-->
Soal-Soal Permendikbud No 137 Wacana Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
PAUD-Anakbermainbelajar---Dalam pembahasan kita ihwal isi dan soal-soal dari Materi Permendikbud nomor 137 Tentang Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2014, untuk peningkatan kompetensi dan kemampuan profesional guru-pendidik PAUD, soal-soal berbentuk Pilihan ganda (Matter multiple choice) sanggup dilihat dalam contoh soal-soal diberikut ini :

Soal-soal Pilihan ganda Materi Permendikbud nomor 137 Tentang Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2014

1.  Apakah yang dimaksud dengan Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini  sesuai dengan          Permendikbud No.137 tahun 2014, Bab IX pasal 33?

    a. Standar Pengelolaan PAUD ialah pelaksanaan yang mengacu pada standar isi, proses,                 tenaga ahli, masukana dan kelengkapan serta pembiayaan.

    b. Standar Pengelolaan PAUD ialah pelaksanaan kegiatan yang mengacu pada standar isi,               materi, pendidik dan tenaga kependidikan, masukana dan pramasukana serta  pembiayaan.

     c. Standar Pengelolaan PAUD ialah pola pelaksanaan kegiatan yang mengacu pada standar          tujuan, isi, proses, pendidik dan tenaga administrasi, masukana dan pramasukana serta pembiayaan.

     d. Standar Pengelolaan PAUD ialah pelaksanaan yang mengacu pada standar isi, proses,                pendidik dan tenaga kependidikan , masukana dan pramasukana  serta pembiayaan.



2. Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini meliputi….

    a.  Perencanaan program; pengorganisasian; kegiatan kerja dan pengawasan.

    b.  Perencanaan program; pengorganisasian; pelaksanaan planning kerja; dan pengawasan.

    c.  Perencanaan kegiatan kegiatan; pengoganisasian; pelaksanaan planning kerja; dan pengawasan.

    d.  Perencanaan program; pengorganisasian; pelaksanaan planning kerja; dan supervisi.



3. Pelaksanaan kegiatan PAUD yang ialah integrasi dari beberapa layanan dalam bentuk satuan     atau kegiatan TK/RA/BA, KB,TPA dan SPS diantaranya….

    a. Pendidikan, pengasuhan, perlindungan, kesehatan dan gizi.

    b. Pendidikan, pengasuhan, santunan keamanan, kesehatan dan perbaikan nutrisi.

    d. Pendidikan, perawatan balita, perlindungan, kesehatan dan keselaatan.

    e. Pendidikan, pengasuhan anak, santunan kesehatan dan keselamatan.



4. Di sebuah Taman Kanak-kanak yang mempunyai 3 orang  tenaga pendidik dan 1 kepala sekolah dengan jumlah anak        didik dalam rentang usia 4-5 tahun sebanyak 32 orang dan usia 5-6 sebanyak 20 orang, maka              pengaturan kelas menurut kelompok usia yang sesuai dengan pasal 36 Permendikbud No.137        perihal SNP AUD ialah sbb. :

a. 1 kelas untuk kelompok A sebanyak 32 anak dengan 2 guru kelas, 1 kelas kelompokpok B sebanyak 20 anak dengan 1 guru kelas. 2 kelas untuk kelompok A masing-masing A 1 sebanyak 15 anak dengan 1 guru kelas,

b. A 2 sebanyak 17 anak dengan 1 guru kelas,  1 kelas untuk kelompok B dengan 20 anak didik 1 guru kelas dan 1 guru pendamping yaitu kepala sekolah.

c. 2 kelas untuk kelompok A masing-masing A 1 sebanyak 15 anak dengan 1 guru kelas, A 2 sebanyak 17 anak dengan 1 guru kelas,  dan 1 kelas untuk kelompok B dengan 20 anak didik 1 guru kelas.

d.  Kelompok A 1 : 15 anak, A 2 : 15 anak, B : 22anak . melaluiataubersamaini 1 guru tiap kelas untuk kea dilan dan perkiraan bahwa kelompok B lebih matang dan sanggup lebih praktis ditangani.


5. Komponen pembiayaan dalam Permendikbud No.137 Bab X pasal 37 ayat 1 meliputi beberapa hal     yaitu…

    a. Biaya operasional, biaya personal, dan biaya kedinasan.
    b. Biaya infrasturktur, biaya alokasi siswa dan biaya kemasyarakaan.
    c. Biaya operasional dan biaya personal.
    d. Biaya operasional, biaya masukana pramasukana dan biaya struktural.


6. Komponen pembiayaan dalam hal biaya operasional sesuai Permendikbud No.137 Bab X pasal 37     ayat 1 tidak sanggup dipakai untuk beberapa hal yaitu…

    a. Gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta tuntidakbolehnya.
    b. Penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan pengembangan SDM.
    c. Pengadaan dan pemeliharaan masukana pramasukana serta penghasilan kepala sekolah.
    d. Gaji pendidik, kepala sekolah, pengembangan yayasan dan SDM nya.



