-->
Angkat Besi (Olahraga)
1 Tinjauan Umum
1.1 Pengertian Olahraga
Menurut Ensiklopedia Indonesia, sport atau olahraga berasal dari kata “Disportare” yang berarti bersenang-senang atau menghibur diri dimana olahraga diartikan sebagai kegiatan yang melaksanakan kemampuan fisik tertentu berupa kekuatan dan ketangkasan serta dilakukan dalam pertandingan atau perlombaan.

Menurut Undang-Undang No. 3 tahun 2005 wacana sistem keolahragaan nasional, olahraga ialah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta membuatkan potensi jasmani, rohani, dan sosial.

Menurut W.J.S Purwadaminta olahraga ialah tes gerak tubuh untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh menyerupai fitness, berenang, senam, aerobik, dan sebagainya.

Menurut International Council of Sport and Physical Education:
  1. Olahraga ialah setiap kegiatan jasmani yang mana bersifat semacam permainan dan yang melibatkan suatu bentuk pergolakan/perjuangan dalam arti sendiri atau dengan orang lain.
  2. Jika kegiatan ini menjurus pada bentuk persaingan, maka persaingan yang timbul harus ialah persaingan yang sehat dan sesuai dengan peraturan olahraga.
  3. Dapat dikatakan bahwa olahraga ialah suatu bentuk lain dari pendidikan yang istimewa.
Dari pandangan-pandangan tersebut maka sanggup disimpulkan pengertian olahraga, yaitu ialah kegiatan jasmani yang berafiliasi dengan fisik untuk kesehatan, kekuatan, dan kesejukan tubuh serta kegiatan ini mengandung unsur pendidikan, permainan, dan persaingan sehat yang dilakukan oleh diri sendiri maupun dengan orang lain yang dilakukan sesuai peraturan yang sudah ditentukan.

1.2 Sejarah Olahraga
Perkembangan olahraga tidak terlepas dari salah satu perkembangan peradaban manusia. Dimana pada zaman lampau orang purba sudah mempergunakan kekuatan dan kepandaian yang dimiliki untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dari setiap gerakan fisik yang mereka lakukan di dalam aktifitasnya menyerupai lari dan melompat untuk mengejar dan memburu buruannya, tanpa mereka sadari ini sudah ialah olahraga. Karena sifat insan yang ingin melebihi sesamanya maka secara tidak disadari terjadi persaingan ketangkasan dalam menangkap buruannya yang mana pada jadinya ketangkasan dan kekuatan itu berubah menjadi suatu perlombaan olahraga diantara mereka.

Sesudah perkembangan peradaban insan mulai maju perlombaan olahraga mulai meningkat dan dikaitkan dengan tujuan khusus, contohnya keagamaan, ini sanggup dilihat pada zaman Yunani kuno. Sejak zaman lampau, olahraga tidak spesialuntuk dianggap sebagai usaha membuat kesehatan dan membentuk tubuh, tetapi juga salah satu mata pelajaran. Mata pelajaran tersebut terdiri atas olahraga atletik (pentathlon) dan pasca lomba. melaluiataubersamaini perkembangan kebudayaan insan maka dari dasar olahraga atletik ini dikembangkan bermacam-macam olahraga lainnya yang bersifat permainan menyerupai tenis, bulutangkis, dll.

Tujuh fungsi kegiatan olahraga antara lain:
  1. Pelepasan emosi, olahraga ialah salah satu cara untuk menyatakan emosi dan mengendurkan tegangan
  2. Menunjukan identitas, olahraga mempersembahkan peluang untuk dikenal orang dan untuk menerangkan kualitas diri
  3. Kontrol sosial olahraga mempersembahkan cara untuk mengontrol orang, dalam suatu masyarakat bila ada penyimpangan berlaku
  4. Sosialisasi, olahraga sanggup berperan sebagai satu cara untuk terjadi kontak sosial sesama penggemar olahraga
  5. Agen perubahan, olahraga menghasilkan perubahan sosial, contoh sikap baru, dan menjadi salah satu faktor pengubah sejarah
  6. Semangat kolektif, olahraga membuat semangat yang membuat orang bersatu untuk mencari tujuan bersama
  7. Sukses, olahraga mempersembahkan suatu perasaan berhasil, baik sebagai pemimpin regu yang memperoleh sukses.
(M. Wilkerson dan Doddde. “What Sport Does for People”, Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 1979:50-51):

Tempat berlangsungnya olahraga sanggup dibedakan menjadi dua:
1. Olahraga indoor
Latihan gerak tubuh untuk menyehatkan tubuh yang dilakukan di dalam ruangan. Kebutuhan akan masukana indoor disebabkan oleh cuaca, misal hujan, angin, dan lainnya sehingga tidak memungkinkan untuk berolahraga di lapangan terbuka.

2. Olahraga outdoor
Latihan gerak tubuh untuk menyehatkan tubuh yang dilakukan di luar ruangan terbuka. Olahraga ini biasanya tidak dibatasi oleh suhu, kecepatan pergerakan angin.

Menurut Undang-Undang No. 3 Tahun 2005 potongan IV pasal 17,
Ruang lingkup olahraga mencakup kegiatan:
  1. Olahraga pendidikan;
  2. Olahraga rekreasi; dan
  3. Olahraga prestasi.
Menurut Engkos Kosasih, jenis kegiatan olahraga yang perlu diketahui sanggup dikelompokkan menjadi (Kosasih, 1985: 8-9):
1. Olahraga pendidikan
Tujuan yang ingin dicapai melalui pendidikan ialah meningkatkan kemampuan kognitif, efektif, dan psikomotorik. Selain itu olahraga pendidikan ini juga bertujuan membina dan meningkatkan kesejukan jasmani secara keseluruhan (total fitness), bersifat memupuk sportifitas, dan apresiasi terhadap olahraga sebagai potongan dari kehidupan sehari-hari.

2. Olahraga prestasi
Kegiatan olahraga yang bertujuan pada tercapainya peningkatan prestasi olahraga setinggi-tingginya, sesuai cabang olahraga tertentu.

3. Olahraga rekreasi
Olahraga ialah aktifitas jasmani untuk memperoleh kesejukan jasmani dan rohani yang dilakukan pada waktu luang. Tujuan utama dari olahraga rekreasi ini ialah untuk memperoleh kesenangan dan kepuasan.

4. Olahraga massal
Bertujuan menjangkau seluruh lapisan masyarakat contohnya dengan melaksanakan gerak jalan dan lain sebagainya.

5. Olahraga khusus
Olahraga ini mencakup beberapa aspek jenis tertentu yaitu sesuai dengan cacat jasmani dengan tujuan pada penguasaan dan keahlian jenis olahraga tertentu, serta mencakup beberapa aspek pula kegiatan olahraga yang bertujuan penyembuhan sebagai terapi (rehabilitasi).

Tinjauan terhadap gymnasium
  1. Gymnasium ialah lapangan atau ruangan luas yang digunakan sebagai daerah untuk latihan dan berolahraga. Bangunan ini dikellilingi oleh banyak kolom dan juga terdapat lobby, toilet, ruang sauna, dan sebagainya.
  2. Ruangan yang di dalamnya terdapat peralatan untuk tes fisik atau untuk pembentukkan tubuh (Longman, Dictionary of Contemporary English, British National Corpus). Gymnasium ada semenjak lampau dan terdapat di negara romawi, lantaran bangsa romawi sudah mengenal adanya laga kekuatan dan disediakan daerah untuk laga kekuatan yaitu Colosseum. Gymnasium biasanya terdapat kemudahan yang menunjang olahraga lainnya. Biasanya menyerupai loker dan semacam kemudahan service umum, menyerupai toilet, cleaning service sehingga hampir sama dengan bangunan publik lainnya.
1.3 Pengertian Fitness
Dalam bahasa Inggris, fitness mempunyai dua arti suku kata yaitu fit ialah sehat dan –ness, bila digabungkan mempunyai arti kebugaran. 

