-->
Islam Dan Ilmu Pengetahuan
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN 
1. Kedudukan ilmu dan Kehormatan Para Ilmuan dalam Islam. 
Kedudukan ilmu dalam Islam ialah sangat sentral. Vitalitas dan keutamaan ilmu terungkap dalam sanjungan dan kehormatan yang didiberikan kepada para ilmuan, tersirat dalam wahyu pertama yang diterima Rasulullah saw., berupa kunci ilmu, yakni membaca, QS. 96: 1-5 dan hadits terkena ilmu pengetahuan. 

Al-Qur’an sebagai kitab suci ajaran utama, terdapat ratusan ayat-ayat yang membuktikan wacana ilmu, wacana seruan untuk berpikir dan melaksanakan penalaran. 

Sanjungan kepada orang-orang yang diberilmu ialah bukti autentik yang tak sanggup diragukan lagi akan kebenaran bahwa al-Qur’an sumber ide ilmu pengetahuan. Keutamaan ilmu sebagai karunia Allah SWT., kehormatan para ilmuan, penghargaan Allah SWT., kepada mereka yang diberilmu serta ilmu sebagai milik yang boleh diandalkan untuk memikul jabatan/kehormatan yang tinggi tercantum dalam ayat-ayat sebagai diberikut : QS. 2:247, 3:18, 12:55, 15:53, 18:66, 16:43, 21:7 dan 79, 27:15, 29:43, 58:11

2. Fungsi Ilmu dalam Memperkuat Iman 
Selain ilmu sanggup mengangkat dan meningkatkan derajat manusia, maka ilmu pengetahuan juga memperluas cakrpertamaa serta memperkaya materi pertimbangan dalam perilaku dan tindakan insan tersebut. Keluasan pandangan serta kekayaan informasi akan membuat seseorang lebih cenderung kepada objektivitas, realitas dan kebenaran. Ilmu ialah masukana untuk untuk mendekati kebenaran dalam banyak sekali bentuknya. Ilmu ialah upaya mendekati kebenaran. Ilmu cinta kepada kebenaran. 

Kebenaran ialah suatu yang multi dimensional dengan banyak sekali manifestasinya dengan banyak sekali manifestasinya. Di balik tiruana wajah-wajah kebenaran itulah tersirat kebenaran mutlak yang bersifat universal. Allah swt. ialah zat mutlak pemilik kebenaran. Allah swt. sumber kebenaran (Q.S. 2:147). Allah swt. yang berwenang memberikan kebenaran. Dalam pada itu, lebih banyak ilmu seseoran, akan lebih menyempurnakan sistem kendali kehidupannya. Sistem kendali yang efektif akan lebih megampangkan seseorang untuk meniti jalan lurus (shirathal mustaqiem) menuju kebenaran mutlak untuk memperkuatm iman. Hal-hal tersebut di atas sanggup dilihat dalam ayat-ayat diberikut: Q.S. 3:7, 18, 4:162, 17:107-108, 29:43, 22:54, 27:42, 28:80, 30, 56, 34:6, 35:27-28.

3. Kunci Membuka Khazanah Ilmu 
3.1. Membaca 
Ayat pertama yang diwahyukan serta dengan ayat itu pula kiprah kerasulan Muhammad saw. Dimulai, ialah dimulai denganperintah membaca. Pahami surat al-‘Alaq ayat 1-5: 1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, 2. Dia sudah membuat insan dari segumpal darah. 3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, 4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. 

3.2. Menulis 
Demikian pentingnya tulis baca sebagai kunci ilmu pengetahuan, sehingga diawetkan dalam al-Qur’an salah satu suratnya, yakni surat al-Qalam, surat ke 68 yang berarti pena atau alat tulis Masa sejarah dimulai semenjak insan memiliki kemampuan untuk menulis dan membaca, zaman sebelumnya disebut zaman pra-sejarah. Tulisan ialah suatu proses visualisasi dari konsep-konsep atau dengan kata lain; suatu abstraksi konseption. melaluiataubersamaini tulisan, peristiwa-peristiwa (historis maupun ilmu) sanggup dicatat dan sanggup dibaca oleh orang lain, baik yang berada di daerah lain maupun yang hidup di zaman lian, sehingga terjadilah penyebaran dan pemasyarakatan pengetahuan (socialization knowledge). 

