung spesialuntuk dari lisan ke mulut, sehingga kaum anom tersebut kurang begitu terang terkena informasi yang mereka butuhkan. 

I.3 Pembatasan Masalah
Kota Bandung banyak mempunyai wahana bagi kaum anom sebagai penunjang kreatifitas biar bakat dan ide-ide kaum anom sanggup tersalurkan dan terwujud. Maka dalam laporan ini penyusun membatasi problem wacana kawasan atau lokasi wahana berada dan keunggulan wahana tersebut. Sebagai upaya untuk menginformasikan keberadaan dan keunggulan wahana tersebut bagi kaum anom. 

I.4 Alasan Pemilihan Media
Dalam menginformasikan kota Bandung sebagai wahana kaum anom media yang dianggap efektif dan tepat samasukan yaitu web site. Web site ialah suatu media belahan dari media Audio Visual lini atas. Pemilihan media lewat internet (web site) dalam menginformasikan kota Bandung sebagai wahana kaum anom lantaran media web site dianggap tepat samasukan dengan tinjauan demografis, psikografis dan geografis terhadap samasukan.

Hal ini ditunjang dengan perkembangan web site sebagai teknologi informasi yang sanggup berfungsi sebagai masukana informasi umum dalam menjaring samasukan serta sanggup memberikan informasi secara efektif dan efisien. Kelebihan dari media ini yaitu sanggup dilihat kapan saja, sanggup berkomunikasi secara detail dan jelas, kualitas media yang cukup baik dalam memberikan isi informasi. Cukup efisien dalam sistem kerja dan dalam mengediting isi informasi, dalam segi biaya internet lebih murah dibandingkan dengan memakai media lainnya. Kelemahan dari media internet yaitu tidak sanggup berdiri sendiri dalam menginformasikan keberadaan media. 

I.5 Maksud dan Tujuan Perancangan
Maksud dari perancangan yaitu penyusun mengangkat problem kota Bandung sebagai wahana kaum anom lantaran ingin mempersembahkan informasi terkena wahana yang menunjang kreatifitas kaum anom yang belum diketahui oleh kaum anom yang berada dikota Bandung maupun diluar kota Bandung. Penyusun akan menginformasikankan melalui media internet (web site).

melaluiataubersamaini maksud tersebut penyusun mempunyai tujuan dari perancangan yaitu :
  • Supaya para kaum anom dari dalam dan luar kota Bandung sanggup mengetahui informasi wacana wahana apa saja yang dimiliki kota Bandung.
  • melaluiataubersamaini adanya web site ini maka kaum anom sanggup meterbaik menggali kreatiftas, bakat dan ide-ide lantaran sudah mengetahui wahana penunjang yang ada di kota Bandung
  • Sesudah kaum anom mengetahui informasi wacana wahana yang ada di kota Bandung, diharapkan kaum anom sanggup memakai wahana tersebut sesuai dengan fungsinya secara terbaik. 
  • Agar megampangkan kaum anom dari kota lain, turis lokal maupun mancguagara serta pengunjung dari kota lain mendapat informasi yang dibutuhkan terkena tempat-tempat makan yang enak, kawasan belanja, mall-mall, wahana olah raga dan perguruan tinggi tinggi swasta yang ada di kota Bandung.

BAB II
KOTA BANDUNG SEBAGAI WAHANA KAUM ANOM
1 Pengertian Kota Bandung dan Wahana Kaum Anom
Kota Bandung yaitu Ibukota Propinsi Jawa Barat, dipengaruhi iklim pepegununganan yang lembab dan sejuk, kota yang terletak cukup strategis lantaran terletak pada poros jalan raya : Barat Timur yang megampangkan kekerabatan dengan ibukota negara. Kota yang sudah dikenal sebagai Parijs Van Java, kota yang ibarat Paris di Jawa dimana Paris terkenal sebagai sentra musim setter, begitu juga dengan kota Bandung sebagai tolak ukur musim fesyen di Nusantara dikala ini. Kota yang identik dengan seni dan keindahan. 