Sehat secara jasmani :
  • Keadaan atau tingkatan fisik makhluk hidup yang bebas dari segala penyakit atau cacat tubuh dimana seluruh potongan atau komponen tubuh berfungsi dengan baik serta memenuhi investigasi medis mencakup antropometri, fisiologi, biokimia, dan patologi anatomi (sumber: WHO)
  • Kesehatan tubuh/badan yang baik hasil dari olahraga teratur, nutrisi dan diet yang benar serta istirahat yang baik.
  • Indikator dari sehat secara jasmani ialah perbandingan tinggi dan berat badan.
Sehat secara rohani :
  • Keadaan atau tingkatan makhluk hidup dimana secara individu sadar akan potensi diri sendiri, sanggup mengatasi tekanan atau masalah, dan bisa bekerja secara produktif, serta mempunyai kemampuan untuk mempersembahkan bantuan bagi masyarakat atau komunitasnya (sumber: WHO)
  • Tingkat emosional dan psikologi makhluk hidup yang bisa menggunakan kapasitas emosi dalam hidup sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
  • Indikator dari sehat secara rohani ialah tingkat efektifitas dan kesuksesan dari fungsi seseorang dalam kehidupan sosial.
Kebugaran secara jasmani : 
  • Kapasitas secara fisik yang menggambarkan kemampuan seseorang dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.
  • Serangkaian karakteristik (misalnya, pekerjaan kapasitas jantung dan paru-paru anda, kekuatan dan daya tahan otot anda, dan fleksibilitas dari sendi) yang terkait dengan kemampuan seseorang untuk melaksanakan kegiatan fisik (sumber: American College of Sports Medicine)
  • Kemampuan tubuh untuk berfungsi secara efektif dan efisien di dalam pekerjaan dan aktifitas lainnya.
Kebugaran secara rohani :
  • Perkembangan kualitas kepribadian untuk bertahan dalam tekanan, kesusahan, dan persoalan yang didapatkan dari religi/agama, filosofi, dimana akan membentuk dasar dari karakter, pengambilan keputusan dan integritas seseorang (Lewis 10)
  • Komponen dari nalar sehat makhluk hidup yang sanggup memmenolong melewati masa susah kehidupan (Mark 13).
(Ade Rai, Tingkatkan Fitness IQ Anda! : Rahasia tuntas bakar lemak & gaya hidup sehat, 2009) :
Fitness ialah gaya hidup yang mempunyai 3 elemen dasar, yakni olahraga teratur, nutrisi teratur, dan istirahat teratur.

1.4 Sejarah Fitness
Pada tahun 1983 Klub fitness (kebugaran) dibuka oleh Mark Mastrovda, Leonard Schlemm dan mitra, mereka melanjutkan ekpansi mereka di dunia fitness (kebugaran) pada tahun 1991 ketika Mark Mastrov disewa Golob sebagai Vice President Pemamasukan. Maka dimulailah kampanye pemamasukan fitness (kebugaran) dengan menyewa Pamela Anderson, Arnold Schwarzenegger dan Mike Tyson sebagai kampanye promosi untuk memperkenalkan fitness (kebugaran) serta merekrut anggota anggota gres untuk fitness (kebugaran).

Selama masa jabatan Mark Mastrov di Golob Mastrov, bersama dengan Tom Gergley, mulai merencanakan pengembangan klub-klub kesehatan secara internasional. Pada tahun 1994, 24 hour Nautilus bermitra dengan McCown De Leeuw dan tidak usang kemudian memperoleh California Selatan berbasis sentra kebugaran Keluarga, mengubah nama perusahaan 24 hour Nautilus.

Pada tahun 2004, 24 Hour Fitness menjadi sponsor 2004-2008 tim Olimpiade Amerika Serikat. Hibah keanggotaan sponsor untuk Olimpiade US dan termasuk upgrade ke beberapa Pusat Petes Olimpiade AS di seluruh negeri, termasuk renovasi kemudahan di Colorado Springs, CO pada tahun 2004 yang akan diikuti oleh Lake Placid, NY dan Chula Vista, CA.

24 Hour Fitness bekerja dengan NBC untuk membuatkan sebuah acara reality show, The Biggest Loser, yang menampilkan kelebihan berat tubuh 12-22 kontestan yang bersaing untuk menurunkan berat tubuh lebih dari beberapa juta dolar. Acara disiarkan pertama pada final 2004.

24 Hour Fitness mempunyai sekitar 3 juta anggota dan hampir 400 klub di 16 negara, dan lebih dari 20 klub di lima negara Asia. Selain Amerika Serikat, mempunyai pusat-pusat di Asia (Singapura, Hong Kong, Taipei dan Taichung di Taiwan, Beijing dan Shanghai di China) melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya California Fitness, bekas sentra di Korea, Thailand, dan Malaysia sudah ditutup atau dijual off, termasuk tiba-tiba penutupan pada anggota dikontrak tanpa reinbursement, klub-klub Eropa ditutup pada pertama 2000-an. Pesaing utamanya di AS Anytime Fitness, Bally’s, Gold’s Gym, dan LA Fitness. Pesaing utamanya di Asia juga sama, ditambah Fitness First Rantai Australia. Bekas afiliasi California Wow Xperience (CEO ialah mantan direktur Fitness Cali), ialah sebuah cabang California Fitness, yang digunakan untuk mempunyai anggota perjanjian swap dengan kedua rantai (tapi kini dihentikan), dan menjalankan sentra kebugaran yang terletak di Bangkok, Chiang Mai dan Pattaya, Thailand, termasuk salah satu klub spesialuntuk perempuan. Di Asia, pesaing utamanya Fitness First dan Gold’s Gym.

24 Hour Fitness berencana untuk mempunyai lebih dari 1000 klub dalam lima tahun, dengan sponsor melalui banyak sekali selebriti dan atlet menyerupai Jackie Chan, Lance Armstrong, Shaquille O’Neal, Dan Andre Agassi. Call center selama 24 Hour Fitness dijalankan oleh NARS (Pemulihan Aset Nasional Servis, Inc), dengan 24 Hour Fitness Member Services berada di Republik Panama. Layanan koleksi pernah ditangani oleh salah satu aliansi hingga Maret 2008, ketika NARS mengambil alih koleksi selama 24 Hour Fitness. Koleksi NARS departemen berada di luar Montego Bay, Jamaika.

24 Hour Fitness dikala ini mempunyai 6 tingkat Klub: Fit-Lite, Express, Aktif, Sport, Super-Sport, dan Ultra-Sport. Selain 24 Hour Fitness sudah tanda tangan klub dengan Andre Agassi, Lance Armstrong, Derek Jeter, Magic Johnson, dan Shaquille O’Neal, serta Jackie Chan dan Yao Ming dalam klub-klub di Asia. (Sumber: superathletic.blogspot.com)

1.5 Fitness Center (Pusat Kebugaran)
Dalam Bahasa Inggris fitness center berasal dari kata fitness dan center, yang dalam Bahasa Indonesia fitness artinya kebugaran dan center artinya pusat, jadi fitness center ialah sentra kebugaran. 

Menurut Giriwijoyo (2004:36): “pusat kebugaran ialah suatu kegiatan dalam ruangan dengan memberikan kegiatan olahraga dari yang tanpa menggunakan alat, hingga yang menggunakan alat-alat yang mahal dan canggih, yang diantaranya bertujuan prestasi.”

Kemudian Hanafi (1997:9) menerangkan bahwa: “pusat kebugaran ialah daerah olahraga dalam ruangan yang memberikan banyak sekali acara tes kebugaran dengan kemudahan dan peralatan yang mutakhir”.

Dikarenakan usaha ini bergerak di bidang jasa, maka para pelaku usaha ini niscaya bersaing dalam menarikdanunik pelanggan sebanyak-banyaknya dan berupaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya, hal ini dilakukan dengan cara memberikan pelayanan yang bervariasi diantaranya penyediaan masukana dan pramasukana yang lengkap dan nyaman hingga penyediaan jasa personal trainer atau instruktur. Upaya-upaya yang sudah disebutkan sebelumnya dilakukan oleh pengelola ialah salah satu cara untuk membuat kepuasan pelanggan sehingga pelanggan sanggup tertarik menggunakan kemudahan yang disediakan oleh pengelola.

Mengenai sejarah fitness center, Almiriasari (2004:44) menerangkan bahwa: “...sejak tahun 1950 sudah berdiri sebuah fitness center yang masih aktif hingga sekarang, walaupun pada waktu itu kegiatannya spesialuntuk terserius pada hal prestasi olahraga binaraga, angkat besi dan beladiri saja”.