Andaikata al-Qur’an tidak ditulis segera setelah setiap selesai setiap ayat-ayat diwahyukan, sudah barang tentu mustahil setelah 14 era yang lalu, kita di zaman sekarang bisa mengenal serta mempelajari al-Qur’an dalam keadaan persis aslinya. Demikian pula dengan Sunnah (hadis) Rasulullah saw. Dan karya para intelektual muslim, menyerupai syafi’i, Hanafi, Maliki, Hambali, al-Ghazali, Ibu Taimiyah, Muhammad Abduh Iqbal dan lain sebagainya. 

Andaikata ilmu dan filsafat sarjana-sarjana Yunani Socrates, Plato, aristoteles, Pythagoras, Arcimides dan lain-lainnya tidak ditulis, sudah barang tentu mustahil para sarjana Arab mempelajari dan mengembangkannya, alasannya ilmu-ilmu tersebut sudah terkubur berabad-abad. 

Andaikata ilmu dan filsafat para sarjana Arab/Islam; Ibnu Rusyd (Averros), Ibnu Sina (Avessina), al-Khawarisme, Ibnu Khaldun dan lain-lainnya tidak ditulis, maka tentu mustahil dunia Barat/Eropah memulai kebangunannya (Reanissance, sejaka era 14) dan keluar dari masa kepetangan yang sudah dialaminya hampir seribu tahun. 

Berbeda dengan penyebaran dari verbal ke verbal yang selalu subyektif sehingga bertambah jauh dan bertambah usang menjadi bertambah menyimpang dan keluar dari realitas obyeknya, sehingga suatu pengetahuan tidak berhasil dikembangkan, bahkan dirusak/ditiadakan, maka dengan tulisan, generasi diberikut masih mungkin untuk membaca aslinya dan berupaya untuk membuatkan pengetahuan tersebut.

3.3. Menalar 
Sesudah membaca dan menulis sebagai kunci pembuka khazanah ilmu untuk disebarluaskan dan dikembangkan, didalam al-Qur’an bertebaran ayat-ayat yang mendorong serta mengajak insan untuk memperhatikan, mengamati, menalar, menyeledidiki, dengan seksama (logis dan analitis) segala fenomena alam, mulai dari ciri pribadi, sosial kemasyarakatan, gejala-gejala biologis hingga alam semesta (langit dengan segala plguat ruang angkasa dan bumi dengan segala makhluk yang ada di atasnya dan segala kandungan isi perutnya). Misalnya terdapat pada ayat-ayat diberikut:Masalah individual: surat al-Zariyat ayat 21 dan al-Hasyr ayat 18. Masalah sosial: surat al-An’am ayat 65, al-A’raf ayat 103 dan surat al-maidah ayat 75. Masalah pengetahuan alam: surat al-Ghaziyah ayat 17-20, Yunus ayat 101 dan surat al-Rum ayat 50. Masalah kesehatan: surat ‘Abasa ayat 24. 

Ayat-ayat tersebut ialah di antara 45 ayat yang menajak insan untuk menalar yang disebut dalam bahasa al-Qur’an dengan kata نظر (nazhara) yang berkembang menjadi bahasa indonesia logika yang mengandung arti merenung dengan memakai pikiran dengan penuh perhatian terhadap masalah-masalah kongkrit, non emperical, non spekulatif sebagai langkah-langkah pertama memasuki acara ilmiah. 

Dalam koteks yang lain, seruan untuk menalar itu didukung oleh 63 ayat yang mengajak insan untuk berpikir dan merenung” wacana segala sesuatu (al-Qur’an tidak memdiberi daerah kepada perasaan subyektif yang praktis dipermainkan hawa nafsu sebaliknya memdiberi daerah terhormat kepada pemikiran-pemikiran obyektif yang akan mendekati kebenaran). Misalnya antara lain ayat-ayat diberikut: Surat Ali Imran ayat190-191, al-Ra’d ayat 3, al-Nahl ayat 11, 68-69, al-Anbiya’ ayat 66-67, al-Rum ayat 21, Yasin ayat 62, al-Hasyr ayat 21 al-Mulk ayat 10. 

