-->
Pengertian Rencana Pembelajaran Paud
Rencana pembelajaran ialah suatu rancangan tertulis terkena kegiatan main anak yang dilakukan secara rutin yang membuktikan ihwal struktur kegiatan dan kegiatan bermain. Karena planning pembelajaran ialah planning kegiatan yang dikenal dan disukai oleh anak, pendidik PAUD harus menyusun planning pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak.

Anak usia dini mencar ilmu dengan baik apabila :
  1. Sesuai dengan tahap perkembangan anak
  2. Sesuai dengan kebutuhan khusus setiap anak
  3. Memiliki peluang untuk berbagi tiruana potensi jamak yang dimilikinya
  4. Didiberi peluang untuk membangun pengetahuannya melalui interaksi dengan alat main, mitra dan orang remaja secara berulang-ulang
  5. Anak merasa kondusif dan nyaman secara psikologinya
  6. Dilakukan dengan cara yang menarikdanunik, sangat bahagia, dan bermain
  7. Dikenalkan semenjak dini dengan kepatuhan berdasarkan konteks agama, social dan budaya.

Perencanaan jadwal mencar ilmu anak usia dini harus menyeluruh (meliputi beberapa aspek tiruana aspek perkembangan), seimbang (antara aspek satu dengan lainnya), dan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Perencanaan jadwal mencar ilmu harus :
-Direncanakan dengan baik sehingga mendukung lingkungan mencar ilmu anak
-Memuat tujuan realistic berdasarkan pada minat dan kebutuhan anak
-Membangun pengalaman individu dan kelompok
-Bervariasi, mengenalkan ragam budaya dalam kegiatan yang tepat
-Mendukung kegiatan main yang sangat bahagia, menantang, dan menyatu dengan kehidupan sehari-hari
-Mendukung keterlibatan orang tua
-Mengembangkan wawasan anak ihwal diri, lingkungan sekitar dan dunia sekeliling anak.

Penyusunan planning mencar ilmu jadwal pendidikan anak usia dini dilakukan dalam beberapa langkah :
-Menentukan aspek dan indicator perkembangan
-Menentukan tema/topic
-Menentukan materi
-Menentukan kegiatan
-Menentukan alat dan bahan
-Menentukan pencatatan

Enam langkah yang harus diperhatikan tersebut di atas, dalam penyusunan planning mencar ilmu saling terkait satu dengan yang lainnya, sehingga tidak sanggup menghilangkan satu langkah, dan melompat ke langkah diberikutnya.

Baca juga cara Menyusun Rencana Pembelajaran PAUD di sini !!

LihatTutupKomentar