Kota yang berhawa cuek ini menjadi teladan industri fesyen di kota besar Tanah Air dan aktivis berdirinya factory outlet. Sehingga ko Bandung dikenal dengan kota fesyen, terbukti dengan banyaknya kaum anom kota Bandung yang gemar berbusana trendi dan modis. Kini kota Bandung dikenal dengan jajaran toko factory-factory outlet, banyak brand fesyen kelas dunia simpel didapat dengan harga murah dan tanpa perlu hadir ke Jakarta. 

Gaya hidup masyarakat kota Bandung yang tidak terburu-buru, membuat suasana yang mendukung terciptanya karya-karya seni musik modern dan tradisional. Kota Bandung banyak terdapat pelajar dan mahasiswa yang menggemari seni musik terbukti dengan banyaknya band-band muda, teater-teater dan sanggar seni lainnya yang perkembangan semakin pesat. Kota bandung sebagai kota seni melahirkan musisi-musisi muda yang berbakat dan kreatif yang menghasilkan karya seni musik handal. Terbukti dengan diadakannya Djarum Super Dago Festival (DSDF) disponsori oleh Djarum Super sebagai ajang kreativitas khas kaum anom yang berada di kota Bandung sebagai ruang presentasi karya-karya seni bagi para seniman kota Bandung yang keberadaannya diakui dan dihargai oleh kalangan masyarakat.

Kota Bandung ialah kota yang nyaman sehingga banyak kaum anom dari kota lain merasa kondusif untuk menuntut ilmu di kota Bandung. Kaum anompun sanggup lebih bebas mengekspresikan bakat dan bakat yang kaum anom miliki, didukung oleh wahana yang ada sehingga bakat dan bakat yang dimiliki kaum anom sanggup terwujud. Kota yang setiap ahad pekan atau hari libur selalu dipadati oleh pengunjung dari luar kota, aneka macam program dengan bermacam-macam tema digelar untuk meramaikan kota Bandung dengan sasaran marketnya yaitu untuk kaum anom.

Kota Bandung sudah semenjak doloe dikenal dengan wisata boga lantaran di kota ini mempunyai boga khas dengan mutu dan citarasa tepat yang sanggup memuaskan selera bagi pengunjung yang hadir. Kota Bandung terkenal dengan oleh-olehnya ibarat tempe, oncom goreng, pisang molen Kartika Sari, serta penyem bandung yang sudah sangat terkenal. Dulu kota Bandung dikenal dengan “sorga” tukang jajan, lantaran untuk jenis makanan tertentu kota Bandung menjadi trade-mark yang cukup menawan hati untuk pengunjung yang suka jajan. Banyaknya kawasan jajan mulai dari kaki lima hingga rumah makan sanggup memuaskan selera pembeli. 

Kota Bandung dikenal dengan kota pendidikan lantaran dikota ini terdapat bermacam jenis sekolah dari aneka macam jenjang tingkatan terdapat di kota ini. Dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi tinggi swasta dan negeri. Sehingga banyak kaum anom dari kota lain menentukan menuntut ilmu di kota ini. Beberapa perguruan tinggi tinggi swasta dan negeri yang ada di kota Bandung yang sudah terkenal antara lain : Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Pendidikan (UPI), Unversitas Parahyangan (UNPAR), Institut Teknologi Nasional (ITENAS), Univesitas Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dan aneka macam perguruan tinggi tinggi lainnya, banyak menghasilkan anak muda kreatif dengan ide-ide inovatif baik antara lain didunia seni dan bisnis.

Wahana yaitu kawasan atau masukana untuk mencapai tujuannya membuatkan bakat dan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Sedangkan kata kaum anom diambil dari bahasa sunda yang berarti golongan muda. Yang termasuk kaum anom yaitu remaja, pemuda, pelajar, mahasiswa, administrator muda, orang yang berjiwa muda. 