Dalam pada itu tidak kurang dari 16 ayat al-Qur’an menyanjung, sekaligus berharap penuh optimis kepada orang-orang yang suka mendayagunakan akalnya sehingga lepas dari belenggu emosi dan hawa nafsunya. Orang-orang yang berpikir inilah tumpahan impian yang terbiasa berolah pikir dan berolah jiwa. Merekalah yang bisa menjalankan fungsi khalifah di muka bumi Allah ini. Merekalah yang biasa dititipi ilmu untuk dipelihara, disebarkan dan dikembangkan. Mereka pulalah yang bisa mengisi ke Islamannya dengan ihsan, serta taqwa dan sopan santun al-karimah. Terdapat 16 ayat yang membicarakan hal ini, antara lain: Surat al-Baqarah ayat 169 dan 197, Ali Imran ayat 190, al-Maidah ayat 100, Shad ayat 29, al-Zumar ayat 9 dan 21 dan surat al-Mukmin ayat 54.

4. Hadis-hadis Rasulullah SAW. wacana Ilmu 
Sebagai sumber acuan kedua setelah al-Qur’an, hadis-hadis Nabi saw. Sebagai sunnah rasul banyak pula mengungkapkan wacana ilmu dan ilmuan. Berikut ini ialah kumpulan arti hadis-hadis Nabi saw. Tentang ilmu yang sudah terkenal (mutawatir). Dalam goresan pena ini dicukupkan penyampaian materi (terjemahan) hadis saja, tanpa dilengkapi dengan sanad dan rawinya. Penulis menganggap ini sudah cukup memadai. 
4.1. Keutamaan Ilmu dan Ilmuan Menurut Hadis Rasulullah SAW. 
4.1.1. Orang-orang yang diberilmu ialah pewaris Nabi. 
4.1.2. Bahwa ilmu itu menambah mulia orang-orang yang sudah mulia dan meninggalkan seorang budak hingga ketingkat raja-raja. 
4.1.3. Apabila hadir kepadaku hari yang tidak bertambah ilmuku padanya, yang mendekatkan saya kepada Allah swt., maka tidak ialah berkatnya bagiku pada terbit mata hari itu. 
4.1.4. Isi langit dan isi bumi memintakan ampun untuk orang yang diberilmu. 
4.1.5. Kelebihan seorang diberilmu dari seorang ‘abid (rajin diberibadah kurang ilmu) ialah menyerupai kelebihan terperinci bulan purnama dari bintang-bintang yang lain. 
4.1.6. Kelebihan seorang mukmin yang diberilmu dari seorang mukmin yang ‘abid ialah tujuh puluh derajat. 
4.1.7. Barang siapa yang menjalani suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka dianugerahkan Allah swt. Kepadanya jalan ke surga. 
4.1.8. Bahwa sesungguhuya engkau berjalan pergi mempelajari suatu penggalan dari ilmu ialah lebih baik daripada engkau shalat sunnat seratus kali. 
4.1.9. Menuntut ilmu itu wajib atas tiap-tiap muslim. 
4.1.10. Menghadiri majlis orang yang diberilmu, lebih utama daripada mendirikan shalat sunnat seribu raka’at. Mengunjungi seribu orang sakit dan berta’ziah seribu jenazah.

