-->
Puisi Liburan Sekolah

LIBURAN SEKOLAH

Akhir sekolah, buku-buku ditumpuk
begitu saja di gudang di belakang rumah
dan meja belajarku akan penuh buku-buku baru.

Ibu, setahun ini saya sudah berguru seni melipat kertas
sebentuk angsa, perahu, boneka hingga kembang.
Buku-buku di gudang itu, saya ingin menjadikannya
kembang mekar atau pun kembang kuncup.

Teman-kawanku mengajak bermain kelereng dan petak umpet
tunggu saya bilang, saya belum selesai melipat kembang kertas.
Mereka bilang kini bukan waktu sekolah, tidak ada tugas
tidak tahu bahwa ini memang bukan tugas, tapi saya spesialuntuk

Ingin memdiberi hadiah padamu, padamu Ibu
dan tiruana keindahannya cuma untukmu, spesialuntuk itu.
Memang kembang ini tidak harum menyerupai melati
tidak juga berwarna-warni menyerupai magnolia.

Tapi terimalah kembang kertas ini, Ibu.
Sebab kembang ini yakni ilmu pengetahuan
yang tak akan pernah layu, jatuh kemudian hilang.
Pada selesai sekolah, buku-buku ditumpuk
begitu saja di gudang di belakang rumah
saya menjadikannya kembang mekar dan kembang kuncup.


LihatTutupKomentar