-->
Cara Memilih Dongeng Dalam Aktivitas Mendongeng
Mendongeng dan menceritakan yakni suatu cara untuk menanamkan nilai CARA MENENTUKAN CERITA DALAM KEGIATAN MENDONGENG

Mendongeng dan menceritakan yakni suatu cara untuk menanamkan nilai-nilai aksara yang baik kepada anak. Sebagai orang tua, guru dan pendidik anak usia dini, alangkah baiknya bila kita juga bisa menjadi seorang pendongeng yang baik, yang akan menyebabkan menceritakan sebagai acara bermain yang menarikdanunik dan sanggup menyebabkan pengalaman yang unik bagi anak. Isi ceritanya pun diusahakan sesuai dengan anak dan berkaitan dengan acara pembelajaran anak. Berikut ini beberapa kerangka dan pola dongeng yang sanggup dipilih untuk acara mendongeng dan menceritakan sebagai diberikut :

  1. Cerita-cerita ihwal dunia kehidupan anak yang penuh suka cita, yang menuntut isi dongeng mempunyai unsur yang sanggup mempersembahkan perasaan gembira, lucu, menarikdanunik dan mengasyikan bagi anak.
  2. Tema cerita  dunia kehidupan anak yang berkaitan dengan dongeng suputar lingkungan terdekat anak,seperti lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan bermain anak.
  3. Muatan dongeng diusahakan meliputi pendidikan nilai-nilai watak dan aksara yang baik, semoga anak sanggup berguru berperilaku sesuai dengan dongeng berkarakter yang sudah kita bacakan.
  4. Melihat pada harapan dan minat anak keseluruhan, menyerupai belum dewasa PAUD yang pada umumnya berminat pada cerita-cerita ihwal lingkungan alamnya. Misalnya; tanaman, kendaraan, boneka, robot, plguat, dan lain-lain
  5. Tingkat usia, kebutuhan dan kemampuan mencerna isi cerita. Ceritanya harus cukup pendek dalam rentang perhatian anak. Cerita tersebut bersifat meningkatkan daya pikir anak menyerupai cerita-cerita ihwal pakaian, makanan, minuman sehat, kemembersihkanan diri, melayani diri sendiri, dll.
  6. Dalam acara mendongeng dan menceritakan diupayakan membuka peluang untuk anak bertanya dan menanggapi setelah kita tamat menceritakan.
  7. Anak didiberikan peluang untuk berdiskusi dengan sesama anak lainnya berkaitan dengan tema dan isi dongeng yang sudah kita sampaikan.

Demikian cara memilih dongeng dalam acara mendongeng dan menceritakan untuk anak, semoga bermanfaa...terima kasih.
 

LihatTutupKomentar