Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
TEMA 3
Nama sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Program Alokasi Waktu Aspek Pembelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator | : : : : : : : : : | Bahasa Indonesia X (sepuluh)/1 (satu) Semua Bidang Keahlian 8 x 45 menit (4 pertemuan) Membaca, menulis, berbicara Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana Membaca cepat untuk memahami isu tertulis dalam konteks bermasyarakat · Mengidentifikasi kriteria membaca cepat permulaan · Membedakan metode skimming dan scanning · Mencari makna kata dalam engkaus sesuai kebutuhan · Membaca engkaus secara efektif · Mencatat isi pokok isu spesifik dan rinci berkaitan dengan olah raga dan kesehatan · Memahami makna kata dan penerapannya |
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
· Mengenal metode-metode membaca cepat permulaan berkaitan dengan olah raga dan kesehatan
· Mempraktikkan metode membaca cepat lanjutan dengan metode skimming dan scanning
· Menguasai penerapan engkaus sebagai sumber informasi
· Memdiberikan catatan terhadap pokok-pokok isi wacana berkaitan dengan olah raga dan kesehatan
· Memahami makna kata dan penerapannya secara lisan
B. Materi Pokok Pembelajaran
· Mengenal metode membaca cepat permulaan
· Membaca cepat lanjutan dengan metode skimming dan scanning
· Pemanfaatan engkaus
· Mencatat pokok-pokok isu dalam wacana
· Makna kata dan penerapannya
C. Metode Pembelajaran
· Presentasi
· Diskusi kelompok
· Inquari
· Tanya jawaban
· Penugasan
· Demonstrasi/pemeragaan model
D. Kegiatan Pembelajaran
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | § Siswa diajak untuk mengungkapkan pengalamannya tentang kebiasaan membaca. § Siswa ditanya terkena pengalamannya memanfaatkan engkaus dalam mempergampang berguru bahasa. § Guru mengoreksi jawabanan ekspresi siswa terkena kebiasaan membaca yang seharusnya. § Siswa diminta memahami konsep membaca cepat dan langkah-langkahnya. |
INTI | Pertemuan ke-1 (90’) |
§ Siswa memahami konsep membaca cepat permulaan. § Siswa mengidentifikasi kebiasaan membaca yang dilakukan dengan konsep membaca cepat yang seharusnya dilakukan. § Siswa mempraktikkan konsep membaca cepat permulaan dengan wacana yang berjudul Diet dan Olah Raga bagi Penderita Diabetes. § Siswa menjawaban pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan wacana yang sudah dibaca | |
Pertemuan ke-2 (90’) | |
§ Siswa memahami konsep membaca cepat dengan metode skimming dan scanning. § Siswa memahami kunci keberhasilan membaca cepat dengan metode skimming dan scanning. § Siswa melanjutkan praktik membaca cepat dengan metode skimming dan scanning dalam Uji Mandiri § Siswa latihan menghitung kecepatan membaca dengan rumus tertentu. § Siswa mengerjakan soal pemahaman membaca cepat untuk megetahui kemampuan/daya serap membaca. | |
Pertemuan ke-3 (90’) | |
§ Siswa memahami cara-cara memakai engkaus yang efektif. § Siswa latihan membaca engkaus secara cermat. § Siswa memakai engkaus sebagai sumber isu yang memmenolong mencari makna kata yang tidak diketahui sebelumnya. § Siswa mengerjakan soal-soal Uji Mandiri untuk mempraktikkan memanfaatkan engkaus. § Siswa memahami cara membuat metode simak catat § Siswa latihan memakai metode simak catat dengan mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok § Siswa berkelompok mencari isu terkena § perkembangan prestasi olahraga di tempat masing-masing dan melaporkan hasilnya | |
Pertemuan ke-4 (90’) | |
| § Siswa memahami konsep makna kata leksikal dan gramatikal dan contoh-contohnya. § Siswa memahami makna kata leksikal dan gramatikal dalam konteks kalimat. § Siswa mengidentifikasi deretan kata-kata menurut maknanya. § Siswa latihan menafsirkan makna dan menggunakannya dalam kalimat melalui tes soal. |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa untuk lebih mendalami bahan yang tersaji berkenaan dengan pemahaman isu ekspresi dalam konteks bermasyarakat. |
E. Sumber Belajar
Ø Pustaka rujukan:
§ Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk Sekolah Menengah kejuruan Kelas X
§ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
§ Modul Keterampilan Berbahasa oleh Djaya Tarigan terbitan Universitas Terbuka Press 1997
§ Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§ Diksi dan Gaya Bahasa karya Gorys Keraf terbitan Gramedia, 2006
§ Modul Leksikologi dan Leksikografi FIB UI
Ø Media cetak dan elektronik
Ø Narasumber
Ø Model peraga
Ø Lingkungan siswa
F. Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN/SOAL | Sejumlah soal Uji Mandiri untuk lebih memahami materi. Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang menunjukkan hasil membaca. Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk mencari makna kata-kata dalam engkaus. Tugas mewawancarai tokoh dan membuat laporan wawancara untuk dikumpulkan sebagai portofolio. Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap perembesan bahan ajar. | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik evaluasi kiprah menulis dan mempresentasikan hasil wawancara (terlampir di bawah). |
RUBRIK PENILAIAN MENULIS DAN MEMPRESENTASIKAN INFORMASI /HASIL WAWANCARA
NAMA : .............................................................
KELAS/NO. ABS : .............................................................
TANGGAL PENILAIAN : .............................................................
KOMPETENSI DASAR : Menulis laporan dan mempresentasikannya
ASPEK | RINCIAN | NILAI | |||
KURANG | CUKUP | BAIK | AMAT BAIK | ||
D (3) | C (5) | B (7) | A (9) | ||
ISI | Selaras dengan tema | | | | |
Mengandung pesan actual | |||||
Sesuai dengan jenisnya | |||||
Utuh dan tuntas | |||||
SIFAT LAPORAN/ TUGAS HASIL WAWANCARA | Penyampaian Informasi menarikdanunik | | | | |
Tidak terlepas dari isi | |||||
DIKSI DAN GAYA BAHASA | Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya | | | | |
Menggunakan kata lugas dan proporsional | |||||
STRUKTUR LAPORAN | Terpola secara teratur | | | | |
Unsur lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup | |||||
Penyampaian runtut | |||||
KOMENTAR | Kekurangan | | | | |
Kelebihan | |||||
JUMLAH SKOR | | | | |