-->
Cara Membuatkan Kemampuan Menulis Anak
Sebelum memulai untuk mengajak anak menulis CARA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK
Sebelum memulai untuk mengajak anak menulis, sebagai langkah pertama penting untuk dipahami bahwa dunia anak yaitu dunia bermain. Karena itu kegiatan membaca dan menulis contohnya sanggup dilakukan sesuai dengan kemampuan anak dengan cara bermain. Glenn Doman (2006) mencetuskan ilham revolusionernya lewat buku How to teach Your Baby to read. Menganjurkan semoga para bayi atau anak yang diajak menjalankan kegiatan membaca harus tetap berada dalam keadaan senang, tidak tertekan. Jika terlihat gejala si anak mulai tidak nyaman, maka kegiatan tersebut harus segera dihentikan. 

Mengajari anak menulis berarti melibatkan tahap memperkenalkan buku pada anak. Memperkenalkan buku pada anak, sanggup dilakukan menyerupai halnya mengenalkan mainan pada anak. Saat ini sudah banyak buku-buku yang cukup kreatif kemasannya (buku dikemas menyerupai mainan atau benda tertentu) sehingga bukan problem yang besar lagi wacana hal ini. Biasakan anak selalu bersahabat dengan buku dalam aktifitasnya sehingga ia sangat familiar dan mungkin juga akan ketagihan dengan buku. 


Kemudian bila ingin memfasilitasi kemampuan menulis, maka terlebih lampau harus memahami kondisi psikologis anak (hal-hal apa yang disukai dan tidak disukai oleh anak). Anak-anak senang dengan sesuatu yang bernuansa ceria sehingga alat tulis yang hendak didiberikan sebaiknya berwarna-warni, demikian juga dengan kertas atau buku, bawah umur suka pada hal-hal yang lucu dan lebih menyukai sesuatu yang melibatkan fantasinya. Buku-buku bacaan yang dibelikan seyogyanya memdiberi kesan mengasyikan dan tetap dalam konteks kegiatan bermain.

Bermain juga ialah persiapan untuk bekerja. Kalau mulanya bermain dilakukan spesialuntuk untuk mencari kesenangan, lambat laun hal ini akan berubah. Seiring dengan bertambahnya usia dan pembelajaran anak, kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan ini akan mempunyai tujuan lain. Misalnya, penghargaan, prestasi, kompetisi materi materi.

Peran orang renta sangat penting dalam membuatkan kemampuan anak. Di usia anak lebih senang dimotivasi melalui kebanggaan dari pada Koreksian. Pada bawah umur tertentu, Koreksian justru menciptakannya rendah diri dan aib sehingga sanggup menghambat kemampuan bahkan mungkin ia menjadi tidak ekspresif lagi. Banyak cara yang sanggup dilakukan oleh orang renta dalam mempersembahkan motivasi anak. yaitu:
  1. Mendokumentasikan hasil karya si anak sehingga ia mengetahui kemajuan atau peningkatan kemampuan yang ia miliki. Jika memungkinkan diberikan sebuah ruangan khusus bagi anak untuk menempelkan gambar-gambar yang menurutnya menarikdanunik.
  2. Menempelkan hasil karyanya atau daerah khusus untuk mengkoleksi barang-barang kesukaannya. Berikan ruangan untuk kebebasan berkekspresi. Mensetting ruangan membaca menyerupai ruang bermain.
  3. Memdiberikan tumpuan kepada anak untuk menghargai buku. Anak yaitu peniru yang ulung menyerupai mesin fotokopi yang memalsukan apa saja yang dilihatnya. Jika orang renta atau lingkungan sosial sekitarnya senang bergelut dengan buku, menghargai buku (menyampul, menatanya dengan rapi, mengoleksinya dengan baik) maka bawah umur juga akan berusaha demikian. 
  4. Libatkan anak saat kita melaksanakan kegiatan yang bekerjasama dengan buku, contohnya menyampul buku, jalan-jalan ke toko buku bersama, biarkan ia melihat dan menentukan buku-buku yang mereka sukai.
  5. Tunjukan arti penting buku, dengan cara mendiskusikan, menceritakan keriteria buku yang bagus, menganalisis atau mengkritisi buku.
  6. Biasakan mengakibatkan buku sebagai kado dan hadiah di hari istimewa anak. Atau saat bepergian keluar kota. Jangan lupa buah tangan untuk sikecil selain mainan atau makanan juga bawakan buku yang menarikdanunik untuk anak.
  7. Ajarkan dan biasakan anak untuk menabung dan membeli buku sendiri. 
  8. Ketika akan melaksanakan kegiatan perjalanan jauh, biasakan anak membawa bekal buku yang anak menemani perjalanan anak dengan topik-topik enteng dan sangat bahagia.
 Sumber : di sarikan dari banyak sekali sumber.

LihatTutupKomentar