4.2. Peringatan Kepada para Ilmuan 
4.2.1. Tidak masuk akal bagi orang ndeso berdiam diri atas kebodohannya. Dan tidak masuk akal bagi orang yang diberilmu berdiam diri atas ilmunya 
4.2.2. Apabila insan mempelajari ilmu dan meninggalkan sedangkan mereka berkasih-kasihan dengan lisan dan bermarah-marahan dengan hati serta berputus-putusan silaturrahmi, maka kenalah mereka kutukan Allah swt. saat itu. Ditulikan indera pendengaran mereka dan dibutakan mata mereka. 
4.2.3. Barang siapa bertambah ilmunya dan tidak bertambah petunuk, pasti ia tidak bertambah akrab melainkan bertambah jauh dari Allah SWT.. 
4.2.4. Di antara peristiwa dari seorang yang diberilmu ialah lebih suka ia berkata-kata daripada mendengar. 
4.2.5. Yang binasa dari umatku ialah orang diberilmu yang zalim dan orang diberibadat yang bodoh. Kejahatan yang paling jahat ialah kejahatanorang yang diberilmu dan kebaikan yang paling baik ialah kebaikan orang yang diberilmu. 
4.2.6. Pada hari final zaman dibawa seorang yang diberilmu, kemudian dilemparkan ke dalam neraka. Maka keluarlah isi perutnya. Dia mengelilingi isi perutnya itu menyerupai keledai mengelilingi gilingan gandum. Penghuni neraka mengelilingi, seraya bertanya: “Mengapa engkau begini?” Orang itu menjawaban: “Adalah saya menyuruh dengan kebaikan dan saya sendiri tidak mengerjakannya. Aku melaang dari kejahatan dan saya sendiri mengerjakannya”. 
4.2.7. Ulama (ilmuan) ini terbagi dua. Yang satu dianugerahi Allah swt. ilmu pengetahuan kemudian didiberikannya kepada orang lain dengan tidak mengharap apa-apa dan tidak dperjual belikan. Ilmuan (ulama) yang menyerupai ini didoakan kepadanya oleh burung-burung di udara, ikan-ikan didalam air, hewan-hewan di atas bumi dan para malaikat yang menuliskan perbuatan amal manusia. Dia dibawa kehdapan Allah swt. pada hari final zaman sebagai seorang tuan yang mulia sehingga menjadi mitra para Rasul Tuhan. Ilmuan yang satu lagi dianugerahi Allah SWT. ilmu pengetahuan dalam dunia ini, tapi ia kikir mempersembahkan kepada hamba Allah swt. mengharap apa-apa dan memperjual belikan ilmunya. Ilmuan menyerupai ini hadir pada hari final zaman mulutnya dikekang api neraka. Di hadapan orang banyak tampil seorang penyeru menyerukan: “INI si Anu anak si Anu, ia dianugerahi Allah swt. ilmu pengetahuan maka kikir ia mempersembahkannya kepada hamba Allah SWT., ia mengharap apa-apa dan memperjual belikannya”. Ilmuan tadi di azab hingga selesai manusia-manusia lain dihitung amalnya. 
4.2.8. Barang siapa yang ditanya wacana suatu ilmu kemudian ia menyembunyikannya (tidak mau menerangkannya), maka Allah swt. akan mengekangnya pada hari final zaman dengan kekangan dari api neraka. 
4.2.9. Barang siapa menuntut ilmu, yang mestinya untuk mencari ridha Allah swt kemudian ia tidak mempelajarinya kecuali spesialuntuk untuk mendapatkan harta dunia, maka ia tidak akan memperoleh anyir harumnya nirwana pada hari kiamat. 
4.2.10. Orang yang sangat rugi nanti pada hari final zaman ialah lagi-laki yang si waktu di dunia dan memungkinkan untuk menuntut ilmu, kemudian ia tidak mau untuk menuntut ilmu.Dan seorang yang mengajarkan ilmu, kemudian orang yang diajar mendapatkan manfa’at dari ilmunya, sedangkan dirinya tidak melaksanakanny.

4.3. Sikap terhadap Ilmu 
4.3.1. Seorang bertanya: “Ilmu apa engkau kehendaki?” Nabi menjawaban: “Ilmu pengetahuan mengenal Allah swt.” 
4.3.2. Pelajarilah olehmu ilmu yang kamu minati, 
4.3.3. Pelajarilah olehmu akan ilmu dan belajarlah untuk mendapat ilmu dengan ketenagaan dan kesopanan dan bertawadhu’lah kepada orang yang mengajarkan ilmu, 
4.3.4. Tuntutlah ilmu walau hingga ke negeri Cina, 
4.3.5. Tuntutlah ilmu dari kecil hingga renta renta (meningal dunia), 
4.3.6. Seorang ialah diberilmu selama ia menuntut ilmu, jikalau ia menganggap merasa sueah pandai, maka ia sudah bodoh.