Makara wahana kaum anom yaitu kawasan golongan muda untuk mencapai tujuannya membuatkan bakat dan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Salah satu kawasan atau masukana yang sangat terkenal di kota Bandung yaitu jalan Dago yang ialah landmark-nya kota Bandung dari doloe hingga sekarang, sudah dijadikan ruang publik bagi kaum anom kota Bandung. Setiap ahad pekan sepanjang jalan Dago selalu dipadati oleh kaum anom dengan aneka macam program bermacam-macam yang digelar. Di sepanjang jalan Dago banyak berjajaran factory-outlet, cafe-cafe tenda, beberapa stasiun radio ibarat Ardan Swaratama, Ninety Niners, Paramuda, Oz, menggelar program seni musik sebagai penyalur kreatifitas kaum anom dibidang seni musik yang sedang musim dikalangan kaum anom.

2 USP (Unique Selling Proposition)
Dilihat dari USP : 
  • Memiliki bangunan bersejarah ibarat Gedung Sate dan Kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) serta bangunan disepanjang jalan Braga. 
  • Banyaknya didirikan pusat-pusat perbelanjaan barang electronik, handphone, computer dan tekstil yang megah.
  • Pesona Panorama Indah Alami kota Bandung dengan hawa yang sejuk.
Dilihat dari segi ESP (Eucapsulated Post Script)
  • Kota Bandung mempunyai julukan sebagai “Kota Kembang”. 
  • Kota Bandung dikenal sebagai “Paris Van Java”. 
  • Kota Bandung ialah “sorga tukang jajan”.
3 Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat)
SWOTH ialah suatu metode analisa pemamasukan dalam merumuskan Perancangan Komunikasi Visual melalui tinjauan adil terhadap produk samasukan (target audience) dan produk lain yang sejenis serta peluang akan pelaksanaan informasi. Penerapan SWOT pada perancangan web site kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom adalah:

Strength (kekuatan)
  • Sudah banyak julukan yang didapat oleh kota Bandung ibarat sebagai Parijs Van Java, kota ibarat Paris di Jawa dimana Paris terkenal sebagai sentra musim setter dunia, sehingga kota Bandung terkenal diseluruh Indonesia dan manca negara.
  • Letak geografis yang sangat strategis berdekatan dengan ibukota negara.
  • Tersedianya masukana pendidikan dengan bidang studi yang beragam.
  • Pembangunan kota yang sangat pesat, didirikanya wahana-wahana dengan sasaran samasukannya kaum anom.
  • Faktor iklim yang sejuk.
  • Kaum anom kota Bandung trendi dan modis.
  • Tersedianya ruang publik untuk kaum anom berekspresi.
  • Banyaknya kaum anom yang hadir dari kota lain.
  • Dalam perancangan informasi kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom, memakai media melalui internet yaitu web site lantaran media ini sanggup menjangkau samasukan yang luas. Kekuatan dari media ini yaitu sanggup berkomunikasi dalam memberikan informasi, sistem pengerjaannya dan mengedit isi informasi sangat efisien.
Weaksness (kelemahan)
  • Banyaknya kaum anom yang tidak mempunyai pekerjaan lantaran lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan banyaknya kaum anom yang lulus sekolah.
  • Penyebaran informasi yang tidak merata terkena wahana yang ada sehingga wahana tersebut belum optimal. 
  • Kurangnya perawatan masukana yang ada.
  • Sebagai media informasi internet mempunyai kelemahan yaitu tidak sanggup berdiri sendiri dalam menginformasikan keberadaan media dan isi dari informasi yang terdapat pada media.
Opportunity (peluang)
  • Kesempatan kaum anom untuk menggali dan meterbaikkan fungsi dari masukana yang ada sebagai wahana kaum anom di kota Bandung. 
  • melaluiataubersamaini adanya masukana penunjang peluang kaum anom terbuka lebar untuk menuangkan ide, bakat dan kreatifitas sehingga sanggup memperoleh hasil yang lebih baik dan berkwalitas. 
  • Kesempatan menginformasikan kepada sesama kaum anom sanggup dilakukan melalui media Web site lebih terkenal bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk pencarian informasi. 
  • Hal ini berarti peluang baik untuk menginformasikan kota Bandung sebagai wahana kaum anom kepada kaum anom kota Bandung sendiri dan kaum anom seluruh Nusantara Indonesia pada umumnya, lantaran melalui web site kaum anom sanggup dengan simpel mendapat peluang diberinteraksi dengan pelaku internet lainnya untuk mendapat informasi.
Threat (ancaman)
· Ancaman lainnya hadir dari kota Jogyakarta yang terkenal dengan kota pelajar, kota Bali yang terkenal dengan pariwisatanya, kota Surabaya kini sudah mulai bermunculan factory-factory outlet, kota-kota tersebut ialah bahaya bagi kota Bandung. 

