-->
Cara Penerapan Pendekatan Observasi, Eksplorasi Dan Developmen Dalam Perkembangan Anak

Berikut ialah pentahapan penerapan pendekatan observasi, ekpslorasi dan develop sesuai dengan tingkat usia anak yaitu:

1. Tahapan Usia 0-1tahun.

A.Usia 0-3 bulan.

Pada rentang usia ini  anak gerakan-gerakan yang dilakukan oleh anak masih dalam kategori gerakan refleks (reflexmovements). Oleh alasannya ialah itu stimulasi yang kita diberikan masih berupa stimulasi yang yang sangat sederhana yang tujuannya ialah untuk mempersembahkan pengalaman gerak. Stimulasi yang diterima oleh anak baik melalui sentuhan (tactile), bunyi (audio) ataupun melalui pemdiberian rangsang dengan benda-benda (visual) akan diteruskan ke syaraf sentra (otak) yang dalam beberapa detik otan akan mempersembahkan respon berupa gerakan-gerakan ataupun suara-suara.  melaluiataubersamaini semakin banyak mempersembahkan stimulasi maka berarti otak si anak semakin kaya dengan pengalaman. pola stimulasi untuk mempercepat anak mempunyai kemampuan menggenggam misalnya:                  
  • Stimulasi sentuhan pada telapak tangan bayi semoga anak cepat sanggup menggeggam                   
  • Pada usia kurang lebih 2 bulan anak sanggup menggenggam biskut.
  • Stimulasi untuk mengaktifkan Tangan kiri dan asisten dengan menggantung benda-benda atau mainan yang menarikdanunik setinggi posisi duduk anak.

B.Usia 4-6 bulan

Stimulasi pada usia ini sudah lebih mengarah pada mobilisasi tubuh anak lantaran sesuai dengan perkembangannya anak sudah mulai berguru merayap dan merangkak. Teknik stimulasinya ialah dengan cara meletakkan benda atau alat-alat main yang menarikdanunik, sehingga anak akan berusaha meraih benda tersebut dengan cara menggerakkan badannya ke depan.  contohnya stimulasi semoga anak cepat sanggup merayap atau merangkak dengan mainan didepannya.


C.Usia 7 – 1 tahun

Pada usia 7-12 bulan kemampuan gerak anak sudah lebih banyak variasinya lantaran tidak saja kemampuan gerak motorik halus (gerakan yang melibatkan otot-otot kecil), melainkan juga banyak sekali kemampuan gerak motorik berangasan (gerakan yang melibatkan otot-otot besar)
 

   

D.Usia 1-3 tahun

Pada usia 1-3 tahun gerakan anak sudah hampir tepat dalam banyak sekali bentuk dan gaya.  Anak pada usia ini biasanya gerakan-gerakan yang dimiliki ialah proses imitasi (peniruan) dari orang-orang yang berada di sekitarnya. Sebagai contoh, gerakan menendang bola, gerakan melempar /menangkap bola, gerakan lari, lompat , memanjat dan lain-lain sebagainya. Oleh alasannya ialah itu stimulasi gerakan dalam rangka membuatkan kecerdasan kinestetik pada anak usia ini sebaiknya dilakukan dengan bentuk dan jenis gerakan yang sebenarnya.  Adapun modifikasi tentang jenis dan ukuran peralatan dan ukuran  lapangan disesuaikan  spesifikasi gerakan yang distimulasi.  Di bawah ini pola stimulasi anak untuk membuatkan kecerdasan kinestetik menendang bola.


E. Usia 3-6 tahun

Perkembangan kemampuan keterampilan gerak atau kecerdasan kinestetik pada anak usia 3-6 tahun dan usia di atasnya ialah lebih tertuju pada perkembangan tingkat keterampilannya, bukan pada penambahan bentuk ketrampilannya.  Sebagai contoh, jikalau anak apada usia 3 atau 4 tahun sudah sanggup melempar atau menangkap bola, maka pada usia 4-6 tahun anak sanggup didiberikan stimulasi lempar tangkap bola dari banyak sekali arah dengan jarak, kecepatan lemparan serta ukuran bola yang tidak sama-beda.  Bukan dengan mengajarkan pola lempar tangkap bola yang baru, lantaran intinya gerakan lempar tangkap bola sudah didiberikan seluruhnya.

misal yang lain, jikalau anak usia 3 atau 4 tahun sudah mempunyai kecerdasan kinestetik melompat dari banyak sekali arah, maka  pada usia selanjutnya anak didiberikan stimulasi kinestetik melompat dari jarak yang lebih jauh, dari daerah yang lebih tinggi atau dengan jalan mempersembahkan rintangan karet yang direntangkan.  Begitu juga dengan kecerdasan kinetstetik keseimbangan, jikalau anak usia 3 atau 4 tahun sudah bisa berjalan di balok keseimbangan, maka pada usia selanjutnya anak didiberikan stimulasi meniti balok titian yang lebih tinggi, pijakan balok lebih kecil atau dengan jalan mempersembahkan perhiasan membawa benda.

LihatTutupKomentar