-->
Arti Suku Bangsa
Apa itu Suku Bangsa?
Apa itu suku bangsa?
“Untuk tujuan penginjilan, suku bangsa ialah kelompok terbesar yang sanggup diinjili dan pergerakan penanaman gereja sanggup dilakukan di kelompok tersebut, tanpa memperhitungkan tantangan pengertian dan penerimaan yang kemungkinan akan dihadapi.” (Sumber:1982 Komite Lausanne, Pertemuan Chicago).
Di banyak cuilan dunia, kelemahan pengertian ialah problem utama dan sangat sempurna untuk bahwa suku bangsa itu sendiri merujuk kepada bahasa, dengan kemungkinan besar didasarkan pada sub-divisi atau variasi kultur. Kemudian sanggup merujuk pada daftar etno-linguistik suku bangsa.
Di cuilan bumi lainnya, khususnya di Asia Selatan, penerimaan ialah problem yang lebih susah dibandingkan dengan pengertian. Di kawasan ini, kasta, tradisi agama, lokasi, sejarah, dan legenda sanggup diidentifikasikan sebagai batas dari setiap suku yang ada. Bahasa sanggup pula menjadi batasan dari setiap suku.

Apa yang membedakan satu suku bangsa dengan suku lainnya
Idealnya, “suku bangsa” akan selalu didefinisikan sebagai;
  • tiruana individu dalam sebuah kelompok yang mengerti satu sama lain dan 
  • kultur/hambatan kekerabatan antara penginjil dengan orang dalam suku tersebut, bukan kendala yang paling besar dalam penginjilan
Ini ialah tujuan dan apa yang Joshua Project lakukan. Tetapi ada situasi di mana kami harus berurusan dengan beberapa masalah.

Marilah kita melihat contohnya, India. Jika kita mendefinisikan “suku bangsa” di India, tiruana individu di setiap suku bangsa akan berbicara dalam bahasa yang sama dan berada dalam kasta atau suku yang sama. cepatdangampang, tapi bekerjsama ke mana kita akan melangkah? Kami akan mengidentifikasi lebih dari 16.000 suku bangsa di India, dengan data Omid. (Satu kasta sanggup berbicara dengan 50-60 bahasa). Pasti akan melelahkan, untuk perspektif pelayanan. Apakah ini ialah cara terbaik untuk melayani penanam gereja dan pekerja lain dalam penginjilan?

Mengartikan suku bangsa dengan Tantangan Terbesar
Sebuah argumen sanggup mengartikan “suku bangsa” kalau dilihat dari dua tantangan yang ada (pengertian dan penerimaan), dalam beberapa situasi. Jika pengertian ialah problem terbesar, maka harus dilakukan dengan pendekatan bahasa atau etno-linguistik. melaluiataubersamaini pendekatan tersebut, maka satu suku bangsa tidak akan berbicara lebih dari satu bahasa (terlepas dari seorang yang bilingual), walaupun lebih dari satu suku bangsa yang sanggup berbicara dengan dialek yang tidak sama. Sampai ketika ini, pendekatan ini yang kebanyakan dipakai di aneka macam negara.

Jika problem kultur/hubungan kultur ialah problem terbesar (terutama di Asia Selatan), maka kita sanggup melihat kasta/suku untuk memilah. melaluiataubersamaini pendekatan ini, satu bahasa sanggup dipakai lebih dari satu suku bangsa. Seperti pendekatan pertama, satu bahasa tidak spesialuntuk dipakai oleh satu suku bangsa. (Ingat, bahwa multi-lingual bukan dipandang di mana sekelompok orang yang berbicara dengan bahasa A dan lainnya berbicara dengan bahasa B. Beberapa di antaranya multilingual, tetapi bukan itu permasalahannya).

Melihat bahwa satu suku bangsa sanggup berbicara dengan lebih dari satu bahasa ialah sesuatu yang tidak gampang. melaluiataubersamaini begitu, keadaan tersebut sanggup menjadi masukana untuk memperlihatkan citra penanaman gereja kepada banyak orang.

Mengartikan suku bangsa dengan bahasanya saja?
Alternatif yang sering dipakai ialah selalu dengan memperlihatkan daftar kelompok bahasa, dengan sub-divisi dari setiap bahasa (daftar etno-linguistik). Bagian pertama ialah memakai alternatif bahasa. Karena itu, penanam gereja memseriuskan kepada kelompok etno-linguistik, mengusahakan penanaman gereja (seringnya) di antara kasta dan suku. Manusia sering saling mengerti satu sama lain, tetapi apakah mereka sanggup mendapatkan satu sama lain?

Daftar suku bangsa dengan serius penanaman gereja
Tujuan pertama Joshua Project ialah untuk mendukung penanaman gereja dan perjuangan meanakdidikkan banyak orang, dan kami berharap untuk mengartikan “suku bangsa” dengan memakai perspektif tujuan di atas. Kami juga berharap untuk sanggup mendukung pelayanan berbasis bahasa (seperti literatur/video/audio), sebagai tujuan kedua. Data kami akan dipakai untuk kedua tujuan tersebut. Kami sanggup merubah format data untuk mendukung penanaman gereja, dan sanggup mengusahakan lagi untuk mendukung basis bahasa di luar jangkauan kami.

Berapa banyak suku bangsa yang ada?
Berapa banyaknya ditentukan oleh berapa banyak suku bangsa yang ada. Perbedaan definisi, tidak sama pula jumlahnya. Untuk gosip lebih lanjut, anda sanggup melihat artikel “Berapa banyak Suku Bangsa yang Ada?”

Joshua Project
PO Box 62614, Colorado Springs, CO 80962 USA
(719) 886-4000 http://www.joshuaproject.net <info@joshuaproject.net>

LihatTutupKomentar