-->
Cara Menyebarkan Kreativitas Pada Anak Berdasarkan Teori
Siapa orang renta yang tidak ingin mempunyai anak yang pandai dan kreativ, tiruana orang renta niscaya ingin anaknya menjadi pandai dan kreativ, alasannya yakni anak yang kreativ sanggup memmenolong kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang baik segi kognitif, afektiv dan motorik sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Secara umum pengertian Kretivitas yakni suatu karunia dari yang maha pencipta pada makhluk cerdik yang namanya manusia. Berbagai inspirasi kreatif akan mucul mabadunga insan mulai memakai nalar budinya untuk memenuhi banyak sekali kebutuhan dan hasrat dalam hidupnya, sehingga insan yang kreatif tidak pernah berhenti berpikir dan berpikir, selalu saja ada ide-ide yang lahir dari benak setiap kali melihat, mendengar atau mencicipi sesuatu yang mereka alami. 

  1. Menurut Santrock, kreativitas yakni kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara-cara yang gres dan tidak biasa serta melahirkan suatu solusi yang unik terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
  2. Mayesty menyatakan bahwa kreativitas : cara perpikir dan bertindak atau membuat sesuatu yang orisinil dan bernilai atau mempunyai kegunaan bagi diri sendiri dan orang lain.
  3. Angelou beropini bahwa kreativitas ditandai dengan adanya kemampuan untuk menciptakan, mengadakan, menemukan suatu bentuk gres atau ntuk menghasilkan sesuatu melalui keterampilan imajinatif.
  4. Munandar yang mengutif pada Gallagher menyatakan bahwa kreativitas berafiliasi dengan kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang belum ada sebelumnya.
  5. Moustakes menyatakan bahwa kreativitas berafiliasi dengan pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri dengan alam dan orang lain
  6. Semiawan dalam Munandar beropini bahwa kreativitas ialah kemampuan dalam pemecahan problem kreativitas kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara-cara yang  baru dan tidak biasa serta melahirkan suatu solusi yang unik terhadap masalah-masalah yang dihadapi. 

Karakteristik dari suatu bentuk kreativitas tampak dalam proses berpikir ketika seseorang memecahkan problem yang berafiliasi dengan :
a.Kelancaran (fluency
berupa kemampuan dalam mempersembahkan jawabanan / mengemukakan pendapat atau ide-ide.

b.Kelenturan (flexiblity
berupa kemampuan untuk mengemukakan banyak sekali alternatif dalam memecahkan masalah.

c.Keaslian (asliity
berupa kemampuan untuk menghasilkan banyak sekali inspirasi atau hasil karya ajaran sendiri.

d.Memperinci (Elaborasi
berupa kemampuan untuk memperluas inspirasi dan aspek-aspek yang mungkin tidak terpikirkan atau terlihat orang lain.

Kreativitas mempunyai ciri-ciri non aptitude menyerupai rasa ingin tahu, bahagia mengajukan pertanyaan bersifat imajinatif tertantang atau berani mengambil resiko, perilaku menghargai, percaya diri, terbuka dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru, kreativitas berafiliasi dengan proses berpikir yang dilakukan oleh seseorang berkemampuan berpikir menyebar (divergent thinking) bukan menyempit (Convergent Thingking).

Mayesty mengemukakan 8 cara untuk memmenolong anak dalam mengekspresikan kreativitas yaitu :
1.Memmenolong anak mendapatkan perubahan 
2.Memmenolong menyadari bahwa beberapa problem tidak praktis dipecahkan
3.Memmenolong untuk mengenali banyak sekali problem mempunyai solusi
4.Memmenolong menafsirkan dan mendapatkan perasaannya.
5.Memdiberi perhargaan 
6.Menghargai perbedaan dalam dirinya
7.Memdiberikan rasa nyaman dalam melaksanakan acara kreativ, dan 
8.Memmenolong membangun ketekunan dalam dirinya.

Rhodes dalam Munandar mengambarkan bahwa pengembangan kreativitas pada diri seseorang sanggup dilakukan melalui pendekatan 4 P yaitu Person (pribadi) ialah tindakan kreatif muncul dari seluruh keunikan kepribadian, process (proses); ialah langkah-langkah kreatif dimulai dari tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi, Press (dorongan) serta Product (hasil akhir).

Sumber : duniapaud1.blogspot.com/search?q=cara-mengembangkan-kreativitas-pada-anak

LihatTutupKomentar