-->
Pijakan Pengalaman Sehabis Main Dalam Bcct
Langkah terakhir acara main atau pijakan terakhir dalam acara pusat dan BCCT berupa PIJAKAN PENGALAMAN SETELAH MAIN DALAM BCCT

Langkah terakhir acara main atau pijakan terakhir dalam acara pusat dan BCCT berupa pijakan terakhir. Sesudah selesai acara main maka dilakukan pijakan setelah main atau sanggup disebut juga pijakan pengalaman setelah main. Adapun tujuan pijakan Sesudah selesai acara main ini adalah

  1. Membangun kemampuan anak untuk mengingat kembali apa yang sudah dilakukannya.
  2. Memperkuat konsep yang sudah ditemukan anak saat bermain
  3. Mengembangkan kemampuan bahasa dan komunikasi (ekspresif dan reseptif).
  4. Mengembangkan kemampuan sosial.
  5. Mengembangkan kemampuan pengendalian diri.
  6. Mengembangkan kemampuan matematika dengan cara mengklasifikasikan alat dan materi main sesuai dengan bentuk dan jenisnya serta kegunaannya.
  7. Mengembangkan sikap tanggung balasan dan disiplin.
  8. Membiasakan bekerja tuntas (start and finish).
Adapun acara yang sanggup dilakukan dalam pijakan setelah main ini antara lain:
  1. Membereskan alat main dan memasukkan ke tempatnya
  2. Membentuk bundar bersama tiruana anak
  3. Menanyakan apa perasaan anak setelah main
  4. Menanyakan acara main yang sudah dilakukan anak
  5. Menanyakan konsep yang sudah ditemukan anak selama main (sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun)
  6. Menegaskan sikap yang sudah dimunculkan anak (berterimakasih untuk sikap yang diharapkan, dan mendiskusikan untuk sikap yang belum tepat)
  7. Menghubungkan dengan acara yang akan hadir
  8. Transisi ke acara diberikutnya.
Demikian ringkasan Pijakan pengalaman setelah main dalam acara BCCT, biar bermanfaa. Terima kasih. 

Sumber: Bahan diklat TOT Pendidik PAUD dirjend PMPTK 2009.

LihatTutupKomentar