-->
Cara Menanamkan Disiplin Hidup Sehat Pada Anak
Membiasakan diri berdisiplin sebaiknya dimulai semenjak anak usia dini, baik saat anak masih berada dalam lingkungan masyarakat terkecil yaitu keluarga ataupun setelah masuk pada pendidikan prasekolah di Taman Kanak-kanak dan PAUD. Anak-anak pada usia 3-5 tahun sudah sanggup diajarkan untuk berdisiplin dan membiasakan mereka untuk hidup sehat, mulai dari hal-hal sederhana yang dilakukan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan sehari-hari ini misalnya:

  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Mencuci kaki sebelum pulas
  • Menggosok gigi
  • Mandi dengan membersihkan sendiri
  • Toilet training  
  • Memmembuang sampah ditempatnya
  • Makan masakan bergizi seimbang dan minum sendiri
  • dan lain sebagainya.
Kesusahannya dan tantangannya untuk pertama kali, anak mungkin akan menolak melaksanakan sesuatu hal sendiri, Karena anak masih tidak terbiasa. Hal penting yang dilakukan untuk menerapkan disiplin pada anak ialah dengan melaksanakan pendekatan sesuai dengan tingkat kematangan, perkembangan, usia anak, dan kesamaan pandangan, sikap antara orangtua dan guru. Bila di rumah ada nenek atau kakek, maka sikap orangtua harus sama dengan sikap nenek dan kakeknya. melaluiataubersamaini kata lain keluarga yang serasi akan mempengaruhi anak untuk bertingkah laris disiplin dengan kesadarannya tanpa ada paksaan.


Faktor lingkungan disekitar pun sangat besar pengaruhnya terhadap kedisiplinan anak dalam menjalankan hidup sehat, kadang anak memalsukan hal-hal negatif dari orang cukup umur dilingkungannya. Misalnya kasus-kasus belum dewasa merokok, sebagian besar ialah sebab faktor imbas orang cukup umur yang merokok yang tidak memahami ancaman merokok bagi kesehatan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain didekatnya, sehingga belum dewasa juga memalsukan sikap sembrono para perokok tanpa didiberikan pengertian dan klarifikasi wacana tidak sehatnya merokok tersebut. Karena itu dibutuhkan para orang renta dan masyarakat biar lebih memperhatikan duduk masalah kesehatan secara bersama-sama, dan menjaga anak untuk tetap sehat dengan memmenolong menanamkan disiplin hidup sehat. 


Sumber : Disarikan dari banyak sekali sumber.



LihatTutupKomentar