-->
Contoh Makalah Kuliah Mahasiswa : Memahami Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Paud
Judul : Memahami Tindakan Kelas (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)


Abstrak : In a learning process, which is important, both to educators and to other participants of learners themselves, that is learning to humanize humans. Moreover, learning is performed to educators, the course should provide more philosophical meaning as provision of learning to the educators. Whith a full understanding of actio research, implemented in the process of human learning,the course will present learner are competentand virtuous character. Understanding Class Action Research Model broken eggs is just one way in studying classroom action research, of course there are many other ways that can be used.

Keywords: actions research


I. PENDAHULUAN

Dalam proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas, faktor terpenting yang harus diperhatikan yaitu mutu pelaksana penelitian dalam hal ini tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang bersangkutan. Ada tiga kategori kondisi pendidik dan tenaga kependidikan kegiatan yang berkarakter. Pertama, pendidik yang mengantongi izasah sarjana non Pendidikan/PGPAUD, kedua pendidik yang mengantongi gelar sarjana jurusan Pendidikan/PGPAUD, serta pendidik yang belum meniliki gelar sarjana. Ketiga kategori tersebut membawa konsekuensi yang tidak sama-beda ketika dilakukan analisis terhadap berlangsungnya kegiatan berkarakter dengan bahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Konsekuensi tersebut yaitu terletak pada proses kegiatan pembelajaran.
Perbedaan proses kegiatan pembelajaran disebabkan oleh riwayat pendidikan yang bersangkutan. Pendidika yang mengantongi gelar sarjana non Pendidikan/PGPAUD berarti belum pernah mendapat bahan PTK secara formal. Pendidik yang belum mengantongi gelar sarjana, belum pernah mendapat bahan PTK terstruktur secara formal dan belum pernah menulis karang ilmiah, sementara Pendidik lulusan S-1 Pendidikan/PGPAUD jelas-jelas sudah mendapat bahan PTK secara formal sekaligus pernah melaksanakan PTK. Kalaupun mereka pernah mendapat pembelajaran PTK, kecuali S-1 Pendidikan/PGPAUD, sifatnya sangat terbatas, bisa jadi spesialuntuk sekedar "kabar-kabar" saja.

Pada proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara klasikal dimungkinkan akan terjadi fenomena learning and unlearning. Para pemegang izasah S-1 Pendidikan/PGPAUD tentu terjadi unlearning, mereka mengikuti kegiatan sanggup "me-refresh" pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, selain itu juga lantaran terkait dalam satu rangkaian kegiatan KKG aktivitas berkarakter.Sementara bagi pendidik selain pemegang gelar S.Pd.Paud dibutuhkan terjadi pembelajaran secara lebih fokus supaya pada simpulan kegiatan sanggup mempersembahkan keluaran/output berupa usulan PTK yang berkarakter.


II. PEMBAHASAN

Pendidik dan PTK
Andragogi Sebagai Suatu Keharusan
Penelitian Tindakan Kelas
Implementasi Pemahaman.
Implikasi Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) PAUD pada kegiatan pembelajaran PAUD. 
................................................>
(Untuk Isi selengkapnya Pembahasan sanggup didownload disini !! atau hubungi Admint disini!!)


III. PENUTUP

Memahami PTK model pecah telur spesialuntuklah salah satu cara dalam mempelajari PTK, tentunya masih banyak cara lain yang bisa dimanfaatkan. Muara dari kegiatan tersebut yaitu para pendidik bisa melaksanakan PTK beserta laporannya. Setiap cara tentu mempunyai kelebihan dan belum sempurnanya, yag bagi akseptor kegiatan (pendidik) praktis dan menghasilkan pemahaman itulah yang harus dipilih. Oleh hasilnya cara pecah telur harus dipaksakan untuk dilaksanakan.

Ada yang lebih urgen dari tiruana proses pembelajaran baik kepada pendidik akseptor kegiatan KKG maupunkepada akseptor didik itu sendiri, yakni pembelajaran yang memanusiakan manusia. Apalagi pembelajaran yang dilakukan kepada para pendidik, tentunya harus lebih mempersembahkan makna filosofis sebagai bekal membelajarkan akseptor didiknya. melaluiataubersamaini pemahaman terhadap PTK yang utuh, dilaksanakan dalam proses pembelajaran yang manusiawi, tentu akan menghasilkan akseptor didik yang kompeten dan berbudi pekerti. 



DAFTAR PUSTAKA

Rista, S.A. 2010. Pedoman Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Purwokerto.
Sudiarto. 1990. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Dijen Dikti.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan PraktikJakarta. Rineka Cipta.

Sauharsimi Arikunto. 1993. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Depdikbud.


LihatTutupKomentar