-->
Contoh Makalah Kuliah Mahasiswa : Konsep Berguru Di Paud
BAB I
PENDAHULUAN 
A.  Latar Belakang Masalah
Keberhasilan pembangunan nasional  sangat  dipengaruhi  oleh  kualitas sumber  daya  manusia,  baik secara  kuantitatif  maupun  kualitatif.  Untuk mencapai itu diharapkan kemampuan dan pendidikan yang baik dengan program-progrma pembelajaran yang berkarakter. Oleh karena  itu kiranya perlu diusahakan supaya masyarakat  sanggup digerakkan dan dibina menjadi  sumber  daya  yang  produktif,  berbudi luhur, cakap dan terampil, percaya pada kemampuan diri sendiri untuk bekerja dan memandang hari esok dengan penuh optimis. Pembangunan nasional  di  bidang  pendidikan ialah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan  kualitas sumber  daya insan Indonesia dalam mewujudkan  masyarakat  yang  maju,  adil,  dan makmur  serta sanggup memungkinkan masyarakatnya untuk menyebarkan diri, baik berkenaan dengan aspek  jasmaniah maupun  rohaniah.
Merujuk pada UU No. 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, ditetapkan bahwa pendidikan terdiri atas Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi, yang keseluruhannya ialah kesatuan yang sistemik. Artinya, pendidikan harus dimulai dari usia dini, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Salah satu langkah penting untuk mencapat tujuan di atas ialah membuat masyarakat kita  menjadi masyarakat pembelajar yang baik. Masyarakat diupayakan memiliki minat dan kemampuan berguru yang tinggi, yang lebih menghargai dan menanfaat sumber-sumber berguru secara pribadi dan berkesinambungan untuk perbaikan taraf hidupnya. Kegiatan berguru ini tentunya sanggup dilakukan semenjak usia dini dengan menerapkan program-program pendidikan anak usia dini yang berkarakter, supaya kelak acara berguru sanggup diarahkan menjadi berguru yang berdikari dan terus bekembang sesuai dengan kebutuhan jaman.
 B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang dikemukakan dalam makalah ini ialah :
1.        Bagaimanakah pengertian belajar?
2.        Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam acara berguru tersebut?.
3.        Bagaimanakah seni administrasi pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini?.
C. Tujuan
Mengacu pada  permasalahan, maka tujuan penulisan makalah ini ialah untuk memperoleh citra atau isu perihal :
1.        Pengertian belajar.
2.        Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam acara berguru tersebut.
3.        Mengetahui seni administrasi pembelajara dalam pendidikan anak usia dini tersebut.  
Untuk Makalah selengkapnya silakan Download di sini !!

LihatTutupKomentar