Memang pertamanya olahraga fitness dikenal sebagai olahraga angkat besi atau olahraga binaraga yang pada dikala itu olahraga ini identik dengan orang-orang yang bertubuh besar dengan massa otot yang besar dan kuat, tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan berubahnya kebutuhan di masyarakat terhadap olahraga ini, sehingga ada perubahan persepsi masyarakat wacana olahraga fitness, yaitu anggapan bahwa olahraga fitness spesialuntuk bertujuan untuk membentuk tubuh menjadi besar dan berotot saja, melainkan sudah banyak anggota masyarakat yang menganggap bahwa olahraga fitness ialah salah satu olahraga yang sanggup dijadikan sebagai gaya hidup sehat. Seperti yang diungkapkan Ade Rai pada bukunya yang berjudul “Tingkatkan Fitness IQ Anda (2009:1)” yaitu “fitness ialah gaya hidup yang mempunyai 3 elemen dasar yakni olahraga teratur, nutrisi teratur dan istirahat teratur”. Makara secara tidak eksklusif olahraga ini pun sudah merubah kebiasaan atau contoh hidup masyarakat menjadi contoh hidup sehat dengan olahraga.

Fitness Center ialah salah satu produk dari industri yang menghasilkan jasa, Kotler and Keller (2006: 372) mengemukakan pengertian jasa (service) sebagai diberikut: “A service is any act or performance that one party can offer to another that is essentially intangible and does not result in the ownership of anything. Its production may or may not be tied to a physical product”. (Jasa ialah setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan. Produksi jasa sanggup terikat atau tidak terikat pada suatu produksi fisik).

Selanjutnya Stanton (2002: 537) mengemukakan definisi jasa sebagai diberikut: “Service are identifiable, intangible activities that are the main object of a transaction designed to provide want-satisfaction to customers. By this definition we exclude supplementary service that support the sale of goods or other services. (Jasa ialah aktifitas tidak berwujud yang diidentifikasi sebagai obyek utama dari bentuk transaksi yang menyediakan kepuasan kepada pelanggan). 

Jasa intinya ialah seluruh aktifitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada dikala bersamaan mempersembahkan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud bagi pembeli pertamanya.

Berdasarkan beberapa definisi diatas maka sanggup disimpulkan bahwa jasa ialah sesuatu yang mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut:
  1. Suatu yang tidak berwujud, tetapi sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan
  2. Proses produksi jasa sanggup menggunakan atau tidak menggunakan menolongan suatu produk fisik
  3. Jasa tidak menjadikan peralihan hak atau kepemilikan
  4. Terdapat interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa.
Mengingat kunci keberhasilan yang utama bagi setiap perusahaan khususnya perusahaan jasa ialah kepuasan pelanggan, maka kualitas pelayanan ialah ialah prioritas utama yang harus ditingkatkan dan dipelihara, lantaran melalui pelayananlah pelanggan sanggup mencicipi kepuasan yang dan ketidakpuasan. Oleh lantaran itu dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, maka kesentidakboleh antara cita-cita dan kinerja kasatmata yang dirasakan oleh pelanggan terkena atribut-atribut yang dianggap penting oleh pelanggan harus diusahakan sekecil mungkin. Kepuasan pelanggan spesialuntuk sanggup tercapai bila kinerja perusahaan sanggup memenuhi cita-cita mereka.

1.6 Kategori Fitness Center
Berdasarkan kelengkapan fasilitasnya fitness center sanggup dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:
1. Fitness Center Kategori Satu (fitness center kecil/golongan satu)
Terdapat kemudahan berupa area fitness dan senam. Alat-alat fitness yang tersedia umumnya sangat simple, tidak mewah, dan desain interior ruangannya sangat biasa atau tidak di desain sama sekali. Biasanya spesialuntuk terdapat alat kardio menyerupai satu atau dua alat treadmill dan sepeda stationer dan satu set peralatan weight pelatihan dan dumble. Tidak ada sauna, tidak ada whirlpool, dan tanpa ruangan massage. misal: Body Fit Station, Daan Mogot Mall, Jl. Daan Mogot Km. 16, Jakarta Barat.

2. Fitness Center Kategori Dua
Dari segi alat golongan dua hampir sama dengan fitness center golongan satu tetapi ditambah dengan sauna dan ruang massage.

3. Fitness Center Kategori Tiga
Kategori ini dianggap paling lengkap. Selain terdapat sauna, spa, dan aromatheraphy serta whirlpool. Alat-alat fitness tersedia cukup banyak, lengkap dan berkarakter. Biasanya alat yang dikelompokkan contohnya untuk tubuh potongan atas, kaki, dan tubuh potongan bawah. Hampir tiruana fitness center mempunyai loker, ruang ganti, dan kamar mandi dengan shower. Fitness center juga dilengkapi dengan kemudahan kolam renang sehingga daerah ini juga disebut Health Club. misal: Fitness First, Celebrity Fitness, Gold’s Gym, Klub Ade Rai, dan lain-lain.

1.7 Jenis Aktifitas Fitness
Pada umumnya acara fitness bertujuan untuk mencapai kebugaran puncak dan pembentukan tubuh yang ideal, meliputi:

· Lima Tahap Program Fitness
Suatu dasar acara umum untuk menerima hasil secara kondusif pada tes-tes sesuai yang diharapkan, yang terdiri dari:
  1. Pemanasan (Warm-up)
  2. Pembakaran kalori (Aerobic)
  3. Kelenturan
  4. Pembentukan serta penguatan tubuh secara total
  5. Pendinginan
· Body Sclupting
Program untuk para anggota yang ingin mempunyai tubuh yang ideal dan simetri dengan “Total Body Work-Out” dengan hasil:
  1. Pengencangan (pemadatan otot) tertentu
  2. Penambahan ukuran (Hypertrophy) khusus para binaragawan (Body Builders)
  3. Khusus acara bagi ibu-ibu sehabis melahirkan
· Explosive Power
Program untuk memperoleh tenaga lebih yang didiberikan kepada:
1. Atlet-atlet Weight Lifter
Atlet angkat besi yang bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, fleksibilitas, serius, kemampuan, disiplin (sangat penting), atletis, fitnes, metode, mental dan kekuatan fisik. Kata "angkat besi" biasanya secara tidak resmi digunakan sebagai tes beban. 

2. Pesenam
Atlet senam yang melaksanakan cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. 

3. Pegulat atau sumo
Atlet gulat atau sumo yang melaksanakan kontak fisik antara dua orang, di mana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau sanggup mengontrol musuh mereka. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat ialah joint lock, Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage. Teknik ini sanggup mengakibatkan luka yang fokus. Banyak gaya gulat yang diketahui dunia dan mempunyai sejarah yang panjang, dan olahraga gulat sudah menjadi olahraga olimpik lebih dari 100 tahun. 

4. Atlet tolak peluru
Tolak peluru ialah salah satu cabang olahraga atletik. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Berat peluru:
  • Untuk senior putra = 7.257 kg
  • Untuk senior putri = 4 kg
  • Untuk bau kencur putra = 5 kg
  • Untuk bau kencur putri = 3 kg
· Program Ketahanan Tubuh (Endurance)
Program untuk para anggota yang ingin mendapatkan daya tahan tubuh tanpa mempunyai kelelahan yang berat, sekaligus memperbesar metabolisme dan pembakaran kalori tinggi. Anggota akan diarahkan pada peralatan Cardio Machine:
1. Low Impact
melaluiataubersamaini intensitas dan impact pada persendian yang lebih rendah menyerupai pilates, stretching, yoga, les mills body balance, dan lain-lain.
  • Pilates ialah salah satu bentuk tes gerak tubuh (olahraga) yang dikembangkan oleh Joseph Pilates. Olahraga ini menekankan keseimbangan tubuh melalui core strength (kekuatan inti atau kekuatan pusat: kekuatan seimbang dari otot-otot dalam dan luar tubuh yang menstabilkan, meluruskan, dan menggerakkan batang tubuh, terutama potongan perut dan otot belakang); kelenturan; dan kesadaran biar efisien dalam pergerakan yang anggun. Latihan ini diseriuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh potongan tubuh. Olahraga ini sanggup memperbaiki postur tubuh yang kurang tepat dan juga sanggup memperbaiki masalah-masalah yang berafiliasi dengan kelainan tulang belakang. (sumber: duniafitnes.com)
  • Stretching ialah bentuk dari penguluran atau peregangan pada otot-otot di setiap anggota tubuh biar dalam setiap melaksanakan olahraga terdapat kesiapan serta untuk mengurangi dampak cedera yang sangat rentan terjadi. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat otot dan persendian menjadi fleksibel dan elastis. (sumber: yukez.wordpress.com)
  • Yoga ialah kegiatan olahraga yang mengedepankan kontrol atas aktivitas-aktivitas tubuh, indra, dan pikiran. Yoga sanggup mengolah tubuh untuk mengatasi stres, depresi, lelah, dan nyeri punggung. Ada 8 tahapan yoga yaitu yama, niyama, asana, pranayama, pratyahara, dharana, dhyana, samadhi. (sumber: carapedia.com)
  • Les Mills Body Balance ialah olahraga yang menggabungkan unsur serta gerakan Yoga, Tai Chi, dan Pilates. Olahraga ini mengontrol pernafasan, serius, dan men-struktur dari peregangan dan pergerakan untuk membangun kekuatan, fleksibilitas biar terjadi keharmonisan dan keseimbangan tubuh.
2. High Impact
melaluiataubersamaini intensitas dan impact pada persendian yang lebih tinggi, menyerupai kelas-kelas Aerobik Freestyle, Spinning/RPM, Body Combat, Body Pump, dan lain-lain.
- Aerobik Freestyle ialah olahraga aerobik di mana pelatih kelompok melaksanakan beberapa kombinasi koreografi tari pendek dan mengajarkan mereka dalam kelas aerobik. Hal ini biasanya dicapai dengan mengajarkan gerakan 1-2 pada satu waktu dan mengulangi gerakan koreografi hingga seluruh penerima sanggup bergabung mem-praktekkan bersama-sama. Musik aerobik digunakan di dalam kelas. Hal ini kadang kala diikuti dengan kegiatan yang menggunakan tes berat tubuh untuk memperkuat otot-otot dan peregangan rutin untuk mendinginkan dan meningkatkan fleksibilitas. Durasi dalam kelas biasanya 30-60 menit termasuk penerapan peralatan menyerupai barbel, aerobic step, atau bobot kecil. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kebugaran aerobik, fleksibilitas dan kekuatan. (sumber: id.prmob.net)

