Pengertian Main Sensorimotor
Main Sensorimotor yaitu acara dimana belum dewasa bermain dengan memakai seluruh panca indra mereka. Pada tahap ini belum dewasa menerima peluang untuk bekerjasama dengan alat, orang maupun lingkungan yang ada disekitarnya.
Kegiatan main sensorimotor nampak terang pada anak yang gres lahir hingga usai 2 tahun, dimana anak menerima pengalaman mencar ilmu melalui alat indera mereka. Misalnya memasukan buku ke dalam mulut, menendang menarikdanunik sesuatu.
Kegiatan main sensorimotor, pada usia 3-6 tahun sanggup dijumpai di tiruana acara main yang ditata di sentra-sentra. Selama anak bekerjasama dengan acara yang melibatkan seluruh indera, contohnya dengan main mengosongkan, mengisi, menendang, maka anak sedang dalam tahap menguatkan panca indra.
Bila seluruh indera bekerja secara terbaik maka anak akan bisa menyerap seluruh gosip yang mempunyai kegunaan untuk mengoptimalkan potensi dalam dirinya.
Tujuan Main Sensorimotor
Main sensorimotor bertujuan untuk mempersembahkan rangsangan secara terus menerus melalui acara bermain yang melibatkan panca indra semoga potensi anak bekembang secara optimal.
Pengalaman Main Sensorimotor
Pengalaman main sensorimotor sanggup terpenuhi jika :
Manfaat Main Sensorimotor
Beberapa manfaat main sensorimotor :
Main Sensorimotor yaitu acara dimana belum dewasa bermain dengan memakai seluruh panca indra mereka. Pada tahap ini belum dewasa menerima peluang untuk bekerjasama dengan alat, orang maupun lingkungan yang ada disekitarnya.
Kegiatan main sensorimotor nampak terang pada anak yang gres lahir hingga usai 2 tahun, dimana anak menerima pengalaman mencar ilmu melalui alat indera mereka. Misalnya memasukan buku ke dalam mulut, menendang menarikdanunik sesuatu.
Kegiatan main sensorimotor, pada usia 3-6 tahun sanggup dijumpai di tiruana acara main yang ditata di sentra-sentra. Selama anak bekerjasama dengan acara yang melibatkan seluruh indera, contohnya dengan main mengosongkan, mengisi, menendang, maka anak sedang dalam tahap menguatkan panca indra.
Bila seluruh indera bekerja secara terbaik maka anak akan bisa menyerap seluruh gosip yang mempunyai kegunaan untuk mengoptimalkan potensi dalam dirinya.
Tujuan Main Sensorimotor
Main sensorimotor bertujuan untuk mempersembahkan rangsangan secara terus menerus melalui acara bermain yang melibatkan panca indra semoga potensi anak bekembang secara optimal.
Pengalaman Main Sensorimotor
Pengalaman main sensorimotor sanggup terpenuhi jika :
- Anak didiberi peluang untuk bekerjasama dengan majemuk materi dan alat permainan, baik di dalam maupun di luar ruangan
- Anak didiberi peluang bergerak bebas, bermain di halaman atau di lantai atau ditempat yang kondusif dan nyaman.
- Memdiberi peluang pada anak untuk bekerjasama dengan banyak tekstur (permukaan halus-kasar, licin-kesat dan lain-lain).
Manfaat Main Sensorimotor
Beberapa manfaat main sensorimotor :
- Panca indera anak dirangsang untuk menerima informasi, ketika anank bersentuhan dengna orang lain, alat main, dan dirinya sendiri serta lingkungan sekitarnya. Misalnya anak sanggup menemukan perbedaan berangasan dan halus dengan memakai indera peraba. misal: anak memegang alat main, daun, pepohonan, batu-batuan, bersalaman dengan mitra dan dengan pendidik, dan lain-lain.
- Kemampuan anank untuk melaksanakan gerakan yang lebih terarah dan bermakna semakin berkembang. misal bayi menggeliat menjauhkan diri lantaran karena terkena benda dingin, anak melukis dengan jari.
- Mempertebal sambungan antar neuron (pusat syaraf) melalui penglihatan, bunyi, perasaan, bau, dan pengecapan akan memperlancar korelasi antar neuron. misal : Anak dilibatkan dalam acara memasak, menyapu, mencuci, melipat pakaian, berdiskusi wacana rasa makanan dan minuman, dan lain-lain.
Tahapan Sensorimotor
a. Sensorimotor 1
Anak mengulang beberapa gerakan ketika bermain untuk menikmati hasil yang ditimbulkan dari gerakan tersebut. Saat bermain anak tidak memakai alat bermain, spesialuntuk memakai anggota tubuh.
misal :
1. Memercikkan air dengan tangan
2. Menepuk pasir
3. Bertepuk atau melambaikan tangan
b. Sensorimotor 2
Anak terlibat dalam pengulangan tindakan dengna memakai benda/alat. Tindakan yang sama diulang-ulang untuk
melihat, mendengar atau mencicipi kembali.
- Anak memukul-memukul sesuatu di meja berulang-ulang untuk menikmati suaranya.
- Anak mencelupkan saenteng ke kolam air dan memperhatikan air mengalir kembali ke baknya
- Memukul-mukul sekop dalam pasir
- Menuangkan air dari wadah melalui tangan
c. Sensorimotor 3
Anak melaksanakan acara berulang-ulang acara yang ialah alasannya yaitu akhir sederhana yang mempunyai tujuan tertentu.
misal :
- Anak mempunyai tujuan mengisi wadah memakai sekop dengan tujuan mengisi wadah tersebut.
- Menuangkan air ke dalam teko dengan tujuan mengisi penuh teko tsb.
- Menyembunyikan dan menemukan benda di dalam air/pasir
- Menyusun berbalok-balok ke atas, kemudian merebohkan kembali.
d. Sensorimotor 4
Anak mengulang beberapa kali perjuangan coba-coba dengan suatu tujuan memalui aneka macam cara.
misal :
- Anak mengisi teko dengan air, kemudian menuangkannya ke dalam wadah aneka macam ukuran.
- Anak memakai sendok, sekop dan tangan untuk menuang beras atau pasir ke dalam botol yang disediakan
Demikian bunda sekalian, wacana pengertian dan manfaat main sensorimotor, semoga bermanfaa, terimakasih yang atas kunjungannya. wassallam...
Sumber : Disarikan dari Buku Panduan Main Sensorimotor Direktorat Jenderal PAUDNI 2013