Tantangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sangat penting yang kita hadapi ketika ini intinya ialah bagaimana kita dapat memperluas dan meningkatkan layanan PAUD yang memenuhi standar pelayanan minimal dengan mewujudkan 3 (tiga) tujuan utama PAUD, yaitu: Pertama, untuk menyebarkan potensi kecerdasan, kebugaran dan kreativitas anak. Yang dimaksudkan dengan kecerdasan di sini ialah kecerdasan komprehensif yang mencakup Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Sosial, Kecerdasan Spritual (SQ), dan Kecerdasan Estetika. Kedua, untuk mempersiapkan anak semoga siap mengikuti pendidikkan di SD dan jenjang pendidikan diberikutnya. dan Ketiga, untuk menurunkan angka putus sekolah di SD maupun di jenjang pendidikan diberikutnya.
Berdasarkan pedoman di atas banyak sekali kebijakan pengembangan PAUD terus ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia sampai hari ini. Kementerian Pendidikan Nasional sudah menetapkan PAUD sebagai salah satu serius utama pembangunan pendidikan Indonesia 5 (lima) tahun ke depan dan mempunyai rencana strategis untuk memperluas saluran dan meningkatkan mutu layanan PAUD melalui upaya penerapan pendekatan PAUD Holistik-Integratif.
PAUD Holistik-Integratif, yaitu PAUD yang tidak spesialuntuk menekankan aspek pendidikan semata, akan tetapi mencakup beberapa aspek juga aspek gizi, kesehatan, pengasuhan, dan pemberian anak. Layanan PAUD Holistik-Integratif ditujukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh mencakup kesehatan dan gizi, pendidikan, dan pengasuhan sesuai segmentasi umur, serta untuk melindungi anak dari perlakuan yang salah, baik pada tataran keluarga maupun lingkungan, Layanan tersebut diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antar forum pelayanan terkait, sesuai kondisi wilayah.
Berdasarkan pedoman di atas banyak sekali kebijakan pengembangan PAUD terus ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia sampai hari ini. Kementerian Pendidikan Nasional sudah menetapkan PAUD sebagai salah satu serius utama pembangunan pendidikan Indonesia 5 (lima) tahun ke depan dan mempunyai rencana strategis untuk memperluas saluran dan meningkatkan mutu layanan PAUD melalui upaya penerapan pendekatan PAUD Holistik-Integratif.
PAUD Holistik-Integratif, yaitu PAUD yang tidak spesialuntuk menekankan aspek pendidikan semata, akan tetapi mencakup beberapa aspek juga aspek gizi, kesehatan, pengasuhan, dan pemberian anak. Layanan PAUD Holistik-Integratif ditujukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh mencakup kesehatan dan gizi, pendidikan, dan pengasuhan sesuai segmentasi umur, serta untuk melindungi anak dari perlakuan yang salah, baik pada tataran keluarga maupun lingkungan, Layanan tersebut diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antar forum pelayanan terkait, sesuai kondisi wilayah.
Sumber : Disarikan dan dirangkum dari banyak sekali sumber !!