- Spinning atau RPM (Revolutions Per Minute atau Rotasi Per Menit) ialah olahraga aerobik intens dalam ruangan menggunakan sepeda statis yang diiringi musik dengan variasi beat dan kata-kata penuh motivasi dari instruktur. Berlatih Spinning mempunyai bermacam-macam manfaat. Yang terpenting, memperabukan kalori (sehingga sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan), memperkuat otot jantung, mengencangkan otot paha, pantat, betis, dan pinggul, serta otot-otot upper body layaknya bahu, punggung, hingga perut (abdominal). 

Setidaknya ada enam gerakan utama dalam tes spinning, yaitu Seated Flat, Standing, Jump, Hover, Sprint dan Body Move. Seated Flat dilakukan dengan duduk dan memegang stang (handle) menyerupai naik sepeda biasa. Posisi Standing ialah mengayuh dengan posisi berdiri. Sementara Jump ialah kombinasi antara Seated Flat dan Standing. Perbedaan Hover spesialuntuk dalam memegang stang, posisi tangan lebih membungkuk, sehingga akan menekan otot pantat, pinggang belakang, dan punggung. Posisi ini sangat terasa pada otot upper body, terutama dikala beban ditambah (persis menyerupai menaiki sepeda dengan kondisi menanjak). Posisi body move lebih memanfaatkan tiruana otot tubuh. Latihan ini jarang sekali dilakukan oleh pelatih lantaran sangat berat. Biasanya metode ini akan membuat penerima mengangkat pantat dari dudukan (saddle) lantaran beban yang berat. Selain variasi gerakan, pegangan pun bisa beragam. Ada flat (biasa, tepat di depan dada), wide (agak ke samping), climb (menanjak, sedikit di atas posisi pegangan wide), close to head (stang di atas, sehingga tubuh lebih membungkuk) dan hover (lebih membungkuk lantaran posisi stang agak di bawah). (sumber: lifestyle.okezone.com)

- Body Combat ialah salah satu dari kelas kebugaran yang menggabungkan seni bela diri dari seluruh dunia. Body Combat terinspirasi ilmu bela diri menyerupai Taijiquan, Muay Thai, Taekwondo, Kungfu dan Karate. Biarpun mengusung nama besar ilmu bela diri namun penerima kelas Body Combat tidak diharuskan mempunyai stamina ataupun ketahanan otot kolam atlet dan tidak mempunyai gerakan kontak fisik menyerupai bela diri umumnya. Karena Body Combat ialah kelas dimana penerima mengatur sendiri intensitas gerakan maka keamanan serta keberhasilan tiruana tergantung kepada peserta. Body Combat menyerupai olah raga tipe aerobik lainnya mempunyai laba meningkatkan kerja jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung. Body Combat juga melatih keseimbangan badan, koordinasi serta kecepatan. Karena memperabukan banyak kalori Body Combat tentunya menaikkan tingkat kepercayaan diri penerima lantaran memmenolong pembakaran lemak serta membentuk otot. (sumber: lifestyle.okezone.com)

- Body Pump ialah cara tercepat dan terbaik dalam memperabukan lemak sekaligus membentuk otot-otot tubuh. Kelas ini mengkondisikan dan melatih otot-otot tubuh dengan beban yang sanggup diubahsuaikan dengan kemampuan potongan tubuh yang dilatih. Olahraga ini cocok dan tepat bagi laki-laki maupun wanita. Pemilihan musik dan koreografi akan membuat anda semakin bersemangat mengikuti kelas ini. Kelebihan dari kelas Body Pump ialah Anda sanggup mengatur beban yang digunakan, mulai dari 0.5 kg, 1.25 kg, 2.5 kg, hingga 5 kg. Dalam tes ini, sanggup menentukan beban yang akan digunakan dan juga sanggup mengkombinasikan beban-beban tersebut. Hal pertama yang dilakukan dites ini ialah pemanasan. Hal ini untuk mendapatkan seluruh tubuh bergerak sehingga spesialuntuk menggunakan beban enteng. Kemudian potongan besar menyerupai kaki, dada dan punggung akan dilatih sehabis pemanasan, nagian tersebut ialah otot besar sehingga memerlukan bobot sedikit lebih besar. Beban yang digunakan antara 10 kg – 30 kg. Trisep, bisep dan pundak ialah otot-otot tangan, potongan ini ialah otot kecil, jadi tidak perlu beban terlalu berat untuk melatihnya, cukup 5 kg – 10 kg. Bagian perut juga sanggup dilatih untuk memmenolong mendukung dan memperkuat postur inti Anda. Bagian terakhir dalam tes Body Pump ialah pendinginan, potongan ini penting sehabis tes keras untuk meregangkan otot-otot, lantaran akan meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi resiko rasa nyeri otot atau cedera. (sumber: lifestyle.kompasiana.com)

3. Tae Bo
Sistem kebugaran tubuh total yang menggabungkan metode Martial Arts menyerupai menendang dan meninju. Tae Bo dirancang sebagai banyak sekali jenis aerobik dan konsep tes kardio yang diseriuskan pada jiwa, pikiran dan tubuh sehingga Tae Bo bermanfaa secara fisik dan mental. Latihan ber-intensitas tinggi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan, daya tahan otot dan fleksibilitas.

4. Aqua Aerobic
Latihan aerobik yang dilakukan di kolam renang di mana dibekali persediaan air dan penambahan resistansi. melaluiataubersamaini intensitas dan dampak yang rendah pada tubuh, aqua aerobic ini sangat menguntungkan untuk tes bagi yang kelebihan berat badan, lansia, pasca-medis, dan berolahraga dikala hamil.

5. Step Reebok
Step Reebok ialah salah satu tes terbaik yang sanggup dilakukan untuk mendapatkan kebugaran kardiovaskular, pembentukan otot tubuh potongan bawah, dan pembakaran kalori. Latihan ini mempunyai tiga tingkat ketinggian yang sanggup diubahsuaikan untuk variasi intensitas tes. 

6. Pengurangan Berat Badan (Lose Weight)
Pengurangan berat tubuh dengan cara yang sangat bahagia. Programnya berupa pelayanan pengukuran, penimbangan tubuh serta mendapatkan acara “Lose Weight” dikombinasikan dengan pemakai alat dan non-alat serta pengarahan (konsultasi) nutrisi.

7. Kelenturan serta Relaksasi (Flexibility and Relaxation)
Suatu tes kelenturan dan relaksasi dimana akan didiberikan tes secara individu maupun kelompok baik sebelum maupun sehabis latihan.