4 Hasil Tinjauan Objek Penelitian
Kota Bandung yang dikelilingi oleh pepegununganan yang berhawa cuek yang identik dengan seni dan keindahan cukup berhasil menarikdanunik perhatian kaum anom dari kota lain seluruh nusantara. Pembangunan kota sangat pesat terbukti dengan banyaknya mall-mall, sentra belanja, masukana pendidikan dan lain-lain, sasaran samasukanya ditujukan untuk kaum anom yang ada di kota Bandung yang cenderung bergerak dinamis mengikuti perkembangan jaman. 

Berdasarkan uraian kalimat diatas penyusun menyederhanakan uraian tersebut menjadi kata kunci yang nantinya akan menjadi tema perancangan yaitu “Bandung sebagai Wahana Kaum Anom” 

BAB III
KONSEP PERANCANGAN
1. Konsep Komunikasi
Konsep yaitu suatu perancangan (planning) untuk mencapai tujuan tertentu. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut, konsep bukan berarti sebagai peta jalan yang spesialuntuk menawarkan bagaimana metode operasionalnya. Begitu juga dengan konsep komunikasi ialah panduan perencanaan komunikasi untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan.

Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu communications dan bersumber dari kata communis yang berarti “sama”. Sama disini berarti “sama makna” (lambang). Berdasarkan paradigma Lasswell, komunikasi yaitu proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menjadikan imbas tertentu. Komunikasi yang digunakan bersifat informatif yaitu mempersembahkan informasi terkena wahana yang terdapat di kota Bandung.

1.1 Tujuan Komunikasi
Pada akhirnya, sejalan dengan berkembangnya masyarakat, komunikasi media mengalami kemajuan, dengan memadukan komunikasi memakai lambang-lambang, kata-kata, gambar, bilangan, grafik dan lain-lain. Kegiatan atau proses penyampaiannya dinamakan komunikasi.

Pada perancangan web site ini memuliki tujuan komunikasi yaitu menginformasikan Kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom yang banyak mempunyai wahana yang sangat signifikan bagi kaum anom. melaluiataubersamaini tujuan mempersembahkan informasi bagi kaum anom yang ada di kota Bandung atau kota lainnya diseluruh Kawasan Nusantara biar sanggup menumbuhkan rasa ketertarikan untuk mengunjungi kota Bandung.

1.2 Pesan Utama Dasar Komunikasi
Pesan utama dasar komunikasi yang disampaikan dalam perancangan web site Kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom yaitu menginformasikan wahana yang terdapat di kota Bandung, biar kaum anom sanggup mengetahui nama wahana tersebut, lokasi atau alamat, serta ke istimewaan dari wahana tersebut untuk mendorong kaum anom lebih percaya dan mempunyai citra terkena informasi kota Bandung, sesuai dengan tujuan dari pembuatan perancangan web site Kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom. Kita tidak akan berhasil tanpa ada komunikasi dalam memberikan suatu informasi. 