5. Berdiskusi dan Seminar dengan Dasar Ilmu 
Setiap orang memiliki pendapat serta keyakinan tersendiri terhadap sesuatu obyek masalah. melaluiataubersamaini demikian nilai logika kebenaran ataupun obyektifitas dari hasil interaksi akan sangat dipengaruhi oleh pengetahuan masing-masing. Jika dua pendapat berhadapan, maka bukanlah persepsi dan praduga masing-masing yang diadu, akan tetapi argumentasi ilmiahnya. melaluiataubersamaini demikian yang dinilai ialah obyektifitas dan mutu logikanya, termasuk dalil aqli (ilmiah) dan naqli (wahyu)-Nya. Demikianlah yang dikehendaki Islam sebagaimana tersebut dalam QS.3:61, 66, 6: 143 dan 148, 2: 111, 27: 63-64 .

6. Peringatan Sesudah Mendapat Ilmu 
Ilmu ialah masukana untuk mencari kebenaran dan mendekati kebenaran. Siapa pun yang sudah mendapat ilmu, dalam disiplin apapun, semestinya mendayagunakan ilmunya dengan efektif mendekati kebenaran lewat jalur disiplin masing-masing. Jika lebih dari satu disiplin ilmu yang dipunyai, maka pendekatan kepada kebenaran harus dilakukan secara inter-disipliner. 

Kegagalan dalam mendayagunakan ilmu untuk memaslahatan dan kebenaran, beberapa kali Allah swt. memperingatkan dalam al-Qjr’an untuk diwaspadai oleh para ilmuan Lihat Q.S. 2:145, 3:19 10:93, 28:78, 39:49, 23:83, 26:14, 45:17. 

Tidak sedikit ilmuan yang contoh pemikirannya, perilaku dan perbuatannya berperihalan dengan hakekat keilmuannya sehingga merusak gambaran ilmuan itu sendiri dihadapan sesama insan maupun dihadap pemilik alam semesta dan pemilik kebenaran itu sendiri Allah SWT., alasannya ilmu itu ialah kebenaran yang polos, sedangkan insan ialah sejenis makhluk yang diamanati sebagai khalifah dibumi dengan sifat dan kemampuan yang complex, penuh liku-liku, samar, kontradiktif dan serba mungkin. Manusia selalu diliputi oleh dua kutub yang saling berperihalan; cinta dan benci, rendah hati dan sombong, nrimo dan ria, rela dan dengki, obyektifitas budi dan subyektifivitas emosi, kejerniahanpikiran dan kekotoroan hawa nafsu, kepuasaan memdiberi dan kerakusan menerima, kesadaran dan ekalpaan. melaluiataubersamaini kata lain antara malaikat dan iblis Ilahiyat surat al-Syam ayat 7-10. 

Dalam hal ini fungsi ilmu ialah memmenolong insan untuk memperluas jangkauan penalarannya, membuka horizon-horizon gres untuk mendapatkan informasi lebih banyak wacana sudut-sudut kebenaran. Sudah semestinya bagi ilmuan bahwa kebenaran ialah panglima. Dan fungsi ilmu ialah memmenolong menunjuk kepada kebenaran. 

TUGAS/LATIHAN 
  1. Tulislah minimal 15 dn terbaik 20 pertanyaan dan jawabanannya dari materi penggalan ini! 
  2. Tulislah Makalah dengan Judul: EKSISTENSI DAN FUNGSI ILMU/ILMUAN DALAM ISLAM
DAFTAR PUSTAKA 
  • Al-qur’anul Karim 
  • Al-Huffi, Ahmad Muhammad, DR., sopan santun Nabi Muhammad saw., Bulan Bintang, Jakarta, 1978 
  • Djatnika, Rachmad, DR. Sistem Etika Islam, Pustaka Islam Surabaya, 1985 
  • Masyhur, Kahar, Drs., Membina Akhlak dan Moral, Kalam Mulia Jakarta, 1987 
  • Muhammad TH., DR., Kedudukan Ilmu dalam Islam, Ikhlash Surabaya, 1982 
  • Salim, Hadiyah, Mukhtarul al Ahadits, PT. Al Ma’arif, Bandung, 1985 
  • Omar, Amin Hoesin, DR., Kultur Islam., Bulan Bintang Jakarta, 1981 
  • Ilyas, Yunahar, Drs. Lc. MA., Kuliah Akhlak, LPPI UMY: Yogyakarta, 2001 

LihatTutupKomentar