7. Biaya personal dalam penyelenggaraan PAUD dipergunakan untuk….

    a. Biaya pengeluaran sekolah.
    b. Biaya pemasukan sekolah.
    c. Biaya pendidikan yang dikeluarkan untuk anak dalam pembelajaran.
    d. Biaya pendidikan yang dikeluarkan orangtua dan sekolah dalam pembelajaran anak.


8..Memahami  cerita/dongeng sederhana ialah kemampuan bahasa anak usia……

    a. 2- 3 tahun

    b. 3-4 tahun

    c. 4-5 tahun

    d. 5-6 tahun


9. Kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun yang sempurna adalah….

    a. Memahami persamaan antara dua benda

    b. Mulai mengenal pola

    c. Mengetahui konsep banyak dan sedikit

    d. Mengenal pola ABCD-ABCD



10. Anak bisa mengklasifikasikan benda menurut fungsi bentuk atau warna dan ukuran. Hal           tersebut termasuk dalam kemampuan…..

     a. Kognitif 2-3 tahun

     b. Kognitif 3-4 tahun

     c. Kognitif  4-5 tahun

     d. Kognitif 5-6 tahun


11.  Lingkup perkembangan nilai agama dan akhlak usia 4-5 tahun yang sempurna adalah….

       a. Mengetahui agama yang dianutnya

       b. Mengenal agama yang dianutnya

       c.  Mengerjakan ibadah 

       d. Menjaga kemembersihkanan diri dan lingkungan

Jawaban:  c.  Mengerjakan ibadah 


12. Anak bisa mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci, pernyataan                   tersebut termasuk lingkup perkembangan….

      a.  Motorik berangasan 4-5 tahun

      b. Motorik halus 4-5 tahun

      c, Motorik berangasan 5-6 tahun

      d. Motorik halus 5-6 tahun

Jawaban: d. Motorik halus 5-6 tahun


13.  Peraturan Guru dan Dosen diputuskan dalam ….

       a. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2004

       b. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005

       d. Undang Undang Nomor 15 Tahun 2004

       e. Undang Undang Nomor 15 Tahun 2005

   Jawaban: B. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005



14. Kriteria ihwal pelaksanaan pembelajaran pada satuan atau kegiatan PAUD dalam rangka memmenolong pemenuhan tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan tingkat usia anak, diputuskan dalam ….

      a. Standar Pengelolaan

      b. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA)

      c. Standar Proses

      d. Standar Penilaian

Jawaban: C. Standar Proses



15.  Standar PAUD terdiri atas ….

        a. 6 standar

        b. 7 standar

        c. 8 standar

        d. 9 standar

Jawaban: C. 8 standar


16. Seperangkat planning dan pengaturan terkena tujuan, isi, dan materi pengembangan seta cara            yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pengembangan untuk mencapai               tujuan pendidikan tertentu, ialah pengertian dari ….

       a. Kurikulum PAUD

       b. Satuan atau kegiatan PAUD

       c. Pembelajaran PAUD

       d. Standar PAUD

Jawaban: A. Kurikulum PAUD



17.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014                mencakup perihal…..

        a. Pendirian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

        b. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

        c. Sistem Pendidikan Nasional

        d. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Jawaban: D. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini



18. Salah satu kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru pendamping, yaitu :

       a. Bersikap dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan psikologis anak

       b. Bersikap dan berperilaku sempurna sesuai dengan norma agama, budaya dan keyakinan anak

       c. Merencanakan kegiatan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan

       d. Memahami tahapan perkembangan anak

Jawaban benar : c



19.  Kompetensi guru pendamping untuk membangun kerjasama dengan orang bau tanah dalam pendidikan,        pengasuhan, dan santunan anak ialah dengan cara :

       a. Menyesuaikan diri dengan mitra sejawat

       b. Menaati hukum lembaga

       c. Membina anak sadar peraturan lembaga

      d. Mengkomunikasikan program-program PAUD (pengasuhan, pembelajaran, dan santunan                anak) kepada orang tua

Jawaban benar : d


20.  Salah satu indikator bersikap dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan psikologis anak ialah :

       a. Menyayangi anak secara tulus

       b. Terampil dalam pemdiberian makan dan minum kepada anak

       c. Terampil menyanyi dan mendongeng

       d. Terampil dalam melindungi anak

Jawaban benar : a


21. Menguasai metode penyusunan rancangan dan pelaksanaan pengendalian mutu dan penilaian                 efek kegiatan PAUD termasuk ke dalam ranah kompetensi pengawas/penilik PAUD bidang :

      a. Kepribadian

      b. Sosial

      c.  Supervisi Manajerial

      d. Supervisi Akademik

Jawaban benar : c


22. Yang termasuk kedalam kompetensi pengawas/penilik PAUD bidang penelitian dan                             pengembangan ialah :

   a. Memahami pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan dan memanfaatkan karenanya untuk                      memmenolong sekolah dalam mempersiapkan penilaian diri sekolah, legalisasi sekolah dan                       peningkatan mutu sekolah

   b. Menerapkan pendekatan, metode, jenis, dan mekanisme peneliian untuk membuatkan kegiatan          PAUD

   c. Menganalisis data hasil supervisi manajerial secara komprehensif

   d. Menyusun laporan hasil supervise manajerial kepada kepala sekolah dalam rangka peningkatan          mutu manajemen sekolah

