-->
4 Pijakan Untuk Forum Paud Sebagai Sumber Belajar
 Kurikulum PAUD ialah seperangkat rencana dan pengaturan terkena tujuan 4 PIJAKAN UNTUK LEMBAGA PAUD SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Bunda Pendidik PAUD--Sekalian, Kurikulum PAUD ialah seperangkat rencana dan pengaturan terkena tujuan, isi, proses, materi dan alat, serta evaluasi yang dipakai sebagai pedoman dalam penyelenggaraan acara pembelajaran untuk mencapai tujuan PAUD. Kurikulum PAUD Sendiri terdiri dalam tiga tingkatan, mikro meso, dan makro, Kurikulum PAUD tingkat mikro ialah penerapan di lapangan, atau ketika proses pembelajaran berlangsung. Kurikulum tingkat meso, ialah kurikulum tingkat forum (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP), Sedangkan tingkat makro, ialah kurikulum tingkat nasional.

Penerapan kurikulum PAUD mengacu pada empat standa PAUD, yakni; standar tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP), Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (SPTP), Standar isi, Proses dan Penilaian (SIPP), dan Standar Sarana dan Pramasukana, Pengelolaan, Dan Pembiayaan (S2P3).
 
Ada 4 empat pijakan yang harus dijadikan acuan dalam menimbulkan PAUD sebagai sumber belajar, yaitu;
  1. Mendukung mewujudkan aktualisasi potensi AUD sebagaimana yang ditetapkan dalam standar PAUD (STPP: LPA, Dominan, TPP),
  2. Mendukung kesiapan anak mengikuti pendidikan lebih lanjut (shool readiness),
  3. Memiliki kesesuaian dengan karakteristik AUD Indonesia (DAP anak Indonesia), dan
  4. Materi Esensial yang bermakna dan fungsional untuk anak, TFP (Terms, Facts and Principles).

Demikian bunda, tentang 4 pijakan untuk menimbulkan forum PAUD sebagai sumber belajar, biar bermanfaa. terimakasih.


Sumber : Resume Materi Diklat workshop Peningkatan Kapasitas HIMPAUDI Se-Indonesia 2014.

LihatTutupKomentar