8. Khusus para atlet
Program bagi para atlet-atlet yang ingin meningkatkan prestasi akan didiberikan acara khusus sesuai dengan cabang olahraganya:
  • Sepak bola
  • Selancar
  • Judo
  • Badminton
  • Senam 
  • Tenis 
  • Squash
  • Atletik, dan lain-lain.
1.8 Fasilitas Peralatan Fitness
Peralatan fitness yang biasa digunakan untuk menunjang banyak sekali acara fitness antara lain:
· Cardio Machine (Computerized)
  1. Life Fitness Product (Life Cycle, Life Step, Life Rower, Life Stride)
  2. Star Trac (Treadmill, Elliptical)
Treadmill : Sebuah mesin fitness dengan jalur yang bergerak di mana seseorang berjalan tanpa bergerak maju. Alat ini sanggup melatih kemampuan kardiovaskular, memperabukan kalori dan sanggup melangsingkan tubuh bila dilakukan dalam porsi yang tepat.

Elliptical : Salah satu mesin fitness yang melatih otot tubuh potongan bawah dan atas dengan mengkombinasikan gerakan jalan dan mendaki tangga. Latihan dengan menggunakan mesin ini sanggup mengencangkan otot-otot tubuh serta memperabukan kalori dan lemak.

3. Cybex (Cycle, Bike)
Cybex ialah merek berkarakter tinggi alat treadmill, alat treadmill yang dimaksudkan ialah mesin fitness bersepeda (cycle/bike), mesin ini melatih otot tubuh potongan bawah menyerupai perut, kaki. Latihan dengan menggunakan mesin ini sanggup memperabukan kalori dalam jumlah besar.

4. Reebok (Sky Walker)
  • Exercise Machine
  • Cybex
  • Pasific
  • Vectra
  • Paramount
  • Keiser (Hydraulic System)
Beberapa alat kebugaran yang pernah disediakan untuk konsumen:
  • Treadwall : Alat yang dibuat seolah sedang memanjat tebing yang sanggup diatur kemienteng dan kecepatannya. Alat ini baik untuk kesehatan kardiovaskular, kekuatan otot, koordinasi dan stabilitas
  • Bosu : Singkatan dari both sides up. Bentuknya menyerupai bola besar yang dibagi dua bagian. Alat ini bermanfaa untuk melatih keseimbangan.
  • Pilates Rings : Bentuknya menyerupai cincin dengan diameter 35 cm. Bagian luar bulat terbuat dari materi plastik yang lentur, di potongan dalamnya terdapat besi yang juga lentur. Alat ini bermanfaa untuk melatih ketahanan tubuh yang diperoleh menekan lingkarannya ke arah dalam maupun ke luar.
  • Foam Rollers : Bentuknya menyerupai tabung silinder, dengan panjang 45 cm dan diameter 14 cm, empuk dan enteng. Alat ini bermanfaa untuk melatih keseimbangan, batang tubuh, peregangan, relaksasi, dan rehabilitasi.
  • Kettlebell : Bentuknya menyerupai anting hidung sapi yang dibuat dari besi. Alat ini bermanfaa untuk melatih fleksibilitas, ketahanan kardiovaskular, dan mencegah nyeri punggung.
  • Kinesis : Konsep dari alat ini ialah memalsukan gerakan yang biasa dilakukan sehari-hari menjadi suatu bentuk tes yang mencakup peregangan, resistensi, kekuatan dan lain sebagainya. Alat ini bermanfaa untuk mengencangkan otot.
  • Power Jump : Kelas aerobic menggunakan trampoline. Alat ini sanggup digunakan selama satu jam dengan berat 100 kg. Alat ini bermanfaa untuk mengencangkan otot perut, mengurangi berat badan.
  • Gravity Training System : Bentuk alat ini menyerupai dipan, bisa bergerak bebas dan salah satu sisinya bisa dinaikkan. Selain menggunakan berat tubuh sendiri dan gravitasi bumi, alat ini juga bermanfaa untuk orang cedera serta melatih otot secara bersamaan. Disamping melatih kardiovaskular, alat ini juga bisa melatih kekuatan.
  • Body Vive : Latihan Low-impact, kombinasi antara aerobic, kekuatan, elemen dari yoga, dan tai-chi. Alat ini bermanfaa untuk kardiovaskular, fungsional strength, care and restore.
  • Mesin Selectorized dan Kabel : Mesin ini memberikan tubuh mengikuti gerakan yang sudah ditentukan. Sangat simpel bagi yang ingin menghemat waktu dan tenaga lantaran beban angkatan bisa eksklusif ditentukan dengan mencolokkan pin pada beban yang diinginkan dan tidak melibatkan bongkar pasang pienteng beban.
  • Mesin Plate-loaded : Mesin ini memberikan tubuh mengikuti gerakan yang sudah ditentukan. Melibatkan bongkar pasang pienteng beban dan cukup efektif lantaran memberikan kenyamanan tetapi gerakannya menyerupai gerakan dengan menggunakan beban lepas (free-weights).
  • Dumbell : Dumbell ialah beban lepas yang bisa digenggam satu pada masing-masing tangan. Lebih pendek dan kecil. Hanya dengan menggunakan dumbell, kita bisa melatih seluruh otot rangka utama tubuh kita.
  • Barbell : Barbell ialah bilah besi panjang (beban lepas) yang kedua ujungnya bisa diisikan beban.
  • Plate : Plate ialah pienteng beban yang tersedia untuk mengisi beban pada barbell, beberapa dumbell konvensional, dan mesin plate-loaded. Tersedia dari beban 1,25 kg hingga 20 kg.
Peralatan fitness sanggup dikelompokkan menjadi 2 jenis menurut penerapannya, yaitu: 
Alat Fitness Komersial 
Alat fitness komersial, biasa kita jumpai di fitness center atau tempat-tempat kebugaran, lantaran sanggup digunakan dengan cara menyewa atau menggunakan kartu member, maka alat fitness ini tergolong alat fitness komersial. Biasanya alat ini mempunyai fungsi yang tidak sama tiap masing-masing alatnya (single station), contohnya yang serius untuk membentuk otot lengan, otot betis, membentuk perut, memmenolong pernapasan dan lain sebagainya. Jenis-jenis alat fitness komersial diantaranya:

- Butterfly machine
Untuk melatih otot Pectoralis (otot dada) terutama potongan tengah. Teknik penerapannya yang membuka ke arah depan dan belakang, menyerupai kepakkan akup kupu-kupu, maka alat ini disebut butterfly machine. Ini ialah salah satu alat kesukaan penggemar fitness. 

- Chest Press Machine
Untuk melatih otot dada potongan tengah (Pectoralis). Fokus tesnnya dengan arah mendorong ke depan. Keunggulannya ialah bentuk pegangannya yang memungkinkan gaya dorong secara vertikal atau horisontal dan mempersembahkan imbas tekanan yang tidak sama pada otot dada.

- Leg Press, Leg Extention dan Leg curl
Untuk melatih otot Quadriceps dan Vastus Medialis (otot paha). Alat ini hampir selalu ada di banyak sekali fitness center, bisa dikatakan alat wajib fitness centre. Untuk leg press ukuran kecil.

- Rowing Machine
Untuk melatih otot punggung/akup (trapecius). Alat yang dilengkapi dengan plate beban internal seberat ±75 kg, dengan ketebalan besi baja ±2 mm ini juga ialah alat wajib untuk fitness center.

- Bench press
Untuk melatih otot chest (dada) potongan atas, tengah dan bawah. Posisi kursi benchnya sanggup diubah sesuai kehendak kita (flat atau incline). Alat ini dilengkapi dengan safety hook, penahan yang menjamin keamanan alat ketika digunakan. 

- Twiste
Biasa digunakan untuk melatih otot perut potongan samping. Twister Chair ini dikhususkan untuk fitness center komersial.

- Sit up
Untuk memmenolong tes pembentukan otot perut. Biasanya didesain alas kepala lebih rendah daripada kaki, dengan pengait pada kaki. 

- Back up/roman chair
Alat ini digunakan untuk melatih otot punggung bawah, tetapi juga sanggup menargetkan otot-otot gluteus dan perut.

Alat Fitness Home Use 
Alat yang termasuk dalam kategori home use, memang biasa digunakan perorangan di rumah masing-masing. Alat ini cenderung multi-fungsi biar bisa memenuhi kebutuhan fitness di rumah bila kita tidak sempat ke fitness center.