1.3 Segmentasi
Beberapa belahan sanggup menentukan keberhasilan suatu informasi yaitu : 
  • Demografis : golongan usia 13 hingga 30 tahun (pendidikan SLTP hingga perguruan tinggi tinggi) baik laki-laki maupun wanita, dari kalangan menengah ke atas.
  • Psikografis : Kaum anom yang yang cenderung bergerak dinamis mengikuti perkembangan jaman dan selalu memdiberi ciri khas pada setiap perkembangan jaman tersebut. 
  • Geografis : Bagi masyarakat kota Bandung dan kota lainnya serta pada umumnya seluruh Nusantara. 
1.4 Materi Pesan
Materi pesan yang akan dibentuk dalam menginformasikan kota Bandung sebagai Wahana Kaum Anom, harus mempunyai pesan yang akan menguatkan web site ini biar selalu diingat pengguna internet, yaitu melalui jenis abjad yang digunakan, ikon, gambar, lambang dan sebagainya yang simpel diingat dan dikenali oleh para kaum anom.

Materi pesan yang ada di media ini adalah
  • Menyajikan informasi terkena sejarah Bandung doloe dan Bandung kini.
  • Menyajikan informasi wahana pendidikan,seni, olah raga, belanja.
  • Menyajikan peta lokasi untuk mempergampang kaum anom supaya tidak tersesat dan terjebak macet, maka kenali jalan dikota Bandung melalui peta lokasi ini
  • Menyajikan informasi terkena even kegiatan yang dilakukan kaum anom di kota Bandung.
  • Menyajikan engkaus bahasa sunda 
1.5 Pendekatan Kreatif
Pendekatan kreatif dalam hal ini yaitu melalui media internet dengan memakai gambar foto dan tulisan-tulisan menggambarkan wahana yang ada di kota Bandung, biar pengguna sanggup pribadi memperoleh citra terkena informasi tersebut. Karena dengan memakai gambar foto, sanggup berbicara lebih baik dibandingkan klarifikasi yang panjang lebar. 

Foto di dalam suatu web site ialah daya penarik bagi pengunjung suatu web site. Umumnya web site dilengkapi dengan gambar foto-foto untuk membuat orang tertarik melihat dan membaca isi yang ada di suatu web site serta ingin lebih jauh mengetahui wacana kota Bandung.

1.6 Tone and Manner
Gaya dan kesan yang ingin dimunculkan dalam perancangan web site ini yaitu menggambarkan kota Bandung yang sejuk dikelilingi oleh pegunungan mempunyai kesan wacana alam yang hijau. Penataan grafis dan tipografi yang ditampilkan pada web site ini diubahsuaikan dengan kesan. 

 2 Konsep Visual
Tampilan interface dilayar monitor komputer ialah belahan yang sangat efektif untuk memberikan pesan atau informasi yang akan disampaikan, yang tampil melalui pemikiran-pemikiran yang dikembangkan dari tema dalam penyusunan konsep secara visual biar menampilkan pesan yang berkesan, terang dan tegas. 

Pada perancangan web site ini sebagai media pemersatu dan media informasi yang bersifat persuasif serta sasaran marketnya kaum anom, maka secara visual penyusun melaksanakan pendekatan dengan cara memakai gambar foto-foto disetiap halaman biar pengguna memperolah citra terkena informasi yang dibutuhkan. 

Format Desain
Desain Web site ini sangat baik untuk ditampilkan pada resolusi layar 800 x 600 pixel. Karena ukuran ini ialah standar umum wabsite, serta banyaknya pengguna web site memakai monitor berukuran 14”, dengan area screen 800 x 600 pixcel. Penempatan icon menunya ditempatkan disebelah atas. 

 Lay Out
Lay out atau tata letak sangat dibutuhkan untuk menata elemen-elemen dalam suatu halaman web biar elemen-elemen tersebut tersusun rapih, khususnya teks yang akan dimasukkan ke dalam halaman ini. Agar tercipta web site yang sesuai dengan tema maka tata letak sangat berperan dalam menggabungkan unsur visualnya ibarat animasi, foto-foto, tipografi, yang menjadi kesatuan sehingga tercipta harmonisasi fungsi web site sebagai media komunikasi. Pada web site ini lay out memakai bentuk keseimbangan asimetris biar terkesan tidak resmi atau informal namun tampak lebih dinamis.
 Tipograf
Tipografi sebagai elemen pendukung visual pada desain web site, lantaran sebagian besar informasi tertulis dalam bentuk teks. melaluiataubersamaini font kita sanggup menentukan gaya sebuah web site serta dengan memakai font yang sederhana dan simpel dibaca akan membuat pengguna web site simpel memahaminya.

