-->
Manfaat Menyanyi Untuk Anak

 terutama anak balita kita bahagia kalau kita juga menyanyi untuk mereka MANFAAT MENYANYI UNTUK ANAK Anak-anak bahagia bernyanyi, terutama anak balita kita bahagia kalau kita juga menyanyi untuk mereka,
menyanyi selain sebagai selingan bermain atau bergembira maupun sebagai pengantar pulas mereka. Menyanyi untuk anak sanggup mempersembahkan nilai positif terhadap perkembangan mereka, selain sanggup mempersembahkan perasaan senang, besar hati dan menenangkan juga sanggup dijadikan salah satu media alternatif untuk menanamkan nilai-nilai huruf yang sanggup membangun kepribadian anak yang lebih baik dimasa yang akan hadir.



Secara mendasar, menyanyi sendiri mempunyai dampak membangun yang luar biasa bagi seorang anak, baik pada masa-masa balita maupun usia pra sekolah, banyak manfaat dan hal-hal positif didapat kalau bawah umur atau kita sendiri menyanyi dengan gembira. Salah satu hal yang menarikdanunik ialah bahwa menyanyi ternyata sangat baik untuk kesehatan anak. Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, mengungkapkan: bernyanyi ternyata ialah kegiatan yang menyehatkan bagi seseorang. Graham yang sudah 30 tahun mereview manfaat menyanyi bagi kesehatan menyampaikan bahwa menyanyi ternyata sanggup menyehatkan jantung dan paru-paru, mengapa demikian? sebab bernyanyi juga ialah sebuah acara senam yang bisa meningkatkan pasokan oksigen ke pemikiran darah di seluruh badan dan meningkatkan efisiensi sistem kadiovaskular (jantung).

Bernyanyi bagi anak juga sanggup meningkatkan kemampuan refleks dan kewaspadaan anak, sebab pemikiran oksigen sanggup mengalir lebih lancar ke seluruh badan anak. melaluiataubersamaini bernyanyi anak juga berolahraga untuk membangun  sebagian otot tubuhnya. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai tes yang sangat baik untuk otot badan serpihan atas. Latihan vokal bagi anak melibatkan tes pernafasan dan tes pada otot jantung dan paru-paru.

Selain mempersembahkan manfaat bagi kesehatan fisik menyerupai yang disebutkan di atas, bernyanyi juga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan psikis dan psikologis anak. melaluiataubersamaini bernyanyi, maka perasaan anak akan terekspresikan, menjadi lebih lega dan lebih bersemangat lagi. Aktivitas bernyanyi juga bisa membangkitkan semangat dan menurunkan tingkat strees anak melalui kerja sistem endokrin badan anak yang bekerjasama dengan perasaan merasa nyaman, hangat, dan lebih baik. Menyanyi bisa membuat perasaan lebih baik sebab dilepaskannya hormon endorfin keseluruh badan ketika anak bernyanyi dengan ceria.

Benyanyi juga sanggup meningkatkan sistem imun (kekebalan) badan anak. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, di Jerman yang sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa menyanyi sanggup meningkatkan sistem imun badan seseorang. Para peneliti melaksanakan tes darah pada anggota kelompok paduan bunyi profesional di Frankfurt, tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sehabis tes menyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa serius imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun badan insan yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat dengan signifikan selama kegiatan menyanyi berlangsung. Hal ini tentunya juga terjadi terhadap anak-anak, dengan kegiatan menyanyi mereka akan meningkatkan daya tahan badan mereka terhadap penyakit.

 Nah...bapak...Ibu... tidakboleh larang ya kalau sikecil mau menyanyi...kawanin dong...!!!


Sumber : Diambil dari Berbagai Sumber!!





LihatTutupKomentar