Alat fitness home use, biasanya menitik-beratkan tes kardio.
Kardio berarti ialah jantung. Latihan ini lebih untuk meningkatkan detak jantung tanpa penerapan beban. Pada umumnya, tes ini digunakan untuk menurunkan berat tubuh ataupun sekedar menjaga kesehatan. Treadmill electric dengan HP (horse power 4 hp keatas), Stepper, Cross-trainer, Exercise bike. Beberapa alat fitness home use, diantaranya: 

- Jogger 
Jogger ialah alat yang sanggup memmenolong kita untuk tes berlari (jogging). Lebih baik untuk menentukan treadmill multi-fungsi, lantaran tidak spesialuntuk berfungsi sebagai jogging area, namun juga mempunyai fungsi-fungsi lain menyerupai adanya massager atau mesin pemijat sebagai penghancur lemak di potongan pinggang dan pinggul. 

- Power rider
Alat berbentuk menyerupai sepeda ini, mempunyai serius penitikberatan tes pada otot paha, panggul dan lengan. Saat digunakan, gerakan kita akan menyerupai menunggang kuda, ini sanggup mempersembahkan hasil yang intens untuk tes jantung anda.

- Exercise bike
Mirip dengan power rider, namun alat ini mempunyai roda-roda yang sanggup berputar dan sanggup diatur secara manual maupun otomatis. Exercise bike sangat baik untuk pembentukan otot paha dan betis juga jantung anda. 

- Freestyle glider
Freestyle Glider ini, menitik-beratkan tes kaki, baik untuk membentuk otot betis dan telapak kaki. Selain itu, sanggup memperabukan kalori lebih banyak dengan tes yang sanggup dikatakan enteng. Alat ini biasanya dilengkapi dengan monitor detak jantung, jarak, hitungan kalori yang terbakar. 

2. Tinjauan Khusus
2.1 Sejarah Celebrity Fitness
Celebrity Fitness ialah salah satu sentra kebugaran dan kesehatan dengan jumlah klub dan anggota terbesar di Asia. Celebrity Fitness dikala ini mempunyai 27 klub di 3 negara yang tidak sama, dan mengoperasikan tiga merek sentra kebugaran yang tidak sama: Celebrity Fitness, Celebrity Fitness Express, dan Celebrity Fitness VIP. Setiap klub Celebrity Fitness memberikan banyak sekali petes pribadi yang diubahsuaikan dengan aktifitasnya, yoga, dan acara petes aerobik bagi para anggotanya. CEO dikala ini ialah Martin Darby.

Celebrity Fitness didirikan pada tahun 2003 oleh karyawan dari sentra kebugaran 24 Hour Fitness, John Franklin, Mike Anderson dan John J. Sweeney. Karyawan pertama mereka ialah dari lokal Indonesia Hendra Nugraha, kini menjabat menjadi anggota dari tim senior manajemen. Celebrity Fitness mulai beroperasi pada tahun 2004 bulan Februari dengan pembukaan sebuah klub di Jakarta. Nama 'Celebrity' dipilih secara khusus untuk memberikan merek kelas atas dan anggota klub sanggup dilatih oleh pelatih pribadi mereka sendiri menyerupai selebriti bintang film dan sanggup beraktifitas di lingkungan yang terinspirasi oleh bar, klub malam, dan daerah ‘hang-out’ bagi para selebriti Hollywood, Beverly Hills dan Miami Beach.

Bagian dalam klub juga terdapat area lounge dimana anggota sanggup bersantai dan bersosialisasi, dan klub kebugaran Celebrity Fitness umumnya terletak di dalam mal untuk menggabungkan kemudahan kebugaran dengan kehidupan normal masyarakat

Pada tahun 2005, Celebrity Fitness memasuki pasar Malaysia dengan membuka klub pertama di Kuala Lumpur. Bisnis usaha Malaysia diperluas pada tahun 2009 dengan membeli sentra kebugaran California Fitness (Malaysia).

Pada tahun 2007, secara umum dikuasai kepemilikan saham Celebrity Fitness dipegang oleh Navis Capital Partners, dengan perluasan diberikutnya ke negara Turki dan India dengan pembukaan klub pertama India, berlokasi di Gurgaon. Pada bulan Mei 2010, Navis menunjuk Martin Darby sebagai Group CEO Celebrity.

Di tahun 2011, Celebrity Fitness memberikan 100.000 anggota dan lebih dari 30 klub. Pada tahun 2011, Celebrity Fitness melanjutkan ekspansinya dengan pembukaan kedua klub New Delhi (West Mall, Rajouri Gardens), klub pertama di Sumatera (Sun Plaza, Medan), klub kelima di Jawa (Paragon Mall, Semarang), kemudian melanjutkan perluasan klub di Jakarta dan Kuala Lumpur. Sekarang Celebrity Fitness mempunyai rantai klub terbesar di Indonesia dan terbesar kedua di Malaysia.

Celebrity Fitness diciptakan oleh John Franklin pada tahun 2004 dibawah nama PT. Exertainment Indonesia. Nama tersebut dipilih menurut sebuah alasan : bahwa Celebrity Fitness diciptakan untuk membuat tiruana anggotanya sanggup latihan dengan perasaan layaknya mereka seorang selebriti, lantaran klub tersebut di desain menurut pada standar klub-klub yang ada di Hollywood dan Beverly Hills, tujuannya ialah untuk memanjakan dan mempersembahkan pelayanan kelas satu pada para anggota. Untuk tetap mempersembahkan suasana hiburan, lokasi yang untuk membuka tiap-tiap cabang Celebrity Fitness ialah mall-mall khusus, biar seitiap anggota sanggup berbelanja, makan, dan pergi ke bioskop sehabis selesai latihan di gym. Cabang pertama Celebrity Fitness dibuka di Plaza Indonesia EX, diikuti oleh cabang di Supermall Pakuwon Indah Surabaya, La Piazza Kelapa Gading, dan akan terus bertambah dalam waktu dekat, tidak spesialuntuk di Indonesia, namun juga di Malaysia, Singapura, India, dan Australia. Pada waktu 9 bulan sehabis memulai operasinya, Celebrity Fitness sudah mendapatkan 11.000 anggota. Celebrity Fitness sudah mendapatkan banyak penghargaan dan pujian, memenangkan Top Brand (best fitness merk category) pada tahun 2009 dan 2010, Penghargaan kategori ‘gym’ terbaik pada majalah Men’s Health 2011 dan kebanggaan khusus untuk Celebrity Fitness La Piazza dan Puri Indah Klub.

Celebrity Fitness tidak mengenakan biaya untuk menjadi member (joining fee), untuk mempersembahkan jalan masuk yang mudah kepada member-member potensial untuk menikmati kualitas terbaik dari peralatan-peralatan fitness, studio aerobik, group Cycling studio, pilates, dan studio yoga, pelatih-pelatih terbaik berstandar internasional (dari USA, Brazil, Japan, New Zealand, dan local). Konsep untuk menggabungkan daerah fitness dengan suasana hiburan memang dirintis oleh Celebrity Fitness dan pada hari ini, konsep tersebut sudah mempersembahkan bantuan yang sangat besar kepada pengembangan bisnis daerah fitness. Sebagai perintis daerah fitness yang dikombinasikan denagn konsep hiburan, Celebrity Fitness selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam hal pelayanan dan meramu program-program dan kelas- kelas tes demi kepuasan anggotanya.

PT. Exertainment Indonesia ialah sebuah perusahaan yang mempunyai bisnis di bidang jasa berupa penyediaan masukana fitness dengan merek CELEBRITY FITNESS. Sejak pertama kali dibuka yaitu di Plaza Indonesia pada bulan Februari tahun 2004, CELEBRITY FITNESS kini tersebar di 13 lokasi, 9 di Indonesia dan 4 ada di Malaysia. Sembilan cabang CELEBRITY FITNESS yang ada di Indonesia yaitu berada di:

Jakarta 
EX Plaza Indonesia, Jln M.H. Thamrin Kav. 13 lantai 2 Jakarta 10350 Indonesia 
La Piazza, Mal Kelapa Gading, Jln. Boulevard, lantai 1 Jakarta Utara 14240 Indonesia 
Pondok Indah Mal, Basement 1 & lantai 1 Jalan Metro Pondok Indah No G.34A Jakarta 12310 Indonesia 
Puri Indah Mal, Jalan Puri Agung, lantai 2, Puri Indah, Jakarta 11610 Indonesia 
The BELLEZZA, Jln. Let. Jend. Supeno No.34 Jakarta – Indonesia 
Supermal KARAWACI, 105 Bulevar Diponegoro, Lippo Karawaci 11581 Tangerang, Indonesia 

2.2. Desain Interior Celebrity Fitness Mal Puri Indah
Di area cardio klub, kombinasi material cermin dan metal pada potongan bawah memenuhi sisi area dinding dan tv yang dipasang di depan tiap alat sehingga pengguna sanggup menonton tv di kala beraktifitas, kemudian ceiling yang digunakan di dalam klub celebrity fitness puri ini juga berjenis exposed ceiling sehingga terlihat potongan saluran-saluran AC, lampu, dan lain-lain, penerangan yang digunakan ialah menyerupai lampu sorot dan cahaya biru dari jenis penerangan indirect lamp sehingga penerangan yang dihasilkan remang-remang layaknya sebuah klub malam.