Dalam web site ini penyusun memakai jenis huruf, yaitu :
  1. PT Banana Split , jenis abjad ini digunakan pada penulisan ”Bandung Wahana Kaum Anom”, dengan ukuran font 30pt.
  2. Benguiat Bk BT : jenis abjad ini digunakan pada penulisan
  • Bandung Dulu
  • Bandung Kini
  • THE SUMMIT 
  • HERITAGE
  • dse (dago stok ekspor)
dengan ukuran font 14pt.
Ø Bookman Old Style, jenis abjad ini digunakan pada isi dengan ukuran font 10pt. 
misal : Kaum anom sanggup memanjakan diri dengan berbelanja sepuasnya. 
 Ilustrasi 
Ilustrasi yang ditampilan interface memakai foto, lantaran memakai foto berwarna lebih cocok untuk menyuguhkan tampilan keadaan yang nyata. melaluiataubersamaini illustrasi atau foto maka pesan yang disampaikan akan lebih berkesan, lantaran pembaca lebih muda mengingat gambar atau foto daripada kata-kata, hal ini dimaksud untuk mendukung proses penyampaian informasi dan mempergampang mempersembahkan citra wacana wahana kaum anom yang ada di kota Bandung sebenarnya.

Warna
Warna yang digunakan pada perancangan web site ini yaitu warna-warna :
  • Hijau muda : memunculkan kesan segar, damai , ceria, pertumbuhan
  • Hijau kuning : memunculkan kesan perteman dekatan, muda, kehangatan, baru, berseri
  • Crem : memunculkan kesan lembut, klasik, netral dan manis.
  • Merah : memunculkan kesan energik, perkasa, dinamis, aktif.
  • Putih : memunculkan kesan terang, murni, membersihkan, klasik kemilau, 
Studi Icon
Pada perancangan wab site icon mempunyai peranan yang sangat penting dan diperlukan, lantaran dengan adanya icon sanggup dengan simpel dan cepat mengantarkan pengunjung ke halaman-halaman lain dari web site tersebut untuk mendapat informasi yang pengunjung inginkan. Icon yang digunakan pada perancangan web site ini diambil dari karakter sajian yang dipakai.

BAB IV
TEKNIS PRODUKSI
Tahap ini yaitu tahap yang terpenting dalam pembuatan perancangan web site kota Bandung sebagai wahana kaum anom dimana penyusun mempersiapkan hardware dan software yang akan digunakan sebagai masukana penunjang biar proses pelaksanaannya berjalan dengan lancar.

1 Hardware
Hardware (spesifikasi komputer) yang digunakan sebagai masukana penunjang dalam proses pembuatan web site ini yaitu :
  • Processor : kepetangan pentiu
  • Hard disk : DDR 40Gb CD 
  • RW : Asus 52x32X52
  • Memori : 256 Mb RAm
  • VGA Card : TNT 2 Model 64
  • Motherboard : Gigabyte
  • Others : Mouse dan Keyboard Logitech 
  • Monitor : GIC 15”
  • Printer : HP Deskjet 1220C
2 Software
Software yang digunakan dalam perancangan web site ini yaitu :
1. CorelDRAW 11
Program ini digunakan untuk pembuatan bentuk dasar dalam pembuatan lay out dan icon.
2. Adobe Photoshop 7.0 
Program ini digunakan untuk mengolah image, memdiberinya efek, mempersembahkan kreasi pada halaman web, 
3. Macromedia Flash MX
Program ini digunakan untuk membuat animasi terdiri dari beberapa keyframe yang sanggup dikontrol oleh user, dimana dikala animasi tersebut bergerak.

LihatTutupKomentar