Anak usia dini memulai berbagi kemampuan bermainnya melalui tubuhnya, mereka memakai badan serta dorongan hatinya untuk mengetahui tiruana ihwal diri mereka. melaluiataubersamaini memakai gerakan-gerakan tubuhnya dan penjelajahannya terhadap lingkungan sekitar dengan memakai seluruh inderanya. Anak berguru segala sesuatu yang kuat terhadap seluruh kemampuannya. Banyak mahir berkesimpulan bahwa anak ialah makhluk yang aktif dan dinamis. Kebutuhan-kebutuhan jasmaniah dan rohaniahnya anak yang fundamental sebagian besar dipenuhi melalui bermain, baik bermain sendiri maupun gotong royong dengan mitra (kelompok), jadi bermain itu ialah kebutuhan anak. Kegiatan main sensorimotor ialah salah satu aktivitas yang sanggup berbagi kemampuan anak khususnya sebagian besar pada kebutuhan jasmani fisik anak.
Berikut aktivitas bermain anak Usia dini dan contoh-contoh aktivitas main sensori sederhana yang sanggup dilakukan dengan memanfaatkan materi- bahan-bahan yang ada disekitar :
1). Berkata di depan Cermin
a) Tujuan Umum
- Mengembangkan kesadaran akan wajahnya
- Mengontrol gerakan wajahnya
- Membangun percaya diri dengan pengetahuan ihwal dirinya.
b) Tujuan Khusus: bisa mengekspresikan wajahnya pada cermin sebagai simon seperti
menjadi seorang pemimpin.
c) Material: Kaca
d) Prosedur:
- Satu anak atau satu grup kecil bawah umur memakai kaca/cermin
- Anak-anak mengekspresikan wajahnya dan menyesuaikan dengan apa yang dikatakan
c) Material: Kaca
d) Prosedur:
- Satu anak atau satu grup kecil bawah umur memakai kaca/cermin
- Anak-anak mengekspresikan wajahnya dan menyesuaikan dengan apa yang dikatakan
Simon, contohnya: Simon menyampaikan wajah senang, wajah takut, wajah terkejut, dsb, lalu
anak lansung menirukan wajah tersebut di cermin
- Mengajak masing-masing anak bisa menjadi Simon bergantian.
e) Mengamati kemajuan: Apakah bawah umur bisa mengekspresikan wajahnya? Apakah
- Mengajak masing-masing anak bisa menjadi Simon bergantian.
e) Mengamati kemajuan: Apakah bawah umur bisa mengekspresikan wajahnya? Apakah
bawah umur bisa menirukan gerakan yang lain?
f) Tindak lanjut: anak diajak bercermin, membuat verbal dalam irama musik pendek yang
f) Tindak lanjut: anak diajak bercermin, membuat verbal dalam irama musik pendek yang
sanggup membuat anak senang, sedih, takut, dsb.
2). Menendang Bola
a) Tujuan Umum:
- Menerima imajinasi visual dan menterjemahkan ke dalam gerakan
- Meningkatkan waktu bergerak untuk menendang bola
- Menambah percaya diri di sekolah dan situasi bermain yang sanggup mengembangkan
2). Menendang Bola
a) Tujuan Umum:
- Menerima imajinasi visual dan menterjemahkan ke dalam gerakan
- Meningkatkan waktu bergerak untuk menendang bola
- Menambah percaya diri di sekolah dan situasi bermain yang sanggup mengembangkan
motorik berangasan dan kemampuan menendang bola.
b) Tujuan Khusus
Menendang bola ke suatu kawasan atau di depan kaki anak lain secara bergantian
(1) Material: bola ukuran sedang
(2) Prosedur:
- Anak berdiri kira-kira 2 m dari menghadap sudut
- Bola besar diletakkan dilantai
- Anak menendang bola, mencoba memukul ke dinding dan akan kembali mematul
- Beberapa anak sanggup bermain. Siapapun sanggup menangkap bola, dan menendangnya
(3) Mengamati Kemajuan: Apakah anak bisa menendang bola, berbagi gerakan
dari bola tersebut?
(4) Tindak Lanjut: Modifikasi kagiatan dengan botol plastik kosong yang diletakkan di sudut
(4) Tindak Lanjut: Modifikasi kagiatan dengan botol plastik kosong yang diletakkan di sudut
ruang.
3). Puzzle orang
a) Tujuan Umum
Memmenolong anak berbagi kesadaran akan konsep diri
3). Puzzle orang
a) Tujuan Umum
Memmenolong anak berbagi kesadaran akan konsep diri
b) Tujuan Khusus
Memdiberi nama bab badan yang di gantikan oleh kepingan puzzle, dan Menghubungan bab badan antara bab yang satu dengan yang lain
(1) Materials: Menggambar puzzle orang dengan bagian-bagiannya, satu potongan untuk bab badan utama
(2) Prosedur:
- Memdiberi nama dan mendiskusikan fungsi bab tubuh
- Ada anak berbicara ihwal bab tubuhnya dan meletakkan puzzle bersama-sama
- Mengamati kemajuan: Apakah anak familiar dengan bab dan fungsi tubuhnya? Apakah
anak merasa nyaman bekerja dengan material tersusun?
- Tindak lanjut: Ada satu anak menggambar/meniru gambar dikertas tipis atau kotak besar.
- Tindak lanjut: Ada satu anak menggambar/meniru gambar dikertas tipis atau kotak besar.
Anak-anak menceritakan ihwal bab badan dirinya dengan semangat.
Demikian beberapa pola sederhana dari aktivitas bermain sensorimotor untuk anak usia dini, agar bermanfaa. terimakasih.
Sumber: dari banyak sekali sumber.