Di area cycling/sepeda, dinding didominasi oleh material cermin dengan layar besar kualitas IMAX di potongan depan ruangan yang digunakan untuk mendukung aktifitas dikala latihan, kemudian ceiling yang digunakan di dalam klub celebrity fitness puri ini juga berjenis exposed ceiling sehingga terlihat potongan saluran-saluran AC, lampu, dan lain-lain, penerangan yang digunakan ialah penerangan indirect lamp yang dipasang dengan modul berbentuk bulat bermaterial beling dan menghasilkan cahaya berwarna biru, kemudian pada lantai dibuat split level dan memanfaatkan ketinggian tersebut dengan pemasangan lampu didalamnya dan material metal memenuhi area lantai ruangan tersebut. 

Di dalam studio aerobik ini, dinding didominasi oleh material cermin dan beling bening pada potongan pintu masuk sehingga dari luar studio masih bisa terlihat potongan dalam studio, kemudian beling divariasi dengan adegan-adegan atlet ketika latihan digambarkan dalam bentuk material cutting sticker, lantai menggunakan material parket dan ceiling juga menggunakan exposed ceiling dengan dipasang beberapa lampu sorot, kemudian lampu-lampu indirect lamp juga terpasang pada area panggung dan ornamen kolom di kanan dan kiri panggung.

Studio yoga di Celebrity Fitness Puri ini gres di renovasi sehingga suasana yang diciptakan sangat gres dengan dinding pgual kayu dan pantulan cahaya dari indirect lamp di belakangnya, kemudian ada penambahan unsur tumbuh-tumbuhan pada potongan tengah dinding pgual dan bebatuan pada area pinggir lantai, dengan adanya unsur ini sanggup menstimulasikan rasa relaksasi pengguna yoga sehingga mendukung aktifitas yang dilakukannya. Penerangan juga memanfaatkan ornamen kayu yang digantung pada ceiling untuk memperindah ruangan. Material lantai berbahan vinyl untuk meredam bunyi ataupun mengurangi resiko kecelakaan bila terjatuh. Exposed ceiling juga digunakan pada studio ini dan pemasangan besi-besi yang berfungsi menggantung properti yang akan digunakan.
(Sumber: Dok. Yelia, 2013)

Ruangan pilates dalam Celebrity Fitness Puri ini di desain tidak terlalu besar, terbaik pengguna kira-kira spesialuntuk dua orang. Lantai ruangan berbahan karpet lantaran mendukung aktifitas untuk latihan di bawah, kemudian pada dinding dipasang padded wall dengan busa didalamnya untuk meredam bunyi dan dibagian lain digunakan material cermin, ceiling tetap memanfaatkan exposed ceiling dan pencahayaan menggunakan lampu sorot.
(Sumber: Dok. Yelia, 2013)

Pada potongan tengah Celebrity Fitness, terdapat potongan marketing dan area lounge, daerah ini berada diatas split level dari terdapat kenaikan kira-kira 15 cm dari potongan resepsionis dengan material metal pada lantai lounge tersebut. Exposed ceiling digunakan di area ini dan pencahayaan lampu sorot serta lampu-lampu downlight menerangi area ini. Pada potongan back-drop dari counter marketing, terdapat bentuk-bentuk bulat yang menjadi variasi desain dan dipasang lampu indirect (LED) di dalam sehingga terpantul cahaya lembut dari bentuk bulat tersebut. sedangkan pada counter marketingnya dikelilingi oleh lampu sorot dari bawah, sehingga tampak counter tersebut terlihat dramatis dari depan.
(Sumber: Dok. Yelia, 2013)

Ketika memasuki Celebrity Fitness, nuansa klub malam sangat terasa dengan musik audio dan pencahayaan yang diciptakan cukup remang. Pencahayaan terlihat berwarna biru dan ungu. Pada potongan resepsionis dan area masuk, material lantai yang digunakan ialah kombinasi metal dengan keramik glossy kemudian exposed ceiling eksklusif terlihat ketika memasuki area Celebrity Fitness dan penerapan lampu ceiling bermodul bulat untuk indirect lamp di dalamnya menghasilkan cahaya yang berwarna biru. Counter resepsionis dikelilingi oleh lampu sorot dari bawah sehingga kesan dramatis muncul pada permainan cahaya furnitur tersebut. (Sumber: Dok. Yelia, 2013)

Pada weight area potongan dalam, ada area dinding bermaterial beling bening yang eksklusif berbatasan dengan luar bangunan sehingga didapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari dan sebagian lagi menggunakan material cermin untuk mendukung gerakan kegiatan pengguna. Pada lantai digunakan material karpet pada beberapa area yang menggunakan beban lepas dan potongan lantai yang lain menggunakan material vinyl. Exposed ceiling tetap digunakan pada area tersebut dan lampu spesialuntuk digunakan pada malam hari. Terdapat lampu aksen yang berwarna biru, yang berjenis indirect lamp (LED) berwarna biru .

2.3 Sejarah Gold’s Gym
Gold gym berdiri pertama kali pada tahun 1965 di Venice, California USA hingga dikala ini Gold’s Gym sudah hadir 630 lokasi di 32 negara. Gold’s Gym sendiri mulai masuk ke Indonesia semenjak final 2006 lalu. Di Indonesia, Gold’s Gym hadir di 8 lokasi salah satunya berada di Summarecon Mal Serpong (Gading Serpong). Gold’s Gym Gading Serpong hadir sebagai daerah kebugaran yang samasukannya untuk orang yang ingin benar-benar memperbesar badan.

Kualitas yang didiberikan oleh Gold’s Gym yaitu tiap-tiap acara yang ada dirancang sesuai tujuan masing-masing anggota atau penerima Fitness di Gold’s Gym. Beberapa acara tes yang bisa dipilih di Gold’s Gym antara lain Cardio Exercise Spinning, Aerobics, dan Yoga.

Gold’s Gym sendiri memberikan paket tes dengan sistem member. Secara garis besar, sistem member ini tersedia dalam dua pilihan yakni member dengan personal pelatih dan member non personal instruktur. Sementara itu dari sisi kesehatan, Gold’s Gym menyediakan jago gizi yang akan memmenolong para anggotanya menetapkan contoh makan. Dan bagi anggota baru, Gold’s Gym memdiberi 2 sesi free latihan bersama personal pelatih serta satu kali konsultasi dengan jago gizi. Layanan olahraga kebugaran yang disediakan Gold’s Gym dihadirkan untuk laki-laki dan wanita. Sementara untuk usia latihan yang sesuai Gold’s Gym mempunyai kebijakan usia tes minimal 16 tahun.

2.4 Desain Interior Gold’s Gym PX Pavillion
Lobby & lounge pada Gold’s Gym PX Pavillion terletak sehabis area masuk potongan resepsionis, dan dinding bermaterial beling bening eksklusif berbatasan dengan luar bangunan pada potongan lain terdapat dinding dengan material bata exposed di-cat putih. Terdapat split level dengan kenaikan kira-kira 15 - 20 cm khusus area lounge dan menggunakan material parket warna coklat petang, sedangkan pada area lobby, lantai menggunakan keramik glossy. Pada ceiling dipisah potongan antara lounge dan lobby, lounge dengan ceiling yang bermaterial finishing glossy sehingga terlihat pantulan-pantulan lampu, sedangkan potongan lobby dan yang lainnya menggunakan exposed ceiling dengan lampu-lampu LED warm white 120 cm.

