-->
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Abjad Pendidik Paud
Menjadi pendidik PAUD yang berkarakter ialah hal yang sangat penting FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN KARAKTER PENDIDIK PAUD
PTK PAUD
PAUD-Anakbermainbelajar----Menjadi pendidik PAUD yang berkarakter ialah hal yang sangat penting. Karakter mengambarkan siapa diri kita bantu-membantu dan memilih bagaimana seseorang membuat keputusan. Karakter juga memilih sikap, perkataan, dan tindakan seseorang dimana hal-hal tersebut sanggup memmenolong untuk mencapai kesuksesan. Pembentukan huruf individu pada umumnya melalui aneka macam proses dimana banyak faktor yang berperan selama proses pembentukan karakater belangsung. Karakter terbentuk dari hasil internalisasi aneka macam kebijakan (virtues) yang diyakini dan dipakai sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan norma, menyerupai jujur, berani bertindak, sanggup dipercaya, dan hormat kepada orang lain. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan huruf masyarakat dan huruf bangsa.

V. Campbell dan R. Obligasi (1982) menyatakan ada beberapa faktor yang besar lengan berkuasa dalam pembentukan huruf seseorang yaitu :
1. Faktor keturunan
2. Pengalaman masa kanak-kanak
3. Pemodelan orang remaja atau orang yang lebih tua
4. Pengaruh lingkungan sebaya
5. Lingkungan fisik dan sosial
6. Substansi bahan di sekolah atau forum pendidikan lain
7. Media massa.

Untuk mengembangkan huruf yang baik perlu ada suatu penentuan dan pendefinisian kualitas huruf yang akan ditanamkan sehingga sanggup dimengerti oleh tiruana orang antara lain dengan mempersembahkan ilustrasi-ilustrasi atau aktivitas.

Dalam proses pembentukan huruf yang baik perlu adanya kontrol internal dan kontrol sosial yang menuntut individu untuk mempunyai huruf positif tertentu. MIsalnya saja sebagai pendidik (guru) dalam suatu komunitas pendidikan, menyerupai PAUD, dibutuhkan huruf menyerupai jujur, perhatian, sabar, dan huruf positif lain alasannya pendidik dalam komunitas pendidikan berperan sebagai contoh dan model bagi anak didiknya.

Selain pendefinisian yang terang terkena kualitas huruf yang diinginkan serta adanya kontrol internal dan kontrol sosial, dalam pembentukan karakter, khususnya huruf yang baik atau positif, diharapkan renfotcement atau penguatan dari luar (eksternal) melalui bentuk-bentuk penghargaan terhadap huruf baik yang ditujukan. Penghargaan yang ditujukan sanggup berupa kebanggaan atau hadiah (reward) tertentu. Seorang pimpinan dalam forum PAUD, misalnya, sanggup memuji pendidik PAUD yang mengajar di tempatnya atas huruf baik yang ditunjukan seperti, " wah, saya perhatikan Ibu Yuni selalu sempurna waktu hadir ke sekolah. Bagus sekali itu. Pertahankan terus ya, bu". Pujian-pujian yang didiberikan, terutama di depan publik, atau reward dalam bentuk lain walaupun bersifat sederhana namun apabila didiberikan terus menerus akan membentuk pemahaman dan keyakinan pada individu terkena huruf baik sehingga huruf tersebut akan terus dilakukan.

Karakter ialah salah satu poin penting yang memilih keberhasilan seseorang. Temuan dari universitas Harvard, 85% dari sebab-sebab kesuksesan, pencapaian samasukan, promosi jabatan, dan lain-lain, yaitu lantaran sikap-sikap seseorang. Hanya 15% disebabkan oleh keahlian atau kompetensi teknis yang dimilikinya. Oleh alasannya itu, terkait upaya membangun huruf positif, khususnya dalam diri pendidik, disusunlah 16 pilar pembangunan huruf :
  1. kasih akung
  2. Penghargaan
  3. Pemdiberian ruang untuk pengembangan diri
  4. Kepercayaan 
  5. Kerjasama
  6. Saling berbagi
  7. Saling memotivasi
  8. Saling mendengarkan
  9. Saling diberinteraksi secara positif
  10. Saling menanamkan nilai-nilai moral
  11. Saling mengingatkan dengan ketulusan hati
  12. Saling menularkan antusiasme
  13. Saling menggali potensi diri
  14. Saling mengajari dengan kerendahan hati
  15. Saling menginspirasi
  16. Saling menghormati perbedaan.
Dalam tahapan selanjutnya seorang pendidik diharapkan mempunyai karakteristik yang sesuai dengan profesinya sebagai seorang pendidik PAUD. Adapun karakteristik pendidik yaitu sebagai diberikut :
  1. Seseorang yang dituntut untuk berkomitmen terhadap profesinya, orang yang selalu berusaha memperbaiki dan memperbaharui cara kerjanya sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Seseorang yang mempunyai ilmu, yang bisa menangkap hakikat sesuatu, orang yang bisa menerangkan hakikat dalam pengetahuan yang diajarkannya
  3. Seseorang yang kreatif, yang bisa menyiapkan penerima didiknya supaya bisa berkreasi, sekaligus mengatur dan memelihara hasil kreasinya untuk tidak menjadikan malapetaka bagi dirinya, masyarakat, dan alam sekitar, 
  4. Seseorang yang berusaha menularkan penghayatan etika atau kepribadian kepada penerima didiknya.
  5. Seseorang yang berusaha mencerdaskan penerima didiknay, melatihkan aneka macam keterampilan mereka sesuai bakat, minat, dan kemampuan
  6. Seseorang yang beradab.
Demikian wacana faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan huruf pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) semoga goresan pena ini bermanfaa bagi kita para pendidik khususnya pendidik PAUD, supaya menjadi seseorang yang mempunyai huruf pendidik menyerupai yang diharapkan. terimakasih.

Sumber: Dirangkum dari membuatkan sumber. 
Gambar: Koleksi Pribadi

LihatTutupKomentar