Jawaban benar : b


23. Tingkat Pencapaian Perkembangan anak pada lingkup perkembangan kesehatan dan sikap               keselamatan usia 5-6 tahun kecuali :

      a. Berat tubuh sesuai tingkat usia

      b. Tinggi tubuh sesuai tingkat usia

      c. Berat tubuh sesuai dengan standar tinggi badan

      d. Lingkar pinggang sesuai usia

Jawaban: d. Lingkar pinggang sesuai usia



24.  Di bawah ini ialah tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 pada lingkup                                perkembangan kognitif, mencar ilmu pemecahan persoalan adalah

      a. Menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti apa yang terjadi saat           air ditumpahkan)

      b. Menyebut lambang bilangan 1-10

      c. Mengenal lambang huruf

      d. Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan

Jawaban: a. Menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti apa yang terjadi saat air ditumpahkan).


25.  Mengerti beberapa perintah secara bersamaan dan mengulang kalimat yang lebih kompleks                  adalah termasuk pada lingkup perkembangan  :

       a. Keaksaraan

       b. Mengungkapkan Bahasa

       c. Memahami bahasa

       d. Bahasa Ekspresif

Jawaban : c. Memahami Bahasa


26.  Menurut PermendikbudNo 137 tahun 2014, kemampuan sosial emosional anak sesuai dengan              pencapaian perkembangan anak meliputi beberapa hal diberikut ini,kecuali:

       a. Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi

      b. Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan iktikad              pada orang cukup umur yang tepat)

      c. Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara masuk akal  (mengendalikan diri secara wajar)

      d. Memainkan alat music / instrument / benda bersama kawan.

Jawaban : d. Memainkan alat music / instrument / benda bersama kawan.


27.  Mengklasifikasikan benda menurut fungsi, bentuk atau warna atau ukuran. Mengenal tanda-tanda sebab-akibat yang terkait dengan dirinya. Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi, ialah lingkup perkembangan kognitif ….

       a. Berpikir simbolik

       b. Pemecahan masalah

       c. Berpikir Kognitif

       d. Berfikir logis

Jawaban d. berfikir logis.


28. Bentuk sikap yang mengatakan tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun dalam       aspek nilai-nilai agama dan akhlak ialah :

      a. Mengenal sikap baik dan sopan

      b. Mengetahui agama yang dianutnya

      c. Menirukan gerakan diberibadah dengan urutan yang benar

      d. Mengenal agama yang dianutnya.



29.  Melakukan kegiatan kemembersihkanan diri anak usia 4-6 tahun ialah perkembangan dalam aspek :

       a. Nilai-nilai akhlak dan agama dan sosial

       b. Sosial dan emosional

       c. Sosial dan seni

       d. Nilai-nilai akhlak dan agama dan fisik Motorik


30.  Anak menggambar dengan memakai pensil warna, kemudian dipakai juga cat air, potongan-             bagian kertas yang ditempelkan pada karyanya yang tersedia di ruang kelasnya, mengatakan         tingkat pencapaian perkembangan dalam hal :

      a. Mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan untuk melaksanakan gerakan yang rumit

      b. Mengontrol gerakan tangan

      c. Menggambar sesuai gagasannya

      d. Melakukan eksplorasi dengan aneka macam media dan kegitan



31. Anak diminta mengatur mitra kawannya berbaris. Anak yang lebih pendek berbaris paling                   depan dan yang paling tinggi paling belakang, kegiatan ini membuatkan aspek :

      a. Kognitif dan fisik motorik

      b. Fisik motorik dan sosial-emosional

      c. Nilai-nilai agama-moral dan fisik motorik

      d. Kognitif dan sosial-emosional

 Jawaban: d. Kognitif dan sosial-emosional


32.  Guru menandakan hukum permainan tikus dan kucing yang gres dikenal anak. Semua anak                  bermain bangga dan bisa mengikuti hukum permainan dengan benar, kegiatan ini                                mengembangkan aspek ,

       a. Nilai-nilai moral-agama dan sosial-emosional

       b. Kognitif dan fisik motorik

       c. Nilai-nilai agama dan kognitif

       d. Bahasa dan sosial-emosional

Jawaban: b. Kognitif dan fisik motorik.

LihatTutupKomentar