Nuansa ketika masuk dalam Gold’s Gym PX Pavillion ini terasa elegant dengan warna-warna lampu warm white. Di area masuk Gold’s Gym, terdapat counter resepsionis dengan indirect lamp yang menggunakan material bata exposed dan besi stainless pada potongan top table. Bagian dinding juga kombinasi antara bata exposed di-cat putih dan pgual kayu pada potongan resepsionis, kemudian lantai pada area masuk menggunakan keramik glossy. Pencahayaan menggunakan lampu-lampu dengan warna warm white sehingga nuansa kekuningan sangat terasa pada area tersebut. Ceiling berjenis exposed ceiling dengan permainan lampu LED terlihat dikala memasuki area fitness Gold’s Gym.

Pada area kardio ini, menggunakan lantai bermaterial karpet warna abu-abu, tetapi adanya split level pada potongan lantai untuk peletakan alat fitness menyerupai treadmill, split level tersebut menggunakan material lantai parket, dinding menggunakan beling bening pada area yang berbatasan eksklusif dengan luar bangunan dan sisi lain menggunakan material cermin, kemudian ada potongan ceiling yang menggunakan exposed ceiling dengan permainan lampu LED warm white dan potongan ceiling yang lain terdapat drop ceiling yang terpisah-pisah dalam bentuk memanjang, kemudian dimanfaatkan indirect lamp di celah drop ceiling tersebut. Pencahayaan yang dihasilkan warm white dengan imbas yang cukup terperinci menerangi seluruh ruangan.

Di aerobik studio Gold’s Gym PX Pavillion ini, disetiap sisi dinding potongan atas perbatasan cermin digunakan indirect lamp sehingga cahaya yang dihasilkan ialah pantulan halus berwarna warm white kemudian drop ceiling yang terdapat di potongan kolom memanfaatkan indirect lamp juga. Dinding didominasikan material cermin dan lantai menggunakan material parket warna cerah.

Pada mind & body room ini atau ruang untuk melaksanakan aktifitas yoga, berbatasan eksklusif dengan luar bangunan jadi digunakan beling bening pada beberapa potongan dinding, dan potongan dinding lain digunakan material cermin untuk mendukung aktifitas yang dilakukan, kemudian pada lantai digunakan material parket dan pencahayaan dalam ruangan tersebut menggunakan pencahayaan alam pada siang hari, jadi lampu spesialuntuk dinyalakan ketika aktifitas terjadi pada malam hari. Ceiling bermaterial gypsum dan spesialuntuk dibuat ornamen-ornamen melingkar biar tidak terlalu ‘flat’.

Dalam ruang cycling/sepeda yang agak melingkar ini, ceiling dibuat dalam contoh memutar layaknya sebuah roda dengan susunan ‘trap’, dimana bertingkat-tingkat antar modul, dan material yang digunakan ialah gypsum. Dinding ruangan ini dikelilingi oleh material cermin dengan potongan cutting sticker yang menggambarkan atlet sepeda. Kemudian pada potongan lantai menggunakan material karpet berwarna abu-abu dan terdapat split level dengan ketinggian 25 – 30 cm yang diperuntukan untuk pelatih sepeda. Lalu pada potongan depan ruangan terdapat layar tv yang mendukung aktifitas bersepeda tersebut.

Pada weight area ini, menggunakan lantai bermaterial karpet warna abu-abu, dinding menggunakan beling bening pada area yang berbatasan eksklusif dengan luar bangunan dan sisi lain menggunakan material cermin, kemudian ada potongan ceiling yang menggunakan exposed ceiling dengan permainan lampu LED warm white dan potongan ceiling yang lain terdapat drop ceiling yang terpisah-pisah dalam bentuk memanjang, kemudian dimanfaatkan indirect lamp di celah drop ceiling tersebut. Pencahayaan yang dihasilkan warm white dengan imbas yang cukup terperinci menerangi seluruh ruangan.

2.5 Sejarah Fitness First
Fitness First ialah nomor satu perusahaan global kebugaran dengan lebih dari 430 klub di seluruh dunia, dan di Jakarta ada 9 klub yang terletak di bangunan komersial kelas A.

Didirikan pada tahun 1992 di Inggris, Fitness First diciptakan dengan tujuan membuatkan rantai klub kesehatan dan kebugaran yang serius untuk mempersembahkan konsep klub berkarakter tinggi yang memberikan nilai tinggi untuk uang. Sekarang di Inggris, Fitness First mempunyai 166 klub yang sedang beroperasi.

2.6 Desain Interior Fitness First Taman Anggrek
Di area masuk Fitness First, terdapat counter resepsionis dengan tinggi sekitar 110 cm, menggunakan material cat duco hitam dengan perpaduan list warna coklat. Bagian dinding di cat dengan warna yang variatif yaitu kuning, biru, hijau dan ungu, kemudian lantai pada area masuk didominasikan menggunakan keramik putih glossy. Pencahayaan menggunakan downlight dengan color temperature daylight. Ceiling menggunakan gypsum dengan finishing warna putih.

Cardio theater ini letak dan posisinya di lantai dua, terdapat ± 90 mesin kardio. Dinding bermaterial finishing cat tembok, kombinasi beling bening sebagai partisi. Cat tembok berwarna putih. Ceiling berjenis exposed ceiling dan ada permainan drop ceiling yang di-cat warna-warni. Pencahayaan menggunakan downlight, daylight temperature dan indirect lamp (LED) di potongan drop ceiling dengan temperature warm white. Terdapat split level sekitar 10-15 cm pada area kardio yang menggunakan material vinyl dan area yang tidak ber-split level digunakan material keramik glossy.

Pada area ini dibiarkan terbuka, perbatasan area spesialuntuk ditandai dengan adanya perbedaan material lantai, dimana area tersebut menggunakan parket dan area sirkulasi jalan digunakan keramik glossy. Pencahayaan digunakan lampu downlight dan terdapat lampu halogen yang mempunyai color temperature warm white. Dinding digunakan material cermin. Ceiling berjenis exposed ceiling dan terlihat saluran AC, dll. Area ini digunakan untuk melatih tes dengan personal trainer yang memanfaatkan gerakan terbaring di lantai.

Aktifitas yang dilakukan dalam ruangan ini ialah yoga, dinding bermaterial cat tembok warna putih dikombinasi dengan cermin dan pgual kayu. Kemudian pada lantai menggunakan material parket, terdapat split level pada potongan depan yang berfungsi untuk pelatih yoga. Terdapat drop ceiling dan indirect lamp (warm white), dan lampu yang lain menggunakan downlight. Terdapat bebatuan koral berwarna putih yang diletakkan di pinggir ruangan untuk mendukung suasana relaks dalam aktifitas yoga.

Dalam studio ini pencahayaan general digunakan lampu downlight dan terdapat juga beberapa lampu spotlight untuk mendukung kegiatan bersepeda yang dilakukan. Pada lantai digunakan karpet berwarna petang dan akustik ceiling sebagai materi peredam suara. Pada dinding menggunakan cat tembok dan terdapat gambar-gambar galaksi sebagai elemen dbuntutatif dalam ruangan.

Akses area ini terdapat di lantai dua, tetapi ketika memasuki area ini, melewati pintu beling dan harus menuruni beberapa anak tangga. Lantai menggunakan material parket berwarna cerah, dinding menggunakan finishing cat tembok putih dan kombinasi berwarna ungu. Pencahayaan ruangan menggunakan lampu downlight dengan temperatur daylight.

Akses area ini terdapat di lantai dua, tetapi ketika memasuki area ini, harus menuruni beberapa anak tangga. Lantai dipenuhi oleh material karpet, dinding bermaterial finishing cat tembok dengan kombinasi warna putih dan hijau, pada beberapa sisi dinding dipasang cermin. Ceiling menggunakan jenis exposed ceiling dan pencahayaan menggunakan lampu downlight serta lampu gantung dengan color temperature daylight.

Area ini terletak di lantai dua. Dibatasi oleh perbedaan material lantai, lantai menggunakan material keramik dove bertekstur. Ceiling berjenis exposed ceiling, dan dinding menggunakan cat tembok berwarna hijau dan putih. Terdapat area duduk di depannya berupa coffee table ataupun meja bar. Pencahayaan menggunakan lampu downlight.

Area ini terdapat di lantai dua Fitness First. Akses melalui area cardio theater. Lantai bermaterial keramik kerikil bertekstur. Ceiling terdapat permainan up ceiling dengan adanya lampu indirect lamp, kemudian pada potongan dalam ceiling di cat warna biru untuk menghasilkan imbas cahaya warna biru. Dinding finishing cat tembok coklat. Dan pencahayaan didominasi oleh pencahayaan alami dari sinar matahari.

LihatTutupKomentar